Iklan Penawaran: Contoh, Cara Membuat, Manfaat

Ditulis oleh Faiqotul Himma

article thumbnail

Tujuan membuat iklan penawaran yaitu untuk memberikan informasi terkait produk dan jasa.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentunya banyak melihat iklan penawaran, kan? Kamu bisa menjumpai iklan penawaran ini mulai dari media cetak maupun digital. Fungsi iklan penawaran pun sangat beragam, salah satunya dapat meningkatkan demand dan sales. Namun, tak semua iklan penawaran berhasil menarik perhatian masyarakat karena kurang kreatif.

Di dalam artikel ini kamu akan lebih mengetahui secara lengkap pengertian, tujuan, manfaat, contoh, hingga cara membuat iklan penawaran yang menarik dan kreatif. Tak perlu berlama-lama lagi, yuk baca penjelasannya di bawah ini sampai selesai, ya!

Apa Pengertian Iklan Penawaran?

Apakah kamu pernah melihat Instagram Story dari suatu bisnis yang mengajakmu untuk membeli produk mereka dengan penawaran terbatas? Nah, yang kamu lihat ini termasuk iklan penawaran.

Kini, iklan penawaran tak hanya dijumpai melalui media cetak saja, melaikan media digital. Pasalnya, sekarang ini, beriklan melalui media digital lebih efisien dan efektif.

Iklan penawaran adalah iklan yang mengajak target audiensnya untuk melakukan tindakan membeli dan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan brand atau bisnis. Ciri-ciri iklan penawaran yaitu berisi tentang informasi produk atau jasa yang mampu menarik calon konsumen. Dari segi strategi marketing, iklan penawaran ini mempunyai peran yang cukup penting untuk meningkatkan sales.

Tujuan Iklan Penawaran

Sebelum kamu mengetahui pengertian dari iklan penawaran, kamu perlu mengetahui tujuan iklan penawaran ini dibuat, ya. Kamu tak boleh sembarangan dalam membuat iklan penawaran tanpa mempunyai maksud dan tujuan. Berikut ini tujuan iklan penawaran dibuat, antara lain: 

Memberikan Informasi Terkait Produk atau Jasa

Tujuan pertama dibuatnya iklan penawaran yaitu untuk memberikan informasi kepada target audiens sehingga mereka mengetahui semua informasi terkait produk dan jasa dari sebuah brand atau perusahaan tawarkan.

Kamu dapat menginformasikan ciri khas, keunggulan produk atau jasa, atribut, dan lainnya kepada target audiens. 

Branding

Selain memberikan informasi, Iklan penawaran ini dibuat untuk menciptakan brand awareness terhadap produk, layanan, hingga ide dari perusahaan. Semakin sering iklan penawaran produk atau jasa dari bisnismu ditayangkan, makin besar pula opportunity dikenal oleh target audiens atau masyarakat. 

Bersifat Persuasif dan Diferensiasi

Tujuan dari iklan penawaran dibuat yaitu untuk membujuk dan meyakinkan konsumen untuk mencoba dan akhirnya membeli produk atau jasa dari bisnismu. Selain itu, dengan membuat iklan penawaran yang menarik, audiens dapat melihat produk atau jasa yang kamu tawarkan lebih baik dari kompetitor sejenis. 

Sebagai Pengingat

Brand, bisnis, atau perusahaan dapat mengingatkan audiensnya terkait kebutuhan mereka akan suatu produk atau jasa yang dipasarkan. Dari sini bisa dibuat suatu kesimpulan bahwa brand harus memasang iklan penawaran. Pasalnya, dengan membuat iklan penawaran, brand bisa menjadi top of mind di benak audiensnya ketika mereka ingin membeli suatu produk atau jasa.

 Salah satu cara membuat iklan penawaran yang menarik yaitu dengan menyiapkan strategi marketing.

Manfaat Membuat Iklan Penawaran Bagi Brand atau Bisnis

Iklan penawaran juga mempunyai beberapa manfaat bagi brand, yaitu: 

Untuk Mengenalkan Produk

Tanpa adanya iklan penawaran, kecil harapannya sebuah bran dikenal oleh masyarakat luas. Dengan menawarkan produk atau jasa melalui iklan akan membangun product lifecycle. Jika kamu melakukan iklan penawaran dengan menarik dan kreatif, hasil yang kamu akan peroleh yaitu produk, jasa, bahkan brand milikmu akan semakin dikenal oleh masyarakat. 

Mewujudkan Demand

Demand (permintaan) merupakan salah satu bagian penting dari sebuah brand atau bisnis. Tanpa adanya permintaan, produk atau jasa yang kamu miliki tidak bisa dijual atau dipasarkan.

Iklan penawaran ini merupakan salah satu cara mewujudkan permintaan, lho!

Dengan menggunakan iklan penawaran yang menarik, misalnya kamu menjelaskan keunggulan serta manfaat produk atau jasa dari bisnismu, audiens pun. Akn tertarik untuk mencoba dan membelinya. 

Dapat Bersaing dengan Kompetitor

Tanpa membuat iklan penawaran, bisnismu tidak bisa bersaing dengan kompetitor. Walaupun produk atau jasamu mempunyai kualitas bagus, tanpa membuat iklan penawaran, masyarakat tidak akan mengetahui bahwa produk atau jasa milikmu layak untuk dibeli.

Baca juga: Definisi dan Jenis-Jenis Iklan yang Perlu Kamu Tahu! 

Cara Membuat Iklan Penawaran yang Kreatif dan Menarik

Setelah kamu mengetahui pengertian, tujuan, dan manfaat dari iklan penawaran, saatnya kamu mengetahui cara membuat iklan penawaran yang kreatif dan menarik, ya. Yuk, simak cara-caranya di bawah ini! 

1. Menyiapkan Strategi Marketing

Cara yang pertama untuk membuat iklan yaitu dengan menyiapkan strategi pemasaran. Kamu harus mengetahui karakteristik dari target pasar yang ingin dituju, mulai dari usia, gender, demografi, pekerjaan, pendidikan, hingga Socio Economic Status (SES).

Tak lupa untuk memikirkan citra jangka panjang perusahaan, persaingan iklan dengan kompetitor, dan sesuatu yang berhubungan dengan pembuatan iklan penawaran. 

2. Memilih Media yang Cocok

Kini, zaman sudah berubah menjadi serba digital, bahkan banyak perusahaan yang lebih memilih platform digital untuk memasang iklan. Salah satu media yang paling efektif untuk promosi saat ini yaitu sosial media.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa memilih media lain, lho! Terdapat banyak media yang bisa kamu gunakan untuk memasang iklan penawaran yang kamu buat. Media lain yang bisa kamu pilih untuk memasang iklan ini, misalnya media cetak, radio, baliho, poster, dan lain sebagainya. Kamu hanya tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget iklan yang kamu miliki, ya. 

3. Riset Tren Iklan yang Sedang Viral atau Berpotensi Populer

Cara membuat iklan penawaran yang menarik dan kreatif berikutnya yaitu dengan melakukan riset tren iklan yang berpotensi viral. Kamu bisa menggunakan beberapa strategi untuk melakukannya, misalnya seperti di bawah ini:

  • Riset konten melalui Google Trends.
  • Melihat tren gaya iklan kompetitor melalui berbagai media, baik dari banner, televisi, atau bahkan FB Ads Library (jika mereka beriklan menggunakan Instagram atauFacebook).
  • Memperhatikan content style yang mudah viral di kalangan masyarakat atau calon konsumen yang akan ditarget.

4. Membuat Judul dan Isi yang Menarik

Judul dan isi iklan haruslah dibuat semenarik mungkin, karena akan memicu rasa penasaran pada produk atau jasa yang kamu tawarkan ke pasar. Tak lupa berikan promosi awal untuk menarik perhatian audiens, ya.

Promosi di awal ini, misalnya memberikan potongan harga, cashback, gratis ongkos kirim, buy 1 get 1, dan lain sebagainya. Hal yang tidak boleh tertinggal adalah cantumkan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mendapatkan promosi tersebut. 

5. Call to Action (CTA)

Satu lagi cara membuat iklan penawaran yang menarik dan efektif yaitu dengan memberikan Call to Action (CTA) atau mengajak audiens untuk melakukan tindakan atas penawaran yang sudah kamu buat. Contoh CTA ini, misalnya “follow sosial media kami untuk mendapatkan promosi menarik lainnya di @fghxx” atau yang lainnya. CTA ini tentu akan mengajak banyak orang untuk melakukan tindakan yaitu mengikuti sosial media bisnismu.

Baca juga: Mau Pasang Iklan Elektronik? Ketahui Dulu Jenisnya di Sini! 

Contoh Iklan Penawaran

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu tentunya lebih paham tentang iklan penawaran. Jika masih bingung, berikut ini contoh iklan penawaran yang menarik dan kreatif. 

KFC

 

 

Terkadang, iklan juga dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan, sebagai wujud permintaan maaf. Salah satu contoh iklan penawaran terbaik dari restoran cepat saji KFC yaitu ketika mereka tidak dapat menghidangkan ayam karena kehabisan bahan baku utamanya pada tahun 2018 di Inggris.

Sebagai permintaan maaf, KFC membeli kolom iklan cetak yang berdiri sendiri untuk membuat campaign dengan menampilkan ember kosong dengan huruf acak yang tertulis “FCK”. Iklan penawaran yang lucu dan ringan ini merupakan salah satu cara KFC untuk meminta maaf atas kesalahannya dan iklan ini tentunya tidak akan mudah dilupakan! 

Nivea

 

Nivea membuat iklan penawaran yang ditujukan untuk target audiensnya agar memakai produk krim wajah yang digunakan pada malam hari. Tanpa menggunakan kata-kata tambahan, Nivea dapat menyampaikan pesan secara kreatif dengan menggunakan teknik fotografi yang memposisikan tutup produk untuk menunjukkan bentuk bulan sabit dari produk di bawahnya. Dibuat dengan latar belakang biru tua yang konsisten, krim wajah tersebut dapat terlihat putih bersinar seperti bulan sabit, kan? 

Chupa Chups

 

Chupa Chups membuat iklan penawaran yang berbeda dari kompetitor sejenisnya yaitu dengan mempromosikan aspek bebas gula dari produk dan dengan gambar permen di tanah. Dari iklan ini, dapat diketahui keunggulan Chupa Chups yang tidak mengandung gula sehingga semut pun tidak mau menyentuhnya.

Baca juga: Contoh Iklan Permintaan dan Tujuan Pembuatannya 

Penutup

Nah, itulah penjelasan lengkap terkait pengertian hingga cara membuat iklan penawaran yang menarik dan kreatif.

Perhatikan dengan saksama anggaran untuk membuat campaign iklan penawaran yang kamu buat agar biaya yang kamu keluarkan tidak mengalami boncos. Supaya anggaran untuk iklanmu terpantau dengan baik, kamu perlu membuat laporan keuangan dengan baik. Sebagai solusi, kamu bisa menggunakan aplikasi majoo yang akan memudahkan semua operasional bisnismu.

Dengan menggunakan aplikasi majoo, kamu bisa mencatat lebih dari 30 laporan keuangan. Selain itu, aplikasi majoo juga mempunyai fitur menarik, antara lain fitur Point of Sales (POS), inventory, Customer Relationship Management (CRM), karyawan, toko online, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa membaca informasi terkait keuangan dan bisnis di sini, ya.

Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan aplikasi majoo segera!

Baca juga: Apa Fungsi Iklan? Seberapa Pentingkah? Pahami di Sini!

Referensi

  • https://casakreatif.com/iklan-penawaran-barang/ 
  • https://semutaspal.com/iklan-penawaran/#contoh-iklan-penawaran-kreatif 

Sumber Gambar

  • Freepik
  • Google Image

Dapatkan Inspirasi Terbaru dari majoo

Subscribe untuk dapatkan berita, artikel, dan inspirasi bisnis di email kamu

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
whatsapp logo