Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    11 Faktor Kegagalan Usaha, Pengusaha Wajib Tahu!

    Kenali faktor kegagalan usaha untuk menghindarinya.

    Ada pepatah yang bunyinya begini, “Kegagalan adalah sukses yang tertunda.” Kalimat ini tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Jadi, jangan ditelan mentah-mentah, ya! Terutama bila dikaitkan dengan faktor kegagalan usaha

    Bila menyangkut usaha atau bisnis. Kegagalan yang terjadi terus menerus bisa jadi bukannya menuntunmu menuju kesuksesan, malah membawa ke jurang kehancuran. 

    Bisa dipahami seperti ini, kegagalan adalah sukses yang tertunda bila kamu mau melakukan evaluasi dan identifikasi faktor kegagalan usaha dan memperbaikinya. Bukannya malah bersikap kura-kura dalam perahu, melakukannya lagi dan lagi, lantas bangkrut. 

    Ada banyak sekali faktor penyebab kegagalan usaha yang contoh nyatanya mungkin juga sudah pernah kamu lihat atau alami sendiri. Namun, cara untuk mengantisipasi dan mengatasi kegagalan tersebut juga tidak kalah banyak, kok. 

    Di sinilah pentingnya mengetahui apa saja faktor kegagalan usaha yang mungkin terjadi. Usahakan sebelum menerapkan suatu rencana usaha, terlebih dahulu kamu mengenali beberapa hal yang kemungkinan besar bisa menghambat jalannya bisnismu. Dengan demikian, saat akhirnya menghadapi tantangan tersebut, kamu memiliki strategi yang telah kamu persiapkan sebelumnya. 

    Melakukan evaluasi dan identifikasi faktor kegagalan usaha layaknya menerapkan pepatah, “Sedia payung sebelum hujan.” Kamu perlu mempersiapkan dan memperbaiki faktor-faktor pemicunya. 

    Baca juga: Pahami! Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha 2022

    Faktor Kegagalan Usaha yang Sering Terjadi

    Berikut beberapa faktor kegagalan usaha yang kerap terjadi dalam dunia bisnis. 

    1. Tidak Ada Rencana Bisnis yang Jelas

    Sebelum memulai sebuah usaha, tentunya kamu perlu menentukan sebuah rencana bisnis atau business plan terlebih dahulu. Rencana bisnis biasanya mencakup segala sesuatu yang ingin kamu raih dan wujudkan dalam bisnis ataupun gambaran produk bisnis nantinya. Rencana inilah yang dapat menentukan keberhasilan dan kegagalan usaha yang kamu jalankan nantinya.

    2. Visi dan Misi Tidak Jelas

    Dalam susunan rencana bisnis atau business plan, biasanya juga terdapat visi dan misi bisnis ke depannya. Visi dan misi merupakan penting yang seringnya justru tidak dianggap menjadi hal yang fundamental oleh para pebisnis. 

    Padahal, visi dan misi bisa membantu kamu untuk tetap melangkah di arah dan strategi yang tepat. Jadi, semua keputusan bisnis yang kamu pilih akan tetap berbanding lurus dengan visi misi tersebut. 

    3. Minimnya Kemampuan Manajerial dan Manajemen 

    Faktor kegagalan usaha lainnya adalah minimnya kemampuan pelaku usaha dalam hal manajemen bisnis. Pengetahuan manajerial yang minim tentu dapat menghambat produktivitas dari para pekerja. 

    Manajemen merupakan sebuah pondasi yang bisa menentukan keberhasilan dan kegagalan usaha kamu. Manajemen bukan hanya meliputi pengelolaan dan pengorganisasian bisnis, melainkan juga manajemen waktu dan struktur keorganisasian usaha.

    Pengelolaan dan manajemen aset bisnis yang tepat dan efisien bisa membuat bisnismu berjalan dengan optimal. Jika semua faktor manajemen berjalan lancar, kondisi operasional usaha akan berjalan dengan maksimal tanpa hambatan yang berarti. 

    4. Kemampuan

    Kemampuan pemilik bisnis juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan usaha. Tidak ada ceritanya, bisnis yang maju dan berkembang tapi pemiliknya adalah orang yang tidak bisa apa-apa sama sekali. 

    Jika kamu merasa kemampuan bisnismu masih kurang, jangan khawatir. Saat ini ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan atau skill, mulai dari mengikuti webinar, sharing, sampai dengan melakukan diskusi dengan sesama pebisnis. 

    Contoh kemampuan yang wajib dimiliki adalah riset dan analisis pasar sampai dengan menciptakan branding hingga memasarkan produk. 

    Baca Juga: 9 Cara Memulai Bisnis dari Nol, Perhatikan Di Sini!

    Salah satu faktor penyebab kegagalan usaha adalah minimnya kemampuan manajerial.

    5. Modal dan Pengendalian Finansial yang Kacau

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa terbatasnya modal yang dimiliki merupakan salah satu faktor kegagalan usaha yang kerap terjadi. Singkatnya, bila modal yang kamu miliki cukup untuk menopang bisnis, secara otomatis bisnis bisa berjalan lancar.

    Namun, tidak berhenti sampai di situ. Meski modal besar tapi tidak bisa mengendalikannya pun akan menyebabkan gagalnya suatu bisnis. Sebagai seorang pemilik usaha, kamu selayaknya dapat mengendalikan keuangan. Dengan adanya kecermatan dalam menangani cash flow, ketelitian, serta pemahaman dalam memisahkan dana usaha dengan dana pribadi, kerugian dan kegagalan yang berpotensi terjadi dalam bisnis dapat diminimalisir. 

    6. Kreativitas yang Terbatas

    Tidak bisa dimungkiri, kreativitas akan membantu kamu meraih kesuksesan dalam bisnis. Kreativitas yang kamu miliki dalam mengembangkan bisnis merupakan salah satu hal yang bisa membedakan bisnismu dengan bisnis milik kompetitor. Dengan kreativitas yang tinggi, kamu juga bisa lebih mudah melihat solusi dari segala masalah.

    Baca Juga: Kreativitas dan Inovasi dalam Memenuhi Kebutuhan Pasar

    7. Sumber Daya Manusia dan Etika Kerja

    Identifikasi faktor kegagalan usaha juga bisa kamu lakukan dengan melakukan evaluasi pada sumber daya manusia yang bekerja sama denganmu. Kualitas dari sumber daya manusia yang ada dapat berpengaruh pada keberhasilan dan kegagalan usahamu. 

    Kamu bisa saja merancang berbagai macam business plan, namun jika karyawan yang bekerja denganmu tidak memiliki kemampuan yang mumpuni, tentu saja akan percuma.

    Selain itu, SDM yang baik juga pasti memiliki etika kerja yang bagus. Etika kerja yang baik dan positif perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa menjadi sebuah kebiasaan. Dengan etika kerja yang kuat, otomatis usahamu akan ikut berkembang. 

    8. Lokasi Usaha yang Tidak Strategis

    Lokasi usaha yang kurang tepat dapat menjadi salah satu faktor kegagalan usaha. Kok bisa? Tentu saja. Secara tidak langsung, lokasi usaha mendukung implementasi dan kelanjutan usaha di masa depan. 

    Jika kamu memilih lokasi yang tidak strategis, nantinya akan menjadi kendala yang lama kelamaan dapat membuat usahamu tidak berkembang.

    Pilihlah lokasi strategis dengan mengambil daerah yang dekat dengan pasar atau fasilitas umum. Usahakan lokasi usahamu dapat diakses oleh umum terlebih kendaraan. Pertimbangkan juga faktor-faktor lain seperti tempat parkir. Meskipun terlihat sepele, tapi memiliki peran yang cukup penting dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan bisnis.

    9. Kesalahan Networking

    Pemilihan rekan bisnis dan networking yang kurang tepat juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan bisnis yang kamu jalankan. Pastikan kamu memilih rekan bisnis yang tepat dan memiliki tujuan serta visi misi yang sama dengan bisnismu. 

    Selain itu, networking juga bisa menentukan keberhasilan dan kegagalan usaha kamu melalui jaringan kerja sama dalam hal promosi atau pemasaran terhadap produk yang kamu jual. 

    10. Terlalu Fokus Mendapatkan Keuntungan 

    Mendapatkan keuntungan memang merupakan tujuan utama para pemilik usaha. Namun, terlalu fokus mengejar keuntungan juga bisa berakibat kurang baik. Apalagi bila kamu jadi mengabaikan kebutuhan konsumen. 

    Salah satu hal penting yang perlu kamu terapkan adalah memilih untuk tidak berperang dengan kompetitor melalui harga. Peperangan harga tidaklah diinginkan oleh sesama pemilik bisnis sejenis, justru kamu sebaiknya bisa melengkapi unique selling point yang belum dimiliki. 

    11. Tidak Peduli dengan Perkembangan Teknologi 

    Faktor kegagalan usaha terakhir yang akan kita bahas adalah ketidakpedulian pemilik usaha akan perkembangan teknologi. Mengabaikan teknologi dan perkembangan pemasaran digital sama saja dengan membiarkan dirimu terlibat dalam keterbelakangan dalam era saat ini. 

    Agar bisnismu mampu berkompetisi dengan kompetitor lainnya, kamu harus mampu mengoptimalkan penggunaan digital marketing. Apa pun jenis usaha atau bisnis yang kamu jalankan, visibilitas bisnis secara online sangatlah penting untuk dioptimasi. 

    Baca Juga: Kebebasan Berkreasi dalam Digital Campaign bagi UMKM

    Sebenarnya masih ada beberapa lagi hal lain yang bisa menjadi faktor penyebab kegagalan usaha. Bukan hanya faktor internal, ada juga faktor-faktor eksternal yang bisa berpengaruh pada sukses atau gagalnya usaha yang kamu jalankan, antara lain:

    • Perubahan ekonomi yang terjadi di Indonesia dan secara global
    • Munculnya krisis ekonomi
    • Bencana alam
    • Adanya perubahan harga
    • Perubahan nilai mata uang
    • Kebijakan pemerintah yang berubah secara signifikan

    Cara Mengatasi Kegagalan Usaha 

    Jika sejak awal kamu sudah tahu dan memahami apa saja faktor kegagalan usaha yang bisa terjadi, tentunya kamu sudah bisa mempersiapkan antisipasi dengan baik. Lantas, bagaimana bila kamu mengetahuinya saat bisnis sudah berjalan? Apakah sudah telat? Tidak. 

    Hal yang paling penting setelah kamu melakukan identifikasi faktor kegagalan usaha adalah menemukan cara untuk mengatasinya. 

    Tetap Berpikir Positif

    Akan sangat wajar untuk dimengerti bila ada pemilik usaha yang mengalami kegagalan, biasanya mereka akan sulit untuk terus berpikir positif. Namanya juga sedang terpuruk.

    Padahal, berpikir positif merupakan mindset utama untuk mengatasi kegagalan dalam usaha yang sedang dijalankan. Dalam berbisnis, jangan sampai kamu berpikir negatif, karena dengan begitu kamu akan menyalahkan diri sendiri dan kondisi yang ada.

    Jika hal tersebut terus berlangsung, kemungkinan kamu akan merasa stres. Padahal energi dan waktu yang ada bisa kamu manfaatkan untuk memperbaiki kesalahan yang menyebabkan kegagalan tersebut. 

    Mengakui Kesalahan dan Menerima Kegagalan

    Terdengar klise, ya? Tapi, dua hal tersebut memang tidak mudah untuk dilakukan. Mengakui kesalahan dan menerima kegagalan adalah cara untuk mengingat bahwa kamu hanya manusia biasa yang tidak lepas dari kesalahan dan juga trial and error dalam berusaha. 

    Dengan mengakui kesalahan dan kegagalan, kamu akan merasa tenang dan bisa menjadi lebih rendah hati dalam menghadapi kegagalan yang sedang dialami. Ketenangan dan kedamaian ini diperlukan untuk membantumu menyusun rencana bisnis selanjutnya agar tidak gagal lagi. 

    Melakukan Identifikasi Faktor Kegagalan Usaha

    Salah satu cara untuk mengatasi kegagalan dalam bisnis adalah dengan melakukan evaluasi dan identifikasi faktor kegagalan usaha. Cari tahu faktor yang menyebabkan kegagalan yang kamu alami, dengan begitu kamu akan tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.

    Faktor kegagalan usaha bisa berasal dari internal dan juga eksternal. Untuk mempermudah proses identifikasi, kamu bisa membuat daftar sebab akibat dari kegagalan kamu berdasarkan skala prioritas sehingga akan mudah menyelesaikannya.

    Menyelesaikan Masalah yang Terjadi

    Dengan berani menerima kegagalan dan melakukan identifikasi faktor yang menyebabkan kegagalan tersebut, membuat kamu lebih paham masalah yang perlu diselesaikan segera. 

    Kalau kamu sudah membuat daftar kegagalan–kegagalan usahamu, selanjutnya kamu dapat mengatasi masalah tersebut sesuai dengan skala prioritas. Skala prioritas merupakan hal yang penting dalam pembuatan daftar evaluasi ini. Ingat, semuanya perlu dikerjakan dengan pikiran dan hati yang tenang serta netral, ya!

    5. Mencari Peluang 

    Peluang apa nih yang dicari? Ada dua makna yang terdapat dalam hal tersebut. Pertama, mencari peluang untuk membantumu menyelesaikan segala permasalahan. 

    Kedua, mencari peluang untuk memulai segalanya dari awal lagi dan berkembang menuju ke arah yang lebih baik. Umumnya, jenis-jenis peluang tersebut merupakan satu kesatuan yang saling terkait. Jadi, peluang untuk berkembang ke arah yang lebih baik bisa didapatkan ketika kamu mendapatkan peluang untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

    Kesimpulan

    Kegagalan bisa dialami oleh siapa saja dan di mana saja, termasuk dalam dunia bisnis. Dengan mengetahui berbagai macam faktor kegagalan usaha, diharapkan kamu mampu menjalankan bisnismu dengan lebih cermat dan berhati-hati. 

    Sudah banyak cerita mengenai pebisnis yang mengalami kegagalan dan tidak bisa bangkit lagi. Tentunya kamu tidak ingin menjadi seperti itu, kan

    Ingatlah untuk selalu memiliki rencana dan persiapan bisnis yang baik sebelum mulai menjalankan operasional atau pengembangan usaha! .

    Kamu juga bisa coba aplikasi majoo sekarang dengan kelengkapan berbagai fungsi analisis serta penyajian data yang dimilikinya. Tujuannya adalah untuk membantumu menyusun operasional bisnis dan mengurangi peluang terjadinya kegagalan dan kerugian. Langganan majoo sekarang, yuk

    Pertanyaan Terkait

    • Faktor yang menyebabkan kegagalan usaha antara lain: (1) tidak adanya rencana bisnis yang jelas; (2) pengelolaan bisnis yang tidak baik; (3) ketidaktelitian dan ketidakdisiplinan dalam keuangan; (4) tidak memperhatikan pelanggan; (5) tidak cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi.
    • Ada banyak faktor yang menyebabkan kegagalan usaha, dan masing-masingnya bisa diatasi dengan cara yang berbeda. Cara paling penting dalam mengatasi kegagalan usaha adalah ketelitian, kedisiplinan, ketangguhan, keuletan, dan keluwesan dalam beradaptasi.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.