Table of Content

    • majoo blog
    • Tips
    • Jelang Idulfitri, Tambah Omzet Baju Muslim dengan Cara Ini!

    Jelang Idulfitri, Tambah Omzet Baju Muslim dengan Cara Ini!

    Bisnis baju muslim merupakan peluang menjanjikan menjelang Idulfitri

    Masyarakat muslim Indonesia mempunyai berbagai tradisi untuk menyambut Idulfitri, mulai dari menghidangkan ketupat opor hingga membeli baju muslim. Pada hari besar tersebut, setiap orang memang ingin berpenampilan terbaik. Wajar saja bila membeli baju baru menjadi salah satu tradisi yang kerap dilakukan.

    Maka dari itu, bisnis busana muslim merupakan peluang usaha yang hampir selalu menjanjikan menjelang lebaran. 

    Baca juga: Mau Untung Banyak di Bulan Ramadan? Coba Peluang Usaha Ini!

    Bila kamu sudah menjalankan bisnis, berikut ini kami siapkan tips untuk menambah omzet dan memaksimalkan keuntungan. Yuk, baca selengkapnya!

    Perluas target pasar

    Saat memulai bisnis, kamu pasti sudah menentukan target market. Seperti yang sudah diketahui, suatu pasar bisa menjadi jenuh saat sudah banyak pebisnis yang menyasar pasar tersebut.

    Karena itu, memperluas target pasar merupakan salah satu langkah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan. Analisis kembali potensi pasar yang masih sesuai dengan produkmu, lalu perluas target pasarmu.

    Sebut saja, sebelumnya kamu menargetkan wanita karier pada rentang usia 30-40 tahun. Berdasarkan target tersebut mungkin kamu banyak menawarkan produk kepada rekan kerja. 

    Cobalah, identifikasi kembali potensi adanya target tersebut di lingkungan rumah. Jika ada, kamu bisa memperluas pemasaran di lingkungan rumah.

    Trik lainnya, kamu bisa memperluas target pasar baju muslim untuk pria dan anak. Namun, hal ini tentu menuntutmu berinovasi.

    Pertimbangkan untuk melakukan inovasi

    Telah disebutkan sebelumnya, jika kamu benar-benar ingin menambah target pasar baru, kamu perlu melakukan inovasi. Awalnya, kamu mungkin hanya memproduksi baju muslim untuk wanita, kini kamu menawarkan family set yang pas sekali untuk Idulfitri.

    Meskipun begitu, inovasi tidak hanya berlaku saat kamu ingin memperluas target pasar, tetapi dibutuhkan untuk mendongkrak omzet secara keseluruhan.

    Bukan rahasia lagi, tren fesyen terus berubah dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, lebaran tahun sebelumnya mungkin warna vibrant menjadi pilihan. Sementara itu, konsumen mungkin lebih berminat pada warna pastel pada tahun berikutnya.

    Dalam hal ini, kamu perlu mengetahui tren fesyen terbaru sekaligus bersedia melakukan inovasi. Tentu saja, inovasi tersebut dalam koridor yang masih sesuai dengan citra brand.

    Baca juga: Memilih Inovasi Bisnis atau Buka Bisnis Baru di 2022?

     Mulai dari inovasi hingga transformasi digital bisa jadi strategi meningkatkan omzet baju muslim

    Terapkan strategi pemasaran yang tepat

    Di luar kedua point di atas, strategi pemasaran sudah pasti memainkan peran penting dalam peningkatan omzet penjualan. Inovasi juga berlaku dalam penentuan strategi pemasaran.

    Kalau kamu sudah mempunyai pelanggan tetap yang membeli produk baju muslim darimu, kamu bisa menawarkan mereka untuk menjadi reseller atau dropshipper.

    Lalu, kamu juga bisa mencari jenis program promosi atau customer reward yang lebih kreatif. Jika tahun sebelumnya kamu memberikan potongan harga, kali ini kamu bisa menawarkan harga spesial untuk sejumlah pemesan pertama, voucher belanja, atau hadiah langsung.

    Baca juga: Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program

    Jangkau lebih banyak pelanggan melalui platform digital

    Saat ini, bisnismu hampir dipastikan akan tertinggal bila belum hadir di platform digital. Jadi, bagi kamu yang belum memiliki toko online, segeralah buat toko online di platform yang sesuai dengan target pasarmu.

    Apabila diperlukan, buatlah toko di berbagai marketplace. Tidak perlu khawatir kamu akan kesulitan dalam pengelolaannya sebab kini sudah ada aplikasi POS dengan fitur omnichannel.

    Berikutnya, pasarkan produk dan bisnismu melalui media sosial. Semakin luas exposure bagi bisnis dan produkmu, semakin besar potensi peningkatan penjualan.

    Ada banyak strategi yang bisa kamu terapkan dalam rangka meningkatkan exposure di platform digital, khususnya media sosial. Iklan di media sosial merupakan salah satu opsi untuk meningkatkan exposure dan mengubah calon konsumen menjadi konsumenmu.

    Cara lainnya, kamu bisa mengadakan kuis atau giveaway yang berhadiah produk busana muslim. Kemudian, kamu juga dapat berkolaborasi dengan influencer.

    Baca juga: Influencer: Jenis, Tugas, dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis

    Di samping itu, kamu juga bisa memanfaatkan platform digital lama untuk pemasaran, misalnya email pemasaran. Sekarang tidak sulit kok mengatur email pemasaran karena sudah ada aplikasi POS yang menawarkan fitur tersebut.

    Karena itu, pastikan kamu sudah menggunakan aplikasi POS wirausaha yang menawarkan fitur lengkap agar proses meningkatkan omzet penjualan pun jadi lebih mudah.

    Dari tips di atas, kira-kira strategi mana yang sudah kamu terapkan? Jika belum, segera lakukan trip tersebut untuk mendongkrak omzet penjualan menjelang lebaran nanti!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Memaksimalkan Layanan Food Order Online? Coba Trik Ini!
    Usaha kuliner yang menerapkan order online tidak mudah untuk dikelola. Beberapa cara untuk memaksimalkan food order online ini bisa membantu.
    5 Taktik Jitu Memulai Bisnis Kuliner Online
    Apakah kamu tertarik memulai bisnis kuliner online? Kami siapkan lima taktik jitu untuk kamu simak!
    4 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan Dalam Bisnis UMKM
    Produktivitas‌ ‌adalah‌ ‌hal‌ ‌vital‌ ‌untuk‌ ‌bisnis‌ ‌besar‌ ‌maupun‌ ‌kecil,‌ ‌seperti‌ ‌ UMKM‌.‌ ‌Simak‌ ‌‌cara‌ ‌meningkatkan‌ ‌produktivitas‌ ‌karyawan‌ ‌agar‌ ‌keuntungan‌ ‌juga‌ ‌ meningkat.‌
    Tips n Trick Foto Produk yang Menggugah Selera Pelanggan
    Foto produk yang menarik tentu akan meningkatkan potensi pelanggan dalam melakukan pembelian. Apa saja tips n trick untuk menghasilkannya?