Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Ini Dia Contoh Invoice Jasa dan Cara Membuatnya!

    Ini Dia Contoh Invoice Jasa dan Cara Membuatnya!

    Bisnis berbasis jasa ialah bisnis yang hanya menyediakan jasa atau layanan profesional kepada kliennya.

    Invoice merupakan suatu dokumen yang digunakan sebagai bukti pembelian dengan cara mencantumkan jumlah total pembayaran yang wajib dibayarkan oleh seorang klien atau pelanggan. Semua jenis usaha membutuhkan invoice, termasuk bisnis jasa. Walaupun bisnis jasa tidak memiliki barang fisik untuk dijual, tapi bisnis jasa tetap menggunakan invoice sebagai tanda bukti penjualan jasanya. Invoice memiliki peran penting dalam bisnis terutama dalam pengelolaan keuangan perusahaan.

    Jika bisnis yang kamu miliki merupakan bisnis yang menjual jasa atau layanan, berikut ini terdapat contoh invoice jasa dan cara membuatnya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini! 

    Apa Itu Invoice Jasa?

    Invoice pembayaran jasa merupakan dokumen akuntansi yang dikirim oleh bisnis berbasis jasa kepada kliennya untuk meminta pembayaran atas jasa yang telah diberikannya.

    Isi dari invoice jasa, antara lain memberi tahu klien tentang total pembayaran yang perlu dilakukan, batas waktu waktu pembayaran, dan bentuk jasa yang diberikan kepada klien.

    Bisnis berbasis jasa ialah bisnis yang hanya menyediakan jasa atau layanan profesional kepada kliennya. Pekerjaan atau usaha berbasis jasa ini, misalnya pengacara, konsultan bisnis, IT profesional, penulis, editor, fotografer, jasa Event Organizer (EO), stylist taman, dan lain sebagainya.

    Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin membuat invoice jasa, antara lain:

    • Invoice dibuat sesuai dengan jasa yang akan diberikan kepada klien atau pelanggan. Umumnya, pembayaran invoice jasa bisa dilakukan sesudah maupun sebelum, tergantung dengan kesepakatan yang telah dilakukan. Ada juga yang biasanya meminta Down Payment (DP) sebagai bagian dari persetujuan kedua belah pihak.
    • Invoice biasanya dikirimkan satu kali terhadap para klien atau pelanggan. Namun, di beberapa kasus, ada juga invoice yang dibuat setiap bulannya jika jasa yang diberikan berkelanjutan. Misalnya, kamu mempunyai bisnis bimbingan belajar, kamu bisa mengirimkan invoice berkala setiap bulan atau periodenya sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui.

    Secara tidak langsung, pembuatan invoice jasa akan memperbarui catatan pada buku piutang dagang, sehingga adanya pembuatan invoice tagihan juga masuk ke dalam pencatatan piutang. Pembuatan invoice dengan metode manual disarankan untuk menggunakan formulir dengan nomor urut tercetak. Namun kini, pembuatan invoice telah banyak menggunakan sistem komputer ataupun software karena dirasa lebih mudah digunakan.

    Rincian di dalam invoice jasa membantu klien dalam melakukan pembayaran tepat waktu.

    Manfaat Invoice bagi Perusahaan

    Invoice diperlukan terutama bagi perusahaan yang kerap melakukan transaksi khususnya jasa. Berikut ini beberapa manfaat invoice jasa yang perlu kamu tahu, antara lain:

    Sebagai Bukti Pembayaran

    Sesuai dengan fungsinya, invoice digunakan sebagai dokumen penagihan kepada klien atau customer. Tak jarang, terdapat beberapa perusahaan yang tidak membayar jika hanya ditagih melalui telepon atau email. Invoice jasa memiliki rincian lengkap tentang jasa yang harus dibayarkan, sehingga klien akan mengetahui dengan dengan jelas jasa yang harus dibayarkan. Klien dapat menggunakan invoice sebagai bukti transaksi pembayaran agar tidak dikenai biaya penalti karena keterlambatan pembayaran. 

    Memastikan Pembayaran Tepat Waktu

    Isi dari invoice jasa, antara lain memuat informasi tentang tanggal jatuh tempo pembayaran, cara dan syarat pembayaran, dan nilai jasa yang diberikan. Rincian ini membantu klien dalam melakukan pembayaran tepat waktu.

    Jika kamu mempunyai bisnis jasa dan sudah mengirimkan invoice kepada klien, tapi mereka terlambat membayar, kamu bisa menjadikan invoice tersebut sebagai acuan untuk menetapkan sanksi atau bunga pembayaran kepada klien.

    Baca juga: 8+ Contoh Invoice Tagihan dan Fungsinya 

    Memberikan Data yang Detail

    Invoice menyimpan data-data penting secara lebih detail. Data tersebut dapat digunakan untuk menghitung berbagai hal, misalnya akumulasi transaksi dalam satu bulan, jumlah uang masuk dan keluar, nama jasa yang digunakan klien, dan lain sebagainya. Karena itu, dengan adanya data-data yang detail tersebut, perusahaan bisa melihat bahwa bisnis bisa berkembang atau tidak. 

    Mempermudah Urusan Perpajakan

    Perusahaan biasanya perlu membayar pajak tertentu dan guna dari invoice ini sebagai catatan untuk mempermudah urusan perpajakan tersebut. Invoice ini dapat digunakan untuk memverifikasi jika ada perbedaan dalam tagihan pajak dengan jumlah pajak yang dibayarkan. Selain itu, invoice juga berguna untuk mengajukan pengembalian pajak jika terjadi kelebihan bayar.

    Baca juga: 7 Contoh Tanda Terima Dokumen Kamu Wajib Tahu 

    Cara Membuat Invoice Jasa

    Untuk menulis invoice untuk jasa yang disediakan, usaha kecil harus mengikuti langkah-langkah dalam membuat invoice berbasis layanan ini: 

    1. Mengembangkan Template Invoice Jasa

    Semua bisnis berbasis jasa harus mengembangkan template invoice yang sesuai dengan bisnis mereka. Template dari invoice ini harus menampilkan branding bisnis termasuk logo, font publik, dan palet warna.

    Template invoice jasa harus sederhana, profesional, dan menampilkan informasi paling penting tentang invoice, misalnya informasi bisnis, jumlah yang harus dibayar, dan tanggal jatuh tempo.

    Kamu dapat membuat desain invoice jasa dengan mengunduh template invoice gratis di internet atau berlangganan software khusus untuk membuat invoice. 

    2. Mencantumkan Nama Bisnis dan Informasi Kontak yang Bisa Dihubungi

    Di kop invoice jasa bisnismu, sertakan logo atau nama bisnis, alamat bisnis, alamat email, dan nomor telepon. Pencantuman beberapa rincian ini agar klien dapat dengan mudah menghubungi jika ada pertanyaan tentang invoice jasa yang kamu berikan. 

    3. Menyertakan Nama dan Detail Kontak Klien

    Selain itu, kamu harus memasukkan nama dan detail kontak klien, termasuk nama kontak, alamat bisnis, nomor telepon, dan alamat email mereka. Jika pada perusahaan besar, kontak penagihan seringkali ditujukan kepada orang yang berbeda dari kontak harian untuk masalah kerjaan.

    4. Menetapkan Nomor Invoice Jasa

    Setiap invoice yang dibuat harus menyertakan nomor invoice. Nomor invoice ini berfungsi sebagai referensi penting ketika kamu perlu membahas invoice tertentu dengan klien dan juga membantu merampingkan proses pencatatan transaksi bisnis. Nomor invoice ini biasanya mencakup angka, huruf, atau campuran keduanya.

    5. Tulis Tanggal Penerbitan Invoice Jasa

    Sertakan tanggal pada invoice jasa yang akan kamu kirim ke klien. Kamu dapat memasukkan tanggal tertentu saat kamu mengeluarkan invoice, atau sebagai gantinya, kamu bisa memasukkan periode penagihan.

    Baca juga: Proforma Invoice adalah: Dokumen Penting Untuk Bisnis 

    6. Detail Jasa yang Diberikan

    Di dalam invoice harus mencakup detail jasa yang telah kamu berikan kepada klien selama siklus penagihan. Untuk memasukkan detail jasa tersebut kamu harus mencantumkan beberapa poin seperti berikut ini.

    • Buat daftar jasa dengan deskripsi singkat tentang pekerjaan yang diselesaikan.
    • Sertakan jam kerja atau jumlah yang disediakan sebagai tambahan untuk setiap jasa.
    • Buat daftar tarif pembayaran untuk setiap jasa yang disediakan.
    • Buat total atau jumlah dari pembayaran untuk setiap layanan yang terdaftar tersebut. 

    7. Sertakan Pajak yang Berlaku

    Pajak yang kamu kenakan untuk klien atas jasa yang kamu berikan akan sangat tergantung pada lokasi bisnis dan jenis bisnismu.

    8. Informasikan Ketentuan Pembayaran dan Jatuh Tempo

    Menginformasikan ketentuan pembayaran sesuai dengan kesepakatan juga penting dan harus tercantum dalam invoice. Tentunya sebagai pemilik bisnis, kamu penting untuk mengetahui dan mendapat kepastian tentang pelunasan pembayaran dari klien.

    Umumnya, invoice memiliki jangka waktu 30 hari sejak diterbitkan yang artinya pihak klien harus membayar dalam batas waktu tersebut. Supaya tidak telat bayar dan mendapat biaya pinalti keterlambatan, biasanya dilabeli dengan n/30 atau net 30. 

    9. Tentukan Metode Pembayaran

    Tentukan metode pembayaran yang akan kamu terima dari klien untuk jasa yang telah kamu berikan, misalnya berupa cek, kartu kredit, uang tunai, pembayaran online, dan setoran bank langsung. Ide yang baik menawarkan sebanyak mungkin pilihan pembayaran agar memberikan fleksibilitas kepada klienmu. 

    10. Menyertakan Total Uang yang Harus Dibayar

    Di dalam invoice jasa harus mencakup total uang yang harus dibayar oleh klien. Informasi total uang ini harus menonjol serta menggunakan font besar dan tebal.

    11. Stempel atau Tanda Tangan Resmi

    Elemen penting yang terakhir yaitu mencantumkan stempel ataupun tanda tangan resmi sebagai bentuk pengesahan invoice.

    Baca juga: Nota Kredit: Tujuan, Fungsi, dan Contoh 

    Contoh Invoice Jasa

    Dalam dunia bisnis memang terdapat bermacam-macam invoice yang diterbitkan oleh bisnis atau perusahaan. Untuk memberikan pemahaman yang lebih lengkap, berikut ini beberapa contoh invoice jasa. Siapa tahu kamu ingin memodifikasinya, bukan?

    Contoh Invoice Jasa Proyek


    Sumber: berita.99.co

    Contoh Invoice Jasa Training

     

    Sumber: dailysocial.id 

    Contoh Invoice Jasa Web Design


    Sumber: rukita.co

    Contoh Invoice Jasa Tour and Travel


    Sumber: rukita.co

    Contoh Invoice Jasa Konsultan

     

    Sumber: rukita.co

    Penutup

    Voila! Semoga sampai tahap ini kamu sudah lebih memahami mengenai contoh invoice jasa dan cara membuatnya, ya! Sekali lagi, kamu tak perlu menunggu sampai perusahaanmu tumbuh besar dengan omzet miliaran dan kamu bisa memulai membuat invoice sejak dari pesanan pertama dari pembeli.

    Butuh bantuan majoo untuk bisnis kamu? Tenang saja, majoo siap membantu kapan pun kamu butuhkan! Yuk, gunakan majoo segera!

    Referensi

    • https://finance.detik.com/solusiukm/d-6325852/contoh-invoice-pembayaran-serta-jenis-dan-cara-membuatnya
    • https://www.gramedia.com/literasi/contoh-invoice-perorangan-ke-perusahaan/
    • https://www.jurnal.id/id/blog/cara-membuat-invoice/#Memiliki_Sistem_Pencatatan_yang_Baik

     

    Sumber Gambar

    rukita.co

    berita.99.co

    dailysocial.id

    freepik.com

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Marketing Mix 7P: Pentingnya Implementasi Dalam Bisnis
    Strategi marketing mix perlu diimplementasikan oleh perusahaan untuk memenuhi target penjualan produk guna mendapatkan profit yang optimal.
    Bank Garansi adalah: Contoh, Tujuan, Fungsi
    Berbeda dari banyak bank lain yang kita kenal, bank garansi adalah bentuk jaminan dari bank yang bisa dimanfaatkan untuk kembangkan bisnis. Apa maksudnya?
    5 Contoh Surat Pengalaman Kerja
    Bermaksud pindah kerja? Siapkan satu jenis surat penting sebagai penunjangnya. Surat pengalaman kerja biasanya tidak perlu dilampirkan bersama CV.
    Laporan Keuangan Perusahaan Jasa: Kenali Jenis & Contohnya!
    Tak hanya perusahaan dagang, bisnis yang bergerak di sektor jasa pun perlu membuat laporan keuangan perusahaan jasa. Yuk, kenali jenis dan contohnya!