Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Asah Pandangan Visioner dan Pola Pikir Bisnis yang Modern

    Pola pikir bisnis yang modern merupakan modal untuk lancar melakukan pengembangan bisnis.

    Selain dalam bentuk tabungan, mempunyai pola pikir bisnis yang modern sesungguhnya juga merupakan modal yang harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha. Yap, benar sekali! Agar sukses memulai atau mengelola suatu bisnis, uang saja tidak cukup, lho!

    Wajar saja, kan? Sebanyak apa pun tabungan yang dimiliki oleh seseorang, apabila pola pikir yang digunakannya tidak dapat mengikuti perkembangan zaman, tentu akan tetap sulit untuk mengelola bisnis yang mampu bertahan menghadapi berbagai terpaan.

    Namun, apakah memang benar demikian? Mengapa pelaku usaha perlu memiliki pola pikir yang modern agar mampu mengelola bisnis dengan lancar? Daripada penasaran, mari kita simak penjabarannya bersama-sama, yuk!

    Baca juga: 5 Rahasia Bangun Bisnis dari Nol sampai Dapat Investor!

    Tidak Hanya Berlaku untuk Bisnis Modern Semata

    Banyak yang beranggapan bahwa pola pikir yang modern hanya berlaku untuk bisnis yang juga modern, padahal kenyataannya tidak demikian. Berbeda dengan model bisnis yang dijalankan, pola pikir merupakan sesuatu yang lebih abstrak dan sifatnya internal di dalam diri kita sendiri.

    Oleh karena itu, baik menjalankan bisnis dengan sifat yang modern maupun konvensional sekalipun, pola pikir yang berpandangan maju dan visioner tetap dapat diterapkan dengan baik untuk meningkatkan penjualan.

    Bukan tidak mungkin juga, lho, seseorang yang membuka usaha warung kelontong dapat meningkatkan penjualannya hingga berkali lipat karena ia tak ragu untuk mengasah pandangan visioner serta pola pikir modern yang dimilikinya!

    Baca juga: Toko Kelontong untuk Kebutuhan dengan Gaya Modern?!

    Penerapan Pandangan Visioner dalam Bisnis Konvensional

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha untuk menerapkan cara pandang yang modern sehingga dapat dengan lancar mengembangkan bisnisnya, sekalipun mungkin bisnis model yang dijalankannya sesungguhnya tergolong konvensional:

    Jeli dalam Melihat Peluang Bisnis

    Saat melihat sampah plastik, sebagian besar orang mungkin akan segera berlalu tanpa memikirkannya terlalu jauh. Namun bagi mereka yang pola pikirnya sudah terbentuk dan visioner, bukan tidak mungkin sampah yang dilihatnya tersebut akan diolah lagi untuk meningkatkan nilai jualnya.

    Jeli dan selalu mempertanyakan sesuatu merupakan salah satu karakteristik dari mereka yang berpola pikir modern. Bahkan, ketika melihat sampah yang banyak diabaikan orang pun, mereka akan bertanya-tanya apa lagi yang bisa dilakukan terhadap sampah tersebut untuk mengantongi cuan.

    Pada kenyataannya, peluang bisnis memang ada di mana pun, tetapi hanya mereka yang visioner saja yang bisa melihatnya sebagai peluang. Terlebih lagi, jeli melihat peluang tidak hanya berguna pada saat memulai bisnis saja.

    Ketika seorang pelaku usaha sudah berfokus untuk menjalankan sebuah bisnis, misalnya saja, pandangan yang maju ke depan akan membantunya menemukan peluang-peluang strategi lain yang bisa mempermudah pengembangan bisnisnya tersebut.

    Pola pikir bisnis yang modern dapat membantu pelaku usaha lebih jeli dalam melihat peluang.

    Cepat Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi

    Memiliki pandangan visioner tak ubahnya memiliki visi atau pandangan yang jauh ke depan; termasuk dalam melihat pentingnya pemanfaatan produk-produk perkembangan teknologi.

    Pelaku usaha yang bergerak di bidang bisnis konvensional sekalipun, akan dapat dengan mudah melihat manfaat penggunaan produk-produk teknologi untuk meningkatkan penjualan produknya. Ingat, di era yang sudah serba digital seperti sekarang, pengembangan bisnis konvensional sekalipun tetap dapat melibatkan beragam platform digital yang sudah tersedia.

    Platform-platform digital ini tidak hanya tersedia sebagai saluran penjualan yang baru saja, lho! Selain menjadi saluran penjualan, pelaku usaha juga dapat memaksimalkan berbagai macam platform digital sebagai media pemasaran. Pada kenyataannya, praktik ini memang bukan sesuatu yang aneh lagi.

    Baca juga: 5 Teknologi Resto Terbaru! Yuk Upgrade Biar Gak Kudet!

    Memahami Pentingnya Pemasaran yang Kreatif

    Kegiatan pemasaran yang kerap ditemukan dalam pengembangan bisnis konvensional umumnya cukup terbatas dan monoton, artinya bisa saja ada lebih dari satu bisnis berbeda yang menggunakan cara serupa dalam memasarkan produk dan juga jasanya.

    Namun, situasi ini tak lagi jadi halangan bagi pelaku usaha yang sudah memiliki pola pikir modern. Bagaimana tidak, pola pikir yang sudah maju ini umumnya dapat mendorong pelaku usaha untuk mencari inovasi dalam bidang pemasaran kreatif.

    Sebagai contoh, memasang influencer di media sosial sebagai brand ambassador merupakan praktik yang terlahir dari pola pikir ini, lho! Awalnya, influencer adalah pengguna media sosial biasa yang mungkin sama sekali tidak berkaitan dengan dunia bisnis. Namun, dengan jumlah pengikut yang besar, iklan yang memasang sosok mereka pun dirasa lebih menjual.

    Apabila dulu tak ada yang memiliki pandangan visioner dan melihat efek positif yang bisa diberikan influencer di media sosial terhadap bisnis, tentu praktik endorsement yang ada sekarang bukanlah sesuatu yang wajar lagi ditemui.

    Nah, memiliki pandangan jauh ke depan serta pola pikir bisnis yang modern jelas akan menguntungkan baik untuk model bisnis konvensional maupun model bisnis terbaru. Namun, keuntungannya jelas akan lebih besar lagi apabila pola pikir yang sudah sangat maju ini dibarengi pula dengan berlangganan layanan aplikasi majoo!

    Setiap fitur yang ada dalam aplikasi majoo sudah dirancang sedemikian rupa untuk membantu pelaku usaha meningkatkan pendapatan bisnisnya sekaligus mempermudah pengelolaan operasional bisnis. Menarik sekali, kan? Yuk, gunakan aplikasi majoo sekarang juga!

    Baca juga: Kebebasan Berkreasi dalam Digital Campaign bagi UMKM

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Ingin Jualan di Media Sosial? Kamu Wajib Baca Ini!
    majoo punya beberapa tips nih, agar kamu bisa memaksimalkan penjualan melalui media sosial. Yuk, disimak!
    Memaksimalkan Bisnis secara Optimal dengan Integrasi GoFood
    Ada banyak cara untuk memaksimalkan bisnis, salah satunya dengan melakukan integrasi GoFood. Wah, maksudnya bagaimana, tuh?
    Bagaimana Digital Marketing Bisa Membantumu Perluas Pasar?
    Saat ini merupakan era menarik bagi digital marketing. Berkat pemasaran digital, bisnis lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen dan memperluas pasar.
    Mengapa Pelaku Usaha Perlu Memahami Karakter Gen Z?
    Mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan karakter Gen Z dalam menjalankan operasional bisnis? Apa, sih, yang akan terjadi jika tidak dilakukan?