Cara Daftar GrabFood Tanpa NPWP Online, Mudah dan Gratis

Ditulis oleh Akidna Rahma

article thumbnail


Menjadi mitra GrabFood sudah lebih mudah dengan adanya cara daftar GrabFood tanpa NPWP.


Kamu mungkin mengenal Grab sebagai salah satu perusahaan yang bukan hanya memberikan layanan transportasi online, melainkan juga mengembangkan layanannya pada  jasa pesan antar makanan dan minuman yang bisa diakses secara online lewat aplikasi mobile. Layanan ini diberi nama GrabFood dan harus diakui bahwa banyak sekali masyarakat yang tertarik akan layanan ini.


GrabFood menyediakan fitur mitra bagi para pemilik usaha Food and Beverages (F&B) yang ingin mempromosikan dan menjalankan produknya secara online. Hal ini disambut dengan baik oleh para pebisnis karena dianggap bisa mendatangkan keuntungan tanpa memerlukan cara yang sulit. Semua ini bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang mudah dan juga ekonomis.


Dengan mendaftarkan bisnis kulinermu menjadi mitra GrabFood maka kamu akan semakin mudah untuk memperluas pasar dan menggaet pelanggan baru. Namun, ada satu kesulitan yang selama ini dirasakan para pebisnis saat akan mendaftar GrabFood. Kesulitan tersebut muncul karena salah satu syarat untuk menjadi mitra GrabFood adalah memiliki NPWP. Padahal belum semua orang memilikinya dengan berbagai alasan. 


Grab memahami kesulitan ini dan kemudian mengumumkan bahwa saat ini sudah bisa daftar GrabFood tanpa NPWP. Selain itu, cara mendaftarnya pun juga lebih mudah. Cara daftar GrabFood tanpa NPWP ini bisa dilakukan secara online

Baca Juga: Cara Daftar GoFood Online Terbaru, Mudah dan Praktis

Cara daftar Grabfood tanpa NPWP memberikan kemudahan tersendiri bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan namun belum memiliki NPWP. Selama ini, layanan GrabFood sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membantu memesan berbagai jenis makanan secara online dengan mudah dan cepat. Apalagi biaya kirim yang ditentukan oleh Grab ternyata cukup terjangkau.


Dengan adanya layanan daftar GrabFood tanpa NPWP ini, berarti pihak Grab juga bukan hanya memberikan peluang bagi pemilik usaha restoran saja, namun bagi rumah makan kecil juga.


Keuntungan Menjadi Mitra Grabfood

Jika kamu adalah salah satu pemilik usaha F&B yang masih belum mencoba mendaftarkan bisnismu menjadi mitra GrabFood, sebaiknya kamu tidak perlu ragu. Karena memang ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi mitra GrabFood.

1. Meningkatkan Penghasilan

Banyak pebisnis F&B yang sudah merasakan keuntungan ini saat bergabung menjadi mitra GrabFood. Alasan utama mereka menjadi mitra GrabFood karena pengguna GrabFood saat ini sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia. Adanya banyaknya pengguna Grabfood, tentu saja peluang untuk bisa melakukan ekspansi bisnis menjadi lebih luas dan secara otomatis dapat meningkatkan penghasilan. 


Bisnis F&B semakin mudah untuk dikembangkan dengan bergabung menjadi mitra GrabFood.

2. Memperluas Area Jangkauan Promosi

Jika kamu sudah terdaftar sebagai salah satu mitra GrabFood, maka bisnis kuline milikmu bisa mengikuti promo yang dibuat oleh GrabFood. Promo yang diberikan GrabFood sangat beragam, mulai dari diskon pembelian hingga cashback untuk pelanggan bisnismu. Secara otomatis memberikan nilai plus tersendiri bagi usaha milikmu. Hal ini karena jumlah pengguna GrabFood sudah banyak di seluruh wilayah Indonesia. 


Baca juga: 5 Strategi Pemasaran Paling Jitu bagi Bisnis UMKM

3. Tidak Perlu Mengirimkan Pesanan secara Langsung

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah kamu tak perlu kebingungan lagi untuk mengirim pesanan makanan atau minuman dari pelangganmu. Kamu hanya perlu mempersiapkan semua pesanan untuk diantar. Iya, hanya mempersiapkan pesanan saja, karena setiap urusan antar jemputnya sudah termasuk dalam layanan yang disediakan oleh Grab. Para driver Grab yang akan mengantarkan pesanan ke alamat konsumen. 

Cara Daftar GrabFood Tanpa NPWP

Lantas, bagaimana cara daftar GrabFood tanpa NPWP? Sebelum mengetahui cara daftar Grabfood tanpa NPWP, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh calon mitra GrabFood, antara lain:  

  • Persiapkan profil warung makan yang akan kamu daftarkan di GrabFood. Profil ini meliputi nama usaha/resto, nomor telepon resto, alamat resto dan nomor handphone atau telepon yang dapat dihubungi.

  • Fotokopi KTP pihak pengelola atau pemilik warung makan.

  • Foto selfie sambil memegang kartu identitas diri.

  • Wajib menyertakan NPWP asli.

  • Foto area lingkungan warung makan atau resto. Seperti area bagian depan restoran, logo restoran dan area bagian dalam restoran.

  • Rincian daftar menu yang ada beserta fotonya.

  • Menyertakan buku rekening tabungan atau memperlihatkan e-banking yang menampilkan nomor rekening tabungan dengan jelas.


Jika melihat daftar persyaratan di atas, ada poin yang menyebutkan bahwa pemilik bisnis harus memiliki NPWP. Jadi, kamu tidak akan bisa melanjutkan proses pendaftaran jika ternyata belum memiliki NPWP. Namun, sekarang syarat yang satu itu sudah tidak lagi menjadi penghalang, karena sudah ada layanan daftar GrabFood tanpa NPWP. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke situs resmi Grab di www.grab.com

  • Pada menu utama, isi formulir pendaftaran mitra GrabFood. 

  • Isi semua data-data sesuai yang dibutuhkan. 

  • Setelah semua data terisi dengan benar, klik daftar. 

  • Cek email verifikasi, kemudian klik tautan yang dikirimkan lewat email oleh pihak Grab.

  • Secara otomatis kamu akan masuk lagi ke situs Grab. 

  • Selanjutnya kamu akan diminta merinci semua informasi terkait usaha resto yang dimiliki. Isi data-data tersebut dengan benar dan jelas supaya proses pendaftaran mitra GrabFood bisa berjalan lancar.

  • Silakan ikuti semua proses sesuai yang diminta sistem.

  • Kamu akan menerima email atau SMS terkait kelanjutan pendaftaran mitra GrabFood jika permohonanmu di ACC oleh pihak Grab.


Hal yang pelu kamu ingat bahwa pendaftaran bisnismu ini hanya dilakukan dengan  mengunjungi laman resmi Grab. Isilah formulir awal dengan data dengan teliti dan lengkap. Isian ini meliputi nama warung, alamat, kota, nama pemilik/penanggung jawab warung, nomor handphone, dan email


Setelah mengisi data yang diperlukan, kamu akan mendapatkan email verifikasi ke alamat email yang sudah kamu daftarkan, dan segeralah melakukan verifikasi. Sebaiknya kamu melakukan verifikasi ini dalam kurun kurang dari 72 jam. Jika kamu tidak segera memverifikasi selama 72 jam, maka kamu harus mengulangi proses isi data diri lagi di laman resmi Grab. Selain itu, unggahlah beberapa data berikut ini:

  • Foto logo restoran sebagai identitas restoran.

  • Jadwal operasional yang meliputi jadwal buka dan tutup dari restoran/warung.

  • Foto makanan dan minuman, serta harga dan keterangan untuk dicantumkan di daftar menu pada aplikasi.

Ada banyak sekali kolom yang harus diisi, maka sebaiknya kamu lakukan tahap pengisian formulir ini dengan teliti agar tidak ada yang terlewat. 


Menurut beberapa sumber yang sudah pernah mengikuti pendaftaran mitra GrabFood, bahwa rentang waktu yang dibutuhkan dalam proses verifikasi oleh pihak Grab in memang berbeda-beda. Jika semua persyaratan yang diminta sudah dipenuhi maka proses daftar GrabFood tanpa NPWP dapat berjalan lancar, bahkan hanya memerlukan waktu hitungan hari atau minggu saja. Sebaliknya, jika ternyata ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi atau ada beberapa data yang tidak valid, maka proses pendaftaran yang dilewati bisa berbulan-bulan.


Nantinya jika pihak Grab menyetujui pengajuan yang kamu kirimkan, maka kamu akan mendapatkan email balasan dari pihak Grab yang berisi tentang kontrak kerja sama yang harus ditandatangani. Selesai tanda tangan kontrak, kamu bakal mendapatkan email verifikasi outlet


Sama seperti pada proses pendaftaran, segeralah lakukan proses verifikasi ini dalam ini waktu kurang dari 72 jam dengan klik tautan yang dilampirkan di dalam email. Karena jika lewat dari batas waktu yang ditentukan, verifikasi warungmu akan gagal, dan kamu perlu meminta email verifikasi kembali dengan menghubungi tim telesales GrabFood. 


Apakah sudah selesai sampai di situ? Belum. Masih terdapat proses lainnya, yaitu verifikasi OVO. Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa segala pembayaran digital GrabFood hanya menggunakan OVO. Proses ini terkait dengan pembuatan rekening dan pengaktifannya. Tim OVO akan meminta verifikasi nama kamu, restoran, dan alamat restoran milikmu. Setelah semua data selesai divalidasi, kamu akan mendapat notifikasi dari tim OVO. 


Setelah semua proses terpenuhi, kamu akan menerima materi-materi pelatihan yang berisi tentang cara menggunakan aplikasi GrabFood dan cara mengaktifkan akun.


Kamu juga perlu melakukan pengelolaan notifikasi pesanan masuk dan memastikan foto produk makanan atau minuman yang diunggah ke aplikasi terlihat dengan jelas, asli, dan menarik. Hal ini karena akan membuat konsumen tertarik memesan makanan atau minuman via aplikasi GrabFood.

Memahami Perhitungan Pajak Restoran Saat Mendaftar Mitra GrabFood

Ada beberapa poin yang penting untuk kamu pahami jika sudah melakukan daftar GrabFood tanpa NPWP, salah satunya adalah perhitungan biaya pajak. 

  • Menurut keterangan dari situs resmi Grab, definisi harga yang belum dikenakan pajak adalah harga makanan itu sendiri, tanpa tambahan pajak. 

  • Biaya eksklusif yang tidak termasuk pajak adalah harga makanan yang akan ditambah biaya pajak. Dengan nilai yang sudah ditetapkan pihak restoran atau warung makan.

  • Harga termasuk pajak adalah harga makanan yang dipotong pajak 10%. Jadi, saat pembeli memesan, harga jual makanan tersebut secara otomatis akan langsung dikenakan biaya tambahan pajak 10%.

  • Service fee adalah harga makanan yang dibagi biaya pelayanan sesuai yang ditetapkan oleh pihak restoran atau penjual saat pembelian makanan.


Grab juga menjelaskan melalui situs resminya bahwa mitra toko atau restoran, profit sharing yang dibebankan sebesar 30% (di luar PPN) dari jumlah pesanan yang masuk. Contohnya, jika dalam sehari kamu mendapat pesanan hingga Rp500.000, maka 30% dari total pesanan itu kira-kira setara dengan Rp150.000 mejadi milik Grab. 


Wah, ternyata kalau dilihat dari nominalnya cukup besar juga ya profit yang didapatkan oleh Grab. Jika dilihat dari sisi lain dari sistem bagi hasil yang diterapkan, sebenarnya sangat wajar. Karena kamu akan mendapatkan banyak benefit seperti yang sudah dijelaskan di atas. 


Setelah kamu menyelesaikan berbagai tahapan dalam cara daftar GrabFood tanpa NPWP di atas dan sudah berhasil menjadi mitra, masih ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menyempurnakan performa bisnismu agar keuntungan bisa cepat didapatkan. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa membantu kamu agar kamu mendapatkan keuntungan yang signifikan di aplikasi GrabFood.

1. Pastikan koordinat bisnismu

Setelah restoran atau rumah makan yang kamu miliki berhasil terdaftar di aplikasi GrabFood, saatnya kamu menentukan titik koordinat lokasi. Menapa tokomu diharuskan memiliki koordinat lokasi? Hal ini karena akan memudahkan para driver untuk melacak lokasi tokomu melalui Google Maps ketika mereka mendapat pesanan dari GrabFood

2. Hitung margin dengan teliti

Bagaimana cara menghitung margin jika bisnismu termasuk dalam salah satu mitra GrabFood dengan adanya sistem profit sharing? Cara yang paling mudah adalah membedakan harga jual offline dengan harga yang ada pada GrabFood. Kamu bisa menaikkan harga jual makanan atau minuman di GrabFood. Jadi dengan begini, selisih harga pada aplikasi dan offline bisa menutupi sistem bagi hasil 30% dari Grab.

3. Menentukan Ongkos kirim

Grab dikenal sering sekali mengadakan promo besar-besaran, seperti promo biaya kirim. Hal ini dapat kamu pikirkan, sebelum menentukan besaran harga jual di aplikasi, karena saat kamu setuju dengan perjanjian kolaborasi dengan Grab, maka mereka punya hak penuh dalam menentukan ongkos kirim. Terkait promo yang dikeluarkan oleh pihak Grab, secara tidak langsung kamu sebagai mitranya akan terkena imbas.  

4. Mencari informasi dari mitra lain

Sebelum kamu bergabung menjadi mitra GrabFood, tentunya ada pihak lain dari dunia F&B yang sudah terjun terlebih dahulu menjadi mitra GrabFood. Kamu dapat bertanya terlebih dahulu dan meminta ulasan dari mereka sebagai sesama mitra di aplikator yang sama. 

5. Memahami alur pembayaran

Jika ternyata bisnis F&B milikmu juga melayani pesanan offline dan on-site, sebaiknya kamu menyiapkan dua kasir. Satu untuk pembayaran tunai, dan satunya lagi khusus untuk pembayaran menggunakan aplikasi. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir antrean panjang di kasir pembayaran. Tentunya tokomu tidak mau diberi ulasan buruk karena antrean panjang di kasir, bukan?

Penutup

Dari seluruh penjelasan di atas, kamu bisa  mengetahui dan memahami bagaimana cara daftar GrabFood tanpa NPWP, keuntungan yang bisa kamu dapatkan, serta tips dalam menjalankan kerjasama sebagai mitra GrabFood. 


Jangan lupa untuk teliti dan cermat dalam menggunakan layanan ini, karena akan sangat berpengaruh pada performa bisnis F&B yang kamu jalankan. 


Untuk mengurangi risiko terjadinya kesalahan input, atau jika ternyata kamu belum bisa menyediakan dua kasir dalam bisnismu, kamu bisa mengandalkan bantuan seperti yang ditawarkan oleh majoo dalam program majoo maxima. 


Dalam program ini, majoo melakukan integrasi bersama dengan pihak GrabFood. Jadi, jika kamu berlangganan majoo, maka secara otomatis kamu bisa menikmati layanan ini juga. Selain keuntungan yang akan kamu dapatkan sebagai mitra GrabFood, ternyata masih ada lagi beberapa keuntungan yang akan memperlancar jalannya bisnismu. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp5.000 per hari yang sudah mencakup beragam biaya seperti aplikasi kasir, administrasi Grab, serta kebebasan untuk meminjam perangkat kasir selamanya.


Selain itu, majoo maxima akan sangat membantu

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo