Aplikasi wirausaha majoo menyediakan fitur invoice digital untuk memudahkan Anda dalam mengelola outlet, terutama dari segi pemesanan stok maupun bahan baku. Dengan memanfaatkan fitur Invoice, Anda akan memiliki catatan tagihan terhadap pelanggan, lengkap dengan statusnya (lunas, dibayar sebagian, void, dan lain sebagainya). Untuk mengakses fitur ini, Anda bisa membuka halaman Daftar Invoice di dashboard (Penjualan > Invoice > Daftar invoice).
Membuat Invoice Baru
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk bisa membuat invoice baru melalui dashboard majoo:
1. Masuk ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Invoice > Daftar Invoice
2. Setelah masuk ke halaman Daftar Invoice, klikTambah Invoice
3. Anda akan diarahkan ke halaman Tambah Invoice. Di sini Anda bisa melakukan pengaturan Jenis Invoice (tanpa nomor referensi atau mereferensikan pesanan penjualan), nomor invoice (akan diisi otomatis oleh sistem jika dikosongkan), tanggal pembuatan invoice, dan termin pembayaran.
4. Selanjutnya gulirkan layar ke bawah dan pastikan outlet yang Anda pilih di bagian Informasi Outlet sudah benar
5. Berikutnya fokus ke bagian Informasi Pelanggan dan klik tanda titik tiga
6. Pilih pelanggan yang ingin dicantumkan ke dalam invoice dan klikPilih. Jika ingin memasukkan data pelanggan baru, klikPelanggan Baru dan Anda akan diarahkan ke halaman tambah pelanggan.
7. Selanjutnya Anda bisa mulai melengkapi keterangan Alamat Pengiriman (alamat lengkap, nomor telepon, dan email). KlikSama dengan Alamat Penagihan jika Anda ingin alamat pengiriman disamakan dengan informasi yang tercantum di data pelanggan terkait.
8. Jika sudah yakin dengan pengaturan yang dibuat, klikSelanjutnya
9. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Detail Produk. KlikTambah Produk.
10. Pilih produk yang sesuai, kemudian klikSimpan
11. Setelah produk berhasil dipilih, tentukan jumlah produk, satuan, dan diskon. Anda bisa menambahkan catatan keterangan tambahan jika dibutuhkan.
12. KlikTambah Promo jika Anda ingin menerapkan promo tambahan pada invoice yang sedang dibuat. Anda bisa menerapkan promo default, kupon, maupun poin pelanggan.
13. Selanjutnya gulirkan layar dan fokus pada bagian Rincian Tagihan. Pastikan bahwa nominal yang muncul di bagian subtotal dan diskon produk sudah benar. Jika sudah, Anda bisa mengatur nominal biaya pengiriman. KlikTambah Biaya Lainnya jika Anda ingin menambahkan biaya-biaya lain yang belum ada di form. Terakhir, Anda bisa menambahkan catatan jika diperlukan.
14. Pastikan nominal total tagihan sudah benar, lalu klikSimpan
15. Akan muncul jendela pop-up, klikYa, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi
16. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman Preview Invoice dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Klik Tutup untuk kembali ke halaman sebelumnya.
17. Lakukan konfirmasi dengan memilih opsi Ya, Lanjutkan
18. Anda akan diarahkan kembali ke halaman Daftar Invoice dan invoice yang baru saja dibuat akan otomatis tersimpan dengan status Belum Dibayar
Melakukan Pembatalan atau Void Invoice
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pembatalan atau void invoice:
1. Masuk ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Invoice > Daftar Invoice
2. Setelah masuk ke halaman Daftar Invoice, klik tanda titik tiga di nomor invoice yang berstatus Belum Dibayar dan ingin dibatalkan, lalu pilih Void
3. Pilih user yang akan melakukan void, masukkan PIN otorisasi, dan klikProses
4. Jika semua dilakukan dengan benar, invoice yang baru saja dibatalkan akan otomatis berubah statusnya menjadi Void
Download Dokumen PDF Invoice
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk men-download dokumen invoice berformat PDF:
1. Masuk ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Invoice > Daftar Invoice
2. Setelah masuk ke halaman Daftar Invoice, klik tanda titik tiga di invoice berstatus Lunas atau Belum Dibayar, lalu klikDownload PDF
3. Lakukan konfirmasi dengan klikYa, Lanjutkan
4. Jika semua dilakukan dengan benar, dokumen invoice terkait akan otomatis ter-download ke perangkat Anda dalam format PDF dan akan muncul notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar.
5. Berikut ini adalah contoh tampilan dari dokumen invoice yang berhasil di-download
Mengirim Dokumen Invoice Melalui Email
Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengirimkan dokumen invoice dari dashboard majoo ke alamat email pelanggan:
1. Masuk ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Invoice > Daftar Invoice
2. Setelah masuk ke halaman Daftar Invoice, klik tanda titik tiga di invoice berstatus Belum Dibayar atau Lunas, lalu pilih Kirim Email
3. Masukkan alamat email tujuan, lalu klikProses
4. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar
5. Sementara itu, pemilik alamat email akan mendapatkan gambar dokumen invoice beserta link download, dengan tampilan seperti kurang lebih di bawah ini
Memproses atau Menerima Pembayaran untuk Invoice
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memproses atau menerima pembayaran untuk invoice melalui dashboard majoo:
1. Masuk ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Invoice > Daftar Invoice
2. Setelah masuk ke halaman Daftar Invoice, klik tanda titik tiga di invoice berstatus Belum Dibayar, lalu pilih opsi Terima Pembayaran
3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Tambah Terima Pembayaran. Lakukan pengaturan tanggal penerimaan pembayaran, nomor penerimaan penjualan (akan otomatis diisi oleh sistem jika dikosongkan), lalu klikTambah Pembayaran.
4. Pilih jenis pembayaran yang digunakan oleh pelanggan, lalu klik Pilih
5. Masukkan nilai pembayaran yang diterima di kolom Total Pembayaran. Jika nilai pembayaran sama dengan total tagihan, maka invoice akan dicatat Lunas. Sementara jika nilai pembayaran kurang dari total tagihan, invoice akan dicatat sebagai Dilunasi Sebagian.
6. Setelah yakin dengan semua data-data yang dimasukkan, klikSimpan
7. Jika muncul jendela pop-up, klikYa, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi
8. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan otomatis masuk ke halaman Daftar Penerimaan Penjualan. Sementara itu, invoice yang baru saja diproses pembayarannya akan langsung otomatis tercatat sebagai penerimaan dengan status Selesai.
9. Jika Anda kembali ke halaman Daftar Invoice (Penjualan > Invoice > Daftar Invoice), Anda juga bisa melihat bahwa dokumen invoice yang baru saja diproses akan berubah statusnya menjadi Lunas.
Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
Penawaran Spesial
Diskon Hingga 50% untuk Semua Paket majoo!
Masih ragu berlangganan majoo? Sekarang harga paket tahunan dan bulanan diskon hingga 50%*. Kamu bisa nikmati semua fitur unggulan majoo dengan harga lebih murah.
Jangan lewatkan promonya, penawaran terbatas!
*S&K berlaku