Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Contoh Iklan Permintaan dan Tujuan Pembuatannya

    Seperti apa contoh iklan permintaan?

    Jika selama ini kamu menganggap yang namanya iklan hanyalah sebagai media untuk membantu strategi penjualan, kamu salah. Iklan yang ditampilkan di beberapa media tidak melulu berfungsi sebagai media untuk menjual dan menawarkan barang. Ada juga yang namanya contoh iklan permintaan. Wah, seperti apa tuh?

    Contoh iklan permintaan biasanya dimanfaatkan untuk mencari sesuatu, baik barang maupun orang dengan berbagai alasan. Seringnya, iklan semacam ini digunakan oleh orang-orang yang sedang melakukan rekrutmen atau pekerja. 

    Baca juga: Iklan Komersial: Pengertian, Tujuan, Ciri, dan Contohnya

    Apa itu Iklan Permintaan?

    Jadi, sebenarnya apa itu iklan permintaan? Iklan secara umum memiliki arti sebagai salah satu komponen utama dalam penerapan strategi pemasaran yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Iklan ternyata bisa dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu:

    1. Iklan penawaran
    2. Iklan permintaan 

    Contoh iklan permintaan adalah iklan yang digunakan untuk meminta sesuatu dari orang yang melihatnya. Contoh iklan permintaan biasanya digunakan sebagai media pengumuman, intinya mengumumkan suatu kabar atau berita penting mengenai kebutuhan/kepentingan tertentu. Bisa saja berupa iklan pengumuman mengenai rekrutmen karyawan, atau pencarian baby sitter, dan asisten rumah tangga.

    Biasanya, contoh iklan permintaan atau iklan pengumuman dibuat dalam bentuk pamflet atau selebaran yang nantinya akan ditempelkan di tiang listrik, pagar, pohon, maupun tempat keramaian.

    Iklan permintaan cenderung memiliki sifat persuasif atau ajakan. Bahasa yang digunakan pun adalah bahasa yang seolah-olah bisa memengaruhi masyarakat agar melakukan atau memberikan sesuatu sesuai yang diharapkan oleh pihak pemasang iklan. 

    Contoh Iklan Permintaan

    Dulu, contoh iklan permintaan mungkin memang lebih sering kamu temui pada koran, selebaran atau pamflet di jalan, spanduk, dan sejenisnya. Kini, dengan adanya teknologi, makin banyak iklan permintaan yang muncul di televisi sampai dengan media sosial. 

    Beberapa contoh iklan permintaan, yaitu: 

    Iklan Permintaan Tenaga Kerja

    Contoh iklan permintaan tenaga kerja merupakan bentuk paling umum dan mungkin paling sering kamu temui. Biasanya muncul di surat kabar, majalah, sampai dengan media sosial. Sesuai namanya, iklan ini akan memberikan informasi mengenai pihak individu atau perusahaan tertentu yang sedang membutuhkan karyawan atau pegawai. 

     Beberapa contoh iklan permintaan.

    Iklan Permintaan Barang

    Contoh iklan permintaan barang barang berikutnya adalah iklan yang berisi permintaan atas barang tertentu yang dibutuhkan oleh pengiklan. Jadi, kalau ada orang yang melihat iklan tersebut dan memang memiliki barang yang diinginkan, ia bisa menjual atau memberikan barang tersebut dalam suatu transaksi.

    Iklan Permohonan Maaf

    Contoh iklan permintaan yang selanjutnya adalah yang berisikan permohonan maaf. Iklan yang satu ini memang sudah sangat jarang ditemukan. Biasanya, iklan tersebut akan berisi permintaan maaf seseorang atau instansi tertentu kepada instansi lain atau masyarakat luas. Pembuatan iklan permohonan maaf ini ditujukan agar pihak yang terkait sudi memberikan maaf dan memaklumi kesalahan yang telah dilakukan. 

    Baca juga: Pemula Juga Bisa: Cara Membuat Iklan Sendiri di Media Sosial

    Tujuan Iklan Permintaan

    Dibuat untuk memenuhi kebutuhan tertentu, apakah cuma itu tujuan iklan permintaan? Tentu saja tidak. Ada beberapa tujuan iklan permintaan lainnya, seperti: 

    Untuk Memberikan Informasi

    Seperti tujuan pembuatan iklan pada umumnya, iklan permintaan juga ditujukan untuk memberikan atau menyampaikan berbagai macam informasi yang dibutuhkan masyarakat. Iklan disampaikan di berbagai media agar peluang untuk diketahui dan dibaca oleh banyak orang semakin besar. 

    Untuk Mengajak Masyarakat

    Iklan permintaan umumnya berisi imbauan atau ajakan agar masyarakat bisa menaati sebuah peraturan ataupun mengajak masyarakat untuk bertindak menjadi lebih baik. Imbauan atau ajakan yang ada pada iklan permintaan biasanya ditujukan agar orang yang melihat atau membacanya mau untuk melakukan sesuatu seperti yang diharapkan oleh pemasang iklan. Itulah gunanya penggunaan bahasa dan gambar yang menarik pada iklan. 

    Untuk Mewujudkan Kerja Sama

    Tujuan iklan permintaan berikutnya adalah untuk menjalin kerja sama antara pihak pemasang iklan dan audiens sebagai sasaran iklan. Jika ini yang terjadi, kerja sama yang bisa terwujud antara pihak pembaca dengan pemasang iklan umumnya bersifat saling menguntungkan, sehingga bisa berjalan secara terus-menerus.

    Media yang Cocok Untuk Iklan Permintaan

    Untuk membuat sebuah contoh iklan permintaan tentunya pihak pemasang iklan membutuhkan media yang tepat, agar iklan yang dipasang bisa dilihat dan dijangkau oleh banyak orang. Beberapa media yang cocok untuk iklan permintaan, antara lain adalah: 

    Media cetak. Sejak dulu. media cetak memang masih menjadi salah satu media yang cocok untuk iklan permintaan. Contoh media cetak yang biasa digunakan adalah koran, brosur, pamflet, majalah, dan lain sebagainya

    Media elektronik. Jenis media elektronik yang biasa digunakan untuk pemasangan iklan permintaan adalah televisi dan radio.

    Media internet. Sudah tidak diragukan bahwa internet dan media sosial merupakan media yang cocok untuk iklan permintaan. Adanya akses layanan internet memang membantu masyarakat untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

    Baca juga: Memaksimalkan Promosi Bisnis dengan Instagram Ads 

    Contoh Teks Iklan Permintaan

    Seperti tadi sudah dibahas, teks dalam iklan permintaan memang harus dibuat semenarik mungkin, agar pembaca menjadi tertarik dengan iklan tersebut. Penggunaan bahasanya pun tidak bisa sembarangan. Berikut beberapa contoh teks iklan permintaan

    Contoh Iklan Permintaan Karyawan

    Contoh teks iklan permintaan pertama dan yang paling sering digunakan adalah iklan untuk mencari pekerja atau karyawan. Tidak jarang iklan seperti ini sering juga disebut dengan iklan lowongan pekerjaan. Karyawan yang dibutuhkan mulai dari pegawai lepas, pegawai harian, karyawan kontrak, asisten rumah tangga, tenaga security, sampai dengan penjaga toko. 

    Contohnya: 

    • “Dicari karyawan/i, minimal lulusan SMA/SMK, usia maksimal 30 tahun, untuk mengisi posisi penjaga toko. Berminat? Silakan hubungi 08123xxxxxxx”
    • “Butuh karyawati fresh graduates, minimal SMA/Sederajat, gaji 2,5jt. Sayang hewan. Berminat hubungi 081234xxxxx”
    • “Dibutuhkan karyawan untuk posisi sablon, minimal ijazah SMA, berpengalaman minimal 1 tahun. Usia maksimal 30 tahun. Kirim lamaran datang langsung ke Abdi Print, Jl. Merdeka 45, Bandung.”

    Contoh Iklan Permintaan Barang

    Contoh teks iklan permintaan berikutnya adalah yang biasa digunakan untuk mencari dan mendapatkan barang yang sedang dibutuhkannya. Barang tersebut bisa berupa kendaraan, barang unik, barang langka, atau berbagai properti lainnya. 

    Contohnya:

    • “Dicari rumah. Lokasi dekat jalan utama. Perum/kampung. Daerah Surabaya Pusat. Harga bisa nego. Hubungi 08123xxxx” 
    • “Dicari barang elektronik rusak/tidak terpakai. Merek bebas. Mesin cuci, tv, ac, komputer. Siap ambil dan nego di tempat. 0812xxxx.”

    Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Iklan Baris

    Contoh Gambar Iklan Permintaan

    Selain dalam bentuk teks, ada juga contoh gambar iklan permintaan. Jadi, iklan permintaan memang tidak melulu dalam bentuk iklan baris, melainkan ada juga yang dibuat secara visual agar bisa lebih menarik minat orang-orang yang membaca atau melihatnya. 

    Contohnya: 


    (Sumber: solup.blogspot.com)

    (Sumber: suratjk.blogspot.com)

    Kesimpulan

    Contoh iklan permintaan adalah iklan yang digunakan untuk meminta sesuatu dari orang yang melihatnya. Contoh iklan permintaan biasanya digunakan sebagai media pengumuman, intinya mengumumkan suatu kabar atau berita penting mengenai kebutuhan/kepentingan tertentu. 

    Dengan adanya iklan permintaan, masyarakat sebagai pembaca iklan bisa tahu dengan lebih jelas mengenai adanya sesuatu, misalnya adanya lowongan kerja dan permintaan karena kebutuhan akan suatu barang. 

    Seperti yang mungkin sudah kamu tahu, iklan bisa dimanfaatkan sebagai media promosi dan strategi pemasaran. Namun, perlu kamu ingat, proses membuat dan menayangkan iklan pastinya membutuhkan biaya, yang tidak kecil. Jadi, sebelum membuat contoh iklan permintaan atau penawaran, sebaiknya pastikan dulu kondisi keuangan bisnismu memang memadai. 

    Kamu bisa mempercayakan perhitungan bisnis dengan aplikasi POS majoo. Aplikasi ini bisa juga kamu manfaatkan untuk menjangkau calon konsumen melalui kampanye digital. Jadi, majoo memang menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan perusahaan bisa menjalin engagement dengan para konsumennya. Salah satunya adalah aplikasi CRM. Kamu bisa mengatur dan melakukan marketing campaign dengan bantuan dari majoo, yang dapat membuat konsumen menggunakan kembali produk atau jasa yang kamu tawarkan. Tertarik untuk pakai majoo? Tertariklah! Masa nggak? 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!