On Demand Service: Model Bisnis yang Mendominasi Era Digital

article thumbnail

Pesan makanan secara online termasuk salah satu layanan on demand service

Apakah kamu masih sering merasa kesulitan untuk menemukan jasa atau layanan yang cepat dan mudah? Kini hadir solusi layanan tepat dan cepat yakni On Demand Service!

On Demand Service ini merupakan layanan yang sedang populer belakangan ini dan menjadi solusi bagi orang-orang super sibuk yang ingin serba praktis dalam menyelesaikan berbagai kebutuhan sehari-harinya. Layanan ini bahkan memungkinkan para pengguna untuk memesan layanan secara online dengan pelayanan yang cepat dan efisien. Kira-kira, apa saja model bisnis yang cocok dengan penerapan On Demand Service? Apa saja kelebihannya? Yuk cari tahu pada pembahasan di bawah ini!

On Demand Service, Model Bisnis Populer Era Digital

On Demand Service sebagai salah satu layanan yang memungkinkan para pengguna untuk memesan layanan secara online, baik dalam bentuk jasa maupun produk. Layanan ini dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi smartphone atau website lho. 

On Demand Service ini dianggap sebagai layanan yang cukup efisien dan praktis karena para pengguna dapat memesan layanan atau produk yang mereka butuhkan tanpa harus keluar rumah atau mengunjungi toko secara langsung. Praktis bukan? 

Dengan On Demand Service, kamu tidak perlu lagi repot-repot mencari penyedia layanan atau jasa di sekitar daerahmu atau menghubungi satu per satu untuk menanyakan harga dan ketersediaan layanan. Cukup dengan sekali klik melalui aplikasi atau website, kamu dapat menemukan para penyedia layanan atau jasa yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Baca Juga: Pentingnya Jenis Metode Pembayaran di Era Digital

Bagaimana On Demand Service Bekerja?

Pengguna dan penyedia jasa atau layanan akan terhubung melalui aplikasi atau website

Kamu pasti bertanya-tanya, bagaimana sih cara kerja On Demand Service ini? nah, On Demand Service ini bekerja dengan cara menghubungkan para penggunanya dengan penyedia jasa atau layanan melalui aplikasi atau website. 

Para pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi atau mengakses website On Demand Service, lalu memilih jenis layanan atau jasa yang dibutuhkan. Setelah itu, pengguna dapat memilih penyedia layanan atau jasa yang tersedia dan melakukan pemesanan sesuai yang diinginkan. 

Penyedia layanan atau jasa nantinya akan menerima pemberitahuan tentang pesanan dari pengguna dan dapat menerima atau menolak pesanan tersebut. Jika penyedia layanan atau jasa menerima pesanan, maka pengguna akan menerima pemberitahuan bahwa pesanan telah diterima dan siap untuk dikemas. 

Setelah layanan atau jasa selesai dilakukan, pengguna dapat memberikan ulasan dan rating kepada para penyedia layanan atau jasa untuk membantu pengguna lainnya dalam memilih penyedia layanan atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Nah, jika kamu tertarik dalam berbisnis, kamu bisa mengandalkan fitur majoo toko online.

majoo toko online menyediakan aplikasi berjualan online lengkap dengan toko online yang terintegrasi dengan website yang sudah dilengkapi dengan berbagai pilihan pembayaran online dan kurir pengiriman. Smartphone dengan spesifikasi rendah pun dapat menggunakan majoo toko online ini karena tampilannya yang responsif terhadap layar smartphone dan komputer.

Apa Keuntungan Menggunakan On Demand Service?

Layanan On Demand Service memudahkan pelanggan akses dimana saja kapan saja

 On Demand Service ini memiliki banyak keuntungan, diantaranya: 

  1. Cepat dan Mudah

Pesanan lebih cepat tiba dengan layanan On Demand Service

Salah satu keuntungan menggunakan layanan On Demand Service adalah kamu tidak perlu lagi repot-repot mencari penyedia layanan atau jasa di luar rumah. Cukup akses website atau aplikasi yang terhubung dengan penyedia layanan atau jasa yang sesuai dengan kebutuhanmu, kamu sudah dapat memesan berbagai produk yang kamu butuhkan. 

  1. Fleksibilitas

Cukup akses aplikasi dalam rumah, produkmu akan tiba di depan rumah

Layanan On Demand Service juga menawarkan fleksibilitas untuk para pelanggannya. Mereka dapat memesan produk atau layanan yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja. 

Hal ini memungkinkan para pelanggan untuk mengatur waktu yang lebih fleksibel dan memenuhi kebutuhan mereka yang lainnya. Sebagai contoh, kamu dapat memesan makanan untuk dimakan di rumah saat keadaan sibuk atau memesan layanan pengiriman paket saat dalam kondisi tidak dapat meninggalkan rumah. Secara tidak langsung, layanan ini membantu para pelanggan untuk memilih waktu dan tempat yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

  1. Efisiensi

Layanan On Demand Service membuatmu dapat belanja dimana saja kapan saja

Keuntungan lainnya dari layanan On Demand Service adalah efisiensi. Layanan On Demand Service memungkinkan para pelanggannya untuk memesan produk atau layanan dengan cepat dan mudah. 

Hal ini memungkinkan kamu untuk menghemat waktu dan upaya yang biasanya digunakan untuk mengunjungi toko atau tempat layanan secara langsung. Selain itu, beberapa layanan On Demand Service seperti layanan pengiriman makanan atau produk terkadang memiliki waktu pengiriman yang lebih cepat dibandingkan membelinya secara langsung. Hadirnya layanan ini membuat para pelanggan tidak perlu lagi menunggu berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk mendapatkan layanan yang mereka butuhkan.

  1. Kemudahan Pembayaran

Layanan On Demand Service juga menawarkan kemudahan dalam pembayaran

Sistem pembayaran dapat dilakukan melalui platform digital seperti kartu kredit atau dompet digital yang tentu saja sangat membantu dalam mengurangi kebutuhan uang tunai. Layanan On Demand Service ini secara tidak langsung memberikan keuntungan untuk para pelanggan yang ingin menghindari resiko membawa uang tunai atau kartu kredit ketika berbelanja atau menggunakan layanan tertentu. 

Baca Juga: Bermacam Metode Pembayaran Online Yang Populer di Indonesia

  1. Ketersediaan 24/7

Layanan On Demand Service tersedia kapan saja hingga 24 jam

Keuntungan lainnya dari On Demand Service adalah ketersediaannya selama 24/7. Layanan On Demand Service ini tersedia kapan saja dan dimana saja, bahkan pada waktu yang tidak biasa sekalipun. 

Hal ini memungkinkan konsumen untuk memesan produk atau layanan bahkan di malam hari atau hari libur sekalipun. Secara tidak langsung, layanan On Demand Service ini membantu konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka yang sesuai dengan jadwal mereka sendiri. 

  1. Biaya yang Terjangkau

On Demand Service tidak memiliki biaya overhead yang tinggi

Jenis layanan ini umumnya seringkali disediakan oleh perusahaan atau individu yang tidak memiliki biaya overhead yang tinggi. Bahkan, On Demand Service ini dinilai lebih murah dibandingkan dengan mengunjungi layanan atau jasa tertentu secara langsung. Hal ini memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan layanan yang mereka butuhkan tanpa harus membayar biaya yang tinggi. 

  1. Penyediaan Solusi yang Lengkap

On Demand Service ini seringkali  menawarkan solusi lengkap sesuai dengan kebutuhan para penggunanya

Tidak hanya mudah digunakan, On Demand Service juga menawarkan solusi yang lengkap untuk berbagai kebutuhan penggunaannya. Kamu akan memperoleh solusi yang lengkap untuk masalahmu tanpa harus melibatkan banyak pihak. 

Misalnya, jika kamu membutuhkan jasa angkutan pindah barang dengan muatan yang cukup besar, cukup dengan mengunduh aplikasi atau website yang terintegrasi dengan On Demand Service, kamu akan mendapatkan layanan mobil box yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

  1. Kualitas Layanan yang Tinggi

On Demand Service terkenal dengan kualitas pelayanan terbaiknya

On Demand Service juga menawarkan kualitas layanan yang tinggi karena penyedia layanan On Demand Service seringkali mengambil langkah ekstra untuk memastikan bahwa layanan yang mereka berikan dapat memenuhi standar para pelanggan yang cukup tinggi. 

Baca Juga: Review Produk: Definisi, Contoh, dan Cara Membuatnya

Apa Saja Tantangan dalam Menjalankan On Demand Service?

On Demand Service membutuhkan teknologi canggih untuk sistem manajemen pesanan

Dalam era digital yang semakin maju ini, On Demand Service berkembang semakin populer di kalangan masyarakat. On Demand Service ini merupakan layanan yang memungkinkan para penggunanya memesan dan menerima layanan dengan cepat dan efisien. 

Beberapa contoh On Demand Service yang populer adalah layanan pesan antar makanan, layanan transportasi, layanan kebersihan rumah, dan masih banyak lagi. Namun, layanan ini juga memiliki tantangannya tersendiri. Tantangan-tantangan tersebut meliputi:

  1. Persaingan yang Ketat

Persaingan yang ketat membuat banyak perusahaan baru sulit memasuki pasar

Dalam industri On Demand Service, persaingan cukup ketat dan semakin banyak pesaing yang bermunculan belakangan ini. Hal ini tentu saja membuat banyak perusahaan baru sulit untuk memasuki pasar dan menarik banyak perhatian konsumen. Selain itu, persaingan yang ketat juga bisa menyebabkan harga yang lebih rendah sehingga mengurangi keuntungan perusahaan. 

  1. Pengelolaan Logistik

On Demand Service harus memiliki sistem logistik yang baik

On Demand Service biasanya berkaitan dengan pengiriman barang atau layanan ke lokasi pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki sistem logistik yang baik dan efisien agar dapat memastikan barang atau layanan sampai tepat waktu. 

Nah, nantinya perusahaan akan melakukan pemilihan mitra logistik yang dapat diandalkan dan sistem manajemen yang baik untuk mengatur pengiriman barang atau layanan tertentu.  

  1. Biaya Operasional Tinggi

Sumber daya yang tinggi menyebabkan peningkatan pada biaya operasional

On Demand Service ini membutuhkan banyak sumber daya termasuk, teknologi, tenaga kerja, dan infrastruktur. Tak heran bila biaya operasional yang tinggi bisa menjadi kendala bagi perusahaan yang baru memulai bisnis. 

Selain itu, biaya operasional juga bisa meningkat ketika perusahaan mulai berkembang dengan pengelolaan pesanan yang lebih banyak lagi. 

  1. Masalah Ketersediaan Tenaga Kerja

Menemukan tenaga kerja berkualitas akan menjadi tantangan tersendiri dalam suatu layanan

On Demand Service membutuhkan lebih banyak tenaga kerja, baik sebagai pengemudi, kurir, atau staf operasional lainnya. Namun, untuk menemukan tenaga kerja yang berkualitas dan siap bekerja dalam jadwal yang fleksibel bisa menjadi tantangan tersendiri lho. 

Selain itu, perusahaan juga harus memastikan bahwa tenaga kerja yang dimilikinya memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai sehingga dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para pelanggan. 

  1. Masalah Keamanan dan Privasi

Kumpulan informasi para pelanggan membuat On Demand Service memiliki sistem keamanan dan privasi yang kuat

Layanan ini seringkali meminta pelanggan untuk memberikan informasi pribadi seperti alamat, nomor telepon, atau informasi kartu kredit. Hal ini membuat On Demand Service menjadi target untuk tindak kejahatan cyber seperti pencurian identitas dan peretasan. 

Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa mereka memiliki sistem keamanan dan privasi yang kuat agar dapat melindungi informasi pribadi para pelanggan mereka. 

  1. Pemeliharaan Teknologi

Aplikasi mobile harus dipelihara secara teratur agar selalu bekerja dengan baik

Seperti yang kita ketahui, hubungan antara pelanggan dan penyedia jasa atau layanan ini dihubungkan melalui aplikasi mobile atau sistem website. Oleh karena itu, perusahaan harus memelihara teknologi mereka secara teratur untuk memastikan bahwa sistem aplikasi atau website mereka bekerja secara teratur dan berfungsi dengan baik. 

Hal ini tentu saja menjadi tantangan bagi perusahaan yang mulai berkembang karena harus mengelola sistem yang lebih besar dan lebih kompleks tentunya. Anti ribet, kamu juga bisa menggunakan layanan On Demand Service yang sudah menyediakan seluruh layanan belanja makanan, baju, dan perabotan online secara lengkap seperti majoo toko online. 

Kesimpulannya, layanan On Demand Service menjadi semakin populer di kalangan masyarakat karena kemudahan dan efisiensi yang ditawarkannya. Namun, untuk menjalankan layanan ini juga memiliki tantangan tersendiri yang harus diatasi oleh perusahaan. 

Untuk mengatasi tantangan tersebut, perusahaan harus memiliki strategi yang tepat dan sistem manajemen yang baik. Perusahaan juga harus memprioritaskan kualitas layanan dan keamanan pelanggan dalam pengembangan layanan On Demand Service



Sumber: 

  • https://accurate.id/aplikasi-kasir/on-demand-service/

  • https://codesorbit.com/impacts-of-on-demand-services-on-businesses/

  • https://www.harmony.co.id/blog/on-demand-service-contoh-peluang-bisnis

  • https://goukm.id/7-bisnis-konsep-on-demand-unik-dan-jarang/

  • https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/on-demand/

  • https://www.freepik.com

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
majoo logo circle

Silakan Isi data diri di bawah Ini untuk terhubung dengan majooCare

+62
whatsapp logo