Table of Content

    Bisnis Online? Sumber Daya Fisik Apa yang Perlu Disiapkan?

    Sumber daya fisik tetap menjadi elemen penting dalam operasional bisnis online maupun offline.

    Sumber daya fisik, dalam dunia bisnis, memegang peranan yang sama sekali tak dapat ditinggalkan, bahkan oleh para pelaku usaha yang memutuskan untuk menjalankan bisnis online pun, elemen bisnis yang satu ini harus tetap menjadi perhatian.

    Tidak perlu penasaran mengapa dalam bisnis yang dijalankan secara online atau daring, sumber daya yang berbentuk fisik masih menjadi sesuatu yang utama; bagaimanapun juga, operasional bisnis tetap memiliki proses yang tak bisa dibilang pendek, dan pada setiap titik dalam proses tersebut, keberadaan sumber daya yang sesuai tetaplah dibutuhkan.

    Apa saja, sih, sumber daya yang tetap dibutuhkan dalam menjalankan bisnis secara daring sekalipun sumber daya tersebut berbentuk fisik?

    Ketersediaan Gudang atau Tempat Usaha Fisik

    Tak sedikit pelaku usaha yang memutuskan untuk menekuni bisnis secara daring yang tetap membutuhkan tempat usaha secara fisik, sekalipun di tempat usaha tersebut sama sekali tidak terjadi transaksi atau kegiatan jual beli apa pun.

    Sering kali, tempat usaha fisik tersebut difungsikan sebagai gudang untuk menyimpan produk-produk yang dipasarkan sebelum dikirimkan ke alamat tempat tinggal pelanggan. Jangan lupa bahwa sekalipun bisnis dijalankan secara online, produk-produk yang dijual perlu disimpan dan juga dikemas, sering kali secara manual.

    Tak heran, beberapa pelaku usaha tetap mempertahankan tempat usaha fisik yang dimilikinya sekalipun sudah sepenuhnya beralih pada model bisnis online. Tanpa adanya tempat usaha fisik ini, pelaku usaha tersebut tak akan memiliki ruang penyimpanan yang cukup dan tak jarang harus mengorbankan tempat tinggalnya sendiri untuk menyimpan komoditas bisnisnya.

    Jika skala usahanya masih tergolong kecil, tentu ruang yang dibutuhkan juga tak perlu terlalu besar. Namun, setiap pelaku usaha tentu ingin agar usahanya terus berkembang besar, kan?Oleh karena itu, pada satu titik, pelaku usaha tersebut tetap harus menyiapkan tempat usaha secara fisik.

    Perangkat digital merupakan salah satu sumber daya fisik yang perlu disiapkan dalam operasional bisnis online.

    Gawai untuk Operasional Bisnis Online

    Saat menjalankan bisnis secara daring, baik sepenuhnya maupun sebagian saja, seorang pelaku usaha perlu memiliki perangkat agar dapat mengakses platform-platform digital yang digunakannya untuk berjualan.

    Untungnya, perkembangan teknologi saat ini memungkinkan segala sesuatunya dikelola dari telepon genggam pintar atau smartphone>. Meski demikian, bukan berarti pelaku usaha dapat dengan mudah memanfaatkan smartphone pribadinya untuk menjalankan bisnis.

    Bagi kamu yang ingin memulai untuk menekuni bisnis yang dijalankan secara online jangan lupa untuk menganggarkan perangkat khusus guna keperluan bisnismu. Dengan memisahkan perangkat yang digunakan untuk keperluan bisnis dengan perangkat yang digunakan untuk kebutuhan personal, pelaku usaha dapat mengatur kehidupan personalnya agar tidak tercampur dengan bisnis.

    Tergantung skala usaha yang diproyeksikan, terkadang smartphone saja tidak cukup untuk mengelola bisnis. Perangkat yang lebih mumpuni dalam menangani pengelolaan bisnis juga dibutuhkan agar bisnis yang dijalankan secara online tersebut tidak berantakan.

    Bahan Baku dan Alat-Alat Produksi

    Banyak yang beranggapan bahwa menjalankan usaha secara daring tidak membutuhkan alat produksi apa pun, sehingga cukup menyediakan perangkat untuk mengakses platform digital saja untuk keseluruhan operasional bisnis. Namun, pada kenyataannya, tergantung dari bisnis yang dijalankan, terkadang alat-alat produksi tertentu juga dibutuhkan untuk memastikan produk dapat dengan selamat diterima oleh pelanggan yang memesan.

    Para pelaku bisnis makanan rumahan, misalnya saja, kerap kali tidak menghitung peralatan masak yang digunakannya sebagai alat produksi atau aset bisnis, sehingga biaya perawatan atau biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli alat masak yang baru ketika yang lama sudah tidak dapat digunakan kemudian luput dimasukkan dalam pengeluaran bisnis.

    Tentunya ini bukanlah praktik bisnis yang sehat. Pertimbangkan terlebih dahulu bisnis yang ingin dijalankan, dan jika memungkinkan sediakan alat-alat produksinya secara terpisah sehingga setiap pengeluaran yang menyangkut alat-alat produksi tersebut dapat dihitung secara akurat.

    Selain alat-alat produksi, bahan baku itu sendiri juga termasuk dalam sumber daya berbentuk fisik yang menjadi penting untuk keberlanjutan bisnis; sekalipun bisnis tersebut sepenuhnya dijalankan secara online. Jadi, jangan dengan mudah beranggapan bahwa bisnis dapat sepenuhnya dijalankan secara online hanya dengan menyediakan satu buah smartphone saja; kecuali jika model bisnis yang ingin dijalankan memang merupakan bisnis dropship. Jangan lupa, kamera untuk mengambil gambar produk yang ingin dipasarkan pun merupakan salah satu alat produksi dalam bisnis yang dijalankan secara online, lho!

    Pengelolaan bisnis online sebaiknya tidak dilakukan secara sepele atau digampangkan hanya karena persiapan yang dibutuhkan untuk operasional bisnis tersebut mungkin tidak terlalu merepotkan jika dibandingkan dengan bisnis yang dijalankan secara offline. Sekali lagi, tergantung pada skala bisnis yang ingin dijalankan, terkadang pelaku usaha juga perlu menyiapkan sumber daya manusia yang cukup.

    Mengelola setiap aspek yang ada dalam proses bisnis secara tepat merupakan kunci dari bisnis yang sehat; termasuk dalam penyediaan sumber daya fisik yang dibutuhkan. Agar pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah, manfaatkan berbagai fitur unggulan yang disediakan oleh aplikasi majoo. Baik menjalankan bisnis secara online maupun offline, aplikasi majoo telah dilengkapi beragam kapabilitas yang dapat diandalkan.

    Aplikasi majoo juga menyediakan fitur Webtree dan juga Weborder yang dapat membantu pelaku usaha mengatur setiap sumber daya yang dibutuhkan untuk mempermudah pelanggan melakukan transaksi secara online, mulai dari pemesanan hingga akhirnya produk diterima di tangan!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Bisnis Maju Dengan Aplikasi Toko Kelontong Modern
    Mengelola bisnis tradisional di tengah gempuran eCommerce tidaklah mudah. Kamu harus mulai mengadaptasi perkembangan teknologi, misalnya menggunakan aplikasi untuk mengelola toko kelontongmu.
    5 Hal Penting dalam Melakukan Market Research
    Informasi dari market research dapat membantumu menyampaikan kampanye pemasaran yang dapat menarik target pasar.
    Keuntungan Integrasi Online Bisnis F&B dengan GrabFood
    Di masa pandemi, integrasi online dengan layanan pesan antar seperti GrabFood bisa menjadi pilihan bijak. Nikmati program terbaru aplikasi majoo.
    Menentukan Jam Buka Restoran Terbaik selama Ramadan
    Apa saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha di bidang kuliner saat menentukan jam buka restoran selama bulan puasa?