Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Apa Itu Helper Gudang? Ketahui Pengertian, Tugas, & Gajinya

    Apa Itu Helper Gudang? Ketahui Pengertian, Tugas, & Gajinya

    Helper gudang memiliki peran penting dalam perusahaan.

    Sebuah perusahaan yang menawarkan barang tentu memiliki gudang tersendiri sebagai tempat menyimpan stok barang. Tidak hanya berada di satu tempat, biasanya gudang tersebut tersebar di beberapa titik tertentu. Hal ini bertujuan agar barang yang dikirim dari gudang bisa lebih cepat sampai ke tangan pelanggan.

    Untuk mengelola gudang tersebut dibutuhkan seorang helper gudang yang bertugas mengontrol aktivitas gudang. Selain memantau keluar dan masuknya stok barang, helper gudang juga akan melakukan pencatatan, pemeriksaan, dan membantu proses mobilisasi barang di dalam gudang. Tetapi, benarkah tugas helper gudang hanya sebatas itu? Sebenarnya, apa itu helper gudang? Jika tertarik untuk menekuni pekerjaan ini, seberapa besar gaji helper gudang yang ditawarkan perusahaan?

    Langsung saja, yuk temukan jawaban dari berbagai pertanyaan mengenai helper gudang melalui artikel ini.

    Apa Itu Helper Gudang?

    Dalam bahasa Inggris, “helper” memiliki arti “pembantu” atau “orang yang membantu menjalankan aktivitas” (dalam hal ini, aktivitas yang dimaksud adalah aktivitas perusahaan). Jika berada di dalam perusahaan tambang, helper dapat berarti seseorang yang membantu mengoperasikan alat berat. Dengan demikian, definisi helper di setiap perusahaan bisa saja berbeda. Lantas, apa itu helper gudang?

    Secara umum, helper gudang adalah seorang staf yang membantu mengelola sistem penataan pergudangan suatu perusahaan. Biasanya, helper gudang akan membantu menyiapkan berbagai kebutuhan gudang. Dalam perusahaan yang memiliki sistem pergudangan, helper gudang akan memastikan pengelolaan gudang dilakukan dengan baik. Sebab, jika terjadi kesalahan dalam perhitungan ketersediaan barang, kinerja perusahaan tentu akan terganggu. Dengan demikian, helper gudang memiliki peran penting yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

    Baca juga: Staff Gudang adalah: Arti, Tugas, dan Kriterianya

     Packing barang menjadi salah satu tugas yang dimiliki helper gudang.

    Baca Juga: Helper Produksi Adalah: 11 Tugas dan Tanggung Jawabnya

    Tugas Helper Gudang

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, helper gudang bertugas membantu menyiapkan berbagai kebutuhan gudang. Akan tetapi, apa saja tugas helper gudang sebenarnya?

    1. Bongkar muat barang ke gudang

    Tugas helper gudang yang pertama adalah mengurus bongkar muat barang ke gudang, mulai dari hasil produksi pabrik ke gudang, hingga barang tersebut dikirim dan sampai ke tangan konsumen. Dalam proses ini, seorang helper gudang akan memindahkan barang tersebut sambil menyesuaikan jumlah barang dengan catatan invoice.

    2. Mencatat stok barang yang masuk dan keluar gudang

    Memastikan jumlah stok menjadi salah satu penentu profitabilitas perusahaan. Dalam proses ini, tugas helper gudang adalah memastikan dan mencatat stok barang yang masuk dan keluar gudang. Tugas ini cukup krusial dan membutuhkan ketelitian serta kecermatan. Sebab, kesalahan kecil yang terjadi dapat mengurangi tingkat kepuasan konsumen. Biasanya, perusahaan menggunakan sistem untuk melakukan pencatatan barang keluar dan masuk. Dengan sistem tersebut, helper gudang dapat mengkondisikan arus keluar masuk barang. Dengan demikian, seorang helper gudang dapat mengetahui waktu yang tepat untuk membeli bahan baku atau memproduksi barang. Selain itu, helper gudang juga dapat memberikan informasi untuk menahan laju keluar barang jika stok menipis.

    3. Melakukan stock opname

    Stock opname adalah aktivitas perhitungan ulang seluruh barang di gudang. Langkah ini dilakukan untuk memastikan stok barang di gudang sudah sesuai dengan pembukuan administrasi yang sudah dilaporkan helper gudang sebelumnya. Dalam proses ini, tugas helper gudang memakan waktu yang tidak sedikit.

    4. Mengelompokkan barang

    Tugas helper gudang yang keempat adalah mengelompokkan barang di setiap rak yang ada. Nantinya, setiap rak akan diberikan kode tertentu agar jenis barang yang keluar dan masuk dapat dikelompokkan dengan jelas. Selain itu, seorang helper gudang juga harus memisahkan barang yang rusak dan bisa disimpan. Jika ada barang yang rusak, helper gudang akan melaporkannya agar barang tersebut dikembalikan ke pabrik. Dalam proses ini helper gudang berperan penting untuk mengantisipasi komplain sebelum barang masuk ke toko.

    5. Mengurus faktur barang produksi

    Faktur barang produksi berisi daftar barang dan jumlah biayanya. Dalam proses ini, helper gudang bertugas menandatangani struk untuk dilaporkan ke divisi keuangan. Selain itu, helper gudang juga mengumpulkan faktur sebagai bahan pembuatan laporan harian.

    6. Packing barang yang akan dikirim

    Helper gudang bertugas untuk melakukan pengemasan atau packing barang yang akan dikirimkan ke konsumen. Ya, tidak hanya tugas di poin nomor satu sampai lima, packing barang yang akan dikirim juga menjadi salah satu tugas helper gudang.

    7. Menjaga kebersihan hingga mengantarkan barang ke konsumen

    Terakhir, helper gudang juga dituntut untuk selalu menjaga kebersihan gudang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi barang menjadi kotor atau rusak. Selain itu, helper gudang juga bertugas untuk mengantarkan barang (bersama supir) ke tangan konsumen. Akan tetapi, tidak dilakukan setiap hari, tugas pengantaran barang hanya dilakukan di waktu tertentu saja.

    Dengan tugas dan tanggung jawab di atas, dibutuhkan skill yang tepat untuk menjadi seorang helper gudang. Apalagi, saat permintaan produk sedang tinggi, helper gudang yang andal tentu sangat dibutuhkan untuk menjamin kelancaran perusahaan.

    Baca juga: Apa itu Warehouse: Fungsi, Manfaat, dan Jenis

    Gaji Helper Gudang

    Dikutip dari Indeed, hingga tanggal 18 Oktober 2021 lalu, nominal gaji pokok seorang helper gudang adalah Rp3.390.000 per bulan. Sementara itu, dikutip dari LinovHR, nominal gaji pokok helper gudang berada pada kisaran Rp3.000.000 hingga Rp4.500.000. Akan tetapi, untuk kota besar dengan UMR yang tinggi, seorang helper gudang mungkin saja memiliki kesempatan mendapatkan gaji yang lebih besar.

    Selain mempertimbangkan UMR, gaji seorang helper gudang juga ditentukan berdasarkan uang makan per hari dan juga uang transportasi. Dengan demikian, besar gaji seorang helper gudang tidak bisa dipukul rata.

    Baca juga: Upah Adalah: Arti, Sistem, dan Perbedaannya dengan Gaji

    Penutup

    Umumnya, helper gudang adalah pekerjaan yang berhubungan dengan alat berat dan mengutamakan kekuatan fisik. Mengemban tanggung jawab dan tugas helper gudang tentu tidak mudah dan membutuhkan kerja keras yang tinggi. Akan tetapi, dengan tekad yang kuat, pekerjaan seorang helper gudang tentu dapat dilaksanakan dengan baik.

    Sekian pembahasan mengenai briefing, mulai dari apa itu helper gudang, tugas helper gudang, dan gaji helper gudang yang perlu kamu ketahui. Selain topik tentang helper gudang, warehouse, dan berbagai hal seputar pekerjaan, kamu juga bisa menambah wawasan dengan membaca artikel mengenai ekonomi, strategi pasar, digital marketing, dan lain sebagainya di sini.

    Jangan ragu untuk memilih majoo yang setia menemani langkahmu dalam bekerja dan membangun bisnis milikmu. Dalam aplikasi majoo, terdapat berbagai fitur praktis dan menarik yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhanmu. Belum berlangganan? Yuk, sekarang!

    Pertanyaan Terkait

    • Secara umum, helper gudang adalah seorang staf yang membantu mengelola sistem penataan pergudangan suatu perusahaan. Biasanya cara kerja helper gudang membantu menyiapkan berbagai kebutuhan gudang. Dalam perusahaan yang memiliki sistem pergudangan, helper gudang akan memastikan pengelolaan gudang dilakukan dengan baik. Sebab, jika terjadi kesalahan dalam perhitungan ketersediaan barang, kinerja perusahaan tentu akan terganggu. Dengan demikian, helper gudang memiliki peran penting yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Quick Ratio adalah: Kelebihan dan Kekurangannya
    Quick ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas jangka pendek suatu perusahaan. Apa saja kelebihan dan kekurangan quick ratio?
    Newsletter adalah: Definisi, Manfaat, dan Tips Newsletter
    Newsletter adalah tools yang dapat menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait perusahaan secara rutin.
    Benarkah Termin adalah Istilah untuk Cicilan atau Uang Muka?
    Termin adalah sistem pembayaran dengan jangka waktu berdasarkan kesepakatan, atau terkait syarat yang telah disepakati saat akad jual secara kredit.
    Payback Period Adalah: Dari Rumus Sampai Contohnya
    Sederhananya, pengertian payback period adalah jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan nilai investasi yang telah dikeluarkan.