Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Apakah Benar SOP adalah Elemen Penting dalam Bisnis?!

    SOP adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk menjaga kualitas operasional dan juga layanan bisnis.

    SOP adalah singkatan dari Standard Operating Procedure atau standar-standar yang ditetapkan untuk memastikan operasional harian bisnis berjalan dengan lancar tanpa ada masalah yang ditimbulkan.

    Bagi pelaku usaha, keberadaan SOP ini pasti bukanlah sesuatu yang asing. Namun, harus diakui juga bahwa tak semua bisnis menerapkan SOP dalam pengelolaan operasional bisnisnya. Ada juga beberapa pelaku usaha yang merasa belum perlu menerapkan SOP dalam menjalankan bisnisnya.

    Pertanyaannya, seberapa penting, sih, keberadaan SOP dalam pengelolaan bisnis? Apa saja manfaat yang bisa diberikan dengan menerapkan SOP dalam bisnis?

    Baca juga: Membuat Standar Operasional untuk Admin Online Shop!

    Apa Manfaat Menerapkan SOP dalam Bisnis?

    Bagi pelaku usaha yang masih belum mulai merancang dan menerapkan SOP dalam operasional bisnisnya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari penerapan SOP, lho!

    Mulai dari adanya pembagian shift kerja yang rapi dan teratur, terjaganya tingkat kepuasan pelanggan tetap tinggi, serta menumbuhkan budaya berkomunikasi yang baik di antara anggota tim, dan banyak lagi manfaat lainnya! Penasaran bagaimana manfaat-manfaat tersebut bisa muncul? Yuk, langsung saja kita bedah bersama-sama!

    • Adanya Pembagian Shift Kerja yang Teratur

    Shift kerja yang rapi dan teratur bisa dibilang salah satu kunci keberhasilan bisnis. Mengapa bisa demikian? Sederhana saja, dengan adanya pembagian jam kerja karyawan yang baik, artinya kita dapat mengelola efisiensi jam operasional bisnis.

    Sebagai contoh, apabila jam operasional bisnis dimulai pukul 9.00 hingga 21.00, artinya ada 12 jam kerja, kan? Terkadang pelaku usaha membagi secara rata, misalnya shift pagi dua orang dari pukul 9.00 hingga 17.00 dan shift siang dua orang dari pukul 13.00 hingga 21.00.

    Tak ada yang salah dengan pembagian tersebut, tetapi mungkin tidak efektif pula karena bisnis baru ramai di sore hingga malam hari. Nah, kita bisa mengatur dalam SOP agar shift pagi diisi satu orang saja, sementara shift siang diisi tiga orang, sehingga ketika jam sibuk di malam hari, karyawan tidak kewalahan karena ada tiga orang yang bertugas.

    Baca juga: Sejauh Mana Kita Perlu Mengenal Karyawan Kita?

    • Menjaga Tingkat Kepuasan Pelanggan

    Selain shift kerja, SOP juga bisa digunakan untuk mengatur interaksi antara karyawan dengan pelanggan, misalnya saja dengan mengharuskan karyawan memberikan salam, sapa, dan senyum setiap kali pelanggan datang ke tempat usaha.

    Sekalipun tidak menjual jasa, melainkan produk, interaksi dengan pelanggan harus tetap dipastikan baik agar pelanggan pun merasa puas saat berbelanja. Bagaimanapun juga, pelanggan yang puas akan lebih mungkin untuk datang kembali di kemudian hari sehingga bisnis pun bisa tetap berjalan.

    Sebaliknya, sebagus apa pun produk yang kita jual, pelanggan pun akan enggan untuk datang apabila mereka merasa karyawan-karyawan kita judes dan tidak ramah. Oleh karena itu, SOP perlu dibuat untuk memastikan karyawan tahu apa yang harus dilakukan saat berhadapan dengan pelanggan.


    Salah satu manfaat SOP adalah untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan.

    • Memastikan Tumbuhnya Komunikasi Internal yang Baik

    Disadari atau tidak, lingkungan kerja yang sehat merupakan salah satu alasan karyawan bertahan dan tidak cepat-cepat resign atau mencari pekerjaan yang baru. Jika dilihat secara umum, memang tak ada yang salah dari karyawan yang terus berganti.

    Namun, jika ditelaah lebih jauh, ada banyak biaya yang harus dikeluarkan ketika karyawan keluar-masuk, mulai dari biaya perekrutan, pelatihan dan onboarding, dan terutama tingkat kepercayaan pelanggan melihat karyawan terus berganti.

    Nah, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memastikan lingkungan kerja tetap sehat adalah memastikan terlebih dahulu adanya pola komunikasi internal yang sehat pula. Upaya ini bisa dilakukan dengan mengatur cara berkomunikasi di dalam SOP.

    Bahasa yang bebas dari unsur kekerasan, pelecehan, dan juga bullying dapat menjadi fokus SOP yang akan diterapkan. Dengan demikian, karyawan pun bisa lebih nyaman berkomunikasi tanpa harus takut dilecehkan, sekalipun pelecehan tersebut dilakukan dalam batasan bercanda.

    Baca juga: Memperhatikan Kesejahteraan Karyawan, Tanda Bisnis Sehat!

    Seberapa Penting Keberadaan SOP dalam Bisnis?

    Karena SOP adalah standar perilaku yang harus dipatuhi dan ditunjukkan oleh karyawan di tempat kerja, keberadaannya tentu sangat penting sekali. Bagaimana tidak? Keberadaan SOP tidak hanya membantu pengelolaan operasional bisnis yang lebih teratur dan terarah, tetapi juga menentukan kualitas layanan yang diberikan karyawan kepada pelanggan.

    Apabila operasional bisnis sudah rapi, tetapi karyawan terasa judes atau asal-asalan saat melayani pelanggan, bisa dipastikan pelanggan pun enggan datang di kemudian hari, kan? Sebaliknya, seramah apa pun layanan yang diberikan kepada pelanggan, apabila operasional bisnis tidak dijalankan dengan baik, pelanggan juga akan berpikir ulang untuk datang kembali.

    Memastikan operasional bisnis dan juga kualitas layanan merupakan kunci yang mampu membuat bisnis bertahan, bahkan maju dan berkembang. Agar dapat mencapai target tersebut, SOP bisa dijadikan acuan yang dapat diterapkan dalam pengelolaan bisnis.

    Agar pengelolaan bisnis bisa lebih sempurna lagi, manfaatkan setiap fitur unggulan yang ditawarkan oleh aplikasi majoo. Bukan sekadar aplikasi POS biasa, aplikasi majoo juga dilengkapi dengan layanan CRM yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan, lho!

    Yuk, segera berlangganan layanan aplikasi majoo!

    Baca juga: Aplikasi POS: Manajemen SDM Lebih Efektif dan Efisien

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM
    Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
    Awas! Jangan Coba-Coba Bisnis Kopi Sebelum Tahu 5 Hal Ini!
    Sempat diprediksi bakal meredup, bisnis kedai kopi nyatanya justru semakin merebak. Layakkah terjun ke bisnis kedai kopi?
    Tampilan Dashboard Baru dari majoo Hadir Memudahkan Bisnismu
    Tampilan dashboard baru majoo tidak hanya lebih rapi dan modern, tetapi menghadirkan fungsionalitas yang lebih optimal. Yuk, cari tahu highlight fiturnya!
    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.