Sepertinya tidak ada yang tidak suka menerima hadiah. Karena itu, saat sebuah brand melakukan kegiatan giveaway dengan membagikan promo atau hadiah gratis, audiens kamu pasti akan berbondong-bondong menyerbunya.
Giveaway adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh banyak brand. Konsep giveaway adalah bagi-bagi hadiah dengan syarat tertentu. Umumnya, syarat giveaway adalah meninggalkan komentar, membagikan postingan, menandai (tagging) teman, mengikuti (follow) akun brand/perusahaan, menjawab pertanyaan kuis, berbagi kisah menarik, dan syarat-syarat lainnya.
Giveaway adalah strategi ampuh untuk meningkatkan engagement atau interaksi dengan audiens. Dilansir dari tailwindapp.com, unggahan atau postingan tentang giveaway akan mendapatkan 3,5 kali lebih banyak Like, dan 64 kali lebih banyak komentar dibandingkan unggahan biasa.
Selain itu, giveaway menjadi kesempatan perusahaan untuk berinteraksi dengan audiens dan juga mempromosikan produknya. Karena itu, dalam beberapa tahun terakhir, ajang promo giveaway menjadi salah satu strategi marketing yang paling sering digunakan.
Baca juga: Ketahui Cara Memanfaatkan Strategi Pemasaran Online
Strategi marketing dengan giveaway sering kali dianggap sebagai kegiatan “membakar uang”. Padahal, promo giveaway adalah adalah salah satu aktivitas pemasaran online yang bisa menghemat anggaran.
Hal ini diungkapkan oleh Advertising Specialty Institute dalam penelitian bertajuk Global Advertising Specialties Impressions Study yang dilakukan pada 2016 silam. Hasilnya, membuktikan bahwa sebagian besar orang senang menggunakan produk promosional. Rata-rata durasinya adalah delapan bulan.
Rentang waktu tersebut lebih lama dibandingkan iklan online lainnya. Oleh karena itu, dampak mengadakan promo giveaway tidak boleh disepelekan.
Arti Giveaway
Pada dasarnya, arti giveaway adalah kegiatan membagikan hadiah dengan beberapa persyaratan tertentu. Setiap peserta yang mengikuti giveaway harus dan wajib memenuhi setiap persyaratan yang sesuai dengan diadakannya ajang giveaway tersebut.
Seiring dengan berjalannya waktu, kegiatan giveaway ini berkembang menjadi kegiatan mempromosikan suatu produk.
Jenis-Jenis Giveaway
Dalam proses pelaksanaannya, ada dua jenis giveaway, yaitu Self-Giveaway dan Sponsored Giveaway. Berikut penjelasannya.
1. Self-Giveaway
Jenis giveaway ini dilakukan secara mandiri. Artinya, mulai dari menyiapkan materi promosi, menentukan syarat dan ketentuan, sampai menyiapkan hadiah dilakukan dan diatur sendiri.
Umumnya, self-giveaway dilakukan oleh para pebisnis yang sudah mapan dan sudah berpengalaman. Mereka juga sudah memiliki banyak konsumen dan anggaran marketing yang mumpuni.
Self-giveaway sering dilakukan dengan berbagai bentuk dan persyaratan yang unik, tergantung dengan tujuan diadakannya giveaway. Misalnya, menantang pesertanya untuk mengunggah (upload) foto atau video di media sosial, atau meminta peserta untuk memasukkan kode unik yang terselip dalam kemasan sebuah produk.
Hadiah untuk self-giveaway juga bisa bermacam-macam. Mulai dari produk fisik yang sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan atau hadiah lain yang digemari oleh audiens.
2. Sponsored Giveaway
Jenis giveaway ini dijalankan dengan membayar jasa pihak ketiga atau yang biasa disebut dengan host. Biasanya, promo giveaway jenis ini diselenggarakan oleh beberapa brand secara bersamaan, sehingga menjadi seperti suatu acara yang besar.
Jenis giveaway ini cocok dilakukan oleh pebisnis yang ingin meningkatkan brand awareness ataupun engagement dengan brand yang dimilikinya.
Manfaat Mengadakan Giveaway
Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mengadakan promo giveaway. Mulai dari meningkatkan awareness terhadap produk, mendapatkan konsumen baru, hingga meraih loyalitas pelanggan.
Misalnya, Bu Nisa adalah seorang ibu rumah tangga yang setiap hari harus mencuci pakaian secara manual karena ketiadaan mesin cuci. Setelah lelah mencuci pakaian, lantas Bu Nisa bersantai sejenak sembari membuka Instagram.
Saat membuka Instagram, ternyata Bu Nisa melihat sebuah postingan promo giveaway berupa satu unit mesin cuci dari sebuah brand elektronik ternama. Tanpa berpikir panjang, Ibu Nisa ikut serta dalam giveaway tersebut.
Tanpa ragu, Bu Nisa membanjiri postingan dengan Like, Comment, dan mention teman-temannya. Alhasil, teman-teman Ibu Nisa juga ikut terlibat dan berpartisipasi dalam giveaway tersebut.
Baca juga: Arti Referral Sebagai Bagian dari Kegiatan Pemasaran
Selain itu, apa saja manfaat penting dari mengadakan giveaway? Berikut penjelasannya.
1. Untuk Meningkatkan Leads
Salah satu manfaat dari mengadakan giveaway adalah untuk mendapatkan dan meningkatkan leads. Secara umum, leads berarti calon konsumen potensial. Dalam contoh cerita di atas, calon pelanggan potensial adalah Bu Nisa dan teman-temannya.
Brand elektronik tersebut sudah mendapatkan data dari Bu Nisa dan teman-temannya, seperti akun Instagram, email, nomor telepon, hingga lokasi domisili. Dengan data tersebut, brand bisa melakukan kegiatan pemasaran selanjutnya dengan mengirimkan newsletter atau SMS Broadcast.
2. Untuk Meningkatkan Engagement
Kelebihan lainnya dari giveaway adalah untuk meningkatkan engagement. Engagement adalah interaksi antara brand dengan konsumen. Engagement merupakan hal yang sangat penting untuk membentuk pelanggan yang loyal. Dengan adanya engagement yang baik, maka suatu bisnis akan menjadi lebih mudah berkembang.
Baca juga: Cara Melihat dan Menaikkan Insight Instagram
3. Untuk Meningkatkan Brand Awareness
Semakin banyak teman ibu-ibu tersebut yang berminat untuk mengikuti event giveaway, akan semakin banyak juga orang yang mengetahui brand tersebut. Sehingga tujuan untuk memperkenalkan brand secara lebih luas juga akan tercapai dengan mudah.
4. Untuk Ajang Rekomendasi
Kegiatan promo giveaway juga bisa menjadi ajang rekomendasi. Rekomendasi yang paling menguntungkan adalah dari mulut ke mulut (mouth to mouth marketing).
Kegiatan marketing dari mulut ke mulut masih menjadi bentuk promosi yang paling ampuh. Karena faktanya, 90% orang akan membeli suatu barang karena hasil rekomendasi dari teman atau kerabat dekatnya.
Baca juga: Word of Mouth: Definisi, Faktor, serta Kelebihannya
Semakin sering suatu brand diperbincangkan oleh banyak orang, maka brand tersebut tentu akan semakin terkenal. Alhasil, semakin meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu produk.
5. Untuk Menghemat Anggaran
Giveaway selalu menjadi pilihan pertama dalam kegiatan marketing karena bisa menghemat anggaran. Meskipun melakukan kegiatan bagi-bagi produk, tapi anggaran yang digunakan cenderung minim.
Cara Membuat Giveaway yang Menarik
1. Menentukan Tujuan
Jika ingin membuat promo giveaway yang menarik, langkah pertama adalah dengan menentukan tujuan. Apa tujuan mengadakan giveaway: apakah ingin meningkatkan jumlah pengikut (followers) di media sosial: apakah ingin meningkatkan penjualan produk; atau apakah hanya sekadar ingin membangun awareness terhadap produk yang akan dipasarkan.
2. Memilih Hadiah
Pilihlah hadiah giveaway yang sesuai dengan tujuan giveaway dan audiens. Contohnya, jika tujuan mengadakan giveaway adalah untuk meningkatkan leads, kamu bisa membagikan hadiah berupa produk itu sendiri. Dengan demikian, kamu sekaligus memberikan kesempatan kepada audiens untuk menggunakan produk dari hadiah giveaway yang kamu lakukan.
3. Menentukan Persyaratan
Dalam suatu promo giveaway, jika persyaratannya sedikit namun hadiahnya banyak, akan berpotensi meningkatkan jumlah peserta. Demikian pula sebaliknya. Jika persyaratan yang diberikan cukup banyak, namun hadiahnya sedikit karena harganya mahal, peserta yang ikut serta akan lebih spesifik.
Tapi, pastikan kembali persyaratan yang kamu buat sudah sesuai dengan tujuan giveaway.
4. Menggunakan Hashtag/Tagar
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Simply Measured, hashtag atau tagar (tanda pagar) mampu meningkatkan engagement pada suatu postingan hingga 12,6%. Pada umumnya, tagar berfungsi untuk mengkategorikan suatu konten.
Baca juga: Hashtag: Apa Itu Hashtag, Fungsi, dan Cara Menggunakannya
Gunakanlah tagar yang menarik dan relevan dengan produkmu saat mengadakan suatu giveaway. Tujuannya adalah untuk memudahkan audiens dalam menemukan produk ataupun postingan brand kamu di media sosial. Selain itu, tagar juga bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan sebuah kampanye yang sedang dijalankan.
Cara Menentukan Pemenang Giveaway
Dari puluhan bahkan mungkin ratusan orang mengikuti giveaway tersebut, kamu tidak mungkin bisa menyaringnya satu per satu, kan. Untungnya, kini ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menentukan pemenang giveaway, misalnya saja adalah dengan menggunakan aplikasi atau situs web.
Aplikasi atau situs website yang biasanya digunakan untuk memilih pemenang giveaway, di antaranya adalah:
1. Simpliers.com
Aplikasi atau situs website yang pertama adalah simpliers.com. Situs ini disebut-sebut mampu menghasilkan undian yang adil dan transparan. Selain itu, website ini juga menjamin akun yang digunakan oleh penyelenggara giveaway aman saat digunakan oleh mereka.
Langkah-langkah yang diperlukan untuk mengundi giveaway menggunakan situs ini adalah sebagai berikut:
- Login ke website Simpliers.com melalui browser;
- Tautkan postingan giveaway pada kolom yang ada di bagian bawahnya;
- Lengkapi kolom yang ada di bawahnya untuk mengatur ketentuan siapa saja orang-orang yang berpotensi sebagai pemenangnya;
- Jangan lupa untuk mengatur jumlah pemenang dan pemenang penggantinya;
- Kamu juga bisa menambahkan syarat lain yang selaras dengan konsep giveaway tersebut;
- Tekan tombol ‘Dapatkan Retweets’ untuk memunculkan hasil pemenangnya.
2. Comment Picker
Selanjutnya ada aplikasi giveaway yang tidak kalah mudah untuk digunakan. Cara penggunaannya bisa dilakukan melalui aplikasi yang perlu kamu unduh sebelumnya. Setelah itu, perhatikan langkah-langkah ini untuk mendapatkan pemenang giveaway dengan aplikasi Comment Picker ini.
- Download Comment Picker di Google Play Store
- Setelah proses pengunduhan selesai, buka aplikasi tersebut
- Copy dan paste link dari postingan giveaway pada kolom, kemudian tekan ‘start giveaway’
- Atur jumlah pemenang yang kamu inginkan, berapa lama waktu giveaway ini akan berlangsung, dan lain sebagainya
- Terakhir adalah tekan ‘show suitable participants’ dan aplikasi ini akan segera menunjukkan siapa yang akan menjadi pemenang giveaway ini
3. Random.org
Situs yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah Random.org. Ada beberapa langkah yang mesti kamu lakukan, yakni:
- Kunjungi situs Random.org terlebih dahulu
- Kemudian, input angka minimal pengacakan pada kolom ‘Min’. misalnya kamu ubah menjadi angka 100 dan pada kolom ‘Max’ diinput dengan angka tertinggi pada pengacakan tersebut, misalnya 200
- Dari data yang telah kamu input, maka situs tersebut akan membaca rentang pengacakan antara 100 sampai dengan 200. Kemudian tekan ‘Generate’ dan akan muncul hasil pada bagian ‘Result’
Tekan kembali tombol ‘Generate’ untuk menampilkan hasil kedua dan seterusnya sesuai dengan kebutuhan kamu
Cara Mengumumkan Pemenang Giveaway
Di akhir acara giveaway, kamu harus mengumumkan siapa saja pemenang dari giveaway tersebut. Pemenang giveaway adalah mereka yang dianggap telah mengikuti seluruh persyaratan yang ditentukan.
Jumlah pemenang giveaway harus sesuai dengan ketentuan yang sudah dibuat oleh brand. Cara memilih pemenang giveaway bisa dilakukan secara manual, yaitu melihat dan memilih satu-persatu atau menggunakan bantuan aplikasi seperti Random Name Picker, Lucky Wheel, atau aplikasi lainnya.
Untuk suatu bisnis perusahaan, informasi pengumuman pemenang giveaway sebaiknya diposting di media sosial dan juga diinformasikan di website resmi. Tujuannya adalah demi menghindari adanya upaya penipuan pihak lain.
Cara Mendapatkan Giveaway
Nah, kamu sudah tahu kan bagaimana caranya untuk membuat dan menentukan giveaway yang menarik untuk meningkatkan brand awareness dan engagement antara brand dengan konsumen.
Kini saatnya mengetahui bagaimana caranya untuk memenangkan giveaway yang diadakan. Berikut adalah kiat-kiatnya.
1. Cari giveaway yang ramai dikunjungi
Tips pertama untuk bisa memenangkan sebuah giveaway adalah dengan mengikuti giveaway yang belum banyak orang ketahui. Acara tersebut akan memberikan peluang yang sangat besar untuk kamu menangkan.
2. Pahami dengan baik aturan-aturannya
Sebuah giveaway biasanya memiliki aturan-aturan tertentu yang harus dipenuhi. Hal ini tentu perlu kamu perhatikan agar kamu bisa mengikuti giveaway yang sesuai dengan aturan yang ditetapkan.
Jangan sampai, kamu didiskualifikasi hanya karena tidak membaca dan memahami aturan-aturan yang ditetapkan.
3. Jangan berbuat curang
Jangan pernah mencoba untuk berlaku curang saat kamu mengikuti suatu giveaway. Meskipun giveaway merupakan sebuah kompetisi, namun berbuat curang bukanlah cara yang tepat untuk memenangkannya.
Bahkan, bisa saja hal tersebut malah membuatmu didiskualifikasi hingga diblokir dan tidak bisa mengikuti giveaway lainnya.
4. Jangan ragu
Sering kali, ketika kamu sangat ingin memenangkan sebuah giveaway tertentu, kamu hanya terfokus pada giveaway itu saja. Padahal, kamu tetap bisa mengikuti giveaway yang lain agar persentase untuk bisa memenangkan giveaway bisa semakin besar.
Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti giveaway lain sembari menunggu hasil dari giveaway yang kamu targetkan.
5. Cek email atau Direct Messaging secara berkala
Untuk dapat memastikan bahwa kamu adalah partisipan yang aktif, selalu periksa secara berkala email atau Direct Message dari akun yang kamu gunakan.
Sebab, beberapa penyelenggara biasanya membutuhkan konfirmasi keikutsertaan melalui media-media tersebut. Saat kamu tidak merespon pesan tersebut, besar kemungkinan penyelenggara akan mencari dan memberikan hadiah tersebut kepada pemenang yang lain.
6. Jangan lock akun media sosial kamu
Saat kamu akan mengikuti suatu giveaway, jangan gunakan akun yang terkunci. Hal ini akan membuat penyelenggara kesulitan melihat unggahan dan komentar yang telah kamu buat.
Alhasil, peluang untuk bisa memenangkan giveaway ini akan semakin kecil. Cobalah untuk membuat unggahan dengan akun yang aktif dan terbuka, jangan lupa untuk membuat postingan yang kreatif agar menarik perhatian penyelenggara.
7. Ikuti giveaway mendekati batas waktunya
Masih banyak konsep giveaway yang pemenangnya masih dipilih secara manual. Meskipun begitu, ada banyak pula yang sudah menggunakan media seperti aplikasi atau website untuk menentukan pemenangnya.
Hal ini tentu menambah peluang yang lebih banyak untuk dapat memenangkan giveaway tersebut. Agar peluang memenangkan giveaway lebih besar, kamu bisa mengikuti dan memenuhi persyaratan giveaway mendekati batas waktu penutupan.
Contoh Ide Giveaway
Melansir dari Outgrow, ada beberapa contoh giveaway yang biasa dilakukan oleh brand atau perusahaan. Berikut adalah beberapa di antaranya:
1. Tag a Friend
Syarat dan ketentuan dari promo giveaway adalah dengan meminta audiens untuk memberi komentar, kemudian men-tagging beberapa teman mereka di post-mu. Strategi ini memungkinkan brand atau perusahaan untuk memperluas eksposur, tidak hanya ke audiens, tapi juga ke teman-teman atau keluarganya.
2. Share Video/Photo
Dalam syarat dan ketentuan ini, kamu sebagai pemilik brand mengajak audiens untuk berpartisipasi dalam kontes membagikan video atau foto yang berkaitan dengan perusahaan atau kampanye yang sedang dijalankan.
Strategi ini dapat meningkatkan Reach (jangkauan) dan Engagement karena memanfaatkan kekuatan jaringan (network effect) dari audiens yang berpartisipasi.
3. Download Aplikasi
Jika kamu sebagai pemilik brand memiliki aplikasi smartphone, kamu bisa mengadakan giveaway dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah download aplikasimu.
Baca juga: Call to Action Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya
4. Follow, Like, Retweet, dan Komentar
Ide giveaway ini tidak hanya meningkatkan engagement ke akunmu, tapi juga turut menambah jumlah followers. Selain itu, strategi ini pun membantumu menjangkau audiens baru.
5. Kolaborasi dengan Influencer
Mengadakan aktivitas giveaway juga bisa bekerja sama dengan influencer atau sosok berpengaruh di media sosial. Misal, kamu memberi syarat setiap orang harus mengikuti akun perusahaanmu dan kamu menyewa influencer untuk ikut berpartisipasi.
Baca juga: Mengenal Apa itu Selebgram dan Cara Menjadi Selebgram
Dengan strategi ini, kamu bisa menjangkau audiens dari influencer tersebut yang membantumu mendapatkan konsumen baru.
Pertanyaan Terkait
1. Website untuk memilih pemenang giveaway.
Ada banyak situs yang disediakan untuk memudahkan kamu menentukan pemenang pada sebuah giveaway. Beberapa website yang sering digunakan adalah sebagai berikut:
-
Comment Picker
Ada banyak penyelenggara giveaway yang menggunakan metode random comment picker untuk menentukan para pemenangnya. Situs ini akan memilih secara otomatis oleh tools yang ada pada situs tersebut. Alhasil, para pemenangnya merupakan orang yang benar-benar beruntung.
-
Random.org
Situs yang satu ini sudah banyak digunakan untuk menentukan pemenang giveaway, kuis, atau undian dalam bentuk lainnya.
Kemudahan untuk mengaksesnya pun membuat situs ini banyak dipilih oleh para penyelenggara.
-
Simpliers
Simpliers akan mengurutkan seluruh komentar yang mereka terima pada halaman hasil. Hal ini membuat situs tersebut akan dipilih secara transparan dan yang pastinya aman untuk digunakan.
Kesimpulan
Itulah penjelasan penting terkait arti giveaway secara mendalam. Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa promo giveaway secara mendalam adalah suatu kegiatan membagikan hadiah dengan beberapa persyaratan tertentu. Ada dua jenis giveaway, yaitu Self-Giveaway dan Sponsored Giveaway.
Manfaat dari diadakannya giveaway adalah salah satunya untuk meningkatkan leads dan untuk meningkatkan engagement, serta untuk meningkatkan brand awareness.
Terlepas dari manfaat giveaway tersebut, jika ingin mengadakan promo giveaway, maka kamu harus mampu membuat catatan keuangan yang baik agar laporan keuangan yang rapi agar strategi pemasaran ini bisa berjalan dengan lancar.
Untuk membantu kamu dalam membuat catatan keuangan yang baik, gunakan aplikasi keuangan dari majoo. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, kamu bisa mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis secara mudah dan real time.
Yuk, cobain majoo sekarang juga!