Table of Content

    Apa Fungsi Iklan? Seberapa Pentingkah? Pahami di Sini!

    Fungsi iklan sebagai awareness suatu produk bagi konsumennya.

    Saat ini, beragam jenis iklan dapat dengan mudah ditemui. Pastinya kamu sering melihat iklan dalam tayangan televisi, koran, majalah, bahkan banyak tersebar di berbagai media sosial.

    Iklan adalah pesan yang berisi informasi dan bertujuan untuk membujuk dan mendorong orang agar tertarik pada barang ataupun jasa yang ditawarkan. Iklan memang tidak terbatas pada barang ataupun jasa yang sedang ditawarkan, melainkan pada informasi berupa ajakan atau seruan untuk melakukan suatu hal.

    Setelah mengetahui sedikit definisi tentang iklan, kamu perlu memahami arti iklan menurut para ahli hingga fungsi iklan dalam beberapa aspek. Yuk, simak lebih lengkapnya di sini!

    Baca Juga: Iklan Komersial: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Contohnya

    Apa Itu Iklan?

    Iklan adalah semua bentuk komunikasi yang mempunyai maksud tertentu. Iklan bertujuan untuk membuat orang yang melihatnya termotivasi untuk membeli sesuatu barang, menggunakan suatu jasa, atau melakukan suatu hal.

    Selain itu, fungsi iklan untuk memengaruhi pendapat publik dan memenangkan sebuah dukungan publik agar sesuai dengan tujuan si pemasang iklan.

    Iklan dapat dipasang di media massa, seperti surat kabar dan majalah. Adanya teknologi yang serba maju seperti saat ini, iklan bisa dilakukan melalui media elektronik seperti televisi, radio, website, platform, dan e-commerce.

     Salah satu fungsi iklan adalah sebagai media penyambung komunikasi.

    Arti Iklan Menurut Para Ahli

    Iklan juga memiliki arti menurut para ahli, antara lain:

    1. Kriyantono (2008)

    Menurut Kriyantono, arti iklan adalah bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan secara persuasif dari sponsor untuk memengaruhi orang agar membeli produk atau barang dengan membayar media yang digunakan.

    2. Durianto (2003)

    Arti iklan menurut Durianto adalah proses komunikasi yang bertujuan membujuk orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

    3. Suhandang (2005)

    Suhandang mengatakan bahwa iklan adalah salah satu di antara jenis teknik komunikasi dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi terkait barang atau jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan. 

    4. Gilson dan Berkman (1980)

    Menurut Gilson dan Berkman, arti iklan adalah media komunikasi persuasif yang dibuat sedemikian rupa untuk menghasilkan respons dan membantu tercapainya tujuan pemasaran.

    5. Russel dan Lane (1990)

    Arti iklan menurut Russel dan Lane adalah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi.

    Baca Juga: 

    1. Iklan Display: Keuntungan, Jenis, dan Contoh
    2. 4 Pengertian Reklame: Contoh, Jenis, Menurut Para Ahli

    Ciri-ciri Iklan

    Tentunya iklan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan media promosi lainnya. Adapun ciri-ciri iklan, antara lain:

    • Iklan menggunakan kata-kata singkat tetapi efektif dan menarik. Hal ini bertujuan agar konsumen mudah mencerna pesan yang ingin disampaikan.
    • Pemilihan diksi bersifat sugesti (ajakan) karena fungsi iklan adalah untuk memengaruhi konsumen.
    • Isi iklan bersifat informatif karena memberikan informasi terkait produk atau jasa. Hal ini agar calon konsumen lebih mengenal produk atau jasa yang sedang diiklankan.
    • Iklan yang dibuat harus mempunyai target sasaran agar pemasaran produk atau jasa lebih efektif.

    Baca Juga: Advertising adalah: Pengertian, Tugas, Ciri, dan Komponennya

    Apa Fungsi Iklan terhadap Bisnis?

    Memang iklan bisa dilakukan dan disiarkan di mana saja. Salah satu fungsi iklan yang dilakukan di televisi dan media lainnya dipercaya menjadi salah satu cara efektif untuk mendongkrak penjualan. Oleh karena itu, tak heran bila para pelaku usaha berlomba-lomba menciptakan iklan yang menarik dan mudah diingat oleh konsumen untuk menawarkan produk atau jasanya. Berikut ini terdapat beberapa fungsi iklan pada bisnis yang bisa didapatkan, yaitu:

    1. Memberikan Informasi

    Fungsi iklan adalah memberikan informasi kepada masyarakat atau target tertentu. Informasi yang dibagikan berupa produk atau jasa perusahaan.

    Kamu pun bisa memberikan informasi mengenai nama brand dari produk yang ditawarkan, komposisi produk, nama perusahaan yang membuat produk tersebut, keunggulan produk, harga, dan lain sebagainya. Melalui iklan tersebut, produk atau jasa yang ditawarkan mudah dikenali oleh calon konsumen, membuat citra positif dari produk atau jasa yang ditawarkan, dan meningkatkan penjualan.

    2. Media Penghubung Komunikasi

    Fungsi iklan juga dapat dijadikan sebagai media penghubung komunikasi. Komunikasi yang dibangun adalah komunikasi antara si pembuat produk atau jasa dengan konsumen yang menjadi target pasarnya.

    Dengan adanya iklan, konsumen bisa mendapatkan banyak informasi pendukung mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam iklan juga bisa diberitahukan cara menghubungi pihak pelaku usaha, sehingga konsumen dapat berkomunikasi lebih lanjut dengan pelaku usaha tersebut.

    3. Produk atau Jasa yang Ditawarkan Menjadi Terkenal

    Fungsi iklan pada bisnis bukan hanya memberikan informasi terkait produk atau jasa yang ditawarkan tetapi lebih luas daripada itu, produk atau jasa yang ditawarkan bisa menjadi terkenal. Kamu dapat bekerja sama dengan influencer yang memiliki banyak followers untuk mempromosikan produk atau jasa milikmu.

    Semakin sering kamu beriklan, barang atau jasa milikmu akan semakin terkenal. Bahkan tak menutup kemungkinan produk atau jasamu akan viral dan menarik konsumen lebih banyak.

    4. Teknik Pemasaran yang Lebih Efektif

    Iklan harus dibuat kreatif dan menarik agar mendapatkan perhatian calon konsumen. Iklan yang menarik dapat meningkatkan minat calon konsumen terhadap produk atau jasa yang kamu iklankan. Semakin banyak calon konsumen yang tertarik, permintaan akan produk atau jasamu juga terus meningkat.

    Untuk mewujudkan permintaan pasar yang banyak, kamu harus memiliki strategi marketing iklan yang tepat dan persuasif. Memang tidak mudah, kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi pasar, setelah itu barulah membuat iklan yang tepat sesuai dengan target pasarmu.

    5. Memberikan Nilai Tambah

    Fungsi iklan selanjutnya adalah memberikan nilai tambah terhadap hal-hal yang berhubungan dengan bisnis, salah satunya terhadap brand. Iklan dapat memengaruhi persepsi konsumen dalam melihat brand milikmu lebih unggul dari merek lainnya.

    6. Dapat Bersaing dengan Perusahaan Lain

    Ketika ingin membangun suatu bisnis, kamu harus bisa bersaing dengan kompetitor. Apalagi jika produk barang atau jasa yang kamu tawarkan bukanlah hal yang baru, pasti kamu mempunyai banyak kompetitor. Jika kamu tidak dapat bersaing dengan baik, bisnis yang kamu jalani akan tertinggal dari yang lain atau sulit untuk berkembang.

    Baca Juga: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Iklan Baris

    Apa Fungsi Iklan Bagi Konsumen/Masyarakat?

    Iklan juga mempunyai fungsi bagi konsumen atau masyarakat yang melihatnya. Fungsi Iklan tersebut antara lain:

    1. Awareness

    Iklan dalam bentuk layanan masyarakat memiliki fungsi untuk meningkatkan awareness (Kesadaran) masyarakat terhadap sesuatu di sekitar lingkungannya.

    2. Penunjang Informasi

    Bagi konsumen, fungsi iklan sebagai penunjang informasi untuk menentukan pilihan produk maupun jasa yang akan dipilih dan dipakainya. Adanya iklan, konsumen juga mengerti kegunaan dan keunggulan barang atau jasa yang sedang diiklankan.

    3. Pembanding

    Fungsi iklan juga sebagai pembanding. Dengan iklan, masyarakat akan membandingkan beberapa produk atau jasa yang serupa yang sesuai dengan kriterianya.

    Kesimpulan

    Apa fungsi iklan pada dasarnya dijadikan sebagai sebuah media untuk memberikan informasi kepada market tentang kehadiran suatu produk atau jasa. Jadi dengan hadirnya media tersebut semua orang akan semakin mengenal produk atau jasa yang ditawarkan.  Bisa juga orang yang melihatnya menjadi semakin tertarik dengan produk yang diiklankan dan menggunakan produk tersebut.

    Hingga saat ini semua pebisnis menggunakan media iklan untuk mempromosikan produk atau jasa kepada para konsumen sehingga penjualan produk bisa semakin lancar dan mencapai target. Dengan demikian sebuah iklan bisa dimanfaatkan sebagai media untuk memudahkan suatu bisnis untuk mencapai target atau tujuan.

    Apa fungsi iklan pada bisnis memang harus ditentukan sejak awal. Demikian pula dengan sistem keuangan perusahaan sebaiknya dikelola dengan baik. Kamu bisa menggunakan aplikasi majoo yang memberikan beragam manfaat pada keuangan perusahaan mulai dari sistem pencatatan keuangan yang tepat dan akurat dan menghindari risiko fraud.

    Fitur lain dalam aplikasi majoo yang bisa digunakan, yaitu fitur inventory, CRM (Customer Relationship Management), toko online, dan lain sebagainya.

    Tunggu apalagi! Bisnis tumbuh berkembang bersama majoo!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Metode Penyusutan Aktiva Tetap!
    Seiring waktu, aset tetap akan mengalami depresiasi. Untuk mengetahui biaya penggunaan aset, perlu metode penyusutan aktiva tetap. Ketahui caranya di sini!
    Negosiasi adalah: Pengertian, Contoh, Jenis, Ciri-Ciri
    Negosiasi adalah proses interaksi antara pihak-pihak yang berusaha menemukan titik temu. Pahami pengertian, tujuan, contoh negosiasi.
    Rumus Persentase, Cara Menghitung Beserta Contoh Penggunaanya
    Cara menghitung persen merupakan metode untuk mendapatkan sebuah nilai atau data. Pelajari juga tentang rumus persentase di excel, rumus persentase keuntungan.
    PT adalah: Menilik Pengertian dan Cara Membuat Perseroan Terbatas
    PT adalah kepanjangan dari perseroan terbatas, yaitu bentuk badan usaha yang dilindungi oleh hukum dengan modal yang terdiri dari saham.