Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Intip 5 Inspirasi Bisnis Hobi!

    Sudah bukan rahasia lagi jika bisnis hobi merupakan sebuah ladang pendapatan yang menguntungkan bagi pelaku usaha.

    Sudah bukan rahasia lagi jika bisnis hobi merupakan sebuah ladang pendapatan yang menguntungkan bagi pelaku usaha. Bagaimanapun juga, memiliki hobi sebenarnya dapat digolongkan sebagai sebuah kebutuhan, kan, sekalipun mungkin memang bukanlah kebutuhan utama yang mendesak untuk dipenuhi.

    Oleh karena itu, tak ada salahnya juga bagi pelaku usaha untuk mulai mencari-cari inspirasi bisnis berdasarkan kegemaran pelanggannya. Apa saja, sih, inspirasi yang mungkin menarik untuk dicoba? Kita simak bersama-sama, yuk!

    Baca juga: Tips Membuat Usaha Kecil Bertumbuh dalam 5 Langkah Mudah

    Apa Saja Inspirasi Bisnis yang Sedang Digemari?

    Seperti yang kita ketahui bersama, menjalankan suatu bisnis tidak bisa asal jika memang ingin bisnis dapat bertahan lama. Untuk mencapai tujuan tersebut, jangan asal saat memulai suatu bisnis, tetapi cari terlebih dahulu ide bisnis yang benar-benar dieksekusi.

    Prinsip ini terutama sangat diperlukan jika ingin melirik bisnis terkait hobi, karena seperti yang kita tahu, tidak semua orang rela merogoh kocek terlalu dalam untuk memenuhi kebutuhan hobinya. Nah, saat ini, apa saja, sih, hobi yang sedang banyak sekali digemari dan dapat dijadikan ladang cuan? Intip, yuk, inspirasinya!

    Bisnis Tanaman Hias

    Sejak awal pandemi di akhir tahun 2019 lalu, hobi tanaman hias memang mulai banyak digemari. Wajar saja, kan, pasalnya saat kasus Covid-19 sedang tinggi-tingginya, banyak orang yang terpaksa berdiam di rumah, sehingga hobi tanaman hias yang bisa dilakukan di rumah pun menjadi pilihan yang menarik.

    Untungnya, hobi ini tetap digemari hingga sekarang sekalipun angka kasus aktif pandemi sudah mulai turun secara signifikan. Nah, tidak ada salahnya bagi pelaku usaha untuk mulai melirik hobi yang satu ini sebagai peluang bisnis.

    Jangan salah, sekalipun berawal sebagai sebuah hobi, bisnis yang satu ini bisa sangat menguntungkan apabila dikelola secara serius, lho! Beberapa jenis tanaman hias, misalnya saja, bisa dibandrol dengan harga jutaan. Sudah terbayang, kan, betapa menguntungkannya peluang ini?

    Baca juga: Pentingnya Inovasi Kreatif untuk Nilai Jual Bisnis yang Unik

    Bisnis Koleksi Vinyl

    Secara bisnis, hobi mengumpulkan vinyl atau piringan hitam sudah sejak lama menjadi sumber keuntungan bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang ini. Bagaimana tidak? Harga piringan hitam sendiri tidak bisa dibilang murah, tentu keuntungan yang diharapkan pun akan sama tingginya, kan?

    Ditambah lagi, hobi yang satu ini umumnya memiliki penggemar yang bisa disebut die hard atau garis keras. Artinya, pelanggan akan rela merogoh kocek cukup dalam untuk memperoleh piringan hitam yang ingin dikoleksinya.

    Menjadikan hobi yang satu ini sebagai sebuah peluang bisnis, pelaku usaha sudah memiliki modal berupa minat pasar yang apabila dikelola dengan sebaik mungkin, dapat menjadi modal untuk membantu bisnis meraup keuntungan dalam jangka panjang. Peluang bisnis yang menarik sekali, kan?

    Jangan ragu untuk terjun ke bisnis hobi, tapi cari terlebih dahulu inspirasi bisnis yang ingin digarap.

    Bisnis Ikan Hias

    Sama seperti bisnis tanaman hias, inspirasi bisnis yang satu ini juga salah satu yang mulai banyak digemari seiring meningkatnya efek pandemi. Latar belakangnya pun sama, hobi ini dapat dilakukan di rumah.

    Di samping itu, untuk bisnis ikan hias, ada lebih banyak produk yang bisa dimaksimalkan penjualannya. Perkaranya, ikan hias tidak hanya bisa dipelihara di kolam saja, tetapi juga bisa dipelihara di dalam akuarium.

    Selain menjual ikan hiasnya, pelaku usaha pun memiliki opsi untuk menjual akuarium maupun aksesori yang berhubungan seperti filter, lampu, hingga batu hias. Dengan banyaknya produk yang bisa dipasarkan, jelas hobi yang satu ini pun bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan.

    Baca juga: Ciptakan Produk Unik dengan Tips Sukses Ini!

    Bisnis Aksesori Otomotif

    Benar memang tidak semua orang memiliki hobi otomotif. Bahkan, mereka yang memiliki mobil pun belum tentu memiliki kegemaran untuk mengotak-atik mobil yang dimilikinya.

    Akan tetapi, mereka yang memang memiliki hobi otomotif, sama seperti kolektor vinyl, kerap kali merasa tak keberatan untuk merogoh kocek lebih dalam untuk memperoleh kepuasan terhadap minat otomotifnya. Oleh karena itu, hobi yang satu ini bisa sekali memanfaatkan peluang ini untuk menambah pundi-pundi pendapatannya.

    Terlebih lagi, ada banyak sekali produk yang bisa diulik dalam bisnis ini, karena mereka yang senang dengan hal-hal berbau otomotif tidak hanya tertarik dengan obrolan terkait mesin saja, tetapi juga aksesori-aksesori lainnya. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

    Bisnis Action Figure

    Inspirasi bisnis berikutnya yang berkaitan dengan hobi adalah bisnis action figure. Memang benar, bisnis yang satu ini mungkin masih belum familier bagi banyak orang, akan tetapi jangan salah, basis penggemarnya bisa dibilang sudah melimpah ruah, lho!

    Bagi yang belum tahu, action figure merupakan model karakter dari manga, light novel, atau karya fiksi apa pun yang umumnya dibuat dari bahan resin atau bahan lainnya. Pangsa pasarnya sudah jelas, bukan, yakni mereka yang memang menggemari karya fiksi atau karakter yang dimaksud.

    Nah, ada banyak sekali inspirasi yang bisa digali jika tertarik untuk melirik bisnis hobi. Agar pengelolaan bisnis lebih maksimal, manfaatkan layanan aplikasi majoo yang sudah dirancang khusus untuk memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis yang ingin menjalankan bisnisnya dengan seru dan menyenangkan!

    Menarik sekali, kan? Yuk, langsung saja berlangganan layanan aplikasi majoo!

    Baca juga: Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menilik Kaitan Barista Cakep dengan Penjualan Coffee Shop
    Barista yang cakep mungkin jadi salah satu alasan konsumen datang ke coffee shop. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya cara meningkatkan penjualan.
    Ide Promosi Tahun Baru sebagai Customer Loyalty Program
    Memberikan promosi tahun baru adalah hal yang sudah biasa dilakukan pebisnis. Bagaimana bila ide tersebut digabungkan dengan customer loyalty program?
    dr. Tirta, Sosok di Balik Cemerlangnya Bisnis Shoes and Care
    Tahukah kamu, dr. Tirta mengawali bisnis Shoes and Care dari sepetak kamar kos? Kini usaha tersebut sudah meraup omzet miliaran rupiah.
    Bikin Konten Bisnis untuk Tingkatkan Omzet Usaha? Hayuk!
    Konten bisnis seperti apa yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan omzet usaha? Platform apa yang sebaiknya dipilih untuk melakukannya?