Integrasi GoFood agaknya bukan lagi barang baru di kalangan pelaku usaha kuliner. Harus diakui, sejak munculnya pandemi Covid-19 di akhir tahun 2019 lalu, industri kuliner memang termasuk salah satu bisnis yang paling terdampak dan harus segera berinovasi agar tak cepat gulung tikar.
Bagaimana tidak, kan? Agar pandemi tidak mudah menyebar, pemilik rumah makan diimbau untuk tidak menyediakan layanan dine in kepada pelanggan. Tanpa ada pelanggan yang datang, jelas bisnis tidak akan mampu bertahan. Tak heran jika layanan pesan antar pun dijadikan andalan.
Namun, apa memang benar maraknya layanan pesan antar ini bukan hanya tren semata dan sungguh bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan bisnis? Terlebih sekarang layanan dine in pun tak lagi dilarang, kan?
Layanan Pesan Antar, Layanan Andalan Pelanggan
Memang benar, ramainya pelaku usaha di industri kuliner yang bekerja sama dengan layanan pesan antar sedikit banyak memang dipengaruhi oleh pandemi. Akan tetapi, jika kita cermati lebih dalam, sebenarnya layanan semacam ini sudah cukup populer bahkan sebelum pandemi muncul, lho!
Dengan kata lain, karakteristik masyarakat kita memang sedang beralih dari transaksi konvensional menjadi transaksi online, termasuk untuk makanan dan minuman melalui layanan pesan antar. Keberadaan pandemi Covid-19 tidak memunculkan perubahan tersebut, tetapi bisa dibilang memang mempercepat peralihannya.
Terlepas dari hal tersebut, kita tak dapat menampik kenyataan bahwa saat ini masyarakat kita mulai tertarik untuk memesan makanan secara online tanpa perlu datang langsung ke gerai. Oleh karena itu, jika memang belum, masih belum terlambat rasanya untuk mengintegrasikan bisnis kuliner yang sedang dijalankan dengan layanan pesan antar seperti GoFood!
Baca juga: Menilik Kaitan Ekosistem Digital dengan Kemajuan Usaha Kecil
Mengapa Perlu Memaksimalkan Bisnis dengan GoFood?
Sesungguh-sungguhnya, memang ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis. Mulai dari mengencangkan kegiatan pemasaran melalui iklan dan juga program-program promosi, membuka cabang di tempat baru yang strategis, atau bahkan menurunkan harga jual untuk memperoleh margin keuntungan yang lebih besar.
Meski demikian, cara-cara di atas membutuhkan biaya yang tak sedikit dengan potensi keberhasilan yang tak bisa dijamin secara pasti. Dibandingkan dengan cara-cara tersebut, melakukan integrasi dengan layanan pesan antar yang memang sedang digemari seperti GoFood tentu lebih potensial. kan?
Tak hanya itu, dengan menggandeng GoFood untuk meningkatkan angka penjualan, pelaku usaha pun bisa meraup beragam manfaat lainnya:
Baca juga: Keuntungan Utama Menggunakan Menu Digital Bagi Restoran
-
Proses Integrasi yang Cepat
Di antara beragam bentuk ekspansi bisnis lainnya, membuka saluran penjualan baru melalui GoFood memiliki masa persiapan yang jauh lebih cepat. Apabila pelaku usaha memanfaatkan layanan dari aplikasi majoo untuk mengintegrasikan bisnisnya dengan GoFood, pelaku usaha hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk memiliki gerai online di salah satu penyedia layanan pesan antar yang paling digemari pelanggan ini!
Dengan waktu persiapan yang jauh lebih singkat, pelaku usaha pun dapat lebih cepat mengembalikan fokusnya pada pengelolaan serta pengembangan bisnis yang lebih membutuhkan perhatian, misalnya saja memikirkan menu baru yang akan disukai oleh pelanggan atau strategi bisnis lainnya yang dapat membantu memperbesar pendapatan usaha.
-
Mudah Kelola Pesanan yang Masuk
Nah, jika keuntungan di atas mungkin hanya bisa dinikmati oleh pelaku usaha yang memang belum pernah bekerja sama dengan GoFood sama sekali, lalu keuntungan apa yang bisa diperoleh oleh mereka yang sudah menjadi merchant di platform GoFood?
Tenang, jangan sedih dulu! Bagi pelaku usaha yang memang sudah menjadi merchant, tetap ada keuntungan yang bisa diperoleh, khususnya bagi mereka yang memanfaatkan layanan aplikasi majoo.
Bagaimana tidak? Dengan aplikasi majoo, pelaku usaha sudah tidak perlu lagi kerepotan mengatur setiap pesanan yang masuk; baik yang datang dari GoFood, maupun dari saluran penjualan lainnya.
Karena sudah terintegrasi, artinya layanan yang disediakan oleh platform GoFood pun didukung secara penuh oleh sistem yang digunakan oleh aplikasi majoo. Oleh karena itu, pelaku usaha pun dapat dengan mudah memproses pesanan yang masuk dari GoFood melalui dasbor aplikasi majoo. Terasa semakin mudah, kan?
Baca juga: Maksimalkan Potensi Delivery dan Takeaway di Bisnis Restoran
-
Berikan Banyak Pilihan bagi Pelanggan
Keuntungan lain yang juga dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan bisnis adalah tersedianya banyak pilihan bagi pelanggan untuk menikmati makanan maupun minuman favoritnya.
Menjadi merchant di platform GoFood tidak dilakukan hanya untuk mengejar tren atau gengsi semata karena banyaknya pelaku usaha lain yang sudah melakukannya, tetapi juga membuka saluran penjualan baru bagi pelanggan. Artinya, pelanggan sudah tidak perlu lagi repot-repot mendatangi tempat usaha secara fisik untuk memesan, tetapi cukup dengan membuka telepon genggamnya.
Semakin mudah pelanggan memperoleh produk yang kita tawarkan, tentu semakin tinggi pula tingkat kepuasan yang dimilikinya. Sudah bukan rahasia lagi jika pelanggan yang puas merupakan kunci suksesnya suatu bisnis, kan? Jadi, jika kita bisa menggandeng GoFood untuk memastikan hal tersebut, kenapa tidak?
Tertarik untuk meningkatkan penjualan dengan memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan secara online? Langsung saja lakukan integrasi GoFood melalui aplikasi majoo untuk segera menikmati seluruh keuntungan yang ditawarkannya!
Yuk, jangan menunggu terlalu lama, langsung saja gunakan layanan aplikasi majoo!
Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Customer Relation!