search icon
Outlet
Akun dan Rekening
Informasi dan Grup Outlet
Produk
Buku Menu
Daftar Departemen
Daftar Kategori
Produk Layanan
Produk Ekstra
Deposit
Daftar Harga Ojek Online
Cetak Barcode
Produk Paket
Penjadwalan Harga
Kategori Catatan
Informasi Karyawan
Daftar Karyawan
Daftar Grup Komisi
Hak Akses
Payroll
majooTeams
Pengaturan Struk, Biaya, dan Pajak
Pengaturan Struk
Pengaturan Biaya
Pengaturan Pajak
Pengaturan Kasir
Pengaturan Perangkat
Pengaturan E-Wallet
Data Pelanggan
Daftar Pelanggan
Grup Pelanggan
Grup Harga Spesial
Kustom Data Pelanggan
Notifikasi Perubahan Data
Notifikasi Perubahan Data

Informasi Umum

Fitur Kategori Catatan memungkinkan Anda untuk membuat kategori-kategori spesifik ketika memberikan catatan tambahan pada sebuah order. Keterangan-keterangan tersebut diharapkan akan memudahkan outlet Anda dalam memberikan pelayanan optimal. Misalnya: Untuk satu pesanan nasi goreng Anda bisa menambahkan catatan mengenai tingkat kematangan, jenis packaging, cara penyajian, dan lain sebagainya. 

Menambahkan Kategori Catatan

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menambahkan kategori catatan baru melalui dashboard majoo: 

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Produk > Daftar Kategori Catatan

2. Setelah masuk halaman Daftar Kategori Catatanklik Tambah Kategori Catatan

3. Anda akan diarahkan ke halaman Tambah Kategori Catatan. Mulailah dengan mengatur nama kategori catatan. Pada contoh ini kita akan membuat kategori catatan baru dengan nama Kematangan

4. Selanjutnya tambahkan opsi pilihan untuk kategori catatan tersebut dengan klik Tambah Pilihan Catatan 

5. Selanjutnya masukkan nama opsi yang ingin ditambahkan di baris Pilihan Catatan 

6. Ulangi langkah 4 dan 5 hingga semua opsi catatan berhasil ditambahkan

7. Pastikan semua pengaturan yang dibuat sudah sesuai kebutuhan, lalu klik Simpan di sudut kanan bawah layar

8. Sistem akan menampilkan pop-up Simpan Kategori CatatanKlik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi. 

9. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman semula dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar

10. Sementara itu kategori catatan yang baru Anda buat akan langsung muncul di daftar

Menambahkan Data Produk ke Kategori Catatan

Setelah membuat kategori catatan, Anda juga perlu menambahkan data produk agar opsi yang telah dibuat bisa tampil ketika produk terkait dipilih. Misalnya: Opsi kategori catatan ‘Kematangan’ hanya akan muncul ketika kasir meng-input produk ayam geprek. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menambahkan data produk ke dalam kategori catatan:  

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Produk > Daftar Kategori Catatan

2. Setelah masuk halaman Daftar Kategori Catatanklik tanda titik tiga di kategori catatan yang ingin diatur data produknya

3. Selanjutnya pilih opsi Tetapkan Produk

4. Sistem akan menampilkan pop-up Tetapkan Produk. Berikan tanda ceklis pada jenis produk yang sesuai dan klik Simpan. Ket: Saat panduan ini dibuat, fitur ini hanya berlaku untuk jenis produk barang. 

5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan melihat notifikasi Berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, angka di kolom Jumlah Produk akan mengikuti jumlah produk yang diceklis di langkah sebelumnya. 

6. Selanjutnya ketika Anda meng-input pesanan untuk ‘sambal terasi kang asep’ di aplikasi POS, pada bagian catatan akan muncul kategori catatan ‘kematangan’ 

Mengubah Kategori Catatan

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengubah detail informasi dalam kategori catatan melalui dashboard majoo: 

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Produk > Daftar Kategori Catatan

2. Setelah masuk halaman Daftar Kategori Catatanklik tanda titik tiga di kategori catatan yang ingin diubah

3. Pilih opsi Ubah

4. Anda akan diarahkan ke halaman Ubah Kategori Catatan. Lakukan perubahan sesuai kebutuhan lalu klik Simpan

5. Akan muncul pop-up Ubah Kategori Catatanklik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi

6. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman semula dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar

Menghapus Kategori Catatan

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menghapus kategori catatan melalui dashboard majoo: 

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Produk > Daftar Kategori Catatan

2. Setelah masuk halaman Daftar Kategori Catatanklik tanda titik tiga di kategori catatan yang ingin dihapus

3. Pilih opsi Hapus

4. Akan tampil pop-up Hapus Kategori Catatanklik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi

5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda bisa membaca notifikasi Berhasil di sudut kanan atas. Sementara itu, kategori catatan yang baru dihapus akan hilang dari daftar

Menerapkan Kategori Catatan di Aplikasi POS

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memilih opsi kategori catatan di aplikasi POS: 

1. Login ke aplikasi POS hingga Anda masuk ke halaman utama kasir

2. Lakukan input pesanan, pilih produk yang datanya sudah ditambahkan ke kategori catatan melalui dashboard

3. Ketika Anda tap nama produk terkait, akan muncul pop-up Detail Produk. Selanjutnya gulirkan layar hingga Anda menemukan bagian Catatan. Di sana Anda akan bisa memih opsi kategori catatan yang sudah dibuat sebelumnya.

4. Saat salah satu opsi dipilih, baris Catatan akan otomatis terisi dengan keterangan yang sesuai

5. Selanjutnya Anda bisa tekan Simpan dan memproses transaksi seperti biasa

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo