Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Ciptakan Produk Unik dengan Tips Sukses Ini!

    Proses produksi produk unik juga merupakan faktor penting dalam bisnis.

    Apa pun bidang bisnis yang kamu jalankan saat ini, pada dasarnya membutuhkan berbagai faktor untuk meraih kesuksesan, salah satunya adalah dengan menciptakan produk unik dalam tahap produksi.  

    Banyak pebisnis yang menyadari bahwa inovasi produk merupakan faktor penting demi meningkatnya angka penjualan, namun tidak sedikit dari mereka yang akhirnya mengesampingkan proses produksinya. Padahal, proses produksi merupakan awal dari terciptanya produk unik yang bisa kamu jadikan sebagai komoditas berharga. 

    Pemahaman ini akhirnya juga memberikan gambaran pada para pebisnis bahwa perlu adanya tips sukses khusus dalam menciptakan produk unik yang mampu menarik minat konsumen. 

    Baca Juga: Benarkah Produksi adalah Faktor Utama dalam Bisnis?

    Tips Sukses Hasilkan Produk Unik dan Menarik 

    Ada 3 hal yang bisa kamu lakukan untuk memastikan bahwa bisnismu menjual produk unik dan menarik untuk dipilih oleh konsumen.

    Libatkan Pelanggan 

    Salah satu analogi yang berlaku dalam bisnis adalah pemilik suatu bisnis pastinya akan lebih memilih membeli atau menggunakan produknya daripada produk lain. Misalnya, kamu memiliki bisnis yang menghasilkan produk sabun pembersih wajah, peluang untuk menggunakan sabun merek lain pun menjadi sangat kecil.

    Selanjutnya, yang sering pula terjadi adalah orang-orang yang terlibat langsung di sebuah bisnis, mulai bos, manajer sampai dengan para karyawannya kemungkinan akan menggunakan sekaligus merekomendasikan produk yang mereka tawarkan. 

    Konsep inilah yang bisa kamu coba untuk diterapkan pada pelanggan. Cobalah beri mereka customer experience yang unik dan berbeda, misalnya bertanya mengenai jenis inovasi yang mereka butuhkan, mengundang mereka untuk berkeliling di tempat produksi untuk melihat proses keseluruhan hingga produk diluncurkan, dan lain sebagainya.

    Tambahkan Cerita Personal

    Dengan makin meningkatnya pemahaman literasi masyarakat, mereka menginginkan cerita personal di balik terciptanya sebuah produk unik tersebut. Cerita yang menyentuh dan tidak kalah unik bisa menjadi nilai tambah bagi produk yang kamu jual.

    Salah satu contoh cerita personal yang mungkin melekat di hati dan pikiran masyarakat sebagai konsumen adalah kisah mengenai perusahaan Apple yang dimulai dari sebuah garasi kecil di California sebelum akhirnya berkembang menjadi perusahaan teknologi terkemuka di dunia seperti saat ini.

    Produk unik yang diiringi dengan kisah yang menarik hati pastinya akan meninggalkan kesan tersendiri pada bisnismu.

    Baca Juga: Contoh Campaign Efektif yang Melibatkan Pendekatan Emosi

    Kustomisasi

    Pelanggan adalah orang-orang yang secara sadar rutin menggunakan produk unik dari bisnismu. Otomatis, mereka paham benar produk seperti apa yang mereka inginkan. 

    Di sinilah kamu bisa menggunakan metode kustomisasi bisa untuk dijadikan sebagai daya tarik sendiri dalam bisnismu. untuk menggaet pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. 

    Misalnya, di sebuah kafe kopi kekinian, pemilik kafe tersebut membiarkan konsumen yang datang untuk mengarang atau menciptakan sendiri minuman yang mereka inginkan. 

    Cara ini awalnya mungkin hanya mendatangkan rasa senang pada konsumen karena bisa menciptakan menu yang mereka mau. Padahal, jika dilihat dengan serius, menu-menu yang tercipta tadi bisa menjadi produk unik yang juga layak jual. Apalagi bila mereka akhirnya menyebarkan campuran menunya pada teman atau kolega yang lain. 

    Diperlukan tips khusus untuk menciptakan produk unik.

    Tahap Penciptaan Produk Unik dalam Bisnis

    Menciptakan Ide

    Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja adalah mencari atau menciptakan ide. Ini bisa melalui proses brainstorming dengan tim agar mendapatkan lebih banyak ide. Tampung saja semua ide tersebut sampai benar benar merasa kehabisan ide.

    Baca Juga: Inspirasi Ide Kreatif dalam Inovasi Bisnis dari Luar Negeri

    Pengujian Konsep

    Ide yang sudah kamu seleksi nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah konsep produk. Pada tahap ini konsep sebaiknya sudah rinci dan masuk akal. Konsep-konsep tersebut diuji kelengkapannya, kerasionalannya, dan kelayakannya.

    Analisis Bisnis

    Analisis bisnis mencakup banyak hal, seperti biaya, pendapatan, prospek, dan risiko produk. Semua bentuk analisis ini sebaiknya sudah disiapkan sebelum berlanjut ke pengembangan produk.

    Pengembangan Produk

    Setelah kamu melakukan analisis bisnis secara lengkap, dan ternyata produk tersebut dinilai layak, maka produk bisa dikembangkan untuk meningkatkan value sehingga daya saing meningkat. 

    Membuat Prototipe

    Prototipe atau purwarupa merupakan bentuk awal dari produk yang nantinya akan kamu pasarkan. Umumnya, prototipe dibuat untuk memastikan bahwa ide yang kamu miliki benar-benar bisa direalisasikan. 

    Prototipe juga dibuat untuk memudahkan komunikasi antar anggota tim maupun mengenai produk unik tersebut. Dengan begitu, ide-ide baru dan segar untuk pengembangan produk tersebut pun akan lebih mungkin muncul. 

    Baca Juga: Hal Penting yang Perlu Kamu Tahu Tentang Merek Dagang

    Mematenkan Ide

    Kenyataannya, ide bagus dalam menciptakan produk unik sangat mungkin untuk dicuri oleh pihak-pihak lain atau kompetitor. Untuk mencegahnya, kamu bisa mematenkan ide dan produk tersebut secara hukum. 

    Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengajukan permohonan ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, memenuhi berkas-berkas yang dibutuhkan, membayar biaya permohonan paten, lalu akan dilakukan pemeriksaan oleh Ditjen KI. Jika sudah disetujui, kamu akan segera memperoleh Sertifikat Hak Paten. 

    Dari seluruh penjelasan tadi, bisa disimpulkan bahwa peran produksi dalam bisnis adalah sangat penting. Tanpa adanya proses produksi, tidak akan ada produk unik yang bisa dijadikan sebagai komoditas. 

    Proses produksi ini pastinya juga memerlukan sejumlah modal agar bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan produk yang memiliki nilai guna dan nilai jual yang tinggi. Kamu bisa mendapatkan modal dari tabungan pribadi, tabungan bersama dengan rekan atau keluarga, atau bisa juga dari pinjaman modal. 

    Jika opsi terakhir adalah yang kamu pilih, pastikan untuk memilih sumber pinjaman yang baik dan terpercaya. Aplikasi keuangan majoo bisa memberikan bantuan dalam hal pinjaman modal usaha dengan menyediakan bantuan berupa fitur layanan funding yang akan memberikan bantuan untuk bisnismu jika memenuhi persyaratan dan memang dinilai layak. Yakin nggak mau berlangganan majoo?

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Inilah 4 Tips Mengubah Konsumen Menjadi Pelanggan Setia
    Mengenal perilaku konsumen dapat membantumu membangun basis pelanggan setia.
    Meningkatkan Brand Exposure Online Shop Tanpa Gagal
    Brand exposure merupakan salah satu kegiatan dalam hal branding. Bagaimana cara meningkatkan brand exposure pada online shop?
    Wajib Tahu, 5 Trik Agar Bisnismu Gak Ambruk di Tengah Jalan!
    Memulai sebuah bisnis membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit. Tapi ngomongin soal mengelola bisnis? Wah, ini sudah another level sih!
    Ingin Mulai Bisnis Kuliner? Ini 5 Perlengkapan yang Wajib Kamu Punya!
    Bisnis kuliner belakangan makin jadi primadona, apalagi di tengah populernya platform penjualan online.