Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    Berjaya di 2022, Tren Bisnis ini Akan Tetap Jaya di 2023

    Beberapa tren bisnis di tahun 2022.

    Bagi para pebisnis, tahun baru merupakan suatu momen penting untuk melakukan banyak hal dalam bisnis mereka. Mulai dari pembaruan produk, inovasi, bahkan mungkin mulai menerapkan strategi marketing baru. Salah satu yang juga menjadi ciri khas tahun baru adalah munculnya tren bisnis baru. 

    Tren bisnis merupakan hal yang akan selalu berubah dari waktu ke waktu. Bisa dibilang, tidak ada yang bisa menjamin kepastiannya. Namun, segala sesuatu tentunya bisa diprediksikan dengan penilaian dari berbagai aspek. 

    Pada tahun 2022 ini, ada cukup banyak tren bisnis yang muncul dan berhasil menguasai pasar. Nah, beberapa di antaranya diperkirakan masih akan berjaya pada tahun 2023 nanti. Apa saja tren yang masih akan mengalami kejayaan pada tahun 2023?

    Tren Bisnis Tahun 2023

    Setiap tahunnya, tren bisnis mengalami perubahan, tidak hanya memunculkan hal-hal baru, seringnya tren ini adalah pengulangan dari tren-tren yang sempat ada di tahun-tahun sebelumnya. 

    Jika pada tahun 2022 bisnis berbasis digital adalah bidang yang memegang kendali, diprediksi bahwa hal tersebut masih akan terjadi di tahun 2023 mendatang. Kenapa? Karena digitalisasi masih menjadi topik yang sangat disukai, baik oleh pihak pemilik bisnis, dan khususnya bagi konsumen yang semakin menerapkan hidup praktis. 

    Beberapa tren bisnis berbasis digital yang dinilai masih akan berjaya di tahun 2023 adalah: 

    Bisnis Fashion

    Bisnis yang berpeluang menjadi tren bisnis berjaya di tahun 2023 adalah bisnis fashion. Alasan utamanya adalah karena produk fashion masih menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Bisnis fashion cukup beragam bentuknya, mulai dari baju bayi, anak-anak, remaja, wanita, sampai dengan laki-laki. 

    Meskipun masih akan terus berjaya di tahun depan, tetap saja jika kamu ingin memulai bisnis ini, inovasi harus dilakukan. Dengan begitu, bisnis kamu tidak akan ketinggalan zaman. Jangan lupa untuk selalu update stok produk ke akun media sosial dan platform yang ada!

    Bisnis Hijab

    Tren bisnis hijab memang masih kuat bertahan selama beberapa tahun terakhir. Munculnya berbagai produk hijab serta aksesorisnya yang semakin modern menjadikan banyak konsumen yang sangat menyukainya. Bukan hanya dipasarkan melalui toko atau pasar, hijab dan segala kebutuhannya akan sangat mudah ditemui di marketplace

    Baca juga: Daftar Produk Jualan Online Paling Laris Pembawa Cuan

    Kuliner termasuk bisnis yang akan menjadi tren di 2023.

    Bisnis Kuliner

    Berbagai bentuk bisnis kuliner merupakan kebutuhan dasar semua orang, mulai dari katering, rumah makan, pilihan makanan vegan, sampai dengan pastry bisa dipastikan masih akan laku diburu oleh konsumen dan menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. 

    Apalagi, jika jenis makanan atau minuman yang ditawarkan memiliki rasa yang khas atau identitas unik lainnya, tentunya akan banyak pelanggan yang memburu makanan tersebut. 

    Perlu kamu ingat, jika hanya mengikuti tren bisnis, hal tersebut akan cepat hilang dai pasaran. Sebut saja es kepal milo atau dalgona yang saat ini sudah tidak seheboh kemunculannya pertama kali. 

    Sebaiknya, jangan hanya tergoda dengan ramainya euphoria akan kemunculan jenis makanan atau minuman tertentu, melainkan ciptakanlah sesuatu yang memang bisa diterima oleh masyarakat baik untuk hari ini maupun masa depan.

    Bisnis Cloud Kitchen

    Peluang usaha bisnis cloud kitchen juga diprediksi masih akan cukup berkembang baik di masyarakat. Salah satu alasannya karena memang semakin banyak konsumen yang menggemari sistem pemesanan makanan secara online, tanpa harus repot-repot keluar rumah dan antre. 

    Bagi pemilik bisnis pun, konsep cloud kitchen akan cukup mudah untuk dimulai, karena tidak memerlukan modal khusus untuk menyewa tempat, membayar pelayan, membeli peralatan makan untuk dine in, dan dekorasi ruangan.

    Baca juga: Serba-Serbi Konsep Bisnis Cloud Kitchen

    Bisnis Skincare

    Kesadaran masyarakat untuk lebih merawat kulit dan tubuhnya, menjadikan bisnis skincare menjadi sebagai salah satu tren bisnis yang berkembang dengan sangat baik. Jika dulunya, banyak konsumen yang lebih mencari produk make up dan kosmetik, saat ini produk skincare sudah bisa menyainginya. 

    Di tahun 2023 nanti, banyak prediksi yang menyatakan bahwa bisnis yang satu ini masih akan tetap berjaya. Khususnya melalui pemasaran digital. 

    Dropship dan Reseller

    Di tahun 2022 ini, dropshipper dan reseller adalah dua profesi yang mungkin sudah akrab di telinga masyarakat. Singkatnya, mereka ini adalah orang-orang yang berani memulai bisnis tanpa perlu mengeluarkan modal secara pribadi untuk stok produk. Semua produk yang dipasarkan sudah disediakan oleh pihak seller asli atau supllier, mereka hanya perlu memasarkannya. 

    Meskipun keuntungan yang didapatkan memang tidak sebesar keuntungan penjual aslinya, namun jika kamu tekun melakukannya, menghasilan pendapatan dalam jumlah yang besar bukanlah hal mustahil. 

    Lantaran itulah, di tahun 2023, dropshipper dan reseller diprediksi masih akan tetap diminati. Khususnya, bagi mereka yang memerlukan side job atau sumber penghasilan tambahan.

    Affiliate Marketing 

    Tren bisnis di 2022 juga mengenalkan kita dengan yang namanya affiliate marketing atau afiliasi. Salah satu konsep pemasaran bisnis yang sangat layak untuk dicoba sebagai peluang usaha, dan bisa dijalankan bahkan hanya dari rumah. 

    Affiliate marketing adalah usaha yang bisa dijalankan dengan mudah, hampir mirip dengan reseller. Bukan hanya memudahkan konsumen dalam proses pembelian barang, konsep ini juga cukup menguntungkan bagi pihak penjual asli atau produsennya, karena tidak perlu terlalu banyak memikirkan strategi marketing. Para affiliate yang akan melakukannya. 

    Baca juga: Inspirasi Ide Kreatif dalam Inovasi Bisnis dari Luar Negeri

    Itu tadi beberapa tren bisnis yang diperkirakan tidak akan menghilang seiring pergantian tahun dari 2022 ke 2023. Diprediksikan bisnis-bisnis tersebut masih akan berjaya di tahun mendatang. 

    Sebagai pebisnis, kira-kira bisnis mana yang akan kamu coba? Sebelum memulainya, ingat untuk selalu memperhitungkan kesiapanmu dengan sebaik-baiknya, ya. Termasuk dalam hal modal. 

    Saat ini, ada banyak lembaga keuangan atau bank yang menyediakan layanan pinjaman modal. Biasanya, sebagai pebisnis enggan melakukannya, karena syarat yang banyak dan prosesnya yang cukup memakan waktu.

    Jika kamu termasuk dalam sebagian pebisnis yang berpikiran seperti itu, kamu bisa coba fitur majoo capital yang disediakan oleh majoo untuk membantu proses pengembangan usaha milikmu. Jadi, kamu bisa mengajukan pinjaman modal sampai dengan Rp2 Miliar namun dengan besaran tenor yang sangat fleksibel. Syaratnya mudah, prosesnya pun tidak akan lama jika memang semua syarat sudah kamu penuhi dengan baik. Sebuah tawaran yang menggiurkan untuk mengikuti tren bisnis di 2023 kan? 

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Adopsi Strategi Omnichannel untuk Pertumbuhan Bisnis Kuliner
    Strategi omnichannel bisa diadopsi dan diterapkan dalam bisnis kuliner. Ini untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bisnis itu sendiri.
    Tampilan Baru Dashboard majoo, Kelola Bisnis Lebih Mudah
    Pembaruan tampilan aplikasi kasir wirausaha majoo yang membuatnya makin terlihat menarik dan mudah digunakan. Sudah lengkap, praktis pula!
    Migrasi Bisnis Menjadi Usaha Online saat Ramadan? Why not?!
    Migrasi bisnis menjadi usaha online tergolong praktik baru yang mulai dilirik. Apa alasan untuk melakukannya, terlebih di bulan Ramadan seperti sekarang?
    Ide Hampers Lebaran yang Unik dan Menarik untuk Dicoba!
    Ada banyak ide hampers lebaran yang unik dan menarik untuk dicoba guna meningkatkan pendapatan bisnis. Tertarik memanfaatkan salah satu ide berikut?