Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Arti Promo Giveaway dan Manfaatnya dalam Kegiatan Pemasaran

    Arti Promo Giveaway dan Manfaatnya dalam Kegiatan Pemasaran

    Definisi Giveaway dan Tujuannya dalam Kegiatan Marketing

    Sepertinya tidak ada yang tidak suka menerima hadiah. Karena itu, saat sebuah brand melakukan kegiatan giveaway dengan membagikan promo atau hadiah gratis, audiens kamu pasti akan berbondong-bondong menyerbunya.

    Giveaway adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh banyak brand. Konsep giveaway adalah bagi-bagi hadiah dengan syarat tertentu. Umumnya, syarat giveaway adalah meninggalkan komentar, membagikan postingan, menandai (tagging) teman, mengikuti (follow) akun brand/perusahaan, menjawab pertanyaan kuis, berbagi kisah menarik, dan syarat-syarat lainnya.

    Giveaway adalah strategi ampuh untuk meningkatkan engagement atau interaksi dengan audiens. Dilansir dari tailwindapp.com, unggahan atau postingan tentang giveaway akan mendapatkan 3,5 kali lebih banyak Like, dan 64 kali lebih banyak komentar dibandingkan unggahan biasa.

    Selain itu, giveaway menjadi kesempatan perusahaan untuk berinteraksi dengan audiens dan juga mempromosikan produknya. Karena itu, dalam beberapa tahun terakhir, ajang promo giveaway menjadi salah satu strategi marketing yang paling sering digunakan.

    Baca juga: Ketahui Cara Memanfaatkan Strategi Pemasaran Online

    Strategi marketing dengan giveaway sering kali dianggap sebagai kegiatan “membakar uang”. Padahal, promo giveaway adalah adalah salah satu aktivitas pemasaran online yang bisa menghemat anggaran.

    Hal ini diungkapkan oleh Advertising Specialty Institute dalam penelitian bertajuk Global Advertising Specialties Impressions Study yang dilakukan pada 2016 silam. Hasilnya, membuktikan bahwa sebagian besar orang senang menggunakan produk promosional. Rata-rata durasinya adalah delapan bulan.

    Rentang waktu tersebut lebih lama dibandingkan iklan online lainnya. Oleh karena itu, dampak mengadakan promo giveaway tidak boleh disepelekan.

    Arti Giveaway

    Pada dasarnya, arti giveaway adalah kegiatan membagikan hadiah dengan beberapa persyaratan tertentu. Setiap peserta yang mengikuti giveaway harus dan wajib memenuhi setiap persyaratan yang sesuai dengan diadakannya ajang giveaway tersebut.

    Seiring dengan berjalannya waktu, kegiatan giveaway ini berkembang menjadi kegiatan mempromosikan suatu produk.

    Jenis-jenis Giveaway

    Dalam proses pelaksanaannya, ada dua jenis giveaway, yaitu Self-Giveaway dan Sponsored Giveaway. Berikut penjelasannya.

    1. Self-Giveaway

    Jenis giveaway ini dilakukan secara mandiri. Artinya, mulai dari menyiapkan materi promosi, menentukan syarat dan ketentuan, sampai menyiapkan hadiah dilakukan dan diatur sendiri.

    Umumnya, self-giveaway dilakukan oleh para pebisnis yang sudah mapan dan sudah berpengalaman. Mereka juga sudah memiliki banyak konsumen dan anggaran marketing yang mumpuni.

    Self-giveaway sering dilakukan dengan berbagai bentuk dan persyaratan yang unik, tergantung dengan tujuan diadakannya giveaway. Misalnya, menantang pesertanya untuk mengunggah (upload) foto atau video di media sosial, atau meminta peserta untuk memasukkan kode unik yang terselip dalam kemasan sebuah produk.

    Hadiah untuk self-giveaway juga bisa bermacam-macam. Mulai dari produk fisik yang sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan atau hadiah lain yang digemari oleh audiens.

    2. Sponsored Giveaway

    Jenis giveaway ini dijalankan dengan membayar jasa pihak ketiga atau yang biasa disebut dengan host. Biasanya, promo giveaway jenis ini diselenggarakan oleh beberapa brand secara bersamaan, sehingga menjadi seperti suatu acara yang besar.

    Jenis giveaway ini cocok dilakukan oleh pebisnis yang ingin meningkatkan brand awareness ataupun engagement dengan brand yang dimilikinya. 

    Manfaat Mengadakan Giveaway

    Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mengadakan promo giveaway. Mulai dari meningkatkan awareness terhadap produk, mendapatkan konsumen baru, hingga meraih loyalitas pelanggan.

    Misalnya, Bu Nisa adalah seorang ibu rumah tangga yang setiap hari harus mencuci pakaian secara manual karena ketiadaan mesin cuci. Setelah lelah mencuci pakaian, lantas Bu Nisa bersantai sejenak sembari membuka Instagram.

    Saat membuka Instagram, ternyata Bu Nisa melihat sebuah postingan promo giveaway berupa satu unit mesin cuci dari sebuah brand elektronik ternama. Tanpa berpikir panjang, Ibu Nisa ikut serta dalam giveaway tersebut.

    Tanpa ragu, Bu Nisa membanjiri postingan dengan Like, Comment, dan mention teman-temannya. Alhasil, teman-teman Ibu Nisa juga ikut terlibat dan berpartisipasi dalam giveaway tersebut.

    Baca juga: Arti Referral Sebagai Bagian dari Kegiatan Pemasaran

    Selain itu, apa saja manfaat penting dari mengadakan giveaway? Berikut penjelasannya.

    1. Untuk Meningkatkan Leads

    Salah satu manfaat dari mengadakan giveaway adalah untuk mendapatkan dan meningkatkan leads. Secara umum, leads berarti calon konsumen potensial. Dalam contoh cerita di atas, calon pelanggan potensial adalah Bu Nisa dan teman-temannya.

    Brand elektronik tersebut sudah mendapatkan data dari Bu Nisa dan teman-temannya, seperti akun Instagram, email, nomor telepon, hingga lokasi domisili. Dengan data tersebut, brand bisa melakukan kegiatan pemasaran selanjutnya dengan mengirimkan newsletter atau SMS Broadcast.

    2. Untuk Meningkatkan Engagement

    Kelebihan lainnya dari giveaway adalah untuk meningkatkan engagement. Engagement adalah interaksi antara brand dengan konsumen. Engagement merupakan hal yang sangat penting untuk membentuk pelanggan yang loyal. Dengan adanya engagement yang baik, maka suatu bisnis akan menjadi lebih mudah berkembang.

    Baca juga: Cara Melihat dan Menaikkan Insight Instagram

    3. Untuk Meningkatkan Brand Awareness

    Semakin banyak teman ibu-ibu tersebut yang berminat untuk mengikuti event giveaway, akan semakin banyak juga orang yang mengetahui brand tersebut. Sehingga tujuan untuk memperkenalkan brand secara lebih luas juga akan tercapai dengan mudah.

    4. Untuk Ajang Rekomendasi

    Kegiatan promo giveaway juga bisa menjadi ajang rekomendasi. Rekomendasi yang paling menguntungkan adalah dari mulut ke mulut (mouth to mouth marketing).

    Kegiatan marketing dari mulut ke mulut masih menjadi bentuk promosi yang paling ampuh. Karena faktanya, 90% orang akan membeli suatu barang karena hasil rekomendasi dari teman atau kerabat dekatnya.

    Baca juga: Word of Mouth: Definisi, Faktor, serta Kelebihannya

    Semakin sering suatu brand diperbincangkan oleh banyak orang, maka brand tersebut tentu akan semakin terkenal. Alhasil, semakin meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu produk.

    5. Untuk Menghemat Anggaran

    Giveaway selalu menjadi pilihan pertama dalam kegiatan marketing karena bisa menghemat anggaran. Meskipun melakukan kegiatan bagi-bagi produk, tapi anggaran yang digunakan cenderung minim.

    Cara Membuat Giveaway yang Menarik

    1. Menentukan Tujuan

    Jika ingin membuat promo giveaway yang menarik, langkah pertama adalah dengan menentukan tujuan. Apa tujuan mengadakan giveaway: apakah ingin meningkatkan jumlah pengikut (followers) di media sosial: apakah ingin meningkatkan penjualan produk; atau apakah hanya sekadar ingin membangun awareness terhadap produk yang akan dipasarkan.

    2. Memilih Hadiah

    Pilihlah hadiah giveaway yang sesuai dengan tujuan giveaway dan audiens. Contohnya, jika tujuan mengadakan giveaway adalah untuk meningkatkan leads, kamu bisa membagikan hadiah berupa produk itu sendiri. Dengan demikian, kamu sekaligus memberikan kesempatan kepada audiens untuk menggunakan produk dari hadiah giveaway yang kamu lakukan.

    3. Menentukan Persyaratan

    Dalam suatu promo giveaway, jika persyaratannya sedikit namun hadiahnya banyak, akan berpotensi meningkatkan jumlah peserta. Demikian pula sebaliknya. Jika persyaratan yang diberikan cukup banyak, namun hadiahnya sedikit karena harganya mahal, peserta yang ikut serta akan lebih spesifik.

    Tapi, pastikan kembali persyaratan yang kamu buat sudah sesuai dengan tujuan giveaway.

    4. Menggunakan Hashtag/Tagar

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan Simply Measured, hashtag atau tagar (tanda pagar) mampu meningkatkan engagement pada suatu postingan hingga 12,6%. Pada umumnya, tagar berfungsi untuk mengkategorikan suatu konten.

    Baca juga: Hashtag: Apa Itu Hashtag, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

    Gunakanlah tagar yang menarik dan relevan dengan produkmu saat mengadakan suatu giveaway. Tujuannya adalah untuk memudahkan audiens dalam menemukan produk ataupun postingan brand kamu di media sosial. Selain itu, tagar juga bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan sebuah kampanye yang sedang dijalankan.

    Cara Mengumumkan Pemenang Giveaway

    Cara Menerapkan Promo Giveaway dalam Bisnis

    Di akhir acara giveaway, kamu harus mengumumkan siapa saja pemenang dari giveaway tersebut. Pemenang giveaway adalah mereka yang dianggap telah mengikuti seluruh persyaratan yang ditentukan.

    Jumlah pemenang giveaway harus sesuai dengan ketentuan yang sudah dibuat oleh brand. Cara memilih pemenang giveaway bisa dilakukan secara manual, yaitu melihat dan memilih satu-persatu atau menggunakan bantuan aplikasi seperti Random Name Picker, Lucky Wheel, atau aplikasi lainnya.

    Untuk suatu bisnis perusahaan, informasi pengumuman pemenang giveaway sebaiknya diposting di media sosial dan juga diinformasikan di website resmi. Tujuannya adalah demi menghindari adanya upaya penipuan pihak lain.

    Contoh Ide Giveaway

    Melansir dari Outgrow, ada beberapa contoh giveaway yang biasa dilakukan oleh brand atau perusahaan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

    1. Tag a Friend

    Syarat dan ketentuan dari promo giveaway adalah dengan meminta audiens untuk memberi komentar, kemudian men-tagging beberapa teman mereka di post-mu. Strategi ini memungkinkan brand atau perusahaan untuk memperluas eksposur, tidak hanya ke audiens, tapi juga ke teman-teman atau keluarganya.

    2. Share Video/Photo

    Dalam syarat dan ketentuan ini, kamu sebagai pemilik brand mengajak audiens untuk berpartisipasi dalam kontes membagikan video atau foto yang berkaitan dengan perusahaan atau kampanye yang sedang dijalankan.

    Strategi ini dapat meningkatkan Reach (jangkauan) dan Engagement karena memanfaatkan kekuatan jaringan (network effect) dari audiens yang berpartisipasi.

    3. Download Aplikasi

    Jika kamu sebagai pemilik brand memiliki aplikasi smartphone, kamu bisa mengadakan giveaway dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah download aplikasimu.

    Baca juga: Call to Action Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

    4. Follow, Like, Retweet, dan Komentar

    Ide giveaway ini tidak hanya meningkatkan engagement ke akunmu, tapi juga turut menambah jumlah followers. Selain itu, strategi ini pun membantumu menjangkau audiens baru.

    5. Kolaborasi dengan Influencer

    Mengadakan aktivitas giveaway juga bisa bekerja sama dengan influencer atau sosok berpengaruh di media sosial. Misal, kamu memberi syarat setiap orang harus mengikuti akun perusahaanmu dan kamu menyewa influencer untuk ikut berpartisipasi.

    Baca juga: Mengenal Apa itu Selebgram dan Cara Menjadi Selebgram

    Dengan strategi ini, kamu bisa menjangkau audiens dari influencer tersebut yang membantumu mendapatkan konsumen baru.

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan penting terkait arti giveaway secara mendalam. Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa promo giveaway secara mendalam adalah suatu kegiatan membagikan hadiah dengan beberapa persyaratan tertentu. Ada dua jenis giveaway, yaitu Self-Giveaway dan Sponsored Giveaway.

    Manfaat dari diadakannya giveaway adalah salah satunya untuk meningkatkan leads dan untuk meningkatkan engagement, serta untuk meningkatkan brand awareness.

    Terlepas dari manfaat giveaway tersebut, jika ingin mengadakan promo giveaway, maka kamu harus mampu membuat catatan keuangan yang baik agar laporan keuangan yang rapi agar strategi pemasaran ini bisa berjalan dengan lancar.

    Untuk membantu kamu dalam membuat catatan keuangan yang baik, gunakan aplikasi keuangan dari majoo. Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, kamu bisa mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis secara mudah dan real time.

    Yuk, cobain majoo sekarang juga!

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kenali Apa Itu CV ATS Friendly
    CV ATS Friendly adalah CV yang secara otomatis dapat disortir melalui sebuah aplikasi yang disebut ATS. Lalu, bagaimana membuat CV ATS Friendly yang baik?
    NPV adalah: Rumus, Contoh, dan Cara Menghitung
    Tidak hanya bermanfaat untuk menganalisis untung rugi, perhitungan NPV juga akan sangat membantu dalam menyusun perencanaan keuangan perusahaan.
    Bisnis Proposal atau Proposal Bisnis? Mana yang Benar?
    Apa itu bisnis proposal? Apakah sama dengan proposal bisnis? Sebelum membuatnya, pahami pengertian dan ciri-ciri proposal bisnis lebih dulu.
    Bank Digital adalah Kebutuhan Masyarakat Saat Ini. Kok Bisa?
    Bank digital adalah transformasi layanan perbankan dari luring menjadi daring. Kemunculannya semakin marak di Indonesia. Mau jadi nasabahnya?