Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Free Gift untuk Customer sebagai Bentuk Marketing? Why Not?!

    Free Gift untuk Customer sebagai Bentuk Marketing? Why Not?!

    Memberikan free gift untuk customer dapat menjadi stimulus yang mendorong angka penjualan

    Memberikan free gift untuk customer merupakan praktik kegiatan pemasaran yang sudah mulai umum digunakan untuk mendorong angka penjualan. Namun, tak sedikit pula yang masih salah paham dengan program yang satu ini, dan menganggap biaya yang dikeluarkan tidak sepadan dengan hasil yang bisa diraih.

    Apa benar demikian? Agar tidak ada salah kaprah lagi, yuk, kita bahas bersama-sama serba-serbi terkait free gift!

    Baca juga: Rekomendasi Pemberian Customer Rewards untuk Loyalty Program

    Free Gift Artinya adalah …

    Dalam bahasa Indonesia, free gift artinya adalah hadiah gratis. Mungkin, karena pengertiannya yang demikian, masih banyak pemilik usaha yang merasa bahwa kegiatan pemasaran yang satu ini bukanlah cara yang tepat untuk meningkatkan penjualan.

    Wajar saja, kan? Hadiah gratis tentu akan dihitung sebagai pengeluaran. Jadi, tidak aneh jika ada anggapan bahwa pemberian hadiah gratis untuk pelanggan ini hanya sekadar program ‘bakar uang’. Padahal, jika kita lebih fokus pada manfaat yang diberikan, sebenarnya uang yang dibakar dengan menerapkan sistem ini juga dapat memberikan keuntungan bisnis yang jauh lebih besar, lho; terlebih jika hadiah tersebut diberikan secara gratis dengan syarat dan ketentuan khusus.

    Tergantung dari implementasi program yang diluncurkan, pemilik usaha dapat memaksimalkan hadiah yang diberikan kepada pelanggan bukan sebagai pengeluaran semata, tetapi sebagai insentif yang dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian yang lebih banyak. Apabila tujuan tersebut tercapai, sudah tentu hadiah yang diberikan bisa dihitung sebagai investasi jangka pendek, alih-alih beban pengeluaran lain di luar biaya produksi dan distribusi.

    Dengan kata lain, free gift artinya tak berbeda jauh dengan jenis kegiatan pemasaran lainnya. Selama dapat memberikan proyeksi keuntungan yang masuk akal, program promo yang satu ini tak ada salahnya untuk dicoba.

    Baca juga: Definisi Repeat Order dan Cara Mendapatkannya

    Manfaat Menyediakan Free Gift untuk Customer

    Sebagai sebuah kegiatan pemasaran, apa manfaat yang bisa diperoleh oleh pemilik usaha dengan memberikan free gift untuk customer?

    Ada banyak sekali, lho, terutama yang berkaitan dengan meningkatnya angka penjualan karena umumnya, sekalipun diberikan secara gratis, hadiah ini tidak bisa didapatkan dengan cuma-cuma oleh pelanggan. Sistem hadiah gratis selalu diikuti dengan syarat dan ketentuan yang berkaitan dengan angka penjualan serta nilai transaksi.

    Mulai dari program beli dua gratis satu, bingkisan untuk untuk pelanggan setia, maupun poin pembelian yang dapat ditukarkan dengan hadiah gratis, semuanya mengharuskan pelanggan untuk melakukan pembelian terlebih dahulu dengan nilai transaksi yang beragam; terkadang bahkan lebih besar dibanding dari nilai hadiah itu sendiri. Dengan demikian, hadiah gratis ini dapat menjadi stimulus untuk mendorong penjualan, dan pada akhirnya memungkinkan bisnis menerima pendapatan yang berlipatan ganda.

    Selain itu, dengan menyediakan free gift untuk customer, pemilik usaha dapat menunjukkan kepedulian serta apresiasinya terhadap loyalitas pelanggan. Secara tidak langsung, tingkat retensi pelanggan pun dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan, begitu pula dengan tingkat kepuasannya.

    Ingat selalu bahwa pelanggan yang merasa puas dengan layanan bisnis yang diterimanya merupakan kunci suksesnya sebuah bisnis. Nah, besar sekali, kan, manfaatnya?

    Baca juga: Berikan Kepuasan pada Pelanggan dengan After Sales Service

     Ada banyak contoh free gift untuk customer yang bisa diterapkan pemilik usaha

    Beragam Contoh Free Gift untuk Customer

    Jangan ragu saat ingin menunjukkan rasa terima kasih kepada pelanggan setia yang secara konsisten melakukan pembelian berulang dan membantu bisnis bertahan dalam situasi paling sulit sekali pun. Ada banyak sekali contoh free gift untuk customer yang dapat dipilih.

    Setiap contoh ini jelas memiliki tujuan masing-masing yang ingin dicapai. Jadi, sebelum memutuskan metode yang ingin digunakan dalam memberikan hadiah gratis kepada pelanggan, tentukan terlebih dahulu tujuan bisnis yang ingin dicapai dengan menerapkan program promo tersebut.

    Setidaknya, ada tiga contoh free gift untuk customer yang dapat dimaksimalkan oleh pemilik usaha untuk meningkatkan pendapatan bisnisnya:

    1. Free Gift Cards Coupon

    Contoh pertama yang mungkin menarik untuk dicoba adalah penerapan sistem kupon atau free gift cards. Bagi yang belum familier, pada dasarnya sistem ini bertujuan untuk mendorong pelanggan agar terus melakukan transaksi dengan hadiah gratis sebagai iming-imingnya.

    Pemilik usaha dapat memberikan free gift cards yang bisa digunakan oleh pelanggan untuk memperoleh produk yang ditawarkan secara gratis pada pembelian berikutnya apabila pembelian yang dilakukan oleh pelanggan tersebut saat ini memenuhi syarat atau ketentuan yang telah ditentukan. Nilai transaksi umumnya menjadi syarat dan ketentuan yang paling banyak digunakan.

    Dengan mengimplementasikan sistem ini, pelanggan tidak hanya dibujuk untuk meningkatkan nilai transaksinya agar memenuhi syarat untuk menerima free gift cards, tetapi juga didorong untuk datang kembali dan melakukan pemberian berulang menggunakan bonus yang diterimanya.

    Untuk beberapa macam bisnis yang hanya menyediakan satu jenis produk atau bergerak dalam bidang  yang sangat tersegmen, hadiah ini dapat diwujudkan dengan memberikan kupon atau stempel setiap kali pelanggan menyelesaikan transaksi. Nantinya, ketika kupon atau stempel yang dikumpulkan sudah mencapai jumlah tertentu, pelanggan tersebut dapat menukarkannya dengan hadiah.

    Jelas yang menjadi tujuan dari metode ini adalah stimulus bagi pelanggan untuk terus melakukan pembelian agar jumlah transaksi yang dilakukannya memenuhi syarat untuk ditukarkan dengan hadiah. Cara yang menarik sekali untuk menjaga tingkat retensi pelanggan, ya?

    2. Free Gift Ketentuan Terbatas

    Contoh free gift untuk customer yang kedua bisa dibilang cukup sering diterapkan oleh para pemilik usaha, karena cara ini sesungguhnya mudah sekali untuk dilakukan.

    Dalam contoh yang satu ini, pemilik usaha dapat menjanjikan untuk memberikan hadiah secara cuma-cuma kepada pelanggan ketika transaksi yang mereka lakukan sudah memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku. Program promo hadiah eksklusif ketika pelanggan membeli dua jenis item dalam satu kali transaksi, misalnya saja, bisa menjadi contoh penerapan sistem ini.

    Dengan mengimplementasikan sistem yang menarik ini, pelanggan yang tadinya hanya ingin membeli satu item saja mungkin akan tertarik untuk membeli item tambahan agar transaksi yang dilakukannya dapat memenuhi syarat untuk menerima hadiah.

    Agar program ini dapat menunjukkan performa yang optimal, hadiah yang ditawarkan umumnya merupakan produk yang benar-benar dibutuhkan atau relevan dengan segmen pasar yang ditarget. Sebagai contoh, bisnis deterjen atau sabun cuci kerap memberikan free gift berupa piring cantik karena ibu rumah tangga yang menjadi target pasarnya dianggap senang menerima hadiah yang praktis dan dapat langsung digunakan dalam kehidupan sehari-harinya.

    3. Free Gift Khusus Anggota

    Contoh free gift untuk customer yang terakhir ini bisa dibilang cukup unik sekaligus rumit karena sesungguhnya cara ini menggabungkan lebih dari satu kegiatan marketing dalam satu kegiatan saja.

    Dalam sistem ini, pelanggan yang berhak untuk menerima hadiah gratis hanyalah pelanggan setia yang sudah terdaftar sebagai anggota, sementara mereka yang belum menjadi anggota hanya menerima perlakuan yang reguler. Uniknya, dalam sistem ini tidak ada syarat atau ketentuan khusus yang sulit dipenuhi agar dapat memperoleh hadiah yang dijanjikan: cukup dengan menjadi anggota dan siapa saja sudah berhak untuk menerima hadiah.

    Sederhana sekali, kan, rasanya? Tentu saja tidak. Karena, sekalipun syarat dan ketentuan yang diminta hanyalah menjadi anggota, tetapi syarat dan ketentuan untuk menjadi anggota itu sendiri yang agak mengecoh.

    Sejumlah bisnis, misalnya saja, hanya memberikan keistimewaan ini bagi pelanggan yang telah melakukan transaksi dengan nilai yang fantastis. Jadi, meski sebenarnya syarat dan ketentuan yang ditentukan secara sekilas terlihat mudah, tetapi bukan tidak mungkin saat ingin memenuhi syarat tersebut, seorang pelanggan harus menambah nilai transaksinya secara signifikan.

    Ingin mencoba menyediakan free gift untuk customer? Manfaatkan fitur keanggotaan yang disediakan oleh aplikasi majoo agar lebih mudah dalam mengelola promo yang ingin diluncurkan. Dengan fitur ini, pemilik usaha dapat mengatur manfaat khusus bagi pelanggan yang sudah tergabung sebagai anggota.

    Selain itu, melalui fitur keanggotaan di aplikasi majoo ini pemilik usaha juga lebih mudah dalam mengumpulkan informasi pelanggan yang dibutuhkan untuk menyusun program promo terbaik yang tepat sasaran. Menarik, kan? Yuk, langsung saja berlangganan layanan aplikasi majoo agar bisnis dapat terus maju dan berkembang! 

    Baca juga: Tips Memaksimalkan Info Promo sebagai Benefit Anggota

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    11+ Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki!
    Faktor keberhasilan wirausaha tidak terbatas pada modal uang saja, sehingga dibutuhkan adaptasi, inovasi, dan sikap wirausaha untuk mengembangkan usaha.
    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.