Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Food and Beverage adalah Prioritas Pemerintah: Kenapa?

    Apa Itu Food and Beverage? Simak Pengertiannya di Sini

    Makanan dan minuman atau food and beverage adalah salah satu kebutuhan dasar manusia agar dapat bertahan hidup. Karena itu, industri food and beverage (F&B) menjadi salah satu sektor yang berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

    Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dalam Group of Twenty (G20) dengan pertumbuhan ekonomi tercepat, terutama di sektor food and beverage. Hal tersebut disebabkan pertumbuhan bisnis di sektor ini didukung oleh semangat berwirausaha masyarakat.

    Kebanyakan pebisnis pemula menjadikan sektor food and beverage sebagai pilihan untuk memulai usahanya. Kemudahan dalam pemilihan bahan baku, pengolahan produk, hingga pemasarannya membuat bisnis ini semakin diminati oleh masyarakat.

    Dilansir dari laporan Kementerian Perindustrian, kinerja industri makanan dan minuman selama periode 2015-2019 rata-rata tumbuh 8,16% atau di atas rata-rata pertumbuhan industri pengolahan nonmigas sebesar 4,69%.

    Bahkan, di tengah pandemi COVID-19, industri food and beverage mampu mencatat pertumbuhan positif di angka 2,95% pada kuartal II-2021. Selain itu, kontribusi industri F&B terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional mencapai 6,66%.

    Industri food and beverage juga berkontribusi penting dalam aktivitas ekspor industri pengolahan nonmigas. Pada periode Januari-Desember 2020, total nilai ekspor industri makanan dan minuman mencapai USD31,17 miliar atau menyumbang 23,78% terhadap total ekspor industri pengolahan nonmigas sebesar USD131,05 miliar.

    Baca juga: Mengenal Apa yang Dimaksud Ekspor dan Eksportir

    Artinya, industri food and beverage di Indonesia bisa terus mencatatkan pertumbuhan positif. Meski dalam kondisi pandemi, mereka dapat bertahan dengan sangat baik.

    Dengan fakta tersebut, tidak salah jika Presiden Joko Widodo menetapkan sektor food and beverage sebagai salah satu sektor usaha yang diprioritaskan dalam proyek yang bertajuk “Making Indonesia 4.0”. Ini menjadi tantangan bagi pengusaha di sektor ini, sekaligus menguji kemampuan adaptasi peralihan ke industri 4.0. Bahkan, industri food and beverage diproyeksi masih menjadi salah satu sektor andalan penopang pertumbuhan manufaktur dan ekonomi nasional pada beberapa tahun ke depan.

    Apa Itu Food and Beverage?

    Secara umum, sektor makanan dan minuman atau food and beverage adalah sebuah industri yang memberikan pelayanan penyajian makanan untuk para pelanggan. Secara khusus, food and beverage adalah sebuah bidang usaha yang bertugas memberikan jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara profesional untuk memberikan kepuasan pelanggan.

    Yang termasuk dalam industri food and beverage adalah semua jenis bisnis yang menempatkan makanan atau minuman sebagai inti bisnisnya. Sebut saja restoran, kafe, kedai makanan cepat saji, pub, toko makanan, bisnis katering, layanan transportasi makanan, dan sebagainya.

    Baca juga: 14 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Keuntungan Besar

    Jenis Food and Beverage Service

    Food and beverage service adalah bagian yang membawahi beberapa bidang pelayanan. Secara sederhana dapat dikatakan, food and beverage service adalah pelayanan untuk menyediakan makanan dan minuman, termasuk mengurus semua hal yang berhubungan kepuasan dari konsumen terkait makanan dan minuman.

    Bidang pelayanan yang masih bagian dari food and beverage services antara lain:

    1. Restoran

    Restoran merupakan salah satu bidang pelayanan dari sektor food and beverage. Restoran dikelola secara komersial agar bisa memberikan pelayanan serta penyajian makanan dan minuman kepada semua konsumen.

    2. Bar

    Bar juga merupakan bagian dari food and beverage service. Biasanya bar menyiapkan dan menyediakan berbagai minuman, baik beralkohol dan non-alkohol. Secara umum, bar memiliki bentuk spot kecil atau konter minuman.

    3. Banquet

    Bagian dari food and beverage service ini memberikan beragam pelayanan jamuan pesta yang digelar oleh konsumen. Hotel atau tempat yang melayani banquet akan menyiapkan segala sesuatunya dengan teliti dan matang. Mulai dari jumlah tamu yang akan datang, tema menu, dan waktu jamuan.

    4. Steward

    Untuk steward ini tergolong sebagai sub-seksi food and beverage product. Tugas dari steward ini mengurus semua peralatan makan di restoran maupun alat masak yang ada di bagian dapur hotel.

    5. Room Service

    Room service bertugas untuk memberikan pelayanan dalam menyediakan makanan dan minuman ke kamar tamu. Jika di sebuah restoran, waiter akan melayani konsumen memesan makanan. Sedangkan, room service akan melayani pelanggan memesan makanan untuk dikirimkan ke kamar hotel.

    Apa Itu Food and Beverage Product?

    Food and Beverage Product merupakan satu departemen yang mengatur semua makanan dan minuman yang ada di hotel ataupun tempat penginapan dengan skala yang lumayan besar. Setiap hotel pasti memiliki departemen Food and Beverage Product tersendiri.

    Selain menjamin mutu dan kualitas makanan dan minuman yang ada di hotel, Food and Beverage Product juga bertanggung jawab terhadap pengelolaan penjualan makanan dan minuman tersebut kepada setiap pengunjung hotel.

    Tanggung Jawab Food and Beverage Product

    Peranan Food and Beverage Services Dalam Bisnis Perhotelan

    Secara umum, fungsi utama Food and Beverage Product yaitu untuk melayani pelanggan terhadap pembelian makanan dan minuman yang ada di hotel agar mereka mencapai kepuasan. Berikut beberapa tanggung jawab dari departemen Food and Beverage Product:

    1. Mengolah Bahan Makanan

    Food and Beverage Product bertanggung jawab untuk mengolah bahan makanan mentah menjadi bahan makanan siap disantap. Mereka juga harus memikirkan kreasi makanan agar banyak menu yang bisa disajikan kepada pelanggan.

    2. Menciptakan Ciri Khas Makanan

    Tidak hanya menciptakan makanan yang lezat, tetapi Food and Beverage Produk juga bertanggung jawab terhadap ciri khas makanan yang disajikan. Ciri khas ini termasuk dari segi rasa, olahan, dan penampilan makanan serta minuman. Tujuannya adalah agar pelanggan bisa dengan mudah mengenali makanan tersebut merupakan produk milik sebuah restoran atau hotel tertentu.

    3. Menjaga Standar Kesehatan Makanan

    Terlepas dari kelezatan cita rasa masakan dan juga ciri khasnya, tanggung jawab dari Food and Beverage Produk berikutnya adalah menjaga standarisasi kesehatan dan kebersihan makanan yang sehat. 

    Tips Berbisnis Food and Beverage

    Sektor food and beverage adalah salah satu sektor usaha yang terus mengalami pertumbuhan. Volume kebutuhan terhadap industri ini pun terus meningkat.

    Selain itu, perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung lebih menikmati makanan ready-to-eat menyebabkan banyak bermunculan perusahaan baru yang bergerak di bidang makanan dan minuman.

    Jika kamu tertarik menjalankan bisnis food and beverage, simak tipsnya berikut ini:

    1. Wajib Menjaga Kepuasan Pelanggan

    Menjaga kepuasan pelanggan merupakan hal wajib dalam industri food and beverage. Sebagai pelaku bisnis ini, kamu harus mampu membuat pelanggan puas dan menikmati makanan dan minuman yang ditawarkan kepada mereka.

    2. Buat Rencana Bisnis (Business Plan)

    Sebagai pebisnis penting sekali untuk melakukan identifikasi pasar sebelum menjalankan usaha. Untuk memenuhi kebutuhan pasar tertentu, tentunya sejumlah strategi harus direncanakan, termasuk dengan membuat perencanaan bisnis yang terperinci.

    Baca juga: Analisis Kompetitor: Tujuan, Manfaat, dan Contoh

    3. Berpedoman pada Standar Operasional Prosedur

    Saat membuka bisnis restoran, kualitas makanan atau minuman dan layanan merupakan inti bisnis. Kamu harus mempertahankan konsistensi kualitasnya, baik dari segi rasa, kualitas bahan, dan standarisasi kebersihan agar berhasil menarik perhatian konsumen. Oleh karenanya, penting untuk memastikan bahwa bisnis food and beverage yang kamu jalankan telah sesuai dengan pedoman standar operasional prosedur (SOP).

    Kesimpulan

    Itulah pengertian dari sektor food and beverage serta tanggung jawab dari food and beverage product. Jika departemen food and beverage tidak mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, maka citra restoran atau hotel yang menaunginya akan menurun.

    Apabila kamu memiliki usaha restoran maupun hotel dan sedang membutuhkan tambahan modal, maka kamu bisa mengajukan permohonan pembiayaan melalui majoo Capital. Dengan pembiayaan usaha dari majoo, kamu bisa mengembangkan bisnis sekaligus memperluas pasar. 

    Yuk, majukan bisnismu dengan pendanaan yang cepat dan mudah dari majoo!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.