Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Pemula Juga Bisa: Cara Membuat Iklan Sendiri di Media Sosial

    Cara membuat iklan media sosial bisa dilakukan mandiri, lho!

    Jika kamu sedang menjalankan bisnis, khususnya online, percayalah Iklan media sosial adalah salah satu cara yang paling efektif untuk menghubungkan bisnismu dengan target audiens yang tepat. 

    Intinya, iklan di media sosial bisa dimanfaatkan sebagai metode yang efisien untuk membangun basis pelanggan bisnismu. Akan lebih mudah dan efisien lagi, bila kamu tahu cara membuat iklan sendiri. 

    Selama ini, mungkin yang kamu tahu adalah jika ingin membuat iklan, serahkan saja pada ahlinya, yaitu agensi-agensi jasa periklanan yang memang ada banyak sekali, baik offline maupun online. Padahal, sebenarnya kamu juga bisa kok membuat iklan sendiri untuk ditampilkan di media sosial. 

    Tadi sudah disebutkan bahwa Iklan di sosial media merupakan cara yang efisien untuk membangun basis pelanggan bisnis, lantaran itulah mengetahui cara membuat iklan yang menarik adalah hal penting bagi pebisnis seperti kamu. 

    Saat ini, ada banyak sekali brand yang bisa semakin dikenal oleh konsumen dengan adanya media sosial. Brand seperti itu bisa memanfaatkan peluang untuk memaksimalkan pemasangan Iklan di media sosial yang memang menguntungkan. Selain mudah digunakan, biaya iklannya pun bisa kamu atur sesuai dengan budget dan target pasar bisnis yang kamu jalankan. . 

    Baca Juga: Apa Fungsi Iklan? Seberapa Pentingkah? Pahami di Sini!

    Bagaimana Cara Membuat Iklan Sendiri?

    Untuk bisa menarik perhatian audiens, pastinya ada cara membuat iklan agar banyak dilihat oleh para pengguna media sosial. Berikut beberapa tips untuk membuat iklan sendiri di media sosial agar mampu meningkatkan brand dan angka penjualan.

    Pastikan Tujuannya!

    Sebelum kamu mulai membuat iklan sendiri di sosial media, sebaiknya pikirkan dan pastikan tujuan bisnis yang ingin kamu capai. Pada dasarnya, setiap platform media sosial memiliki target audiens yang berbeda satu sama lain. 

    Jadi, kamu perlu mempertimbangkan setiap platform untuk mendapatkan format, desain, dan konsep iklan yang tepat. Misalnya, jika kamu bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan dan kamu tahu bahwa audiens Facebook sangat suka berbelanja melalui postingan online, kamu bisa memfokuskan diri pada cara membuat iklan di Facebook yang menarik. 

    Baca Juga: 9 Media Promosi Online Paling Efektif, Kamu Pilih yang Mana?

    Tentukan Format Iklan yang Ingin Digunakan!

    Bukan hanya karakteristik pengguna, setiap platform media sosial pun memiliki format iklan yang berbeda. Misalnya, Instagram yang memiliki beberapa format iklan seperti foto, video, IG Stories, IGTV, atau Reels. Sedangkan, Facebook memiliki format iklan seperti foto, video, carousel, Slideshow, Koleksi, atau Facebook Stories. 

    Kamu perlu memilih format yang tepat dan mengaturnya sesuai dengan kampanye iklan agar desain iklan yang ada di setiap platform bisa sesuai dengan target audiens. 

    Buat Iklan Video!

    Saat ini, iklan dengan format video dianggap lebih menonjol bila dibandingkan dengan format grafis atau gambar. Kamu bisa mulai belajar cara membuat iklan video untuk sosial media, terutama video pendek berdurasi sekitar 15 detik seperti dalam Instagram Stories atau TikTok. Tampilkanlah iklan video yang walaupun hanya berdurasi pendek, tetapi mampu memperlihatkan cara kerja produk atau hasil dari produk yang Anda tawarkan.

    Buat Slogan dan Caption Menarik!

    Konten visual yang bagus haruslah didukung dengan slogan yang mudah diingat serta menarik. Pemilihan bahasa yang lugas dengan kata yang tepat untuk beriklan juga akan lebih efisien. 

    Kamu pasti ingat jargon “Buat anak kok coba-coba?!” dari salah brand minyak kayu putih, kan? Kalau dengan pemilihan kata yang sederhana seperti itu saja bisa menjadi sangat dikenal, pastinya kamu juga bisa menciptakan jargon-jargon baru yang setiap kali membaca atau mendengarnya, akan membuat konsumen langsung ingat produkmu.

    Tagar akan memudahkan produkmu muncul dalam hasil pencarian netizen.

    Gunakan Tagar yang Tepat

    Penggunaan tagar atau hashtag bisa dibilang penting, apabila produk yang kamu jual ingin segera dikenali. Tagar akan memudahkan produkmu muncul dalam hasil pencarian netizen.

    Misalnya, kamu bisa menambahkan tagar #makanansehat selain nama produkmu dalam unggahan. Jadi, saat ada yang mencari keyword “makanan sehat” dalam kolom pencariannya, produkmu otomatis akan muncul. 

    Sertakan Call to Action (CTA)!

    Selain tagar, dalam cara membuat iklan sendiri, jangan pernah lupa untuk menyertakan ajakan bertindak atau Call to Action (CTA). Tingkatkan audiens dengan tindakan yang harus mereka selesaikan. 

    Kamu bisa menambahkan nomor untuk dihubungi, tautan untuk diklik, situs untuk dikunjungi, atau email. Buatlah CTA yang mudah diingat dengan tahapan langkah yang mudah bagi pengguna.

    Jangan Ragu untuk Gunakan Konten Berbayar!

    Sekarang, ada banyak sekali platform yang menawarkan iklan berbayar. Jika kamu ingin menjaring lebih banyak calon pembeli, jangan pernah ragu untuk menggunakan fitur berbayar ini. 

    Dengan begitu, iklan yang sudah kamu buat secara mandiri nantinya secara otomatis akan muncul sesuai dengan karakteristik dan kebiasaan pencarian masing-masing pengguna.

    Baca Juga: Memaksimalkan Promosi Bisnis dengan Instagram Ads 

    Nah, sebenarnya tidak sulit kan membuat iklan sendiri untuk digunakan sebagai sarana promosi di media sosial? Iklan di media sosial memberikan promosi konten yang paling terukur dan terbukti mengubah pengunjung menjadi prospek dan pelanggan. 

    Selain itu, kamu tidak memerlukan anggaran iklan yang besar di media sosial jika membuatnya dengan cara yang cerdas dan cermat. Masih bingung tentang cara membuat iklan agar tepat dengan target audiens? Tenang. Kamu bisa memanfaatkan fitur kampanye marketing dari majoo. Fitur ini akan memudahkan kamu menentukan jenis kampanye marketing yang tepat untuk digunakan sebelum membuat iklan sendiri. So, sudah memastikan kalau kamu berlanggan majoo kan? 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.
    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.