Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Inspirasi Peluang Bisnis Menjanjikan, Patut Kamu Coba!

    Mencoba peluang bisnis di tahun yang baru bisa dilakukan demi meraup keuntungan.

    Ternyata untuk menjadi pengusaha yang berhasil, peluang bisnis itu bukan hanya dari ide hebat. Namun, kerja keras dan ketekunanlah menentukan nasib kamu sebagai pengusaha sukses.

    Sampai saat ini, telah ada berbagai jenis bisnis yang dapat dikembangkan, lho! Akan tetapi bukan berarti semua jenis peluang bisnis tersebut bisa bertahan lama, sebab semua itu tergantung dari cara pengelolaannya.

    Tak sedikit bisnis yang gulung tikar di tengah jalan karena tergerus perkembangan zaman. Terlebih lagi jika konsep bisnis yang kamu bangun lemah dan tidak mampu bertahan dalam tingginya persaingan.

    Apabila bisnis dikelola dengan baik, dijalani secara konsisten, dan memiliki konsep yang menarik, tentunya bisnismu akan menjadi bisnis yang menjanjikan di masa depan.

    Perlu kamu ketahui bahwa sebuah bisnis harus mampu beradaptasi dan terus berinovasi. Caranya dengan melakukan riset pasar dan juga pengembangan produk baru.

    Dengan mengikuti perkembangan zaman inilah sebuah bisnis akan memiliki kesempatan untuk terus berkembang dan menjadi bisnis yang sustainable. Karena itu, agar bisnis dapat berkembang dan sustainable, pilihlah bisnis yang menjanjikan dan target market-nya luas.

    Lantas pertanyaannya, jenis bisnis apa yang mempunyai peluang bisnis menjanjikan di masa depan dan mudah dalam pengelolaannya? Yuk, simak berikut ini!

    Baca juga: Inspirasi Bisnis Kecil Kecilan Pengusaha Muda (Banget!)

    Agensi Digital Marketing

    Di masa revolusi industri 4.0 saat ini, tak heran jika aktivitas marketing dan sales banyak yang beralih ke platform digital. Beberapa aplikasi yang sering dimanfaatkan sebagai kanal marketing diantaranya Instagram, TikTok, YouTube, WhatsApp, dan Twitter.

    Dengan adanya agensi digital marketing ini bisa menaikkan engagement dan brand awareness dari bisnis klien. Supaya inspirasi bisnis ini bisa berkembang dengan baik dan dianggap kredibel oleh klien, salah satu solusinya yaitu carilah Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam bidang digital marketing.

    Web Developer dan Design

    Penggunaan website yang kembali meningkat turut memengaruhi permintaan pembuatan beserta desain untuk platform tersebut.

    Melalui website, suatu bisnis akan lebih mudah dikenal oleh target market dan target audiens karena website dapat menjadi alat pemasaran dan sarana komunikasi dengan pelanggan.

    Tidak hanya itu saja, dengan adanya website khusus untuk bisnis, basis perusahaan dan portofolionya akan lebih mudah dipahami oleh target audiens sehingga dapat meningkatkan brand awareness suatu perusahaan.

    Penghasilan yang diperoleh dari peluang bisnis ini sangat menjanjikan, lho! Akan tetapi, kamu harus terus konsisten belajar dan membangun brand awareness untuk memperoleh klien potensial, ya.

    Salah satu inspirasi bisnis yang bisa dicoba yaitu web developer dan design.

    Menjual Produk Kreatif

    Jika kamu mempunya keahlian dalam membuat produk kreatif, kamu bisa menciptakan produk hasil daur ulang. Saat ini masih sedikit orang yang menggeluti bisnis modal kecil satu ini, karena kurangnya ketelatenan dalam menjalani bisnisnya.

    Yang harus kamu miliki untuk memulai bisnis ini adalah kreatifitas dalam membuat kerajinan tangan. Kelebihan dari bisnis ini yakni kamu tidak membutuhkan modal yang besar karena bahan baku yang kamu gunakan adalah barang-barang bekas. Barang bekas ini bisa berupa plastik, kertas, kaleng, dan lain sebagainya.

    Barang bekas ini bisa kamu peroleh dengan bekerja sama dengan para komunitas pecinta lingkungan. Selain dapat menjadikan sebagai bisnis, kamu juga membuat sampah menjadi lebih bermanfaat, bukan?

    Baca juga: Intip 5 Inspirasi Bisnis Hobi!

    Seminar Production

    Apabila kamu mempunyai skill dalam me-manage suatu acara, di tahun yang baru ini ada sebuah inspirasi bisnis yang bisa kamu bangun yaitu seminar production. Pekerjaan utama seminar production adalah menyiapkan dan menyelenggarakan seminar-seminar.

    Seminar yang akan diselenggarakan bisa dipesan oleh instansi tertentu atau bisa juga atas inisiatif seminar production milikmu. Kamu dan tim harus merencanakan tema dan isi seminar, mencari narasumber, membuat dan mempromosikan tiket seminar, menyiapkan, menata gedung atau ruang seminar, hingga mengatur jalannya seminar. Keuntungan yang akan kamu dapatkan dari bisnis seminar production ini dari penjualan tiket dikurangi biaya yang dikeluarkan untuk acara tersebut.

    Baca juga: Mencari Inspirasi Toko Online untuk Usaha Rumahan

    Maksimalkan Peluang Bisnis Sukses dengan Modal Kecil

    Di tahun yang baru ini, kamu bisa membangun sebuah bisnis baru dengan modal kecil, kok! Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan peluang bisnis dengan modal kecil ini? Simak beberapa caranya berikut ini.

    • Memilih bisnis yang akan dijalankan. Untuk menentukannya, kamu bisa browsing di internet, membaca artikel, atau berkumpul dengan komunitas bisnis.
    • Pilih target pasar yang tepat untuk menyesuaikan strategi bisnismu. Misalnya, kamu sudah menentukan target pasarmu adalah anak sekolah, untuk harga produk yang kamu jual sebaiknya dapat dijangkau kantong mereka.
    • Melihat tren produk di pasar, amati, modifikasi, dan kembangkan menjadi sesuatu yang lebih bernilai.
    • Sesuaikan dengan modal yang kamu miliki.
    • Berani untuk memulai bisnis dengan membuat business plan.
    • Evaluasi produk yang sudah kamu tawarkan ke pasar, lihatlah review produk dari customer yang membeli produk bisnismu, dan mengamati bisnis kompetitor.
    • Mengikuti seminar atau pameran bisnis.
    • Aktif bergabung dalam komunitas bisnis.

    Menjalankan sebuah bisnis memang dapat mendatangkan banyak keuntungan jika bisnis tersebut sukses. Pada kenyataannya dalam menjalankan peluang bisnis tidak semudah yang dibayangkan, bukan? Dibutuhkan tahapan-tahapan dan perjuangan untuk dapat menuai kejayaan dalam bisnis.

    Saat memilih sektor bisnis, kamu dituntut untuk cermat agar bisnis yang dipilih bisa terus sustainable. Amati juga sektor bisnis dan pasar yang kamu bangun dengan mengikuti perkembangan zaman. Semakin banyak kompetitor dalam sektor bisnismu tentu akan memberikan peluang bisnis yang lebih besar bagi bisnismu untuk memahami pasar.

    Untuk membantu segala operasional bisnismu, kamu bisa menggunakan aplikasi majoo. Aplikasi majoo merupakan aplikasi wirausaha lengkap untuk kelola bisnis maju. Satu aplikasi untuk segala solusi yang bisa kamu gunakan untuk semua jenis usaha.

    Jika kamu ingin menggeluti peluang bisnis baru di tahun depan, yuk, gunakan aplikasi majoo untuk upgrade bisnismu menjadi lebih berkembang!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Menilik Kaitan Barista Cakep dengan Penjualan Coffee Shop
    Barista yang cakep mungkin jadi salah satu alasan konsumen datang ke coffee shop. Namun, hal ini bukanlah satu-satunya cara meningkatkan penjualan.
    Ide Promosi Tahun Baru sebagai Customer Loyalty Program
    Memberikan promosi tahun baru adalah hal yang sudah biasa dilakukan pebisnis. Bagaimana bila ide tersebut digabungkan dengan customer loyalty program?
    dr. Tirta, Sosok di Balik Cemerlangnya Bisnis Shoes and Care
    Tahukah kamu, dr. Tirta mengawali bisnis Shoes and Care dari sepetak kamar kos? Kini usaha tersebut sudah meraup omzet miliaran rupiah.
    Bikin Konten Bisnis untuk Tingkatkan Omzet Usaha? Hayuk!
    Konten bisnis seperti apa yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan omzet usaha? Platform apa yang sebaiknya dipilih untuk melakukannya?