Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Ingin Memulai Bisnis Baru di Tahun 2023? Perhatikan Ini!

    Memulai bisnis tidak bisa dilakukan asal-asalan.

    Sebagian orang mungkin memiliki keinginan untuk memulai bisnis baru di awal tahun dengan berbagai alasan. Namun, memulai bisnis memang bukan sesuatu yang mudah. Ada banyak hal yang harus sangat diperhatikan agar operasional bisnis bisa berjalan tanpa hambatan di tengah perjalanan nantinya. 

    Apalagi jika ternyata kamu adalah pemula yang ingin membuka bisnis baru di tahun 2023, pastinya memang akan menjadi sedikit challenging, ya. Memulai bisnis bagi orang yang belum memiliki pengalaman sama sekali biasanya memang lebih sulit dibandingkan yang sudah pernah. 

    Kali ini, kita akan memberikan ulasan mengenai beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan dengan baik saat ingin membuka bisnis di awal tahun 2023

    Baca juga: Tips Jitu Cara Memulai Bisnis di Usia Muda

    Poin-Poin Penting yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis!

    Beberapa poin yang akan disebutkan berikut merupakan hal penting yang perlu kamu perhatikan saat ingin memulai bisnis baru. 

    Keunikan atau Nilai Lebih Produk

    Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah menentukan nilai lebih atau keunikan produk yang akan kamu tawarkan. Pebisnis yang menjual baju ada banyak, kalau kamu menjual baju, kira-kira hal apa yang akan kamu jadikan poin lebihnya? 

    Baca juga: Rekomendasi Ide Bisnis yang Menguntungkan buat Generasi Muda

    Target Pasar

    Misalkan kamu akan menjual produk fashion, khususnya baju wanita. Sebaiknya, tentukan lebih dulu target pasar bisnismu. Singkatnya, kamu kan tidak mungkin menawarkan blus atau baju kerja wanita kepada remaja perempuan yang masih sekolah. 

    Lakukan Riset

    Sebaiknya kamu lakukan riset kecil-kecilan mengenai peluang berhasilnya bisnis yang akan kamu mulai. 

    Partner Bisnis

    Jangan menganggap bahwa memilih partner untuk menjalan bisnis itu hal yang bisa dipandang sebelah mata. Ingat, partnermu akan ikut berpartisipasi dalam perjalanan bisnismu nantinya, jadi pilihlah yang memang bisa menciptakan rasa aman dan nyaman satu sama lain. 

    Baca juga: Ingin Memulai Usaha Bersama? Kenali Dulu Partner Bisnismu!

    Sumber Modal

    Modal adalah poin paling penting yang perlu kamu siapkan sebelum memulai bisnis. Pastikan lebih dulu dari mana sumber modal yang akan kamu gunakan, baik itu tabungan pribadi, uang bersama dengan partner bisnis, atau pinjaman dari bank/lembaga keuangan. 

    Bisnis baru apa yang ingin kamu mulai di tahun 2023?

    Lokasi Bisnis

    Memilih lokasi bisnis merupakan hal yang sebenarnya cukup menghabiskan waktu dan energi. Namun, tidak akan seperti itu bila sejak awal kamu sudah melakukan riset dan menentukan target pasar dengan baik. 

    Contohnya, memulai bisnis laundry yang memasang tarif lebih murah daripada tarif normal pada umumnya, bisa kamu buka di wilayah yang dekat dengan kampus, banyak rumah kost, atau perumahan yang warganya adalah para pekerja yang jarang di rumah. 

    Kebutuhan Peralatan dan Perlengkapan

    Bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya peralatan atau perlengkapan yang bisa menunjang aktivitas bisnis tersebut. Misalnya, kamu ingin memulai bisnis laundry, pastikan kamu sudah memilih mesin cuci yang tepat dan layak, jenis detergen yang memang berkualitas, atau pilihan setrika yang tidak akan merusak pakaian. 

    Service atau Pelayanan

    Selain mendapatkan penghasilan atau keuntungan, mampu menghadirkan kepuasan pelanggan adalah tujuan bisnis yang tidak kalah penting. Jadi, sebaiknya kamu benar-benar memahami seperti apa service atau pelayanan yang harus kamu berikan kepada para konsumen. 

    Media Interaksi dengan Pelanggan

    Di zaman serba digital seperti sekarang, berinteraksi dengan konsumen atau pelanggan sudah menjadi hal yang mudah dilakukan. Ada banyak sekali pilihan media interaksi yang bisa kamu manfaatkan untuk tetap terhubung dengan pelanggan. 

    Baca juga: Media Sosial, Langkah Pilihan UKM Go Digital. Mengapa?!

    Hitung Biaya dan Pengeluaran

    Biaya dan pengeluaran yang perlu kamu bayarkan sebenarnya sudah bisa diperkirakan sejak awal membuka bisnis baru. Misalnya, biaya listrik, biaya sewa toko atau gudang, jaringan internet, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan alokasi dana modal dengan lebih rapi dan terarah.

    Urus Izin Usaha

    Izin usaha merupakan hal yang juga tidak boleh kamu anggap remeh dalam memulai bisnis. Jangan coba-coba untuk abai terhadap hal tersebut, ya! Saat ini, mendaftarkan usaha untuk mendapatkan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) tidak memakan waktu yang lama, kok. Jadi, bisa kamu lakukan sembari mempersiapkan hal lainnya. 

    Aplikasi Point of Sales (POS)

    Aplikasi Point of Sales (POS) saat ini sudah memiliki berbagai fitur yang sangat lengkap. Jika dulunya hanya digunakan untuk pencatatan transaksi, menghitung pembayaran dan penjualan, atau memberikan tanda terima, saat ini aplikasi POS sudah bisa membantu kamu menerapkan pemasaran digital. Jika kamu menjalankan bisnis baru secara online, fitur ini pastinya akan sangat membantu.

    Sebagai rekomendasi, aplikasi POS majoo merupakan pilihan yang tepat bagi kamu yang baru memulai bisnis. Selain memiliki fitur yang lengkap, dashboard majoo pun dirancang sedemikian rupa sehingga sangat user-friendly, tidak akan membuat kamu atau karyawanmu merasa kebingungan saat menjalankannya. Segera berlangganan, yuk! 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Pentingnya Manajemen Inventory yang Efektif Bagi UMKM
    Manajemen inventory merupakan bagian krusial dari menguntungkan atau tidaknya sebuah bisnis, terlebih bagi UMKM.
    Awas! Jangan Coba-Coba Bisnis Kopi Sebelum Tahu 5 Hal Ini!
    Sempat diprediksi bakal meredup, bisnis kedai kopi nyatanya justru semakin merebak. Layakkah terjun ke bisnis kedai kopi?
    Tampilan Dashboard Baru dari majoo Hadir Memudahkan Bisnismu
    Tampilan dashboard baru majoo tidak hanya lebih rapi dan modern, tetapi menghadirkan fungsionalitas yang lebih optimal. Yuk, cari tahu highlight fiturnya!
    Pro Kontra Program Loyalty Pelanggan
    Sebelum mengimplementasikan program loyalitas pelanggan, pelajari dulu pro dan kontranya untuk bisnismu.