Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan

 

Bisnis yang sedang mempertimbangkan untuk merancang program loyalitas pelanggan pada umumnya memiliki banyak pertanyaan tentang program semacam ini, yang pada akhirnya, mengecurut pada satu pertanyaan besar: apakah program ini akan meningkatkan keuntungan?

 

Karena itu, sebelum kamu mulai membuat dan mengimplementasikan program loyalitas pelanggan untuk bisnismu, ada baiknya pelajari dulu pro dan kontra yang dijabarkan berikut ini untuk memastikan bahwa kamu akan melakukan hal yang terbaik untuk bisnis sekaligus untuk pelangganmu.

Keuntungan Program Loyalitas Pelanggan

  • Membuat pelanggan terus datang kembali

Motivasi utama di balik sebuah program loyalty pelanggan tentu saja untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Kalau kamu memberikan alasan bagi pelanggan untuk kembali, artinya kamu sudah mulai menerapkan model bisnis yang berkelanjutan. Program semacam ini akan membuat pelanggan merasa dihargai dan dengan memberikan penawaran eksklusif untuk mereka, bisnismu akan berpotensi terus mendapatkan dukungan dan mereka akan dengan senang hati membeli produk atau layananmu.

 

  • Mengurangi jumlah pelanggan yang tidak memberi keuntungan

Program loyalitas pelanggan yang didesain dengan baik, akan mampu membantumu mengidentifikasi pelanggan dan menentukan mana pelanggan yang menguntungkan dan tidak menguntungkan bagi bisnismu. Program ini akan membantumu memberikan reward  hanya untuk pelanggan yang memberimu keuntungan saja, sehingga secara tidak langsung akan mengeliminasi pelanggan yang tidak memberimu banyak keuntungan. Ini adalah cara paling efisien untuk menjaga pelanggan yang paling menguntungkan untuk bisnismu.

 

  • Tampil menonjol dari para pesaing

Program loyalitas pelanggan bisa membantu menyebarkan awareness terhadap bisnismu dan membantu calon pelanggan untuk membedakan bisnismu dengan kompetitormu. Dengan riset yang baik, program loyalty bisa menjadi bagian dari identitas ­brand­ bisnismu dan menarik pelanggan baru sekaligus mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

 

Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan

Kekurangan Program Loyalitas Pelanggan

  • Perlu selalu dikelola dan dimonitor

Sebuah program loyalitas pelanggan yang baik memerlukan perhatian dan pengelolaan secara reguler. Program yang kamu buat mungkin akan perlu disesuaikan dan diubah sesuai dengan perubahan kebutuhan pelanggan. Meski mungkin terdengar merepotkan, tetapi jika kamu mengelola program loyalty  pelanggan dengan baik, dan memperhatikan kebiasaan belanja pelangganmu, manfaat program seperti ini sangat banyak untuk bisnismu. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi loyalty pelanggan seperti majoo, agar proses pengelolaan program loyalitas pelanggan tidak terlalu membebanimu.

 

  • Potensi merugikan bisnis

Jebakan paling membahayakan dari pengimplementasian program loyalitas pelanggan mungkin adalah memberikan penawaran yang terlalu menarik untuk pelanggan sehingga malah tidak memberimu keuntungan sama sekali. Jika kamu memberikan reward atau diskon yang terlalu besar dan tidak mendorong pembelian berulang serta meningkatkan nilai pembelanjaan pelanggan, ini artinya kamu sedang mengacaukan bisnismu sendiri. Tetapi selama kamu melakukan perhitungan dengan baik, serta memilih reward yang sama-sama menguntungkan baik bagi pelanggan maupun bisnismu, maka kamu akan bisa meningkatkan keuntungan bisnismu, bukan menguranginya.

 

  • Kejenuhan Pasar

Sama halnya dengan produk, program loyalitas pelanggan ada di mana-mana dan mungkin terlihat sama-sama saja. Semuanya punya ketentuan keanggotaan, syarat pembelanjaan, dan keuntungan yang tidak jauh berbeda. Tetapi di dunia yang sangat kompetitif ini, bisnis tidak bisa membatalkan program loyalitas hanya karena takut penjualan berkurang. Mendesain program loyalitas pelanggan yang unik dan berbeda tentu saja bukan pekerjaan yang mudah, tapi jika kamu melakukannya dengan benar, kamu bisa memberikan manfaat untuk pelangganmu sekaligus mendobrak kejenuhan pasar yang ada.

 

Upcoming Event

Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

Lihat semua event

Download Majalah

Cover majalah wirausaha Indonesia
Lihat semua edisi

Related Article

Omnichannel Marketing: Definisi, Tips, dan Contohnya
Omnichannel marketing adalah strategi yang memungkinkan bisnis menemui target konsumen dengan pesan yang tepat, pada waktu yang tepat pula.
Mengapa Aplikasi POS Penting dalam Strategi Omnichannel?
Demi menghadirkan pengalaman menyeluruh, bisnis dapat menerapkan strategi omnichannel. Aplikasi POS akan mengimplementasikannya secara optimal.
Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?
Siapa bilang bisnis online tidak membutuhkan sumber daya fisik yang biasanya hanya dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan secara offline saja?
Permudah Kelola Bisnis dengan Aplikasi Integrasi Marketplace
Aplikasi integrasi marketplace adalah platform yang membantumu mengatur produk, stok, harga, sampai promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard.