Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Inspirasi Momen Bisnis di Bulan Februari untuk Promo

    Ada banyak momen bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk meluncurkan bulan promo selama Februari

    Di antara banyak hal, momen bisnis merupakan salah satu hal yang paling dinanti oleh para pelaku usaha. Bagaimana tidak, terkadang memang ada momen-momen di mana pelaku usaha bisa melipatgandakan keuntungan bisnisnya sesuai dengan strategi bisnis yang dirancang.

    Momen-momen semacam ini juga kerap dijadikan tema untuk bulan promo yang akan dijalankan. Alasannya tentu tak perlu dicari terlalu dalam. Sejauh ini, meluncurkan program-program promosi memang dirasa efektif untuk meningkatkan angka penjualan, dan pada akhirnya melipatgandakan pendapatan bisnis.

    Meski demikian, program promo tentu tak boleh diluncurkan secara asal dan seolah-olah tanpa alasan. Untuk mengakalinya, pelaku usaha bisa memanfaatkan momen-momen penting berikut sebagai inspirasi program promosi!

    Hari Persatuan Farmasi Indonesia (13 Februari 2022)

    Dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda sejak akhir tahun 2019 lalu, tak ada salahnya untuk mengapresiasi kerja-kerja mereka yang berjuang di garis depan dunia kesehatan, kan? Selain dokter dan juga perawat, jangan lupakan juga jasa mereka yang bergerak di bidang farmasi.

    Nah, kebetulan pada tanggal 13 Februari 2022 besok, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI), organisasi farmasi pertama dan tertua di Indonesia, akan berulang tahun yang ke-76! Hari lahir organisasi yang satu ini juga telah ditetapkan sebagai hari persatuan farmasi Indonesia.

    Pelaku usaha dapat memanfaatkan momen ini untuk mengeluarkan program promo sebagai bentuk apresiasi terhadap tenaga kesehatan kita di tengah pandemi. Misalnya saja mengeluarkan program donasi untuk dunia farmasi setiap kali pelanggan melakukan pembelian dengan nilai transaksi tertentu.

    Melalui program ini, pelaku usaha tak semata-mata mendorong pelanggan untuk meningkatkan pembelian, tetapi juga memberikan edukasi terkait pentingnya kepedulian terhadap tenaga kesehatan di masa pandemi. Menarik, kan?

    Baca juga: Melirik Berbagai Peluang Bisnis Setelah Pandemi Virus Corona

     Hari valentine kerap dimanfaatkan pelaku usaha sebagai momen bisnis

    Hari Valentine (14 Februari 2022)

    Tepat sehari setelah hari persatuan farmasi Indonesia, setiap tanggal 14 Februari masyarakat kita juga sudah mulai familier dengan perayaan hari Valentine. Tentunya momen ini bisa dimanfaatkan pelaku usaha untuk meluncurkan program bulan promo kasih sayang untuk mendorong angka penjualan.

    Ada banyak sekali jenis program promo yang bisa dilakukan di hari ini. Bagi bisnis restoran, misalnya saja, pelaku usaha dapat mengeluarkan program potongan harga khusus untuk pelanggan yang datang bersama pasangan. Program ini sangat tepat untuk mendorong pelanggan-pelanggan yang ingin merayakan hari kasih sayang ini dengan makan malam romantis.

    Promo lain yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan setangkai bunga mawar maupun pernak-pernik hari kasih sayang lainnya secara gratis bagi pelanggan yang melakukan pembelian dengan nilai transaksi yang sudah ditentukan. Atau, di tanggal 14 Februari 2022, pelaku usaha bisa mengeluarkan hampers edisi hari kasih sayang yang berisi produk-produk eksklusif.

    Baca juga: Sedang Menyiapkan Promo Valentine? Cobalah Beberapa Ide Ini!

    Hari Sampah Nasional (21 Februari 2022)

    Seminggu setelah hari kasih sayang, yaitu setiap tanggal 21 Februari, kita juga memiliki hari sampah nasional yang sangat mungkin sekali dimanfaatkan untuk meluncurkan program bulan promo lainnya; terlebih bagi pelaku usaha yang bisnisnya memang menjual nilai-nilai ramah lingkungan.

    Tak bisa dipungkiri, pasar atau pelanggan potensial yang mulai menyadari pentingnya menjaga lingkungan sekitar maupun isu-isu global warming memang semakin meningkat setiap harinya. Pelaku usaha yang kemudian mengusung bisnis yang ramah lingkungan pun semakin lama juga semakin bertambah.

    Dengan demikian, tak ada salahnya untuk mengeluarkan program promo yang berkaitan dengan isu lingkungan di hari sampah nasional. Pelaku usaha yang memahami pentingnya bisnis ramah lingkungan bisa memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan yang melakukan daur ulang limbah plastik dari produknya.

    Sama seperti hari persatuan farmasi Indonesia, momen hari sampah nasional ini juga bisa dijadikan sebagai momen untuk memberikan edukasi bagi pelanggan untuk turut peduli terhadap isu-isu lingkungan!

    Baca juga: Bisnis Ramah Lingkungan, Kontribusi untuk Menjaga Bumi

    Hari Gizi Nasional Indonesia (28 Februari 2022)

    Tanggal 28 Februari 2022 bisa menjadi momen yang menarik bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang makanan. Mengapa? Karena tanggal 28 Februari 2022 telah ditetapkan sebagai hari gizi nasional Indonesia!

    Tak aneh bila di hari ini pelaku usaha meluncurkan beragam program bulan promo yang berkaitan dengan gizi, kan? Coba pikirkan program promo apa yang sekiranya berkaitan dengan peningkatan kualitas gizi generasi penerus bangsa yang mungkin dapat diluncurkan pada hari ini!

    Bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang bisnis lain yang mungkin tak berhubungan secara langsung dengan hari gizi nasional, meningkatkan nilai transaksi dengan membuka program donasi yang hasilnya dapat disalurkan kepada pihak-pihak yang mengupayakan perbaikan kualitas gizi juga dapat menjadi manuver bisnis yang oke, kok!

    Sebagai seorang pelaku usaha, memanfaatkan momen bisnis dengan baik untuk meningkatkan angka penjualan bisa menjadi langkah yang tepat dalam mengembangkan bisnisnya. Terlebih lagi, pelaku usaha juga dapat memanfaatkan fitur keanggotan yang ada dalam aplikasi majoo untuk merancang serta mengelola setiap promo yang diluncurkan dengan lebih mudah.

    Yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang juga!

    Baca juga: Mengenal Diet Flexitarian, Diet Vegetarian yang Fleksibel

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Inilah Brand yang Berhasil Menerapkan Omnichannel Marketing
    Cek contoh omnichannel marketing yang berhasil dieksekusi oleh brand besar, seperti Starbucks, Timberland, dan Singapore Airlines. Yuk, simak selengkapnya!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Cloud Kitchen, Peluang Bagi Bisnis Kuliner untuk Bangkit
    Pada era new normal cloud kitchen dapat menjadi peluang menjanjikan bagi bisnis kuliner. Apa saja sih keuntungan model bisnis cloud kitchen ini?
    5 Usaha Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan Menjelang Idulfitri
    Meskipun Idulfitri kali ini berlangsung di tengah pandemi, tetap ada berbagai peluang usaha sampingan yang bisa kamu jalankan.