Table of Content

    Doorprize adalah: Definisi dan Macam-Macam Doorprize

    Doorprize menjadi satu hal yang ditunggu-tunggu pada sebuah acara

    Banyak ditemukan dalam pengumuman hadiah pada sebuah acara tertentu, doorprize menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh pesertanya.

    Agar sebuah acara menjadi lebih meriah dan tentu saja diikuti oleh banyak peserta, umumnya panitia penyelenggara akan menyiapkan doorprize sebagai hadiah yang akan dibagikan di penghujung acara.

    Seringkali, peserta merasa lelah dan bosan saat mengikuti sebuah acara. Dengan mengadakan undian doorprize, hal ini bisa menjaga semangat peserta agar terus mengikuti acara tersebut hingga selesai.

    Sudah pasti kamu ingin seluruh peserta tetap merasa senang mengikuti acara yang kamu buat kan! Nah, untuk lebih memeriahkan acaranya, kamu bisa menyiapkan doorprize untuk para peserta yang beruntung. Simak penjelasannya berikut ini!

    Definisi Doorprize

    Istilah doorprize bisa diartikan sebagai karcis berhadiah. Doorprize merupakan hadiah yang diberikan melalui undian kepada pemegang tiket yang dibeli atau dibagikan pada pesta atau acara lainnya.

    Biasanya, doorprize jumlahnya terbatas, sehingga untuk mendapatkannya harus melalui pengundian. Namun, ada juga acara yang memberikan doorprize kepada semua pengunjungnya yang hadir.

    Beberapa acara menyediakan doorprize untuk menarik perhatian orang agar datang mengunjungi atau ikut serta pada suatu acara yang akan diselenggarakan. 

    Selain doorprize, di beberapa sektor tertentu seperti perbankan, kadang memberikan grand prize. Lalu, apa perbedaannya?

    Grand prize adalah hadiah utama. Grand prize sering dijadikan sebagai hadiah andalan, hadiah paling mahal, atau hadiah yang paling mewah dan biasanya hanya disediakan untuk satu pemenang saja.

    Lantas, siapa yang berhak mendapatkan grand prize ini? Cara yang sama dilakukan untuk menentukan pemenang dari grand prize ini, yaitu dengan mengundi kupon yang sudah dibagikan. 

    Baca juga: Merancang Program Loyalti untuk Menarik Pelanggan

    Macam-Macam Doorprize

    Pemberian undian doorprize ini beragam macamnya. Apabila dikategorikan menurut bentuk aplikasinya, maka doorprize dapat terbagi menjadi tiga bentuk, yaitu:

    1. Undian Doorprize Tanpa Syarat

    Undian doorprize tanpa syarat adalah undian yang diberikan secara gratis oleh penyelenggara tanpa syarat apapun. Seringkali, undian seperti ini terjadi di pameran, pesta, atau acara-acara lainnya.

    Umumnya, bentuk doorprize seperti ini diadakan untuk dapat menarik minat pengunjung untuk datang ke acara tersebut.

    2. Undian Doorprize dengan Syarat 

    Undian yang satu ini merupakan yang paling sering ditemui. Undian doorprize dengan syarat adalah undian yang mengharuskan seseorang membelanjakan dengan sejumlah uang tertentu di tempat tersebut agar bisa mendapatkan kuponnya.

    Jenis doorprize ini sering ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan, pasar, atau toko.

    3. Undian Doorprize dengan Mengeluarkan Biaya

    Selanjutnya, ada bentuk undian doorprize yang mengharuskan penerimanya mengeluarkan biaya tertentu untuk bisa menebus hadiah doorprize yang didapatkan.

    Bentuk undian seperti ini kerap kali dijumpai pada stasiun televisi. Sebagai bentuk promosi dari produknya, produsen mengiklankan atau bekerja sama dengan di sebuah acara pada stasiun televisi.

    Di sela-sela acara tersebut, nantinya akan ada kuis yang akan memberikan pertanyaan seputar produk yang sedang diiklankan. Berikutnya, konsumen diminta menjawab kuis dengan mengirimkan jawabannya melalui SMS atau nomor yang tertera.

    Bagi yang berhasil menebak jawabannya dengan benar, produsen akan mengundi nomor telepon tersebut untuk dapat menentukan pemenangnya. Kemudian, hadiah akan dikirim ke tempat tinggal pemenang menggunakan jasa pengiriman yang sudah ditentukan.

    Tentu saja, untuk bisa menerima hadiah yang dikirimkan, pemenang mesti mengeluarkan biaya pengiriman sesuai dengan kemasan hadiah doorprize tersebut.

    Baca juga: Rekomendasi Pemberian Customer Reward untuk Loyalty Program

     Bermacam-macam barang yang bisa dijadikan hadiah doorprize

    Contoh Acara yang Sering Memberikan Doorprize

    1. HUT RI/Institusi

    Merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia atau suatu Institusi, seperti perbankan juga bisa menjadi salah satu acara yang menyediakan doorprize untuk dibagikan.

    Acara ini biasanya diselenggarakan dengan dukungan dari Pemerintah Daerah atau Instansi yang memiliki pembiayaan yang besar, sehingga bisa menyediakan doorprize yang cukup banyak dan tentunya sangat menarik.

    2. Jalan Sehat

    Jalan sehat merupakan salah satu acara yang mengundang banyak orang untuk berpartisipasi. Baik bersifat umum maupun internal sebuah institusi. Untuk meramaikan acaranya, banyak penyelenggara yang menyediakan beberapa doorprize menarik bagi pesertanya.

    Tiket undian bisa didapatkan saat melakukan registrasi atau saat peserta mencapai garis akhir. Kemudian, biasanya akan diundi mendekati akhir acara.

    3. Seminar atau webinar

    Walaupun seminar merupakan acara yang formal, tidak menutup kemungkinan panitia menyediakan doorprize untuk peserta supaya tetap bersemangat mengikuti kegiatan seminar.

    Hadiah doorprize-nya pun akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi di dalam acara tersebut, agar tetap menarik minat seluruh pesertanya.

    Jika acara tersebut dilangsungkan secara online, maka hadiahnya akan dikirimkan melalui jasa pengiriman langsung ke alamat pemenang.

    4. Karnaval

    Acara lain yang juga banyak menyediakan doorprize adalah karnaval. Dengan banyaknya atribut yang digunakan selama karnaval berlangsung, tentunya membuat peserta merasa lelah.

    Untuk itu, panitia menyediakan hadiah untuk semua peserta supaya semangat mengikuti karnaval sampai di akhir acara.

    Ide untuk Hadiah Doorprize 

    Umumnya, hadiah doorprize dibagi menjadi dua, yakni hadiah hiburan dan hadiah utama. Hadiah tersebut akan dikemas agar terlihat lebih menarik dan membuat peserta penasaran akan isi hadiah tersebut. Di bawah ini, ada beberapa ide yang bisa dijadikan sebagai hadiah doorprize, diantaranya:

    1. Merchandise

    Merchandise merupakan salah satu barang yang bisa dijadikan sebagai doorprize. Merchandise ini pun banyak macamnya, mulai dari tumbler, kaos, dan totebag.

    Dengan kemasan yang unik, ini bisa menjadi hadiah yang menarik untuk peserta yang mendapatkannya.

    2. Voucher

    Tidak selalu harus berupa barang, doorprize juga bisa berupa voucher menarik yang bisa digunakan oleh peserta dalam periode waktu tertentu.

    Beberapa voucher yang bisa diberikan, antara lain voucher potongan belanja, voucher liburan gratis, atau voucher makan di restoran tertentu.

    Menarik lagi apabila peserta bisa menentukan sendiri paket voucher apa yang ingin dimiliki. Seperti, bebas menentukan destinasi wisata atau restoran yang ingin didatangi.

    3. Sepeda

    Meningkatnya kecintaan masyarakat akan sepeda, bisa jadi momentum yang baik untuk memilih sepeda sebagai hadiah doorprize. Sepeda juga bisa jadi hadiah yang bermanfaat bagi penerimanya.

    Jenis sepeda yang bisa dijadikan hadiah juga beragam. Kamu bisa memilih jenis sepeda yang sedang tren, seperti sepeda gunung, sepeda lipat, atau road bike.

    Baca juga: Efektifkah Rewards Point dalam Pengembangan Bisnis Digital?

    4. Peralatan Elektronik

    Hadiah yang bisa dipilih selanjutnya adalah peralatan elektronik. Peralatan elektronik menjadi hadiah yang paling umum dijadikan doorprize.

    Beberapa peralatan elektronik tersebut, antara lain lemari es, televisi, mesin cuci, setrika, atau kompor listrik.

    Peralatan elektronik juga bisa menjadi hadiah utama yang akan membuat suasana semakin meriah. 

    5. Produk UMKM

    Selain barang-barang di atas, kamu juga bisa menjadikan produk-produk UMKM seperti kerajinan tangan, makanan kemasan, bahan pakaian, atau tas sebagai hadiah doorprize.

    Secara tidak langsung, ini juga bisa menjadi momentum untuk memperkenalkan produk UMKM ke masyarakat luas.

    Kesimpulan

    Doorprize adalah hadiah yang diberikan kepada pemilik kupon yang bisa didapatkan melalui undian. Undian doorprize bisa didapatkan secara gratis atau dengan membeli barang dengan jumlah nominal tertentu.

    Hadiah doorprize bisa bermacam-macam, tergantung tema acara atau penyelenggara acaranya. Bisa berupa voucher, alat elektronik, merchandise, dan lain sebagainya. Seringkali, doorprize dijadikan daya tarik pada suatu acara, agar orang-orang mau mengikuti acara tersebut hingga selesai. 

    Jika kamu seorang pebisnis, kamu bisa memberikan hadiah yang mirip seperti doorprize kepada semua pelangganmu. Tentu saja ada pertimbangan tertentu agar pelanggan bisa mendapatkan hadiah dari tempat usahamu.

    Bentuk doorprize yang bisa kamu berikan bisa berupa voucher, poin, bahkan hadiah langsung bagi pelanggan-pelanggan terpilih. Agar bisa mengelompokkan pelanggan lebih mudah, kamu perlu memiliki aplikasi POS yang akan membantumu mengumpulkan data dari setiap pelanggan yang datang.

    Di sisi lain, kamu juga bisa mengatur promo, poin, dan membuat loyalty card dengan bantuan aplikasi POS ini. Sangat membantu, bukan? Tunggu apa lagi, daftarkan usahamu dan nikmati program layanan pelanggan ini. Kembangkan usahamu bersama aplikasi POS majoo.

    Upcoming Event

    Ikuti event-event yang sangat bermanfaat buat kamu.

    Lihat semua event

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    9 Cara Memulai Bisnis dari Nol, Perhatikan Di Sini!
    Diperlukan langkah dan strategi yang matang untuk memulai sebuah bisnis. Pertimbangan ini dapat membantumu melewati setiap hambatan yang mungkin terjadi.
    Tokopedia Paylater adalah Bentuk Kenikmatan Belanja Online
    Tokopedia Paylater membantu lebih dari 100 juta pelanggan aktif Tokopedia untuk beli sekarang bayar nanti. Mau mencoba? Baca dulu tipsnya!
    RAB adalah Rencana Anggaran Biaya, Bagaimana Cara Buatnya?
    RAB adalah singkatan dari rencana anggaran dan biaya, lalu mengapa dokumen yang satu ini sangat dibutuhkan oleh pemilik usaha dalam operasional bisnis?
    Stakeholder adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenis
    Operasional sebuah bisnis mustahil dijalankan tanpa adanya peran stakeholder. Namun, seberapa penting sebenarnya keberadaan peran ini dalam bisnis?