Informasi Umum
Halaman Daftar Pengeluaran memuat semua pos pengeluaran yang muncul selama bisnis Anda beroperasi. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah melacak transaksi apa saja yang menyebabkan terjadinya kas keluar dalam periode waktu tertentu.
Menggunakan Halaman Daftar Pengeluaran
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan fitur-fitur yang ada di halaman Daftar Pengeluaran.
1. Untuk masuk ke halaman Daftar Pengeluaran, lakukan login ke dashboard dan pilih menu Keuangan > Pengeluaran > Daftar Pengeluaran
2. Layar akan otomatis menampilkan semua pos pengeluaran di outlet Anda
3. Gunakan search bar untuk melakukan pencarian catatan pengeluaran berdasarkan nomor transaksi
4. Gunakan filter tanggal untuk menampilkan daftar pengeluaran dari rentang waktu tertentu
5. Untuk menampilkan daftar pengeluaran berdasarkan status tertentu, gunakan tombol filter yang ada di sisi kanan layar
6. Untuk menambah catatan pengeluaran baru, klik + Tambah Pengeluaran
7. Setelah masuk ke halaman Tambah Pengeluaran Kas & Bank, lengkapi semua detail informasi yang dibutuhkan. Hal ini meliputi outlet, nomor transaksi, akun asal, tanggal transaksi, detail akun, nominal, dan catatan tambahan. Lanjutkan dengan klik Simpan.
8. Layar akan menampilkan jendela konfirmasi. Klik Ya, Lanjutkan. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman utama dan catatan pengeluaran yang baru saja dibuat akan langsung tersimpan di dashboard
9. Untuk menghapus sebuah catatan pengeluaran yang masih berstatus draft, Anda bisa klik di ikon berbentuk pensil
10. Setelah masuk ke halaman Ubah Pengeluaran Kas & Bank, klik ikon berbentuk tempat sampah yang ada di sudut kiri bawah layar
11. Layar akan menampilkan jendela konfirmasi. Klik Ya, Lanjutkan. Jika semua langkah dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman utama dan draft terkait telah berhasil dihapus.
12. Untuk mengunduh laporan pengeluaran yang tengah tampil di layar, klik Ekspor Laporan
13. Layar akan menampilkan jendela konfirmasi. Klik Ya, Lanjutkan. Jika semua langkah dilakukan dengan benar, laporan akan otomatis terunduh ke perangkat Anda dalam format Excel.
Mencatat Pengeluaran
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencatat pengeluaran di dashboard keuangan majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo dan pilih opsi Keuangan > Pengeluaran > Daftar Pengeluaran
2. Setelah masuk halaman Daftar Pengeluaran, klik Tambah Pengeluaran
3. Lakukan pengaturan outlet
4. Isikan nomor transaksi (opsional), jika dikosongkan akan otomatis diisi oleh sistem
5. Pada bagian Akun Asal, pilih akun yang akan digunakan untuk mencatat pengeluaran. (Contoh: Rekening Bank)
6. Selanjutnya tentukan tanggal dan waktu transaksi sesuai kebutuhan
7. Selanjutnya fokus ke bagian Detail Pengeluaran dan klik Pilih Akun
8. Pilih akun pengeluaran sesuai kebutuhan, lalu klik Simpan. Misalnya: Listrik.
9. Lanjutkan dengan memasukkan deskripsi dan nominal beban pengeluaran
10. Anda bisa memberikan keterangan tambahan dan melampirkan berkas bukti transaksi jika dibutuhkan
11. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu klik Simpan
12. Klik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi
13. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar