Punya pertanyaan tentang majoo? Kami dapat membantu!
Icon majoo chat
majoo fab
Hai, majoopreneurs!

Punya pertanyaan terkait fitur dan paket berlangganan majoo? Yuk, segera terhubung dengan kami!

Klik Ingin Berlangganan
majoo fab
Ingin Berlangganan majoo fab
Klik Hubungi CS
majoo fab
Hubungi CS majoo fab

Table of Content

    Produk UMKM yang Jadi Pahlawan di Pasar Internasional


    Sedang mencari inspirasi produk UMKM untuk dijual ke pasar internasional?



    Jika kamu sedang mencari inspirasi produk UMKM untuk memulai usaha, sebenarnya kamu tak perlu terlalu pusing karena dengan kekayaan alam dan juga sumber daya yang ada di Indonesia, sebenarnya produk yang bisa diolah dan dipasarkan di sekitar kita beragam sekali jumlahnya.

    Kualitas bahan yang bisa ditemukan di negeri kita tercinta ini bisa dibilang cukup tinggi. Tak heran jika banyak sekali produk hasil karya pelaku UMKM asal Indonesia yang kemudian menjadi pahlawan di pasar internasional.

    Apa saja, sih, produk-produk yang bisa dijadikan inspirasi untuk memulai dan mengembangkan usaha?

    1. Olahan Hasil Laut

    Sebagai negara kepulauan yang dikelilingi laut, bahkan diapit oleh Samudra Pasifik dan juga Samudra Hindia, hasil laut yang ada di Indonesia bisa dibilang ada banyak sekali macamnya.

    Dilihat dari kebutuhannya, bisnis yang satu ini bisa dibilang sangat menjanjikan karena ada banyak sekali permintaan dari mancanegara untuk produk-produk olahan hasil laut Indonesia. Salah satu contohnya adalah lobster dan tuna.

    Siapa sangka makanan mewah yang sering masuk ke dalam menu restoran-restoran bonafide ini sebenarnya banyak disuplai oleh pelaku usaha asal Indonesia yang mampu memasarkan bahan segar hingga ke luar negeri. Salah satu yang paling terkenal adalah produk lobster yang dijadikan produk andalan oleh Susi Pudjiastuti, pengusaha UMKM yang juga pernah menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan.

    Susi Pudjiastuti awalnya menawarkan lobster hasil olahannya ke restoran-restoran yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Tak ada yang menyangka jika akhirnya produk yang satu ini akhirnya berhasil dipasarkan hingga ke Asia dan juga Amerika yang memang merupakan pasar penikmat lobster dan hasil laut segar lainnya.

    Baca Juga: Yasa Singgih, Pengusaha Muda Sukses di Beragam Bisnis!

    Bagi kamu yang tinggal di daerah pesisir dan ingin memulai usaha secara mandiri, tak ada salahnya untuk mencoba mengolah hasil laut kita yang melimpah, bukan? Siapa tahu kamu berhasil menjadi eksportir ulung yang menyumbang banyak devisa untuk negara dengan produk hasil olahan dari UMKM milikmu!


    Salah satu produk UMKM yang laku di pasar internasional adalah tas kulit model messenger bag.

    1. Olahan Kulit Lembu

    Produk lain yang juga berpotensi laku keras dan menjadi pahlawan ekonomi di pasar internasional adalah produk-produk olahan kulit sapi atau lembu.

    Berbeda dengan kebanyakan negara penghasil daging sapi, peternakan sapi dan kerbau di Indonesia tidak hanya dimanfaatkan untuk menjual dagingnya saja, tetapi juga bagian-bagian lainnya mulai dari susu, tanduk, dan bahkan kulitnya.

    Dari kulit sapi, kamu dapat menghasilkan berbagai macam produk yang juga banyak diminati di luar negeri karena kualitas olahan kulit yang kita hasilkan memang bisa dibilang cukup bagus.

    Bagi kamu yang ingin mencoba produk-produk olahan kulit lembu, kamu bisa memilih untuk menjadi produsen sepatu kulit, messenger bag, atau, jika kamu ingin menghasilkan produk yang lebih eksotis, kap lampu dari bahan kulit.

    Penggunaan kap lampu memang masih asing untuk pasar dalam negeri. Pasalnya budaya kita memang tak terlalu banyak memberi ruang untuk produk yang satu ini. Namun, di luar negeri, khususnya di Eropa dan juga Amerika Serikat, kap lampu merupakan produk yang sangat umum dan bisa ditemukan hampir di setiap rumah, khususnya di samping tempat tidur sebagai lampu baca atau lampu malam.

    Baca Juga: Mengembangkan Bisnis Ke Luar Negeri? Persiapkan Dokumen Ekspor Impor Berikut!

    Jika tertarik, kamu bisa mulai mencari pemasok kulit sapi berkualitas untuk diolah menjadi kap lampu dan dijual ke pasar internasional.

    1. Olahan Kerajinan Rotan

    Dibanding banyak negara lainnya, untuk kerajinan rotan asal Indonesia bisa dibilang sudah sangat terkenal dan populer sekali. Kelenturan serta kuatnya rotan asal Indonesia memungkinkan banyak pelaku usaha untuk mengolahnya menjadi berbagai bentuk kerajinan yang laku keras di luar negeri.

    Salah satu UMKM yang cukup sukses mengekspor kerajinan rotan ke luar negeri adalah Bale Rattan Lombok yang berada di Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

    Siapa sangka dari daerah wisata yang cukup jauh dari ibukota negara tersebut, pelaku UMKM yang ada di sana berhasil memasarkan kerajinan rotan hasil olahannya hingga ke Filipina, India, Dubai, Perancis, Spanyol, dan bahkan sampai ke Amerika Serikat. Produk yang dijadikan andalan adalah tas bulat yang terbuat dari rotan.

    Menarik, bukan? Terlebih keberhasilan Bale Rattan Lombok justru dimulai di tengah situasi pandemi. Dengan memberdayakan ibu-ibu yang ada di Janapria, Bale Rattan Lombok berhasil membuat berbagai kerajinan rotan dengan omzet sekitar Rp30.000.000 tiap bulannya.

    Salah satu keuntungan lainnya bagi kamu yang ingin berkecimpung dalam bisnis kerajinan rotan adalah banyaknya produk akhir yang bisa dihasilkan. Jika Bale Rattan Lombok mengusung tas bulat dari rotan sebagai produk andalannya, kamu bisa mencoba untuk membuat berbagai kerajinan lainnya; mulai dari yang kecil seperti bingkai pigura hingga yang besar seperti meja dan kursi yang juga banyak dicari di pasar internasional.

    Dengan berbagai produk UMKM yang berhasil menjadi pahlawan ekonomi melalui kesuksesannya di pasar luar negeri, tak ada salahnya untuk mengambil salah satunya sebagai inspirasi untuk membangun usahamu sendiri. Untuk pengelolaan bisnisnya sendiri, kamu bisa menggunakan aplikasi majoo dengan berbagai fitur andalannya yang bisa membantumu mengolah setiap usaha yang kamu jalankan dengan mudah, cepat, dan akurat!


    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Inilah Brand yang Berhasil Menerapkan Omnichannel Marketing
    Cek contoh omnichannel marketing yang berhasil dieksekusi oleh brand besar, seperti Starbucks, Timberland, dan Singapore Airlines. Yuk, simak selengkapnya!
    Pelanggan adalah Teman! 5 Alasan Bisnismu Wajib Punya CRM
    Dengan memiliki dan menjalankan sistem CRM, kamu akan tahu persis strategi apa yang harus diambil untuk membuat para customer makin betah berbisnis denganmu
    Cloud Kitchen, Peluang Bagi Bisnis Kuliner untuk Bangkit
    Pada era new normal cloud kitchen dapat menjadi peluang menjanjikan bagi bisnis kuliner. Apa saja sih keuntungan model bisnis cloud kitchen ini?
    5 Usaha Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan Menjelang Idulfitri
    Meskipun Idulfitri kali ini berlangsung di tengah pandemi, tetap ada berbagai peluang usaha sampingan yang bisa kamu jalankan.