Aplikasi POS, Tools Penting untuk Menjaga Kepuasan Pelanggan


Lebih dari sekadar aplikasi kasir, sistem POS mampu berkontribusi untuk menjaga kepuasan pelanggan.


Kepuasan pelanggan merupakan hal yang tidak bisa diabaikan oleh pemilik usaha. Bersama dengan aneka faktor lain, customer satisfaction sangat memengaruhi maju atau gagalnya sebuah bisnis.

 

Seperti yang sudah diketahui, customer satisfaction menjadi indikator paling penting untuk mengukur intensi serta loyalitas pelanggan. Tentunya, pelanggan baru akan setiap bila ekspektasi mereka atas produk dan layanan terpenuhi.

 

Mungkin kamu juga menyadari, belakangan ini ada perubahan signifikan yang melanda bisnis, mulai dari transformasi ke ranah digital hingga penerapan aneka sistem yang dimaksudkan untuk memperbaiki pengalaman pelanggan.

 

Salah satunya, penggunaan aplikasi POS yang tujuan akhirnya tidak bukan meningkatkan kepuasan pelanggan serta membangun basis pelanggan setia. Dengan begitu, bisnis bisa bertahan dan terus bergerak maju.  

 

Kaitan aplikasi POS dengan kepuasan pelanggan

Beberapa dari kamu mungkin ada yang masih bertanya-tanya, bagaimana mungkin sistem POS bisa meningkatkan kepuasan pelanggan?

 

Bisnis online dianggap memiliki kelebihan dalam hal kemudahan berinteraksi dengan konsumen dibandingkan gerai offline. Ada banyak platform yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga komunikasi dengan konsumen seperti website dan media sosial.

 

Akan tetapi, dikotomi tersebut tampaknya sekarang sudah kurang relevan. Mengingat sebagian besar gerai di luar jaringan juga umumnya mempunya sudah mempunyai toko online.

 

Meskipun begitu, pemanfaatan sistem yang bisa menyederhanakan operasional serta memperbaiki pengalaman pelanggan ketika bertransaksi di gerai perlu digunakan. Itu sebabnya kamu perlu cermat dalam memilih sistem POS.

 

Pasalnya, banyak bisnis yang kurang diingat konsumen karena tidak bisa memberikan pengalaman bertransaksi yang memorable. Dengan penerapan sistem POS yang cepat biasanya kamu bisa menghadirkan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan bagi konsumen.

 

Misalnya, proses pengecekan inventaris menjadi super cepat, begitu juga dengan proses pengembalian dan penukaran produk. Penerimaan pesanan tidak hanya cepat, tetapi juga akurat berkat sistem POS yang terintegrasi.


Aplikasi POS yang terintegrasi dengan e-commerce lebih optimal untuk menjaga kepuasan pelanggan.

 

Di samping dapat didesain untuk menyuguhkan kecepatan dan kenyamanan, sistem POS juga bisa kamu andalkan untuk proses personalisasi pelayanan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa personalisasi menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan pengalaman konsumen.

 

Sebagai contoh, kamu bisa memberikan program promosi atau loyalty program lain yang dipersonalisasi bagi tiap-tiap pelanggan. Hal ini memungkinkan untuk dilakukan karena data konsumen serta transaksi di sistem POS terdokumentasi dan diperbarui secara real time.

 

Pentingnya menghubungkan bisnis offline dan online

Seperti yang kamu lihat, kini media sosial sudah bisa berperan layaknya marketplace. Sementara itu, perusahaan-perusahaan yang menjual langsung kepada konsumen secara online juga terus mengalami peningkatan dalam bisnis.

 

Sehubungan dengan hal ini, gerai-gerai makin kesulitan memperoleh konsumen yang berkunjung langsung. Pasalnya, sekarang konsumen menginginkan pelayanan lebih, seperti mengharapkan personalisasi, kenyamanan, dan kemudahan.

 

Bila gerai fisik ingin terus maju, penting sekali kamu memastikan konsumen tidak melewatkan kemudahan dan kepraktisan berbelanja online. Karena itu, kamu perlu menghubungkan bisnis offline serta online sehingga konsumen mendapatkan pengalaman terbaik berinteraksi dengan bisnismu.

 

Berbicara keterhubungan tersebut, teknologi tentu memainkan peranan sangat penting. Inilah alasan mengapa kamu perlu memilih aplikasi POS yang optimal dalam mendukung perkembangan bisnis.  

 

Temukanlah sistem POS yang sudah mempunyai ekosistem digital. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mengintegrasikan toko fisik dengan marketplace atau layanan pesan antar.

 

Dengan tersambungnya sistem POS dan e-commerce, kamu bisa menekan potensi terjadinya kekeliruan atau keterlambatan dalam pembaruan data sebab pemindahan data penjualan langsung serta online sudah tidak perlu dilakukan secara manual.

 

Hal tersebut berarti menghemat waktu, energi, dan biaya sehingga kamu dan tim bisa fokus kepada hal lain yang lebih esensial untuk pengembangan bisnis, alih-alih menghabiskan sejumlah waktu berkutat dengan hal administratif yang sebetulnya dapat diautomasi.

 

Karena pembaruan data penjualan dan inventori terjadi otomatis melalui sistem POS, data-data selalu terbarui secara real time. Jadi, tidak ada lagi risiko ada transaksi yang terpaksa harus dibatalkan sebab stok produk real habis.

 

Berkat adanya pengoptimalan operasional bisnis, konsumen jadi memiliki pengalaman yang baik ketika berbelanja, baik online maupun offline. Secara umum, kepuasan pelanggan akan meningkat sehingga kemungkinan terbentuknya basis pelanggan loyal pun lebih besar.

 

Kesimpulan

Kepuasan pelanggan salah satunya dipengaruhi oleh pelayanan yang smooth. Tentunya, kamu hanya bisa menghadirkan pelayanan yang mulus bila operasional bisnis efektif serta efisien.

 

Salah satu cara mencapainya adalah dengan memilih aplikasi POS yang tepat. Dengan sistem POS yang pas, kamu bukan hanya bisa menyederhanakan operasional, melainkan memberikan layanan yang dipersonalisasi bagi konsumen.

 

Selain itu, tentu kamu perlu memilih sistem POS yang relevan dengan situasi terkini. Misalnya, kini sudah bukan saatnya bisnis hanya bergantung pada gerai offline, mempunya platform digital yang bisa diakses konsumen merupakan keharusan.

 

Karena itu, sistem POS yang dipilih pun idealnya yang sudah memiliki ekosistem digital dan mampu mengintegrasikan toko fisik dengan e-commerce atau berbagai platform digital lain.


Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

5 Tips Melakukan Inovasi Bisnis agar Usahamu Lebih Sukses

Inovasi bisnis penting untuk dilakukan secara terus menerus agar sebuah usaha tidak mengalami kekalahan dalam persaingan bisnis.

QRIS, Satu Langkah Penting Menuju Digitalisasi Bisnis!

QRIS agar pelanggan dapat melakukan pembayaran nontunai dengan mudah merupakan langkah yang tak boleh terlewat bila ingin melakukan digitalisasi bisnis!

majoo Maxima: Aplikasi Kasir + GrabFood untuk Bisnis Kuliner

majoo Maxima merupakan bundling majoo dengan GrabFood. Untuk kamu yang memiliki bisnis F&B, adanya fitur ini semakin mempermudah bisnismu.

Mau Inovasi Bisnis? Jangan Lupakan Hal-Hal Ini!

Setelah bisnis berjalan, pebisnis perlu melakukan inovasi untuk kelangsungan bisnisnya. Inovasi bisnis ini harus dilakukan dengan banyak pertimbangan.
Whatsapp