Table of Content

    Benarkah Online Shop adalah Bisnis Terbaik Masa Kini?

    Online shop adalah salah satu model bisnis yang mulai digemari oleh pemilik usaha.

    Jika dilihat berdasarkan tren, tak perlu diragukan lagi bahwa online shop adalah salah satu bidang usaha yang saat ini mulai banyak digemari. Tak aneh, sebenarnya, mengingat pemerintah pun melalui program-program yang dikeluarkan juga seolah memberikan angin segar bagi pelaku usaha yang ingin go digital.

    Namun, pertanyaannya, benarkah peluang bisnis yang ditawarkan oleh online shop benar-benar menguntungkan? Ataukah sekadar tren semata yang belum tentu menguntungkan? Mari kita bahas bersama-sama!

    Mengenal Apa Itu Online Shop

    Sebenarnya, apa itu online shop? Bagi yang masih asing dengan istilah ini atau benar-benar belum mengetahuinya, online shop merupakan sebuah tempat untuk memasarkan suatu produk melalui platform-platform digital, baik dengan media sosial atau marketplace digital.

    Melalui wadah ini, pelanggan tidak perlu repot-repot datang langsung ke tempat usaha untuk melakukan pembelian, tetapi cukup memesannya secara online. Setelah pembayaran diselesaikan, biasanya dengan transfer antarbank atau melalui penyedia jasa e-wallet, barang akan dikirimkan ke alamat yang sudah ditentukan oleh pelanggan.

    Jadi, tidak perlu panik saat mendapat pertanyaan apa itu online shop? Jawabannya cukup sederhana, kok. Jika bingung, coba terjemahkan saja nama yang dimilikinya, yaitu ‘toko online’ atau toko yang seluruh proses bisnisnya dikelola secara digital.

    Baca juga: Pahami Cara Jualan Online Mudah untuk Pemula agar Laris

    Mengukur Peluang Usaha Online Shop

    Seberapa baik, sih, peluang usaha online shop? Jika ingin memperoleh jawaban pasti, tentu riset yang baik dan spesifik pun harus dilakukan. Namun, secara luas pasar untuk online shop bisa dibilang cukup luas karena toko yang dikelola secara online ini sebenarnya menawarkan sesuatu yang tak dapat ditemukan pada toko-toko konvensional.

    Karena berada di platform digital, pelanggan dapat mengakses toko online dari mana pun mereka berada. Bahkan, tak sedikit pula toko online yang melayani pesanan dari luar negeri. Keunggulan ini tak dimiliki oleh toko konvensional yang mengharuskan pelanggan untuk datang langsung jika ingin melakukan pembelian.

    Dengan kata lain, peluang usaha online shop sebenarnya cukup bagus dan menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut, terlebih bagi para pemilik usaha yang memang berencana untuk melakukan ekspansi bisnis dan ingin mencakup pasar-pasar potensial tanpa terbatas lagi oleh jarak.

    Memilah Ide Jualan Online Shop yang Menarik

    Ada banyak sekali ide jualan online shop yang menarik untuk dijalankan, tetapi tentu saja tidak semua ide tersebut harus dieksekusi. Bagaimanapun juga, setiap ide bisnis tetap akan memunculkan beban operasional bisnis yang harus diperhitungkan dengan baik. Jangan sampai niatan untuk memperoleh pendapatan bisnis yang lebih besar justru berakhir dengan kerugian karena memilih untuk menjalankan bisnis secara serampangan.

    Masalahnya, tak semua pemilik usaha memahami cara memilih dan memilah ide bisnis terbaik untuk dieksekusi. Agar dapat menentukan satu ide yang bisa digarap secara fokus, setidaknya ada dua faktor yang harus dipertimbangkan dengan baik: pasar dan modal.

    Baca juga: Review 5 Toko Online Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

    1. Mempertimbangkan Pasar

    Seperti yang mungkin sudah diketahui oleh para pemilik usaha, tidak semua ide atau produk bisnis memiliki pasar yang menjanjikan. Ada beberapa produk yang dijamin akan laris manis, tetapi ada juga produk yang sulit sekali untuk laku.

    Mudah atau tidaknya suatu produk terjual sebenarnya sangat tergantung pada segmen pasar yang ditargetkan dan juga kegiatan pemasaran yang sesuai dengan segmen tersebut. Beberapa produk memiliki pasar yang sangat tersegmen sehingga pasar yang bisa ditargetkan pun sangat terbatas, misalnya saja produk-produk alat bantu dengar yang hanya akan laku di kalangan pelanggan yang memiliki masalah pendengaran.

    Sebelum mulai menggarap suatu ide bisnis, pertimbangkan terlebih dahulu segmen pasar yang dimilikinya. Apakah memang ada banyak pelanggan yang bisa ditargetkan? Apakah kegiatan pemasaran untuk segmen tersebut bisa dirancang secara tepat sesuai dengan kondisi pasar? Platform apa yang sebaiknya digunakan apabila ingin menyasar segmen tertentu?

    Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dipikirkan dengan masak untuk membantu memilih ide jualan online shop yang paling menguntungkan. Jadi, sekalipun mungkin ada banyak sekali ide yang menarik untuk digarap, pemilik usaha pun dapat tetap memilih untuk menggarap ide yang paling mungkin menghasilkan keuntungan.

    Mempertimbangkan pasar online shop adalah sesuatu yang perlu dilakukan oleh pemilik usaha sebelum mulai mengeksekusi ide bisnisnya.

    2. Mempertimbangkan Modal

    Selain pertimbangan pasar, modal juga merupakan sesuatu yang harus dipikirkan secara serius. Dibandingkan membuka toko secara konvensional, online shop memang membutuhkan modal yang lebih kecil karena pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa tempat usaha secara fisik.

    Meski demikian, bukan berarti toko yang dikelola secara online sama sekali tidak membutuhkan modal, lho!

    Di luar kebutuhan produksi dan juga karyawan yang akan mengelola toko di platform digital ini, pemilik usaha juga harus memikirkan kebutuhan penyimpanan barang persediaan. Tergantung dari produk yang ditawarkan, bukan tidak mungkin pemilik usaha tetap harus menyewa tempat usaha untuk dijadikan sebagai gudang.

    Platform yang dipilih untuk mengelola online shop juga berpengaruh, karena ada beberapa platform yang memiliki ketentuan tertentu yang membuat pemilik usaha baru memperoleh pembayaran setelah pelanggan memastikan barang telah diterima. Artinya, ada beban biaya yang harus ditanggung terlebih dahulu oleh pemilik usaha.

    Baca juga: 9 Media Promosi Online Paling Efektif, Kamu Pilih yang Mana?

    Strategi Pemasaran Online Shop adalah

    Seperti layaknya toko konvensional, toko yang dikelola secara online pun perlu dipasarkan untuk mendorong angka penjualan. Dengan demikian, menyusun strategi pemasaran online shop adalah sesuatu yang penting dan harus dilakukan dengan baik.

    Di antara banyak strategi yang bisa diterapkan, beriklan dan memberikan potongan harga khusus kepada pelanggan adalah strategi pemasaran yang paling banyak digunakan oleh pemilik usaha yang mengelola toko online. Namun, strategi mana yang paling tepat untuk dijalankan?

    Mengingat penerapan strategi pemasaran online shop adalah salah satu cara yang dapat mendorong angka penjualan, tak ada salahnya untuk kembali mempertimbangkan pasar dan juga modal untuk menentukan strategi terbaik. Kegiatan pemasaran seperti apa yang paling disukai oleh pasar, dan apakah ada modal yang bisa digunakan untuk membiayai kegiatan tersebut?

    Jangan ragu pula untuk menghitung terlebih dahulu proyeksi keuntungan yang bisa diperoleh dari suatu strategi dan membandingkannya dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalankan strategi tersebut untuk mengetahui apakah strategi tersebut benar-benar menguntungkan untuk diterapkan.

    Benarkah Online Shop adalah Bisnis Terbaik Saat Ini?

    Setiap pemilik usaha memiliki situasi dan kondisi bisnis yang berbeda, sehingga kita tidak bisa dengan mudah menyebutkan bahwa online shop adalah bisnis terbaik yang dapat dilakukan. Meski demikian, kita juga tak dapat memungkiri kenyataan bahwa membuka toko secara online dapat memperluas pasar dan menghasilkan pendapatan tambahan.

    Keuntungan yang diterima pun akan lebih besar jika toko online ini dikelola secara efektif dan efisien, misalnya dengan menggunakan aplikasi majoo yang sistemnya sudah terintegrasi dengan beragam marketplace sehingga pengelolaan toko online pun akan semakin mudah untuk dilakukan. Selain itu, aplikasi majoo juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan seperti sistem keanggotaan dan juga pencatatan pesanan secara tepat yang dapat diterapkan pada online shop.

    Jadi, tunggu apa lagi? Gunakan aplikasi majoo sekarang juga!

    Baca juga: Bisnis Online Tanpa Modal? Pahami Caranya di Sini

    Pertanyaan Terkait

    • Sebenarnya, apa itu online shop? Bagi yang masih asing dengan istilah ini atau benar-benar belum mengetahuinya, online shop merupakan sebuah tempat untuk memasarkan suatu produk melalui platform-platform digital, baik dengan media sosial atau marketplace digital.

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Contoh Surat Bisnis dan Fungsinya
    Contoh surat bisnis ini akan bikin kamu lebih tahu dan paham cara membuat surat bisnis yang benar dan efektif.
    Sistem, Tujuan, Ciri-ciri, dan Contoh Bisnis MLM
    MLM adalah bisnis yang telah berlangsung lama dan tetap menarik perhatian masyarakat, meski dipandang negatif oleh sebagian orang. Kamu tertarik?
    Apa Itu Retargeting? Ketahui Pengertian & Cara Melakukannya!
    Retargeting adalah bentuk online advertising yang membantu brand berada di bagian depan bounced traffic setelah pengunjung meninggalkan website.
    Online Single Submission Adalah: Pengertian dan Penerapannya
    Online Single Submission (OSS) adalah izin berusaha terintegrasi secara elektronik yang diterbitkan oleh Kementerian Investasi/BKPM untuk para pelaku usaha.