Table of Content

    7 Rekomendasi Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta

    Bisnis franchise menawarkan keuntungan bagi setiap pihak yang menjalankannya.

    Franchise adalah salah satu jenis usaha yang kerap dianggap menguntungkan oleh banyak orang. Mereka berpikir bahwa menjalankan bisnis franchise lebih mudah daripada mendirikan bisnis sendiri.

    Padahal, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, justru franchise rawan gagal apabila tidak dijalankan dengan hati-hati.

    Franchise adalah hak untuk menjual produk berdasarkan perjanjian yang sudah disepakati antara pemilik merek dan penjual yang menggunakan merek tersebut. Biaya franchise ini berupa penggunaan merek dan lisensi selama jangka waktu tertentu.

    Franchisor adalah pemilik merek yang memberikan hak kepada orang lain untuk menjual produk berdasarkan perjanjian. Sedangkan franchisee adalah penerima franchise yang ingin menggunakan merek dari franchisor untuk menjual produknya.

    Dalam artikel ini, akan dikupas tuntas kelebihan dan kekurangan bisnis franchise serta bisnis franchise di bawah 5 juta. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

    Kelebihan Menjalankan Bisnis Franchise

    Apa pun sistem bisnis yang kamu jalankan, pasti memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing. Termasuk ketika kamu tertarik untuk menjalankan bisnis franchise ini, berikut ini beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan, antara lain:

    1. Manajemen Bisnis Telah Terbangun

    Sistem bisnis franchise telah memiliki manajemen bisnis yang siap dan matang. Biasanya para franchisor pun mulai memberi kesempatan membuka franchise karena bisnis yang dijalankan sudah matang, memiliki segmentasi pasar yang dinamis, dan memiliki reputasi yang baik sehingga manajemen dan strategi bisnis yang dijalankan sudah berkelanjutan.

    2. Merek Sudah Dikenal Masyarakat

    Merek yang sudah dikenal oleh masyarakat biasanya sudah memiliki konsumen dan target pasar sendiri sehingga franchisee tidak perlu memikirkan strategi marketing dan analisis kompetitor.

    3. Kerja Sama yang Telah Terbangun Sejak Awal

    Franchisee akan mendapatkan keuntungan kerja sama yang telah terbangun sebelumnya dari franchisor. Dengan adanya kerja sama yang baik, franchisor akan memberikan support berupa pelatihan manajemen finansial, marketing, hingga supply sumber daya.

    4. Peluang Sukses Lebih Cepat

    Bisnis franchise biasanya memiliki peluang sukses yang lebih cepat karena liputan media dan telah memiliki target pasar dan loyal konsumen.

    Biaya modal yang dikeluarkan pun akan terukur karena pasokan sumber daya dan strategi marketing sudah matang dari franchisor.

    5. Manajemen Finansial Lebih Mudah

    Setiap investor lebih menyukai untuk memberikan modalnya pada bisnis yang basic finansial dan marketing-nya sudah kuat. Dengan menggunakan bisnis franchise, sistem manajemen finansial telah ditetapkan oleh franchisor sehingga franchisee tidak perlu pusing memikirkan manajemen finansial.

    Baca Juga: Pahami! Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha 2022

    Jenis bisnis franchise dibagi menjadi dua yaitu franchise luar negeri dan dalam negeri.

    Kekurangan Menjalankan Bisnis Franchise

    Membuka bisnis franchise memang memiliki banyak keuntungan tetapi kamu sebagai calon franchisee perlu memperhatikan beberapa hal yang menjadi kekurangan bisnis ini agar terhindar dari kegagalan bisnis.

    Berikut ini beberapa kekurangan ketika menjalankan bisnis franchise yang perlu kamu perhatikan.

    1. Kurangnya Kendali Franchisee Terhadap Bisnisnya Sendiri

    Hal ini karena semua sistem telah ditentukan oleh franchisor. Ruang gerak franchisee akan sangat terbatas dan ide-ide untuk berinovasi pun terkadang tidak dapat diaplikasikan karena adanya perjanjian khusus.

    2. Terjebak Tren Pasar

    Memang bisnis franchise memiliki target pasar yang matang, para pembeli franchise biasanya terjebak dalam tren pasar. Perilaku konsumen yang berubah-ubah terhadap tren akan memengaruhi kondisi bisnis franchise.

    3. Adanya Ketergantungan pada Reputasi Franchise Lainnya

    Apabila franchise yang lain melakukan kesalahan dan mengakibatkan rusaknya reputasi merek franchise, hal tersebut bisa memengaruhi franchise yang sedang kamu kelola.

    4. Membutuhkan Modal Banyak

    Pihak franchisor akan mengajukan biaya awal untuk membeli perjanjian franchise. Kemudian ada juga biaya lanjutan untuk pelatihan sebagai support para franchisee. Biaya modal yang dikeluarkan untuk membeli franchise juga tidak sedikit. Hal ini berlaku untuk merek dengan konsep tertentu. Maka dari itu kamu bisa menentukan bisnis franchise yang sesuai dengan target pasarmu.

    5. Adanya Pemotongan Keuntungan

    Franchisee memiliki kewajiban untuk membayar royalti dari sejumlah keuntungan yang ia dapatkan. Tapi tidak semua merek yang di franchise-kan ada keharusan membayar royalti. 

    Baca Juga: 8 Franchise Makanan Terlaris Kekinian 2022

    Tips Sukses Menjalankan Bisnis Franchise dengan Modal Kecil

    Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan menjalankan bisnis franchise, berikut ini ada tips sukses menjalankan bisnis franchise dengan modal kecil.

    • Pilihlah franchise yang mudah untuk dijalankan.
    • Pilihlah franchise yang produknya tak lekang oleh tren pasar dan dibutuhkan oleh konsumen.
    • Pilihlah franchise dengan harga produk yang terjangkau tetapi memiliki kualitas yang bagus.
    • Tentukan franchise yang banyak diminati konsumen.
    • Jalankan bisnis franchise dengan pelayanan yang ramah dan baik.
    • Pilihlah lokasi bisnis franchise yang strategis. Lokasi juga menentukan kesuksesan bisnis franchise yang kamu bangun.

    Baca Juga: 11 Rekomendasi Franchise Minuman 2022 Terlaris

    Bisnis Franchise di Bawah 5 Juta yang Menguntungkan

    Barangkali tak sedikit dari kamu yang mengira bahwa untuk berbisnis franchise membutuhkan dana puluhan hingga ratusan juta rupiah. Padahal ada juga bisnis franchise di bawah 5 juta rupiah, lho!

    Bisnis franchise di bawah 5 juta rupiah ini tentu bisa berkembang dengan pesat apabila dikelola dengan baik. Lalu, apa saja rekomendasi bisnis franchise di bawah lima juta rupiah yang bisa kamu coba? Simak berikut ini, ya!

    1. Kopi Susu

    Franchise 5 jutaan yang pertama adalah franchise kopi. Tidak bisa dimungkiri kopi susu kekinian sudah menjadi primadona sebagian masyarakat Indonesia. Memang tidak sedikit franchise kopi susu yang mematok biaya atau modal bisnis yang tidak sedikit. Namun kamu tidak perlu takut memulai bisnis ini karena masih ada juga franchise kopi di bawah 5 juta rupiah.

    Salah satunya adalah Nyopee yang menawarkan paket kemitraan dengan biaya mulai dari 5 juta rupiah kepada calon franchisee. Melihat popularitas kopi susu yang saat ini populer terutama di kalangan anak muda, modal lima juta tentu tidak terlalu besar dan berpeluang mendapatkan ROI (Return of Investment) dalam waktu yang tidak lama. 

    2. Bakso

    Hampir semua orang suka bakso, bukan? Bakso merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, bisnis franchise bakso merupakan usaha yang pelanggannya tidak akan pernah surut.

    Nah, salah satu bisnis franchise makanan di bawah 5 juta rupiah adalah Bakso Benhil. Dengan biaya kemitraan sekitar 4 juta rupiah, kamu akan mendapatkan bahan baku produk untuk 500 porsi bakso. Kamu bisa mendapatkan omzet jutaan rupiah apabila berhasil memasarkan dan menjual produk makanan ini.

    3. Dimsum

    Pada awalnya dimsum hanya bisa dicicipi di hotel atau restoran mewah dengan harga yang terbilang cukup tinggi. Namun kini, dimsum sudah banyak dijajakan di gerai pinggir jalan atau dijual secara online.

    Salah satu franchise 5 jutaan dari produk dimsum murah adalah Dimsum 14. Paket kemitraan yang ditawarkan Dimsum 14 senilai 5 juta rupiah dengan mendapat bahan baku sebanyak 100 porsi. Kamu pun bisa  mendapatkan ragam fasilitas, seperti gerobak, peralatan lengkap untuk berjualan, dan bahan baku makanan untuk 100 porsi.

    4. Thai Tea

    Thai Tea merupakan minuman perpaduan teh dan susu dari Thailand yang berwarnanya pekat, terdapat aroma vanila yang menyegarkan, dan memiliki cita rasa manis, gurih, serta creamy pada saat bersamaan.

    Salah satu bisnis franchise Thai Tea di bawah 5 juta rupiah adalah Chagocha Thai Tea. Paket kemitraan yang ditawarkan mulai dari Rp4,5 juta dan sudah mendapatkan bonus berupa semua kelengkapan usaha ditambah bonus booth portable dan 100 cup bahan baku.

    5. Korean Cheese Tea

    Bisnis franchise di bawah 5 juta selanjutnya, yaitu Rokea yang menjual produk minuman Korean Cheese Tea.

    Rokea membawa konsep fresh and fun yang membuat merek ini populer dan memiliki ratusan mitra yang tersebar di seluruh kota di Indonesia.

    Merek minuman Korea kearifan lokal satu ini tidak menarik royalti fee serta menyediakan marketing support.

    Paket kemitraan yang ditawarkan mulai dari Rp4,9 juta. Dengan modal tersebut kamu akan mendapat fasilitas lengkap seperti lid sealer, shaker, cup, manual hand mixer, teko, booth, banner, apron, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu akan mendapatkan free bahan baku di awal.

    6. Minuman Cokelat

    Selain kopi dan Thai tea, minuman cokelat juga menjadi minuman yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Nyoklat Super merupakan merek usaha minuman cokelat yang sudah berdiri sejak tahun 2013.

    Bisnis ini menawarkan franchise tanpa royalti fee dengan kontrak seumur hidup, lho! Wah, menarik banget, nih!

    Ada beberapa paket kemitraan yang bisa kamu pilih seperti paket ekonomis dengan modal mulai Rp4 juta. Dari modal tersebut kamu akan mendapat paket lengkap beserta bahan bakunya. Estimasi profit bersih yang akan kamu dapatkan dari penjualan 90 cup per hari sekitar Rp4,1 juta per bulannya.

    7. Ayam Geprek Korea

    Selain franchise minuman, kamu juga bisa memilih franchise makanan dengan bahan dasar ayam seperti Yago Chicken.

    Yago Chicken adalah bisnis franchise 5 jutaan milik SamWon Group yang menggunakan konsep virtual franchise.

    Kamu bisa menjual makanan ini melalui platform online seperti Shopee Food, Grabfood, dan Gofood tanpa menyewa outlet sehingga modal yang kamu keluarkan menjadi lebih ringan.

    Adapun rincian modal usaha untuk bermitra dengan Yoga Chicken ini seperti berikut ini join fee mulai Rp1 juta, membership fee Rp100 ribu per bulan, peralatan Rp1 juta, bahan baku Rp1 juta, dan booth Rp1 juta. Total paket kemitraan ini sekitar Rp4,1 juta.

    Baca Juga: Memahami Pengertian dan Cara Memulai Bisnis Online

    Kesimpulan

    So, kamu sudah tidak perlu bingung lagi untuk memilih bisnis franchise di bawah 5 juta. Beberapa contoh bisnis franchise 5 jutaan di atas bisa menjadi referensimu.

    Meskipun franchise yang akan kamu geluti relatif bermodal minim, bukan berarti kamu tidak berkesempatan untuk mengembangkannya ke taraf yang lebih tinggi, bukan? Oleh karena itu kamu harus mulai melatih skill berbisnis agar bisa mengambil suatu keputusan terbaik untuk langkah bisnis yang akan kamu jalani.

    Agar kamu bisa mengambil keputusan yang terbaik, tentunya kamu membutuhkan aplikasi wirausaha online agar segala operasional bisnismu dapat dijalankan dengan mudah. Kamu dapat menggunakan fitur POS (Point of Sales) dari aplikasi majoo.

    Aplikasi majoo hadir dengan berbagai fitur yang akan memudahkan operasional bisnismu, seperti fitur inventory, CRM (Customer Relationship Management), toko online, karyawan, hingga fitur akuntansi yang dapat membuat laporan penjualan dengan komprehensif.

    Well, agar kamu bisa semakin mengoptimalkan bisnismu dengan mudah, pastikan kamu sudah menggunakan aplikasi majoo!

    Baca Juga: Bisnis Online Tanpa Modal? Pahami Caranya di Sini

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    9 Cara Memulai Bisnis dari Nol, Perhatikan Di Sini!
    Diperlukan langkah dan strategi yang matang untuk memulai sebuah bisnis. Pertimbangan ini dapat membantumu melewati setiap hambatan yang mungkin terjadi.
    Tokopedia Paylater adalah Bentuk Kenikmatan Belanja Online
    Tokopedia Paylater membantu lebih dari 100 juta pelanggan aktif Tokopedia untuk beli sekarang bayar nanti. Mau mencoba? Baca dulu tipsnya!
    RAB adalah Rencana Anggaran Biaya, Bagaimana Cara Buatnya?
    RAB adalah singkatan dari rencana anggaran dan biaya, lalu mengapa dokumen yang satu ini sangat dibutuhkan oleh pemilik usaha dalam operasional bisnis?
    Stakeholder adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenis
    Operasional sebuah bisnis mustahil dijalankan tanpa adanya peran stakeholder. Namun, seberapa penting sebenarnya keberadaan peran ini dalam bisnis?