Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Knowledge
    • Tokopedia Paylater adalah Bentuk Kenikmatan Belanja Online

    Tokopedia Paylater adalah Bentuk Kenikmatan Belanja Online

    Cara Menggunakan Tokopedia Paylater

    Siapa sih yang tidak kenal Tokopedia? E-commerce atau mal online dengan logo khas berwarna hijau ini didirikan oleh duo pengusaha bernama William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 2009 silam.

    Selama kurang lebih 12 tahun berdiri, Tokopedia berhasil menjadi toko online yang sukses membantu UMKM mengembangkan usaha mereka. Selain itu, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak di Indonesia dan di Asia Tenggara.

    Baca juga: Review 5 Toko Online Terbaik dan Terpopuler di Indonesia

    Melansir katadata, pada kuartal III 2021 Tokopedia masih menjadi e-commerce paling banyak dikunjungi. Jumlah pengunjung Tokopedia per bulannya mencapai 158,1 juta kunjungan, naik 7% dari kuartal sebelumnya yang sebanyak 147,8 juta kunjungan. Di posisi kedua ditempati Shopee dengan 134,4 juta kunjungan. Kunjungan ke situs Shopee naik 5,8% dari kuartal II 2021 yang sebanyak 127 juta kunjungan.

    Dari sisi jumlah pengguna, saat ini Tokopedia sudah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif per bulan. Mereka mengunjungi Tokopedia untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari produk makanan, minuman, kecantikan, elektronik, home & living, handphone atau tablet, hingga otomotif.

    Ada yang menarik dari Tokopedia, yaitu tersedianya sistem pembayaran Tokopedia Paylater yang fleksibel dan opsi cicilan yang bervariatif. Sesuai namanya, Tokopedia Paylater adalah fitur membeli barang hari ini, namun pengguna bisa membayarnya di kemudian hari.

    Baca juga: Apa Itu Paylater? Pengertian, Aplikasi, dan Cara Membayarnya

    Tentunya fitur ini sangat inovatif. Dahulu, kita harus membayar terlebih dahulu untuk membeli sesuatu. Namun sekarang, kita sudah bisa membeli barang lalu membayarnya di kemudian hari. Transaksi semacam itulah yang dinamakan Paylater.

    Dengan paylater Tokopedia, memungkinkan Toppers -sapaan pengguna Tokopedia- untuk membeli produk yang dibutuhkan dengan memberikan kebebasan dalam mengelola penuh rencana pembayarannya. Penggunaan Paylater menjadi sangat umum dan tidak dapat dilepaskan dari aktivitas berbelanja secara daring.

    Dikutip dari hasil riset Dailysocial pada 2021 lalu, jumlah pengguna fitur paylater Tokopedia atau ‘beli sekarang bayar kemudian’ meningkat hampir dua kali lipat tahun lalu. Paylater Tokopedia disediakan oleh beberapa fintech lending, antara lain Kredivo, Indodana, Home Credit, dan BRI Ceria.

    Baca juga: Memahami Pinjaman Online dan Dampaknya bagi Finansial

    Tren pembayaran menggunakan fitur paylater Tokopedia telah menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan Tokopedia yang mencatat terdapat beberapa kota yang mengalami peningkatan pengguna fitur Paylater tertinggi selama 2021, antara lain Batam, Pekanbaru, Bandar Lampung, Yogyakarta, dan Balikpapan.

    Namun, Tokopedia punya saingan berat dalam hal paylater, yaitu Shopee Paylater. Riset Dailysocial bertajuk “Fintech Report 2021: The Convergence of (Digital) Financial Services” menunjukkan, Spaylater atau dikenal Shopee Paylater memimpin.

    Persentase jumlah pengguna Spaylater adalah 78,4% dari total responden 509. Disusul oleh GoPaylater (33,8%), Kredivo (23,2%), Akulaku (20,4%), Traveloka Paylater (8,6%), Indodana (3,3%), Home Credit (2,8%), dan lainnya (0,4%). Shopee Paylater juga menjadi platform yang paling dikenal.

    Tren Paylater di China

    Tidak hanya di Indonesia, layanan “Buy Now, Paylater” (BNPL) juga mengalami lonjakan di China pada tahun 2021. Dikutip dari Okezone, faktor memicu tren BNPL disebabkan oleh rendahnya suku bunga dan fitur pembayaran secara online.

    Baca juga: Mari Tinggalkan Uang Tunai dan Jadilah Generasi Cashless!

    Hasil survei dari perusahaan riset dan konsultan PayNXT360 menyebutkan bahwa sektor BNPL China muncul sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di kawasan Asia-Pasifik. Dengan semakin menjamurnya platform belanja online, maka tren pembayaran paylater juga akan meningkat karena akan ikut mendorong lebih banyak keputusan pembelian.

    Kelebihan Pembayaran Paylater Tokopedia

    Dengan menggunakan Paylater Tokopedia, artinya pembayaran dari transaksi yang dilakukan akan dibayarkan lebih dulu oleh penyedia layanan paylater. Kemudian, pengguna diberi batas waktu untuk melunasi pembayaran produk yang sudah dibeli layaknya metode kredit pada umumnya.

    Metode pembayaran paylater Tokopedia memiliki keuntungan tersendiri, antara lain:

    1. Proses Registrasi yang Mudah

    Jika dibandingkan dengan kartu kredit, tentunya registrasi paylater jauh lebih praktis, cepat dan mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi penyedia paylater Tokopedia, misalnya Kredivo di Apps Store atau Play Store. Kemudian, kamu akan diminta mengisi data diri dan mengunggah beberapa dokumen pribadi seperti KTP atau NPWP. Setelah permohonan disetujui, maka Kredivo sudah bisa digunakan untuk pembayaran tokopedia paylater.

    2. Tersedianya Tenor yang Fleksibel

    Yang menjadi pemicu tren penggunaan pembayaran Tokopedia paylater adalah tersedianya layanan cicilan yang sangat fleksibel. Paylater Tokopedia menggunakan Kredivo tersedia layanan cicilan mulai dari 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Semua bisa dipilih sesuai dengan kemampuan bayar masing-masing pengguna.

    3. Bunga yang Ringan

    Pembayaran Tokopedia paylater dikenal dengan bunganya yang sangat ringan. Jika melakukan paylater Tokopedia dan bermaksud membayar pesanan dalam 30 hari atau tiga bulan, kamu tidak dikenakan bunga apapun alias bunga 0%.

    4. Banyak Promo Menarik

    Setiap bulannya, ada saja promo yang ditawarkan oleh paylater Tokopedia. Biasanya di akhir bulan, ada promo Bunga 0% untuk tenor 6 bulan atau pemberian potongan belanja langsung sebesar Rp500 ribu untuk tenor 12 bulan.

    5. Menjaga Cash Flow

    Keuntungan paling menyenangkan dari menggunakan pembayaran Tokopedia paylater adalah tidak perlu khawatir arus keuangan akan berantakan apabila sedang terdesak membutuhkan suatu barang.

    Cara Daftar Paylater Tokopedia

    Cara Mengaktifkan Paylater Tokopedia

    Secara konsep, Tokopedia paylater mirip dengan kartu kredit, namun pendaftarannya lebih cepat dan praktis. Tidak heran banyak orang yang kepincut karena paylater menawarkan kemudahan dan lebih banyak keuntungan.

    Dari banyaknya penyedia layanan paylater Tokopedia, Kredivo adalah salah satu metode pembayaran tokopedia paylater yang menjadi favorit. Limit kredit yang diberikan oleh Kredivo mulai dari 3 juta rupiah hingga 30 juta rupiah. Toppers juga dapat melakukan transaksi dengan cicilan dengan tenor pembayaran mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan tergantung dari besarnya nominal transaksi.

    Bagi yang ingin mencoba, cara daftar paylater Tokopedia sangat mudah. Rata-rata dari rekanan layanan paylater Tokopedia menyediakan fasilitas pendaftaran langsung melalui Tokopedia dengan proses yang mudah.

    Hanya dengan menyiapkan kartu identitas kamu dan melengkapi formulir yang ada. Kurang dari 1×24 jam, fitur paylater Tokopedia bisa langsung digunakan untuk berbelanja di Tokopedia. Keamanan saat meminjam dana juga terjamin karena Tokopedia Paylater sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

    Beberapa persyaratan umum untuk mendaftar paylater:

    • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 21-50 tahun.
    • Penghasilan minimum 3 juta rupiah.
    • Memiliki KTP.
    • Memiliki rekening yang telah berjalan minimal 3 bulan atas nama pribadi.
    • Memiliki penghasilan tetap dan telah bekerja minimal 3 bulan.
    • Dapat dihubungi melalui alamat tempat tinggal atau kantor.

    Lalu bagaimana cara daftar Kredivo, salah satu paylater Tokopedia? Berikut langkah-langkahnya:

    1. Unduh aplikasi Kredivo di Apps Store atau PlayStore, lalu buka aplikasi untuk memulai pendaftaran.
    2. Pilihlah akun Premium.
    3. Foto kartu identitas (KTP) sesuai petunjuk pada aplikasi Kredivo.
    4. Ambil foto diri (selfie) saat mendaftar untuk proses verifikasi.
    5. Hubungkan akun digital dengan riwayat transaksi sebagai Bukti Tempat Tinggal.
    6. Foto NPWP sesuai petunjuk pada aplikasi Kredivo sebagai Bukti Penghasilan.
    7. Lengkapi seluruh data diri yang diminta sebagai proses terakhir dari pendaftaran.
    8. Tunggu konfirmasi selanjutnya dari Kredivo (maksimum 24 jam).

    Mudah, bukan?

    Cara Menggunakan Paylater Tokopedia

    Jika pengajuan Kredivo untuk paylater Tokopedia sudah disetujui, maka kamu sudah menggunakannya untuk membayar belanjaan di Tokopedia.

    Sebaiknya, barang-barang yang dibeli menggunakan Tokopedia paylater adalah barang-barang produktif atau barang-barang yang benar-benar mendesak kebutuhannya.

    Berikut cara menggunakan Kredivo sebagai paylater Tokopedia:

    1. Saat akan membayar, pilihlah Kredivo sebagai metode pembayaran di Tokopedia.
    2. Pilih tenor pembayaran yang kamu inginkan. Jika memilih cicilan, simulasi pembayarannya akan dijabarkan di kolom bawah.
    3. Login atau masuk ke akun Kredivo menggunakan nomor handphone dan PIN kamu. Lalu klik “Login”.
    4. Apabila nominal belanja lebih dari Rp200.000, maka kamu akan menerima kode OTP yang dikirim ke nomor handphone yang terdaftar di Kredivo.
    5. Masukkan kode OTP tersebut, kemudian klik “Konfirmasi OTP”.
    6. Transaksi selesai dilakukan, lalu bersabar menunggu pesanan diantar.

    Kesimpulan

    Pengalaman berbelanja di e-commerce ternama Tokopedia semakin menarik dengan kehadiran Tokopedia paylater. Kamu bisa memiliki produk atau barang idaman dengan cepat dan membayarnya sesuai dengan kemampuan.

    Cara mengaktifkan Tokopedia paylater dengan menggunakan Kredivo sangat mudah dan cepat. Metode ini dapat menjadi andalan untuk mencicil barang idaman dengan bunga 0% di Tokopedia.

    Meskipun praktis dan mudah, tetap ingat untuk selalu bijak dalam mengambil cicilan, ya. Gunakan paylater hanya dalam keadaan mendesak.

    Jika kamu terpaksa menggunakan paylater Tokopedia, catatlah pengeluaranmu dengan baik. Tujuannya adalah agar kamu bisa membuat laporan keuangan dengan baik, sehingga mendapatkan informasi yang akurat mengenai kondisi keuangan bisnismu.

    Pilihlah aplikasi keuangan majoo untuk menemani perjalanan bisnismu. Manfaatkan berbagai fitur praktis dan menarik yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhan. Tunggu apa lagi? Yuk, berlangganan majoo sekarang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Valuasi adalah: Pengertian dan Cara Menghitungnya
    Valuasi adalah perhitungan nilai sebuah perusahaan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Besar maupun kecil, valuasi menjadi hal yang sangat penting.
    Fair Value adalah: Tujuan dan Cara Menghitung
    Nilai Wajar atau Fair Value adalah alat yang sangat berguna untuk membantu pengguna memahami keuangan perusahaan, terutama situasi keuangan saat ini.
    Daftar UMKM Online: Syarat dan Manfaatnya
    Daftar UMKM online bisa dilakukan dengan praktis. Manfaatnya antara lain agar mudah mengembangkan usaha dan untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.
    9 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Singkat
    Berikut beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang dibuat secara singkat dan ringkas. Bisa digunakan sebagai referensi.