Table of Content

    6 Alasan Kolaborasi Bisa Membantu Pertumbuhan Bisnis


    Kolaborasi adalah alat bantu luar biasa bagi usaha kecil.


    Kolaborasi adalah alat bantu luar biasa bagi pemilik usaha kecil, terlepas dari sektor bisnis yang kamu tekuni. Inilah koneksi yang kamu bangun dengan orang lain.

     

    Cara-cara kamu berjejaring dengan orang lain ini akan membantu bisnis milikmu maju dan berkembang. Bila kamu masih belum yakin dengan pentingnya berkolaborasi, mari simak alasan-alasan di bawah ini.

    Alasan Kenapa Harus Kolaborasi.

    1. Kolaborasi itu menginspirasi

    Mudah sekali bagi pemilik usaha terjebak dalam rutinitas bisnis harian, lalu lupa tentang kemungkinan cara yang lebih baik dalam mengoperasikan bisnis. Ada teknik berbeda yang mungkin layak dicoba, terdapat pula alat baru yang mungkin patut dipertimbangkan.

     

    Untuk mencari tren, inovasi, atau inspirasi, kamu bisa saja membaca majalah, blog post, dan buku. Akan tetapi, tanpa berdiskusi dan mengomunikasikan ide tersebut, manfaatnya tidak akan optimal.

     

    Penting sekali untuk keluar dari kerangka pikiran sendiri agar memperoleh perspektif yang lebih segar. Selain itu, berkolaborasi juga mendorong kreativitas, meningkatkan objektivitas, serta memberikan konteks tambahan pada data yang sudah kamu kumpulkan. Kolaborasi itu mampu menginspirasi sehingga kamu bisa menemukan cara lebih baik dalam memajukan bisnis.

     

    2. Membantu mengembangkan jaringan

    Pengusaha sukses biasanya mempunyai kebiasaan yang serupa, salah satunya senang bertemu dengan orang baru. Cara sederhana tersebut berguna untuk menambah daftar kontak dan kolega.

     

    Perlu diakui, untuk sukses di dalam bisnis, kamu perlu membentuk koneksi serta aliansi secara konsisten. Bayangkan saja, bisnis tidak akan berkembang jika kamu hanya menjual, terhubung, dan membangun relasi dengan orang yang sama.

     

    Karena itu, kamu perlu berkolaborasi supaya jejaring bisnis berkembang. Memang tidak semua orang yang kamu temui akan berakhir dalam kerja sama bisnis, tetapi setiap kali kamu menghubungi seseorang berarti kamu sedang mengembangkan jaringan.

     

    Dari jaringan atau network tersebut akan ada sepersekian persen yang nantinya menjadi rekan bisnis ataupun klien.


    Mendatangkan inspirasi, menyelesaikan persoalan, hingga mengurangi biaya merupakan beberapa keuntungan dari kolaborasi.

     

    3. Media untuk belajar

    Salah satu keuntungan yang sangat besar dari menjalin kerja sama adalah kesempatan untuk belajar. Faktanya, interaksi dengan seseorang di luar lingkaran terdekat bisa mendatangkan pelajaran berharga.


    Baca Juga: Memahami Pengertian dan Manfaat Modal Ventura Bisnis

     

    Seperti yang sudah diketahui, kamu perlu terus menambah wawasan dan pengetahuan bila ingin memajukan bisnis. Itulah sebabnya, berkolaborasi dengan seseorang yang memiliki pengetahuan, skill set, serta perspektif berbeda akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha milikmu.

     

    4. Menghemat biaya

    Urusan modal dan biaya operasional sering menjadi hambatan bagi berkembangnya usaha kecil. Kabar baiknya, beban biaya tersebut dapat dikurangi jika kamu berkolaborasi dengan partner atau bisnis lain.

     

    Membagi beban biaya bukanlah hal asing dalam sebuah kerja sama. Bahkan, bila kamu bekerja sama dengan bisnis lain dan perjanjian kerja sama meliputi pembagian biaya pemasaran, maka kamu bisa meningkatkan bujet marketing sambil menekan biaya operasional. Menguntungkan, bukan?

     

    Umumnya, hasil yang diperoleh pun menjadi lebih besar berkat aktivitas pemasaran yang lebih masif. Dengan kata lain, kamu bisa menuai untung lebih besar, tetapi investasi lebih kecil jika memutuskan berkolaborasi.

     

    5. Solving problem

    Bukan tanpa alasan kolaborasi menjadi strategi yang populer. Pasalnya, ada kekuatan yang tidak bisa dibantah dalam angka. Misalnya, persoalan yang tidak bisa diselesaikan oleh seseorang, mungkin diselesaikan oleh dua orang.

     

    Dua atau tiga akan selalu lebih kuat dibandingkan satu. Kekuatan ini berbanding lurus dengan pertambahan jumlah angka atau orang yang terlibat di dalam bisnis.

     

    Jika kamu masih belum yakin, cobalah ingat kembali masalah yang kamu hadapi ketika menjalani bisnis. Saat kamu merasa buntu, kemungkinan besar kamu akan berdiskusi dengan kolega, mentor, atau seseorang yang dipercaya memiliki pengalaman lebih dalam menjalankan bisnis.

     

    Makin sulit sebuah permasalah diselesaikan, makin diuntungkan kita dengan kehadiran partner atau rekan kerja sama. Bagi bisnis yang masih dirintis, hal ini tentu krusial sekali untuk kemajuan bisnis.

     

    6. Bekerja sama merupakan win-win solution

    Apabila kita membicarakan kerja sama antara dua usaha kecil, sebetulnya kita sedang melihat sebuah win-win solution. Bagaimana tidak? Misalnya, sebuah tempat latihan kebugaran menerima tawaran trial mesin.

     

    Pemilik usaha menghemat biaya untuk membeli mesin, sedangkan penyedia mesin mempunyai ruang untuk menggaet prospek agar bersedia mencoba mesin fitness tersebut. Win-win solution, bukan?


    Baca Juga: Memahami Teori Struktur Modal dalam Operasional Bisnis

     

    Tentu saja tidak semua bisnis harus membuka kerja sama atau waktu untuk berkolaborasi bagi tiap-tiap usaha berbeda-beda. Dalam hal ini, kamu perlu jeli menganalisis kebutuhan bisnismu.

     

    Apakah bisnismu butuh berkolaborasi dalam rangka membuatnya bertumbuh? Apakah sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai bekerja sama dengan partner atau bisnis lain? Pastikan kamu mengidentifikasi kebutuhan bisnis mengggunakan aplikasi wirausaha dengan akurat agar bisnismu bisa selalu bergerak maju.


    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?