Informasi Umum
Pay Go merupakan perangkat tambahan yang akan membantu kasir maupun pelanggan mengidentifikasi status pembayaran e-wallet. Begitu pembayaran e-wallet dilakukan melalui aplikasi POS majoo, perangkat Pay Go akan mengeluarkan notifikasi suara yang menyebutkan bahwa nominal pembayaran telah berhasil diterima.
Menyambungkan Perangkat Pay Go Melalui Dashboard majoo
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menyambungkan perangkat soundbox melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Pengaturan > Terminal > Perangkat Pay Go
2. Setelah masuk ke halaman Perangkat Pay Go, klik Tambah Perangkat Pay Go di sisi kanan layar
3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Tambah Perangkat Pay Go. Pada baris Perangkat SN, masukkan serial number dari perangkat yang akan disambungkan. Anda bisa menemukan keterangan serial number di bagian belakang perangkat Pay Go. Selain itu, pastikan perangkat terkait sudah tersambung dengan jaringan Internet.
4. Lanjutkan dengan memilih merek atau vendor perangkat Pay Go yang digunakan, outlet, jenis QRIS, dan channel. Tambahkan informasi tambahan di bagian Keterangan jika diperlukan. Jangan lupa untuk mengaktifkan toggle status agar perangkat terhubung. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu klik Simpan.
5. Layar akan menampilkan jendela pop-up berisi pesan bahwa pengaturan akan otomatis disimpan ke dashboard. Klik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi.
6. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman Perangkat Pay Go dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, perangkat yang baru ditambahkan akan muncul di dalam daftar perangkat dengan status Aktif. Pada tahap ini, perangkat soundbox sudah siap untuk digunakan.
Menguji Konektivitas Perangkat
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda bisa ikuti untuk menguji konektivitas perangkat Pay Go melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Pengaturan > Terminal > Perangkat Pay Go
2. Setelah masuk ke halaman Perangkat Pay Go, klik tombol menu (tiga titik) di perangkat yang ingin diuji konektivitasnya dan pilih opsi Tes Perangkat
3. Jika konektivitas berjalan dengan baik, perangkat Pay Go akan mengeluarkan notifikasi suara berupa nominal transaksi terakhir atau pesan bahwa perangkat telah berhasil terhubung
Mengubah Pengaturan Perangkat Pay Go
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengubah pengaturan perangkat Pay Go melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Pengaturan > Terminal > Perangkat Pay Go
2. Setelah masuk ke halaman Perangkat Pay Go, klik tombol menu (tiga titik) di perangkat yang ingin diubah pengaturannya dan pilih opsi Ubah
3. Setelah masuk halaman Ubah Perangkat Pay Go, lakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan. Begitu selesai, klik Simpan di sudut kanan bawah layar untuk menyimpan pengaturan.
4. Layar akan menampilkan pesan pop-up, klik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi
5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan otomatis diarahkan kembali ke halaman Perangkat Pay Go dan mendapatkan notifikasi di sudut kanan atas, yang menyebutkan bahwa perubahan telah berhasil disimpan
Menggunakan Perangkat Pay Go
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan perangkat soundbox dalam proses pencatatan transaksi di aplikasi majoo:
1. Login ke aplikasi majoo
2. Setelah masuk halaman utama kasir, tap produk yang dibeli pelanggan dan tekan Proses Bayar
3. Begitu masuk menu Pembayaran dan pilih metode pembayaran QRIS. Selanjutnya Anda bisa memilih opsi QRIS majoo dinamis atau statis, tergantung pada pengaturan yang dibuat di halaman perangkat Pay Go.
4. Pada contoh kali ini kita akan memilih opsi QRIS majoo dinamis, di mana layar akan menampilkan kode QR yang bisa di-scan untuk menyelesaikan pembayaran. Pada tahap ini, mintalah pelanggan untuk melakukan scan dan melunasi transaksi.
5. Jika semua dilakukan dengan baik, Anda akan diarahkan ke halaman konfirmasi pembayaran sukses. Pada tahap ini, perangkat Pay Go akan otomatis mengeluarkan notifikasi suara yang menyebutkan bahwa pembayaran dengan nominal tagihan sudah berhasil diterima.