Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    • Solusi
    • Fitur
    • Persiapan Mudah dan Cara Memulai Usaha Kopi yang Sukses

    Persiapan Mudah dan Cara Memulai Usaha Kopi yang Sukses


    Bisnis kopi tak hanya menawarkan hasil seduhan kopi, tetapi juga suasana serta pengalaman minum kopi yang menarik

    Saat ini bisnis kopi bisa dibilang sebagai salah satu pilihan usaha yang paling banyak peminatnya. Dengan pasar yang terus ada dan juga inovasi dalam meracik varian rasa kopi sendiri, tak heran apabila banyak pelaku usaha yang kemudian berminat menekuni bisnis yang satu ini.

    Bisnis kopi kekinian, contohnya saja, merupakan kombinasi dari naluri bisnis yang baik dalam melihat peluang dan ketekunan untuk mencoba berbagai macam variasi racikan kopi; dan ketika dieksekusi secara tepat, melahirkan produk kopi yang populer dan banyak digemari oleh pelanggan.

    Namun, bagi pelaku usaha yang tertarik untuk memulai bisnis di bidang kopi, jangan terburu-buru dan asal-asalan mencoba mewujudkan ide, lho! Lakukan beberapa persiapan yang bisa memastikan kesuksesan gerai kopi yang ingin diusung agar lebih mudah diterima oleh pasar.

    Apa saja, sih, persiapan dan juga cara memulai usaha kopi yang sukses?

    1. Tentukan Terlebih Dulu Jenis Bisnis Kopi yang Ingin Digeluti

    Melihat dari kesuksesan banyak pelaku usaha yang lebih dulu berkecimpung di bisnis ini, ada beberapa jenis bisnis terkait minuman kopi yang bisa dipertimbangkan, dan memang sebaiknya dipikir masak-masak sebelum mulai digarap dengan serius.

    Tentukan apakah gerai yang nantinya dijalankan akan bergerak di bidang bisnis kopi kekinian dengan beragam varian rasa serta teknik yang mungkin lebih menekankan pada penggunaan mesin-mesin modern seperti kopi gula aren atau justru usaha olahan kopi tradisional yang lebih banyak bermain dalam teknik penyeduhan yang–meski bisa dilakukan dengan mesin modern–lebih umum dilakukan secara manual?

    Terapkan bisnis model canvas kedai kopi yang mampu membantu strategi manajemen dalam mewujudkan konsep bisnis dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti pasar yang ditarget, kemampuan modal untuk memulai usaha, dan juga kesiapan infrastruktur yang dimiliki.

    Jangan salah, konsep bisnis warung kopi tradisional pun memiliki kans yang sama besarnya dengan warung-warung kopi kekinian yang kini sudah semakin banyak menjamur. Bahkan, bisa jadi konsep tradisional yang diusung bisa menawarkan nilai lebih bagi pasar yang ditarget dibanding kopi kekinian, lho! Jadi, pastikan terlebih dahulu konsep dan jenis usaha yang ingin dibangun sejak awal!

    Baca juga: Keuntungan Menggunakan Pemasok Lokal dalam Bisnis Kedai Kopi

    1. Pilih Tempat Strategis untuk Memulai Bisnis Warung Kopi

    Dengan majunya zaman dan perkembangan produk teknologi, menjalankan bisnis secara online memang memiliki keunggulan serta target pasar tersendiri. Namun, untuk bisnis kopi, bukan berarti tempat usaha fisik menjadi sesuatu yang dapat diabaikan.

    Mempertimbangkan pada karakteristik masyarakat Indonesia yang komunal dan senang berkumpul sekadar untuk bercakap-cakap, tersedianya tempat usaha secara fisik bisa menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih lagi, apabila tempat usaha fisik yang dibangun juga mempertimbangkan aspek-aspek populer yang sedang banyak digemari, warung kopi yang akan dijalankan pun dapat memberikan nilai jual tambahan.

    Jangan lupa, penikmat kopi di Indonesia umumnya tak hanya tertarik untuk menikmati hasil seduhan kopi itu sendiri, tetapi juga memasukkan aspek estetika dari kedai kopi sebagai pertimbangan untuk mengunjungi kedai kopi tersebut. Bisnis kopi yang baik tentu tak hanya dituntut untuk menyajikan hasil seduhan kopi yang lezat, tetapi juga mampu menyediakan tempat yang nyaman untuk menikmatinya.

    Selain itu, pilihan tempat usaha yang strategis juga dapat menjadi elemen penting dalam kesuksesan sebuah gerai kopi, baik yang menyediakan minuman kopi kekinian maupun yang diseduh dengan pakem-pakem tradisional. Cari tahu terlebih dahulu ada berapa banyak gerai kopi pesaing di sekitar bakal tempat usaha yang ingin dipilih.

    Baca Juga: Pahami! Langkah - Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha 2022

    Hindari untuk secara head-to-head bersaing dengan bisnis kopi yang sudah besar namanya. Sebaliknya, pilih kawasan yang memang belum banyak diisi dengan gerai-gerai kopi oleh pihak kompetitor; dengan demikian usaha yang akan dibangun pun memiliki potensi yang lebih besar untuk dipilih oleh pelanggan.

    Mencari tempat usaha untuk bisnis warung kopi yang strategis memang bukanlah sesuatu yang mudah dan sederhana, tetapi juga menyajikan manfaat yang sangat besar jika dilakukan secara tepat.


    Temukan pengaturan konsep dan tata ruang kedai untuk keberhasilan bisnis kopi

    Baca juga: 4 Pilihan Kedai Kopi Instagrammable di Bandung

    1. Lihat Kesesuaian Modal Usaha Cafe Kopi

    Lokasi yang strategis untuk membangun kedai kopi dan juga konsep bisnis yang dipersiapkan terkadang membutuhkan modal yang tak sedikit. Sebagai pelaku usaha yang bertujuan untuk meraih kesuksesan dengan bisnis yang ingin diusung, tentunya aspek-aspek tersebut juga menjadi sesuatu yang patut diperhitungkan dengan benar.

    Selalu berpikiran jauh ke depan dapat menjadi kunci sukses bagi seorang pelaku usaha. Jika memang proyeksi biaya yang harus ditanggung masih terlalu besar untuk modal usaha cafe kopi yang dimiliki, tidak tergesa-gesa mengeksekusi ide bisa menjadi pilihan yang terbaik.

    Hitung dengan baik proyeksi keuntungan yang akan diperoleh dengan modal usaha yang dimiliki. Apabila dalam proyeksi yang dibuat tersebut diketahui adanya surplus atau defisit dengan selisih rugi yang tidak terlalu jauh, mengajukan pinjaman untuk memulai bisnis bisa jadi dapat menjawab masalah tersebut.

    Dalam situasi tersebut, terus mengeksekusi konsep bisnis yang dimiliki secara mantap akan lebih menguntungkan dibanding harus melakukan penyesuaian. Namun, jika yang terjadi sebaliknya, ketika modal usaha yang dimiliki tidak dapat menanggung sebagian besar biaya yang mungkin terjadi, menyesuaikan konsep atau memilih lokasi lain yang lebih strategis justru bisa menjadi solusi yang paling praktis.

    Baca juga: Tips Memastikan Pinjaman Modal untuk Pengembangan Bisnis

    1. Persiapan Sumber Daya Manusia Terbaik

    Selanjutnya, yang tersisa adalah sumber daya manusia yang tepat untuk menjalankan bisnis kopi yang sudah dipersiapkan. Mulai dari barista yang memang mampu meracik berbagai varian kopi sesuai dengan konsep yang sudah dirancang, hingga pegawai kasir yang telaten melayani setiap pesanan.

    Ingat selalu bahwa sebagai usaha yang secara langsung berhadapan dengan konsumen, keberhasilan bisnis kopi juga ditentukan dari seberapa baik dan memuaskannya layanan yang diterima oleh pelanggan. Jika memang harus membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memilih karyawan agar kepuasan pelanggan dapat terjamin, tidak perlu terburu-buru terlebih dahulu. Ambil waktu sebanyak yang dibutuhkan agar persiapan untuk memulai bisnis tidak mengecewakan.

    Setelah semua persiapan dan cara memulai usaha kopi yang sukses sudah dilakukan dan bisnis kopi yang menjanjikan siap untuk dijalankan, pelaku usaha dapat memanfaatkan aplikasi majoo untuk memastikan pengelolaan bisnis yang lebih mudah, efektif, serta efisien.

    Berbagai fitur yang dimiliki aplikasi majoo menawarkan berbagai nilai tambah yang membuat bisnis dapat lebih maju dan berkembang. Fitur keuangan yang dimilikinya, misalnya saja, mampu mencatat setiap transaksi yang terjadi secara akurat dan otomatis, memungkinkan pelaku usaha membuat hasil analisis performa bisnis untuk menyusun strategi bisnis yang tepat!

    Selain itu, aplikasi majoo juga menawarkan fitur Webtree serta Weborder yang mempermudah proses jual beli secara online, lho! Jadi, tunggu apa lagi? Manfaatkan segera aplikasi majoo untuk pengembangan bisnis kopi yang sukses!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    10 Karakter Wirausaha untuk Meraih Kesuksesan Bisnis
    Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan karakter wirausaha yang kuat agar bisa menjalankan bisnis dengan lancar sampai bisa meraih kesuksesan besar.
    Macam-Macam E-Wallet, Definisi, Kelebihan, dan Kekurangannya
    E-Wallet adalah suatu layanan elektronik yang berfungsi sebagai tempat menampung dana dan instrumen pembayaran digital untuk memudahkan segala transaksi.
    Vendor adalah: Jenis-Jenis Vendor dan Fungsinya dalam Bisnis
    Apa itu vendor? Tentu banyak yang sudah bisa menjawab. Namun, ada berapa jenis vendor dan apa saja fungsinya di dalam bisnis? Nah, simak artikel berikut!
    Pre Order adalah: Pengertian, Sistem, hingga Keuntungannya
    Pre order adalah aktivitas jual beli antara customer dan seller, yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu tertentu.