Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?

    Saat ini adalah waktu ideal bagi bisnis untuk mengoptimalkan strategi digital marketing.

    Saat ini, dunia hampir sepenuhnya digital sehingga inilah waktu ideal untuk mengoptimalkan digital marketing. Strategi pemasaran digital menawarkan lebih banyak kebebasan bagi bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan bisnis lainnya. 

    Karena itu, strategi ini juga dianggap sebagai salah satu cara untuk memperluas pasar atau ekspansi bisnis

    Perlu diingat, pemasaran digital tidak hanya soal memiliki website atau blog bisnis. Kamu perlu terhubung dengan konsumen dan mempromosikan brand di berbagai kanal. 

    Dengan begitu, pemasaran digital dapat membangun brand awareness serta memungkinkan kamu terhubung dengan jaringan penting yang merupakan langkah esensial dalam ekspansi bisnis. Jadi, bagaimana digital marketing bisa membantumu perluas pasar? Simak penjelasannya di bawah ini!

    Baca juga: Konsep Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya Dalam Bisnis

    Jangkau Audiens Lebih Luas

    Tidak seperti pemasaran tradisional, pemasaran digital memungkinkan kamu menjangkau audiens atau konsumen yang lebih luas. Berkat pemasaran digital, kamu bisa terhubung dengan konsumen baik di dalam maupun di luar area lokal. 

    Dengan menjangkau klien potensial secara online, bisnismu tentu jadi jauh lebih mudah diakses sekaligus kamu dapat menargetkan audiens tertentu yang akan mendapat manfaat dari produk atau layananmu. 

    Adapun beberapa langkah teknis yang patut kamu pertimbangkan, antara lain:

    • Pay Per Click (PPC)
    • Search Engine Optimization (SEO)
    • Iklan

    Metode di atas menyediakan pemasaran 24/7 sehingga audiens online bisa mengakses media sosial dan website-mu sepanjang hari. 

    Kamu juga dapat mengoptimalkan strategi ini supaya makin menguntungkan untuk bisnis dengan meminta feedback, membagikan kuesioner, dan memeriksa ulasan yang ditinggalkan konsumen.

    Baca juga: Maksimalkan Potensi Digital Usahamu dengan Google Bisnisku

    Berkomunikasi Lebih Lancar dengan Konsumen

    Salah satu keuntungan utama dari digital marketing ialah membuat bisnis bisa berkomunikasi dengan audiens secara jelas dan mudah. Metode komunikasi seperti blog dan media sosial dianggap lebih personal oleh konsumen daripada cara-cara pemasaran tradisional, misalnya iklan TV. 

    Jadi, pemasaran digital membuka ruang percakapan dua arah yang memungkinkan pelanggan terlibat dengan konten bisnis serta bisa memberikan respons.

    Kuncinya terletak pada pendekatan yang tepat. Kampanye pemasaran di media sosial bisa kamu fokuskan untuk membuat bisnis atau merek makin dikenal. Sementara itu, email dan blog post harus menerapkan pendekatan yang informatif, menarik, dan fokus mengarahkan konsumen untuk bertransaksi.

    Baca juga: Conversion adalah Hal Penting Dalam Marketing, Apakah Itu?

    Dengan segala kemudahan yang ditawarkannya, strategi pemasaran digital bermanfaat sekali untuk membantu ekspansi bisnis.

    Analisis Jelas dan Terukur

    Strategi pemasaran digital memang tidak akan membuat proses ekspansi pasar seketika lebih mudah, tetapi strategi ini jelas lebih terukur. Berbeda dengan pemasaran tradisional yang sulit dilacak, pemasaran digital menyediakan analisis terukur untuk membantumu melacak efektivitas strategi yang dijalankan. 

    Kamu bisa mengukur jumlah klik, menemukan pola dan perilaku konsumen, serta menemukan informasi yang dapat membantumu personalisasi iklan. Dengan menggunakan tools seperti Google Analytics, kamu bisa menemukan strategi yang paling efisien dan melacak kelemahan kanal pemasaranmu.

    Baca juga: Marketing Funnel: Tujuan, Manfaat, dan Tahapannya

    Dengan data tersebut, kamu dapat mengambil keputusan yang lebih baik terkait strategi pemasaran yang paling tepat untuk bisnismu. Tentunya, data tersebut juga membuat strategi pemasaranmu lebih tepat sasaran.

    Lebih Hemat Biaya

    Mengapa strategi pemasaran digital dapat membantu bisnis, terutama yang masih berkembang, untuk ekspansi? Selain karena faktor-faktor di atas, strategi ini juga tergolong hemat biaya sehingga lebih mudah bagi bisnis untuk menerapkannya.

    Pemasaran tradisional sangat tidak ekonomis, misalnya mengirim email jauh lebih murah daripada mencetak pamflet atau buletin. Jika dibandingkan jangkauannya, iklan digital juga terbilang sangat ekonomis sebab dapat menjangkau lebih banyak audiens sekaligus. 

    Hal Ini jelas bermanfaat bagi perusahaan mana pun, terlebih bisnis kecil atau bisnis yang baru mulai.

    Singkatnya, digital marketing menawarkan berbagai strategi dan teknik untuk ekspansi bisnis dan meningkatkan online traffic ke platform bisnismu. Strategi ini adalah tools ampuh yang tidak boleh diabaikan oleh bisnis sebab akan memberimu berbagai peluang untuk terhubung dengan konsumen.

    Lalu, bagaimana jika kamu belum memahami seluk-beluk pemasaran digital? Tidak perlu khawatir sebab kini ada aplikasi point of sale (POS) lengkap yang dibekali dengan layanan kampanye digital seperti majoo.

    Kalau kamu masih belum familier dengan aplikasi wirausaha lengkap yang satu ini, yuk pelajari lebih lanjut di sini! Yuk, ambil #langkahmajoo sekarang dan kamu akan lihat bisnismu maju dan berkembang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.
    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.