Table of Content

    Mengakhiri Tahun yang Menantang, Milikilah Resolusi Ini!

    Selain bisnis, sebagai pemilik usaha kamu pun perlu menyusun resolusi.


    Tahun 2021 hampir berakhir, inilah saat yang tepat untuk berkomitmen membuat tahun 2022 lebih baik dari tahun sebelumnya. Tentunya, dua tahun terakhir membuat kita semua bingung di tengah ketidakpastian. Kita belum tahu secara pasti kapan berbagai pembatasan akan benar-benar hilang dan aktivitas kembali seperti dahulu.


    Meskipun begitu, sebagai pemilik usaha, kamu bisa segera menyusun resolusi tahun baru untuk memastikan tidak ada lagi ‘kejutan’ yang tak bisa kamu antisipasi. Lebih dari itu, supaya tahun mendatang kamu bisa bertumbuh, baik secara personal maupun finansial.


    Bila kamu adalah seorang wirausahawan, pastikan kamu memiliki resolusi di bawah ini untuk menghadapi tahun mendatang.

    Mempunyai karakter yang fleksibel dan adaptif

    Tampaknya hampir tidak ada bisnis yang tidak mengubah cara operasionalnya saat pandemi COVID-19 melanda. Mulai dari restoran kecil hingga perusahaan mapan, sama-sama berjuang agar dapat menjalankan operasional bisnis secara efektif sambil memastikan protokol kesehatan.


    Pelajaran berharga dari peristiwa ini, ternyata setiap pemilik usaha perlu memiliki strategi yang mantap dalam menghadapi berbagai perubahan. Dalam situasi krisis seperti pandemi ataupun pasar sedang ramai, usaha kecil idealnya dapat selalu sigap menyesuaikan strategi dengan situasi.


    Tentunya kemampuan beradaptasi bukan hanya perlu dimiliki oleh entitas perusahaan, melainkan oleh pemilik bisnis sendiri. Pasalnya, keputusan perubahan strategi pastinya berasal dari pemilik yang memiliki karakter fleksibel serta adaptif.

    Saling mendukung sesama pemilik usaha kecil

    Terdengar klise, ya? Namun, hal ini perlu ditanamkan lho. Bahkan, jadikanlah ‘supporting local business’ sebagai salah satu resolusi pada tahun mendatang.


    Pasalnya, mendukung bisnis kecil mungkin bukanlah seruan baru. Akan tetapi, benar-benar memberikan dukungan dalam keseharian bisa menjadi kasus yang berbeda. Ketika akan membeli kebutuhan tidak jarang kita refleks memilih retailer besar, alih-alih usaha milik tetangga.


    Padahal, kita tahu persis atau mengalami sendiri, usaha kecil sangat kepayahan untuk bisa bertahan di tengah pandemi ini. Karena itu, sebagai pemilik bisnis, ada baiknya kamu menjadikan komitmen mendukung usaha kecil sebagai salah satu new year's resolution.


    Baca Juga: Inilah 5 Resolusi Bisnis yang Perlu Dimiliki UMKM


    Dalam rangka memajukan bisnis, pemilik usaha juga perlu menyiapkan resolusi.

    Ingat untuk beristirahat

    Banyak orang mungkin luar biasa stres dalam dua tahun terakhir ini. Pemicunya mungkin kebanyakan orang harus bekerja lebih keras dan lebih lama dari biasanya supaya pekerjaan atau bisnisnya bertahan. Pada saat yang sama, tidak ada tempat untuk berlibur sebab adanya pembatasan kegiatan.


    Nah, tahun depan, pastikan kamu memberi ruang istirahat serta relaks sejenak untuk dirimu. Mengambil waktu off akan menjadikanmu pemilik usaha yang lebih baik karena otak diberi kesempatan untuk recharge. Dengan demikian, ide-ide cemerlang pun akan lebih mudah datang.


    Waktu istirahat yang diambil tidak harus berupa liburan jauh selama satu minggu. Kamu bisa saja hanya mengambil cuti setengah hari untuk pergi ke spa atau nonton bioskop. Bahkan, hanya bersantai di rumah sambil menikmati segelas teh favorit pun bisa menjadi jeda yang sangat berarti. 


    Poinnya, tanamkan komitmen tersebut sebagai salah satu goal tahunanmu. Biar bagaimanapun otak manusia membutuhkan jeda supaya dapat bekerja optimal.

    Fokus pada terselesaikannya pekerjaan

    Jika ada pelajaran yang sangat penting dari pandemi, salah satunya adalah pemilik bisnis diarahkan untuk fokus pada terselesaikannya pekerjaan. Pasalnya, ruangan kantor yang kamu sewa dengan biaya tak sedikit itu ternyata tidak bisa terpakai optimal sebab ada kebijakan bekerja dari rumah.


    Meskipun sebagai pemilik mungkin kamu khawatir dengan output pekerjaan yang dilakukan secara remote, ternyata tidak sedikit bisnis yang tetap berjalan baik dengan cara work from home.


    Saatnya mempertimbangkan ulang, apakah investasi sewa kantor masih esensial? Atau justru waktunya fokus pada terselesaikannya pekerjaan sehingga kehadiran tim di kantor tidak lagi mempunyai urgensi. 

    Berkomitmen untuk membuat strategi pemasaran yang kreatif

    Kamu mungkin melihat strategi-strategi pemasaran yang kreatif selama masa pandemi. Dalam situasi krisis ini, tidak sedikit bisnis yang tampil lebih personal di Instagram. Beberapa memutuskan berkolaborasi dengan bisnis lain agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen.


    Baca Juga: Tren Bisnis yang Diprediksi Akan Mendominasi Pada 2022


    Para pemilik bisnis tersebut mungkin keluar dari zona nyaman saat memutuskan mengambil langkah-langkah tersebut. Hasilnya tidak jarang cukup mengejutkan dalam arti yang baik.


    Jadi, teruskanlah langkah-langkah kreatif tersebut supaya bisnismu dapat makin bertumbuh pada tahun mendatang. Mungkin saatnya kamu menginvestasikan waktu dan dana pada kanal-kanal yang selama ini luput dari pertimbangan.


    Bahkan, berdiskusilah dengan orang-orang yang kamu anggap sebagai pesaing. Dari mereka kamu mungkin akan memperoleh insight yang tidak biasa. Menghadapi tahun 2022, tetaplah berpikiran terbuka, terutama dalam hal strategi menarik konsumen dan membangun basis pelanggan. 


    Apakah kamu sudah siap menyusun target dan komitmen tahun 2022? 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?