Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Multi Peran Owner Bisnis: Bukan Hanya Sekadar Pemilik!

    Owner bisnis perannya apa saja ya?

    Tidak bisa dimungkiri, masih ada sebagian orang yang mengira bahwa yang namanya owner bisnis itu fungsinya hanyalah sebatas menjadi pemilik. Lantaran sudah memiliki bisnis tersebut, si owner tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Duduk diam dan menunggu keuntungan yang datang. Tunggu, benarkah begitu?

    Perlu kamu tahu, owner bisnis itu harusnya multitasking alias memiliki kemampuan untuk bisa mengerjakan berbagai hal sekaligus. Jadi, setelah membangun dan mendirikan bisnis, ada banyak hal yang membutuhkan fungsi dan peran owner dalam bisnis

    Owner atau pemilik bisnis bisa terdiri dari perseorangan maupun kelompok. Orang yang berinvestasi tanpa berkontribusi langsung sebenarnya juga masih bisa disebut owner. Poin yang paling penting adalah investasi yang telah diberikannya dapat menjalankan seluruh bisnis sehingga menjadi lancar.

    Baca juga: Memahami Perbedaan Owner dan Founder dalam Dunia Bisnis

    Berbagai Peran Owner Bisnis

    Jika ternyata ada beberapa peran owner bisnis, kira-kira apa saja ya? Dari banyaknya peran owner dalam bisnis, secara umum bisa dikategorikan seperti berikut. 

    Memimpin Bisnis atau Perusahaan

    Peran utama owner bisnis tentu saja adalah memimpin bisnis atau perusahaan yang telah ia dirikan. Pemilik perusahaan harus mampu menjadi pemimpin yang memastikan industrinya bisa berjalan dengan lancar. 

    Tanggung jawab ini tentunya tidak mudah untuk dijalankan, banyak owner yang kemudian menyerahkan wewenangnya kepada direktur dan manajer, sebagai pemegang kedudukan tertinggi setelahnya. Selain memastikan bisnis berjalan lancar, pemimpin juga harus aktif berkoordinasi dengan pegawainya.

    Menyediakan Modal dan Berbagai Biaya

    Saat menjalankan sebuah bisnis, modal merupakan hal yang sangat penting. Di sinilah fungsi utama owner bisnis, yaitu menyediakan uang sebagai modal untuk keberlangsungan kegiatan jual beli perusahaannya. 

    Modal yang perlu disediakan mulai dari persiapan biaya produksi, gaji karyawan, hingga biaya promosi, dan semuanya sebisa mungkin harus sesuai dengan rencana keuangan. 

    Menyusun dan Menetapkan Peraturan Perusahaan

    Peran owner dalam bisnis selanjutnya adalah menyusun dan menetapkan peraturan serta kebijakan tertinggi di perusahaan, yang nantinya harus dipatuhi oleh para karyawan. 

    Pembuatan peraturan tersebut tidak bisa sembarangan, harus disesuaikan dengan kondisi serta resiko yang mungkin terjadi. Semua itu dilakukan, agar bisnis di perusahaan tetap berjalan dengan lancar, serta kinerja karyawannya bisa semakin maksimal.

    Baca juga: Contoh Keterampilan Manajerial yang Perlu Dikuasai Pebisnis

     Ada banyak peran dan fungsi dari owner bisnis.

    Melakukan Kegiatan Administrasi

    Ada cukup banyak kegiatan administrasi dalam bisnis yang tidak kalah penting, seorang owner bisnis atau perusahaan harus menguasai bidang tersebut dengan baik. Mulai dari laporan keluar masuk barang, catatan keuangan, urusan pajak, sampai dengan yang berhubungan dengan berbagai surat perizinan.

    Memberikan Tugas kepada Karyawan

    Bisnis skala menengah atau besar pastinya harus memiliki karyawan yang memadai, tugas owner bisnis di sini adalah dengan memberikan pekerjaan atau job desk kepada para pegawainya sesuai dengan keterampilan dan kemampuan yang dikuasai, meliputi marketing, promosi, pengemasan, pengiriman dan lain-lain.

    Mencari karyawan untuk bisnis tentu tidak bisa sembarangan, jika kamu menginginkan bisnis yang lancar, carilah sumber daya manusia yang kompeten. Lakukan proses rekrutmen step by step dengan optimal, agar hasil yang didapatkan juga bisa maksimal. Ingat, salah satu tugas penting owner bisnis adalah memberikan gaji, dan bukan digaji.

    Mengembangkan Strategi Bisnis

    Pengembangan strategi pemasaran harus terus diperbaharui secara berkelanjutan, agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Ini juga merupakan salah satu tanggung jawab owner untuk bisa memenuhi visi misi perusahaan. 

    Perusahaan yang cukup maju biasanya sudah memiliki strategi andalan, karena sudah lebih berpengalaman dalam segala hal, termasuk dalam mengelola pasar dan keuangan yang menjadi hal utama dalam penyusunan rencana bisnis.

    Baca juga: Benarkah Competitive Advantage adalah Faktor Sukses Bisnis?

    Bertanggung Jawab atas Kerugian

    Jika kamu pikir peran owner dalam bisnis hanyalah hal-hal yang bersifat teknis dan cukup menyenangkan, kamu salah. Selain memikirkan cara mendapatkan keuntungan, owner juga perlu tahu cara mengantisipasi kerugian, dan hal-hal yang harus dilakukan jika memang mengalami kerugian. Selain itu, owner juga memiliki peran untuk bisa mencari solusi terbaik, agar tidak semua aspek perusahaan menerima dampak negatif dari kerugian yang diderita, khususnya bagi para karyawan.

    Wah, ternyata menjadi seorang owner bisnis memang tidak mudah ya? Tapi kamu tidak usah khawatir, di zaman serba modern ini ada aplikasi digital yang bisa membantu kamu menjalankan peran owner dalam bisnis dengan baik dan meminimalisir terjadinya kesalahan manajerial. Fitur aplikasi owner dari majoo bisa memudahkan kamu menjalankan dan mengatur bisnis. Pada fitur ini terdapat dashboard penjualan yang berisi monitor penjualan, kas kasir, dan top produk yang bisa membantu kamu memantau penjualan produk dari bisnismu. Jadi owner bisnis di usia muda pastinya asyik, akan lebih asyik lagi kalau kamu mengiringi bisnismu dengan majoo! 

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.
    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.