Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Belajar Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal: untuk Pemula

    Belajar Bisnis Online dari Nol Tanpa Modal: untuk Pemula

    Tidak terbatas pada usia, belajar bisnis online dapat dilakukan oleh siapa saja.

    Untuk membuka peluang baru di era digital ini, belajar bisnis online bisa menjadi salah satu pilihan. Bisnis online bahkan bisa menjadi sumber pendapatan utama saat ini. Tidak terbatas pada profesi dan usia, belajar bisnis online dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu.

    Walau penuh dengan tantangan dan terasa sulit dilakukan, belajar bisnis online tidak jauh berbeda dengan belajar mengendarai sepeda atau kendaraan lainnya. Sebab, dalam belajar bisnis online, kamu harus benar-benar memperhatikan langkahmu, terutama ketika baru memulai.

    Nah, penasaran dengan langkah apa yang perlu diambil saat belajar bisnis online dari nol agar tidak langsung terjatuh? Tidak perlu berbasa-basi lagi, simak informasi selengkapnya melalui artikel ini, ya!

    Baca juga: 6 Contoh Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Sales

    Lakukan riset pasar untuk mengetahui permintaan pasar dengan data yang objektif.

    Belajar Bisnis Online dari Nol

    Untuk bertahan di era digital dan mencapai kebebasan finansial, kamu bisa mencoba peruntungan dengan membuka bisnis online dari rumah. Akan tetapi, sebelum membayangkan besarnya keuntungan yang akan didapatkan, terdapat beberapa langkah yang perlu kamu pahami agar bisnis online milikmu bisa berjalan secara lancar. Menjalani bisnis online tidak bisa disamakan dengan mudahnya membalik telapak tangan, sebab sudah banyak kompetitor yang memiliki bisnis serupa. 

    Akan tetapi, tidak perlu buru-buru berkecil hati. Coba kamu simak dulu langkah-langkah yang termasuk dalam cara belajar bisnis online dari nol di bawah ini!

    1. Mencari tahu kebutuhan pasar

    Langkah pertama dalam cara belajar bisnis online adalah mencari tahu kebutuhan pasar. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa memenangkan persaingan dengan kompetitor lainnya. Produk barang atau jasa yang ditawarkan harus menjadi solusi dari masalah yang sedang dihadapi pasar.

    Dengan demikian, pasar akan terbantu dengan produk barang atau jasa milik bisnismu. Ingat, penting untuk selalu mencari tahu kebutuhan pasar, salah satunya dengan melakukan riset atau mengadakan survei.

    2. Melakukan riset pasar

    Setelah mencari tahu kebutuhan pasar, langkah selanjutnya dalam cara belajar bisnis online dari nol adalah melakukan riset pasar. Riset pasar dilakukan untuk mengetahui permintaan pasar dan mendapatkan data secara objektif. Selanjutnya, informasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan.

    Riset pasar dapat dimulai dengan mencari produk barang atau jasa yang sedang tren di masyarakat melalui media sosial. Selanjutnya, kamu bisa mencocokkan informasi tersebut dengan data di internet.

    Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan Google Trends atau aplikasi lainnya untuk melihat statistik data dari produk barang atau jasa yang sedang tren secara real time. Data statistik di Google Trends biasanya akan menunjukkan seberapa sering pengguna mencari kata kunci tersebut di mesin pencarian Google.

    3. Menentukan target pasar

    Setelah melakukan riset pasar secara mendalam, langkah selanjutnya dalam cara belajar bisnis online tanpa modal adalah menentukan target pasar. Penting untuk menganalisis dan memperhitungkan target pasar yang cocok dengan produk milikmu. Jangan sampai asal-asalan, buatlah target pasar yang spesifik dan realistis.

    Dengan data yang diperoleh setelah melakukan riset, kamu bisa mempertimbangkan beberapa aspek, seperti gender, usia, wilayah tempat tinggal, pendapatan atau tingkat ekonomi, dan lain sebagainya. Semakin spesifik target pasar yang kamu miliki, produk barang atau jasa yang kamu tawarkan tentu semakin tepat sasaran.

    4. Memilih model bisnis

    Setelah menentukan target pasar, langkah selanjutnya dalam cara belajar bisnis pemula adalah memilih model bisnis yang sesuai denganmu. Jika kamu  ingin membuka bisnis online shop tetapi tidak memiliki uang untuk membeli stok barang, pilih saja bisnis online shop yang tidak membutuhkan modal, seperti dropshipping/reselling.

    Baca Juga: Simak Arti, Contoh, dan Ide Inovatif dalam Bisnis

    5. Memilih produk yang akan dijual secara online

    Setelah memilih model bisnis yang sesuai, langkah selanjutnya dalam cara belajar bisnis online adalah memilih produk barang atau jasa yang akan dijual secara online. Sebelum menentukan produk barang atau jasa yang akan ditawarkan, sebaiknya hitung dulu apakah pilihanmu seimbang dengan berbagai peluang dan risikonya.

    Sebagai contoh, jika kamu memutuskan untuk menawarkan jasa titip (jastip), keuntungan yang dapat diperoleh adalah adanya kesempatan untuk menjual produk dengan sedikit kompetitor. Akan tetapi, kelemahan dari menawarkan jasa titip adalah kamu wajib memahami lebih dulu sistem dan aturan perdagangan internasional. Selain itu, kamu juga perlu berhati-hati dengan risiko penipuan yang dilakukan oleh agen luar negeri yang bekerja sama denganmu.

    6. Melakukan riset kompetitor

    Setelah memilih produk yang akan dijual secara online, langkah selanjutnya dalam cara belajar bisnis online dari nol adalah mulai berbisnis dan jangan lupa untuk melakukan riset kompetitor. Mengapa hal ini penting dilakukan? Sebab, dalam berbisnis, kamu wajib mengetahui kekuatan dan kelemahan berbagai pihak yang menjadi pesaingmu. Tidak hanya sekadar “tahu” alias nice to know, informasi tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki bisnis milikmu sendiri.

    Beberapa cara yang bisa digunakan untuk melakukan riset kompetitor adalah melalui konten website dan media sosial, juga review produk yang diberikan oleh konsumen. Selanjutnya, kamu bisa mengelompokkan posisi kompetitor dan melihat citra yang mereka tampilkan.

    Dengan demikian, kamu memiliki kesempatan untuk mengatur langkah selanjutnya agar bisa mengimbangi bahkan menjadi pemenang dalam persaingan pasar.

    7. Melakukan promosi

    Setelah melakukan riset kompetitor, langkah selanjutnya dalam cara belajar bisnis online tanpa modal adalah melakukan promosi dengan menentukan media pemasaran. Saat ini, terdapat banyak metode promosi bisnis yang dapat dilakukan, baik berbayar maupun gratis, seperti memanfaatkan SEM, SEO, hingga social media ads.

    Jika produk milikmu dipasarkan melalui website, memanfaatkan SEM, SEO, Google My Business, hingga Google Ads merupakan pilihan tepat yang dapat dioptimalkan. Akan tetapi, jika produk milikmu hanya dipasarkan melalui media sosial, kamu bisa memaksimalkan promosi melalui copywriting dan strategi marketing, seperti diskon, cashback, giveaway, dan lain sebagainya.

    8. Mempertahankan pelanggan setia

    Setelah melakukan promosi, langkah selanjutnya dalam cara belajar bisnis pemula adalah memperhatikan dan mempertahankan pelanggan setia. Ya, selain terus mencari konsumen baru, memperhatikan pelanggan yang sudah ada agar tetap setia tentu menjadi hal yang wajib dilakukan.

    Beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan memberikan diskon terbatas, poin tambahan, bonus merchandise, dan lain sebagainya.

    9. Melakukan evaluasi secara berkala

    Setelah mempertahankan pelanggan setia, langkah terakhir dalam cara belajar bisnis online adalah melakukan evaluasi secara rutin. Dalam berbisnis, pasang surut tentu menjadi hal yang lazim terjadi. Oleh sebab itu, jangan sampai lengah saat melihat bisnismu mendapatkan banyak keuntungan.

    Sebagai pemilik bisnis, kamu harus tetap waspada dengan melakukan evaluasi secara berkala. Lihat kembali data yang ada secara objektif, jangan lupa dengarkan dan pertimbangan feedback yang diberikan konsumen, terutama mereka yang sudah lama menjadi pelanggan setia.

    Terus perbaiki bisnismu agar kualitasnya semakin meningkat. Tidak ketinggalan, jangan lupa untuk selalu membuka diri dengan memperbarui cara belajar bisnis online.

    Baca juga: Benarkah Produksi adalah Faktor Utama dalam Bisnis?

    Penutup

    Untuk bertahan di era digital dan mencapai kebebasan finansial, membuka bisnis online memang bisa menjadi salah satu pilihan. Akan tetapi, sebelum membayangkan besarnya keuntungan yang akan didapatkan, terdapat beberapa langkah yang perlu kamu pahami agar bisnis online berjalan dengan lancar. Mulai dari mencari tahu kebutuhan pasar, melakukan riset pasar, menentukan target pasar, memilih model bisnis, memilih produk yang akan dijual secara online, melakukan riset kompetitor, melakukan promosi, mempertahankan pelanggan setia, dan melakukan evaluasi secara berkala.

    Selain itu, kamu juga harus terus berusaha untuk memperbaiki kualitas bisnismu agar bisa menjadi yang terbaik. Jangan ragu untuk terus belajar bisnis online, sebab, seiring dengan perkembangan zaman, cara berbisnis juga semakin berkembang.

    Selain informasi mengenai belajar bisnis online dari nol, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya yang berhubungan dengan barang, kondisi pasar, dan hal-hal seputar ekonomi di sini. Selain memperkaya wawasan dengan informasi yang kamu butuhkan, jangan ragu untuk memilih majoo yang setia menemani perjalanan bisnismu. Manfaatkan berbagai fitur praktis dan menarik yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhan. Tunggu apa lagi? Saatnya berlangganan sekarang!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    11+ Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Wajib Dimiliki!
    Faktor keberhasilan wirausaha tidak terbatas pada modal uang saja, sehingga dibutuhkan adaptasi, inovasi, dan sikap wirausaha untuk mengembangkan usaha.
    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.