Table of Content

    Awas! Jangan Coba-Coba Bisnis Kopi Sebelum Tahu 5 Hal Ini!

    Kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup.

    Sempat diprediksi bakal meredup, bisnis kedai kopi nyatanya justru semakin merebak. Pandemi bagai hanya jadi tamparan kecil. Setelah kasus mulai mereda, industri coffee shop terasa kian meriah. Jika kamu perhatikan, mungkin kini ada puluhan hingga ratusan kedai kopi di tiap kota besar di Indonesia!  

    Nah, dengan begitu padatnya persaingan, layakkah jika kamu berniat mempertaruhkan modal dan waktu dengan terjun ke bisnis kedai kopi? Well, secara prospek sebenarnya coffee shop masih cukup seksi. Kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup. Ditambah lagi adanya budaya nongkrong yang seolah jadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. 

    Kuncinya adalah melakukan persiapan dengan matang. Pastikan kamu tahu persis value apa yang ingin ditawarkan oleh bisnismu. Selain itu, lihat apa yang dibutuhkan oleh pasar dan bagaimana coffee shop-mu bisa menawarkan solusi untuk hal tersebut. Nah, berikut ini majoo punya lima hal penting yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memulai sebuah bisnis kedai kopi. Yuk, simak bersama! 

    Riset Pasar

    Hal pertama yang kamu lakukan adalah meneliti tentang kebutuhan pasar. Pastikan bahwa market yang kamu bidik mampu menerima konsep atau produk yang kamu tawarkan. Jangan sampai kamu sudah susah payah membangun coffee shop canggih dan super kekinian, namun ternyata calon customer-mu tidak cocok dengan konsep dan harga yang ditawarkan. 

    Lakukanlah survey langsung kepada calon pelanggan. Tanyakan hal-hal seputar harga jual, jenis produk, makanan, hingga lokasi. Dengan berbekal insight yang jelas dari calon customer, kamu akan lebih mudah menghadirkan produk yang benar-benar mereka butuhkan. Jika sudah begini, seharusnya tidak butuh waktu lama sebelum kedai kopimu laris manis! 

    Partner Bisnis

    Membangun sebuah coffee shop membutuhkan persiapan matang. Banyak hal perlu kamu pikirkan, mulai dari riset pasar, pengembangan produk, hingga strategi pemasaran yang tepat. Menjalankan semuanya sendirian bukan hal yang mustahil, namun akan jauh lebih mudah jika kamu memiliki partner bisnis untuk membantu. 

    Oleh karena itu, gandenglah seseorang dengan visi yang sama. Temukan partner yang bisa melengkapi kebutuhan bisnismu. Contohnya, jika kamu sudah memiliki kemampuan marketing dan networking yang oke, carilah rekanan yang punya kemampuan lebih baik dalam pengembangan produk. Dengan demikian, kalian bisa saling melengkapi satu sama lain dan menciptakan bisnis yang solid. 

    Tren Industri

    Ibarat kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Jika kamu sudah memutuskan nyebur di bisnis kopi, luangkanlah waktu untuk belajar lebih dalam tentang industri kopi. Ini meliputi proses panen, pengolahan, hingga roasting kopi. Tak hanya itu, kamu juga perlu paham soal jenis-jenis biji kopi karena hal ini akan berhubungan dengan pemilihan bahan baku dan proses produksi. 

    Dengan memahami betul soal tren dan industri kopi, kamu akan lebih siap dalam menghadapi persaingan. Bakal ada banyak langkah strategis yang bisa kamu ambil, mulai dari penghematan ongkos produksi, eksperimen racikan kopi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, teruslah luangkan waktu untuk mempelajari hal-hal terkait bisnis kopi. 

    Franchise

    Selain membangun brand sendiri, kamu juga bisa lho terjun ke dalam bisnis kopi dengan membeli franchise dari brand terkenal. Keuntungannya, kamu gak perlu melakukan marketing dari nol karena kebanyakan calon customer di sekitarmu biasanya sudah mengetahui brand franchise tersebut. 

    Tapi kamu juga harus berhati-hati dalam membeli sebuah franchise, karena lokasi dan permintaan pasar juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis. Kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli franchise di kawasan yang ramai dan berada di sekitar area sekolah atau kampus. Biasanya, market anak muda lebih mudah mengenali brand franchise coffee shop melalui media sosial, sehingga, kamu tidak akan kesulitan untuk menjual produk franchise milikmu.

    Tertarik belajar lebih dalam mengenai bagaimana jadi pemenang di persaingan bisnis kopi? Yuk, gabung di webinar ‘Ruang Majoo’ edisi 15 Juli 2022. Bersama Sivaraja, owner Amstirdam Coffee, kita akan belajar bagaimana mengarungi ketatnya persaingan di bisnis coffee shop

    Kamu bisa berdiskusi mengenai bisnis coffee shop langsung dengan expert yang sudah 10 tahun lebih berkecimpung di industri kopi. Pastikan kamu mendaftar webinar ‘Ruang Majoo’ edisi 15 Juli 2022 melalui link di bawah ini ya! Yuk segera daftar! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?
    Kenali Strategi Digital Marketing yang Bisa Diterapkan UMKM
    Digital Marketing merupakan strategi pemasaran yang efektif. Dengan modal yang tidak terlalu besar, UMKM dapat menerapkannya untuk mempromosikan produk.
    5 Alasan Karyawan Merupakan Aset Perusahaan yang Nomor Satu
    Perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan karyawan dan memahami bahwa karyawan merupakan aset cenderung bergerak lebih maju.