Ketahui Ciri-Ciri Perdagangan Bebas, Dalam, dan Luar Negeri

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Ada tiga jenis perdagangan, antara lain perdagangan bebas, dalam negeri, dan luar negeri.

Perdagangan merupakan sebuah konsep ekonomi dasar. Konsep utama dari perdagangan berasal dari tindakan tukar menukar barang, sehingga pengertian perdagangan mengacu pada pertukaran barang dan jasa dan keduanya berdasarkan kesepakatan bersama bukan atas pemaksaan.

Konsep perdagangan ini membentuk dasar peradaban modern, misalnya membawa pembagian kerja, melek huruf, hingga urbanisasi, lho!

Dengan mengetahui arti perdagangan, tentu akan membantu kamu dalam memahami konsep dasar dari aktivitas ini. Perdagangan dibagi menjadi tiga jenis, antara lain perdagangan bebas, dalam negeri, dan luar negeri. Agar kamu lebih memahaminya lebih dalam, di artikel ini akan dijelaskan secara lengkap tentang pengertian dan ciri-ciri perdagangan. Simak, sampai habis, yuk! 

Pengertian Perdagangan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian perdagangan ialah perihal berdagang, urusan berdagang, atau perniagaan. Dagang adalah suatu pekerjaan yang berhubungan dengan menjual dan membeli barang yang tujuannya untuk memperoleh keuntungan.

Selain itu, pengertian perdagangan lainnya ialah aktivitas jual beli barang dan jasa dengan kompensasi yang dibayarkan oleh pembeli kepada penjual, atau pertukaran barang atau jasa antar kedua belah pihak.

Di pasar keuangan, perdagangan mengacu pada aktivitas jual beli sekuritas berupa saham di bursa efek.

Menurut Undang-Undang No.7 Tahun 2014 tentang perdagangan, pengertian perdagangan ialah tatanan kegiatan yang terkait dengan transaksi barang dan/atau jasa di dalam negeri dan melampaui batas wilayah negara dengan tujuan pengalihan hak atas barang dan/atau jasa untuk memperoleh imbalan.

Caption: Pengertian perdagangan secara sederhana yaitu mengacu pada pembelian dan penjualan barang. 

Pengertian Perdagangan Menurut Ahli

Di atas sudah dijelaskan pengertian perdagangan menurut KBBI, umum, dan Undang-Undang. Nah, di bawah ini akan dijelaskan pengertian perdagangan menurut para ahli, antara lain: 

Marwati Djoened

Pengertian perdagangan ialah kegiatan ekonomi yang mengaitkan produsen dan konsumen. Perdagangan merupakan kegiatan distribusi, yang akan menjamin peredaran, penyebaran, dan persediaan barang melalui mekanisme pasar. 

Bambang Utoyo

Perdagangan merupakan proses tukar menukar barang dan jasa dari suatu wilayah ke wilayah lainya. Kegiatan ini muncul karena adanya perbedaan kebutuhan dan sumber daya yang dimiliki dari setiap wilayah. 

Eeng Ahman dan Epi Indriani

Perdagangan ialah aktivitas tukar menukar atau transaksi jual beli antara dua pihak atau lebih. 

Bambang Prishardoyo dan Shodiqin

Perdagangan ialah salah satu jenis aktivitas perusahaan karena menggunakan sumber daya produksi untuk meningkatkan atau menyediakan pelayanan umum. 

Baca juga: Pahami Arti, Manfaat, dan Hambatan Perdagangan Internasional

Jenis-Jenis Perdagangan

Setelah mengetahui pengertian perdagangan, kamu perlu mengetahui jenis-jenis perdagangan. Jenis-jenis perdagangan dibagi menjadi tiga, antara lain perdagangan bebas, dalam negeri, dan luar negeri. Agar kamu lebih mengerti dan memahaminya, berikut ini penjelasannya. 

Perdagangan Bebas

Menurut Hamid Basyaib, pengertian perdagangan bebas ialah perdagangan yang tidak memiliki hambatan. Hambatan yang dimaksud yaitu segala sesuatu yang bisa memengaruhi arus lalu lintas suatu barang maupun jasa yang diperdagangkan.

Kendati demikian, perdagangan bebas tidak berarti suatu negara mengabaikan semua kendali dan perpajakan atas ekspor dan impor, ya. Umumnya, perdagangan bebas ini lebih mengarah ke penerapan aturan tentang pengurangan atau penghapusan tarif barang yang keluar atau masuk negara tersebut. Adapun peraturan ini dibuat oleh pemerintah suatu negara dengan tujuan melindungi perekonomian dalam negerinya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa peraturan perdagangan bebas tercantum dalam perjanjian yang dilakukan negara anggota organisasi internasional. Organisasi ini mengurus kerja sama di bidang perdagangan bebas maupun internasional. 

Ciri-Ciri Perdagangan Bebas

Setidaknya, terdapat lima ciri-ciri perdagangan bebas, yakni:

  • Seluruh sumber dan alat produksi bebas dimiliki dan diatur oleh semua pihak, baik itu komunitas, perusahaan, atau individu.
  • Terdapat pembagian kelas dalam sistem perekonomian masyarakat, misalnya kelas pekerja dan kelas pemilik modal.
  • Adanya persaingan ketat antar perusahaan demi mencapai profit yang sebanyak-banyaknya.
  • Campur tangan pemerintah dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan sangat terbatas.
  • Produsen bebas menentukan harga dan target market mereka.

Baca juga: Ekonomi Maritim: Pengertian dan Contohnya 

Pengertian perdagangan secara sederhana yaitu mengacu pada pembelian dan penjualan barang.

Perdagangan Dalam Negeri

Pengertian perdagangan dalam negeri ialah suatu aktivitas jual beli barang atau jasa dengan sistem perdagangan yang hanya mencakup wilayah Indonesia.

Perdagangan dalam negeri menuntut pemerintah untuk membuat beberapa kebijakan dan pengendalian. Kebijakan dan pengendalian ini mengarah pada peningkatan efisiensi dan efektivitas distribusi, lalu pemerintah mengambil peran meningkatkan sistem serta kepastian usaha.

Adanya perdagangan dalam negeri juga menuntut pemerintah untuk melakukan integrasi dan perluasan market dalam negeri. Selain itu, pemerintah berperan dalam meningkatkan akses pasar bagi produk dalam negeri dan melakukan perlindungan terhadap konsumen. 

Ciri-Ciri Perdagangan Dalam Negeri

Adapun ciri-ciri dari perdagangan dalam negeri seperti berikut ini:

  • Hanya menggunakan satu macam mata uang negara.
  • Lingkupnya lebih sempit, hanya di dalam negeri.
  • Perselisihan pada aktivitas perdagangan akan diselesaikan dengan hukum yang berlaku di negara tersebut.
  • Jika dibandingkan dengan barang ekspor, standar kualitas barang cenderung lebih rendah.
  • Biaya angkut produk lebih murah.
  • Umumnya pembeli dan penjual bertatap muka secara langsung.
  • Sistem distribusi dilakukan secara langsung.
  • Tingkat persaingan tidak begitu ketat karena persaingan dagangnya hanya di negara sendiri.
  • Biaya jangkauan tidak ketat karena persaingan produsen hanya dari dalam negeri.

Baca juga: Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional 

Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional ialah suatu aktivitas jual beli yang dilakukan oleh dua negara berbeda. Perdagangan internasional dapat disebut pula sebagai international trade.

Lebih jelasnya, perdagangan internasional ini dapat terjadi ketika ada kegiatan perdagangan yang dilakukan oleh dua negara berbeda dan tentu saja kegiatan tersebut telah disetujui oleh keduanya.

Pengertian perdagangan internasional menurut Wahono Diphayana ialah transaksi bisnis antara beberapa pihak yang melibatkan lebih dari satu negara dan perdagangan internasional dapat dilakukan oleh perseorangan maupun kelompok.

Dari aktivitas perdagangan internasional tersebut, terbentuklah hubungan kerja sama ekonomi antar negara. Ada tiga bentuk hubungan ekonomi dari perdagangan internasional, yakni:

  • Terjadinya pertukaran hasil dari suatu negara dengan negara lain yang menjalin kerja sama.
  • Terbentuknya hubungan ekonomi dalam bentuk utang piutang yang terjadi antar negara.
  • Terjadinya pertukaran aliran produksi maupun pertukaran sarana produksi.

Di beberapa negara, perdagangan internasional ini menjadi salah satu faktor utama yang dapat meningkatkan Gross Domestic Product (GDP).

Perdagangan internasional menurut negara partisipannya dibagi menjadi tiga jenis, antara lain perdagangan internasional bilateral, regional, dan multilateral.

Sedangkan menurut bentuknya, perdagangan internasional dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu ekspor impor, konsinyasi, package deal, border crossing, dan lainnya. 

Ciri-Ciri Perdagangan Internasional

Dikatakan sebagai perdagangan internasional bila meliputi ciri-ciri seperti di bawah ini.

  • Pihak yang melakukan perdagangan internasional tidak saling bertemu dan tidak saling mengenal satu sama lain.
  • Dihubungkan melalui media promosi atau perwakilan dagang dari masing-masing negara.
  • Harga barang ditentukan dari standar harga yang sudah ditetapkan oleh kesepakatan internasional atau bisa berdasarkan tawar-menawar masing-masing pihak.
  • Tujuan perdagangan yaitu dominan komersial atau bisa terjadi antara pedagang dan konsumen tapi komoditas yang digunakan hanya untuk kepentingan produksi.
  • Di Indonesia pelaku usaha yang melakukan perdagangan internasional harus memenuhi persyaratan dari pemerintah dan memiliki izin tertentu.
  • Peran negara sangat besar, baik yang berhubungan dengan pungutan negara maupun perlindungan terhadap pelaku usaha yang ikut serta.
  • Menggunakan mata uang yang kuat, misalnya Dolar Amerika Serikat dan Dolar Singapura. Bahasa yang dipakai pun bahasa internasional seperti bahasa Inggris.
  • Hasil perdagangan atau ekspor dipakai sebagai sumber devisa bagi setiap negara dan digunakan untuk menentukan kemampuan setiap negara di bidang moneter.
  • Apabila terjadi perselisihan akan diselesaikan menggunakan rujukan konvensi internasional yang telah disepakati.
  • Pengaturan secara internasional ditetapkan oleh badan maupun lembaga perdagangan internasional. 

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian dan ciri-ciri perdangangan, baik perdagangan bebas, dalam, dan luar negeri. Terjadinya kegiatan perdagangan ini untuk mencapai kemakmuran ekonomi suatu negara.

Untuk kamu yang sedang merintis atau sudah menjalankan bisnis, pastinya dengan menggunakan aplikasi one stop solution akan memudahkanmu dalam mengelola bisnis, seperti aplikasi majoo.

Aplikasi majoo memiliki banyak fitur menarik yang bisa kamu gunakan untuk bisnismu, seperti fitur inventori. Fitur majoo inventori ini untuk mengatur stok barang dan bahan, setting harga modal, harga jual, dengan harga satu produk untuk banyak cabang bisa dibuat berbeda. Fungsi stok ini juga dapat mengetahui barang PO (Pre-Order), mutasi stok antarcabang dan gudang, stock opname, stok produksi bahan baku, dan stok terbuang. Pada aplikasi majoo juga terdapat notifikasi stok apabila stok berada di bawah minimum. Aplikasi ini akan sangat membantumu, bukan? Yuk, gunakan aplikasi majoo agar bisnismu terkelola dengan baik, ya!

Baca juga: Kenali Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh Pasar Oligopoli

Referensi

  • https://landx.id/blog/memahami-pengertian-dan-dampak-pasar-bebas-bagi-perekonomian-negara/
  • https://usaha321.net/ekonomi/ciri-ciri-perdagangan-dalam-negeri-dan-perdagangan-internasional.html

Sumber Gambar

  • Freepik

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo