search icon
Outlet
Akun dan Rekening
Informasi dan Grup Outlet
Produk
Buku Menu
Daftar Departemen
Daftar Kategori
Produk Layanan
Produk Ekstra
Deposit
Daftar Harga Ojek Online
Cetak Barcode
Produk Paket
Penjadwalan Harga
Kategori Catatan
Informasi Karyawan
Daftar Karyawan
Daftar Grup Komisi
Hak Akses
Payroll
majooTeams
Pengaturan Struk, Biaya, dan Pajak
Pengaturan Struk
Pengaturan Biaya
Pengaturan Pajak
Pengaturan Kasir
Pengaturan Perangkat
Pengaturan E-Wallet
Data Pelanggan
Daftar Pelanggan
Grup Pelanggan
Grup Harga Spesial
Kustom Data Pelanggan
Notifikasi Perubahan Data
Notifikasi Perubahan Data

Informasi Umum

Melalui halaman Produk Ekstra, Anda bisa menambahkan variasi untuk produk yang dijual. Misalnya untuk produk kemeja, Anda bisa membuat produk Ekstra dengan pilihan S, M, L, XL, dan lain sebagainya. Selanjutnya ketika penjualan kemeja dicatat melalui aplikasi POS, layar akan menampilkan opsi tambahan di mana kasir bisa memilih ukuran kemeja yang dicatat. 

Menambah Produk Ekstra (Buat Baru)

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menambah Produk Ekstra tanpa menggunakan produk maupun stok yang sudah tercatat di dashboard

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Produk > Produk Ekstra

2. Setelah masuk ke halaman Produk Ekstra, fokus ke sisi kanan atas layar dan klik Tambah Ekstra

3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Tambah Ekstra. Di sini Anda bisa mulai melakukan pengaturan untuk nama produk ekstra, jenis ekstra (wajib dipilih ketika mencatat penjualan atau hanya bersifat opsional), dan cara pilih ekstra (bisa pilih salah satu atau wajib memilih beberapa). 

4. Selanjutnya lakukan pengaturan pilihan ekstra dengan klik Tambah Sub Ekstra

5. Pastikan Anda memilih opsi Buat Baru, kemudian masukkan nama sub ekstra dan harga jual. Klik Tambah Sub Ekstra untuk menambah pilihan ekstra lainnya.

6. Ulangi langkah no.5 hingga semua pilihan ekstra berhasil dibuat, lalu klik Simpan

7. Layar akan menampilkan jendela pop-upklik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi

8. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan otomatis diarahkan kembali ke halaman Produk Ekstra dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, produk ekstra yang baru saja dibuat akan berhasil disimpan dan tampil di dalam daftar. 

Menambah Produk Ekstra (Dari Inventori)

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menambah produk ekstra dengan menggunakan stok barang yang telah terdaftar di dashboard

1. Login ke dashboard dan pilih opsi Penjualan ProdukProduk Ekstra 

2. Setelah masuk ke halaman Produk Ekstra, fokus ke sisi kanan layar dan klik Tambah Ekstra

3. Anda akan otomatis masuk ke halaman Tambah Ekstra. Mulailah dengan dengan mengisikan nama produk ekstra, jenis ekstra (opsional atau wajib memilih produk ekstra), dan cara pilih ekstra (pilih salah satu atau bisa memilih beberapa). 

4. Ketika memilih opsi Pilih Beberapa, layar akan menampilkan toggle tambahan untuk Maks. Pilih Ekstra. Aktifkan untuk menentukan berapa jumlah maksimal produk ekstra yang bisa dipilih dalam satu kali pembelian. 

5. Lanjutkan dengan klik Tambah Sub Ekstra 

6. Pilih opsi Pilih dari Inventori, lalu isikan nama Sub Ekstra dan harga jual

7. Selanjutnya gulirkan layar ke bawah. Fokus ke bagian Bahan Baku dan klik Tambah Bahan Baku.

8. Layar akan menampilkan opsi tambahan. Klik Pilih Bahan Baku

9. Pilih bahan baku yang akan digunakan untuk membuat produk ekstra. Sebagai informasi, daftar bahan baku yang ditampilkan di sini diambil dari daftar bahan yang sudah dicatat sebelumnya di halaman Daftar Stok (Penjualan > Inventori > Kelola Stok > Daftar Stok). 

10. Lanjutkan dengan menentukan takaran dan satuan yang akan digunakan untuk bahan baku tersebut

11. Klik Tambah Bahan Baku untuk menambah bahan baku lainnya, kemudian ulangi langkah 9-10 hingga semua bahan baku berhasil di-input

12. Klik Tambah Sub Ekstra untuk menambahkan pilihan produk sub ekstra lainnya, kemudian ulangi langkah 6-11 hingga semua produk sub ekstra berhasil di-input. Setelah yakin dengan pengaturan yang sudah dibuat, klik Simpan

13. Layar akan menampilkan jendela pop-upklik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi

14. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan otomatis diarahkan kembali ke halaman Produk Ekstra dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, produk ekstra yang baru saja dibuat akan berhasil disimpan dan muncul di dalam daftar. 

Menghapus Produk Ekstra

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menghapus pengaturan produk ekstra melalui dashboard majoo: 

1. Login ke dashboard dan pilih opsi Penjualan > Produk > Produk Ekstra

2. Setelah masuk ke halaman Produk Ekstraklik tanda titik tiga di produk ekstra yang ingin dihapus dan pilih Hapus

3. Layar akan menampilkan jendela pop-up berisi pesan peringatan bahwa proses ini tidak bisa dibatalkan. Klik Ya, lanjutkan untuk melakukan konfirmasi. 

4. Jika semua berhasil dilakukan, Anda akan diarahkan kembali ke halaman Produk Ekstra dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar

Mengubah Produk Ekstra

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah produk ekstra melalui dashboard

1. Login ke dashboard dan pilih opsi Penjualan > Produk > Produk Ekstra

2. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Produk Ekstraklik tanda titik tiga di produk ekstra yang ingin diubah dan pilih Ubah 

3. Sistem akan mengarahkan Anda ke halaman Ubah Ekstra. Selanjutnya lakukan perubahan pengaturan sesuai kebutuhan dan klik Simpan

4. Layar akan menampilkan jendela pop-upklik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi perubahan pengaturan produk ekstra

5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Produk Ekstra dan mendapatkan notifikasi bahwa perubahan telah berhasil dilakukan 

Frequently Asked Question

Untuk saat ini opsi lebih dari satu bahan baku pada pengaturan produk sub ekstra hanya tersedia untuk pelanggan dengan paket langganan Advance, Prime, maupun Prime Plus. Segera tingkatkan paket berlangganan Anda untuk bisa mengakses fitur-fitur unggulan dari majoo.
Sama seperti pertanyaan sebelumnya, untuk saat ini opsi tambahan pada pengaturan jenis ekstra dan cara pilih ekstra hanya tersedia untuk pelanggan dengan paket langganan Advance, Prime, maupun Prime Plus.
Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo