Informasi Umum
Fitur Kategori Catatan memungkinkan Anda untuk membuat kategori-kategori spesifik ketika memberikan catatan tambahan pada sebuah order. Keterangan-keterangan tersebut diharapkan akan memudahkan outlet Anda dalam memberikan pelayanan optimal. Misalnya: Untuk satu pesanan nasi goreng Anda bisa menambahkan catatan mengenai tingkat kematangan, jenis packaging, cara penyajian, dan lain sebagainya.
Menambahkan Kategori Catatan
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menambahkan kategori catatan baru melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Produk > Daftar Kategori Catatan
2. Setelah masuk halaman Daftar Kategori Catatan, klik Tambah Kategori Catatan
3. Anda akan diarahkan ke halaman Tambah Kategori Catatan. Mulailah dengan mengatur nama kategori catatan. Pada contoh ini kita akan membuat kategori catatan baru dengan nama Kematangan
4. Selanjutnya tambahkan opsi pilihan untuk kategori catatan tersebut dengan klik Tambah Pilihan Catatan
5. Selanjutnya masukkan nama opsi yang ingin ditambahkan di baris Pilihan Catatan
6. Ulangi langkah 4 dan 5 hingga semua opsi catatan berhasil ditambahkan
7. Pastikan semua pengaturan yang dibuat sudah sesuai kebutuhan, lalu klik Simpan di sudut kanan bawah layar
8. Sistem akan menampilkan pop-up Simpan Kategori Catatan. Klik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi.
9. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman semula dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar
10. Sementara itu kategori catatan yang baru Anda buat akan langsung muncul di daftar
Menambahkan Data Produk ke Kategori Catatan
Setelah membuat kategori catatan, Anda juga perlu menambahkan data produk agar opsi yang telah dibuat bisa tampil ketika produk terkait dipilih. Misalnya: Opsi kategori catatan ‘Kematangan’ hanya akan muncul ketika kasir meng-input produk ayam geprek. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menambahkan data produk ke dalam kategori catatan:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Produk > Daftar Kategori Catatan
2. Setelah masuk halaman Daftar Kategori Catatan, klik tanda titik tiga di kategori catatan yang ingin diatur data produknya
3. Selanjutnya pilih opsi Tetapkan Produk
4. Sistem akan menampilkan pop-up Tetapkan Produk. Berikan tanda ceklis pada jenis produk yang sesuai dan klik Simpan. Ket: Saat panduan ini dibuat, fitur ini hanya berlaku untuk jenis produk barang.
5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan melihat notifikasi Berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, angka di kolom Jumlah Produk akan mengikuti jumlah produk yang diceklis di langkah sebelumnya.
6. Selanjutnya ketika Anda meng-input pesanan untuk ‘sambal terasi kang asep’ di aplikasi POS, pada bagian catatan akan muncul kategori catatan ‘kematangan’
Mengubah Kategori Catatan
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah detail informasi dalam kategori catatan melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Produk > Daftar Kategori Catatan
2. Setelah masuk halaman Daftar Kategori Catatan, klik tanda titik tiga di kategori catatan yang ingin diubah
3. Pilih opsi Ubah
4. Anda akan diarahkan ke halaman Ubah Kategori Catatan. Lakukan perubahan sesuai kebutuhan lalu klik Simpan.
5. Akan muncul pop-up Ubah Kategori Catatan, klik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi
6. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman semula dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar
Menghapus Kategori Catatan
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menghapus kategori catatan melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Produk > Daftar Kategori Catatan
2. Setelah masuk halaman Daftar Kategori Catatan, klik tanda titik tiga di kategori catatan yang ingin dihapus
3. Pilih opsi Hapus
4. Akan tampil pop-up Hapus Kategori Catatan, klik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi
5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda bisa membaca notifikasi Berhasil di sudut kanan atas. Sementara itu, kategori catatan yang baru dihapus akan hilang dari daftar
Menerapkan Kategori Catatan di Aplikasi POS
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memilih opsi kategori catatan di aplikasi POS:
1. Login ke aplikasi POS hingga Anda masuk ke halaman utama kasir
2. Lakukan input pesanan, pilih produk yang datanya sudah ditambahkan ke kategori catatan melalui dashboard
3. Ketika Anda tap nama produk terkait, akan muncul pop-up Detail Produk. Selanjutnya gulirkan layar hingga Anda menemukan bagian Catatan. Di sana Anda akan bisa memih opsi kategori catatan yang sudah dibuat sebelumnya.
4. Saat salah satu opsi dipilih, baris Catatan akan otomatis terisi dengan keterangan yang sesuai
5. Selanjutnya Anda bisa tekan Simpan dan memproses transaksi seperti biasa