search icon

Informasi Umum

Aplikasi wirausaha majoo menyediakan fitur invoice digital untuk memudahkan Anda dalam mengelola outlet, terutama dari segi pemesanan stok maupun bahan baku. Dengan memanfaatkan fitur Invoice, Anda akan memiliki catatan tagihan terhadap pelanggan, lengkap dengan statusnya (lunas, dibayar sebagian, void, dan lain sebagainya). Untuk mengakses fitur ini, Anda bisa membuka halaman Daftar Invoice di dashboard (Penjualan > Invoice > Daftar invoice).

Membuat Invoice Baru

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk bisa membuat invoice baru melalui dashboard majoo: 

1. Masuk ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Invoice > Daftar Invoice

2. Setelah masuk ke halaman Daftar Invoiceklik Tambah Invoice

3. Anda akan diarahkan ke halaman Tambah Invoice. Di sini Anda bisa melakukan pengaturan Jenis Invoice (tanpa nomor referensi atau mereferensikan pesanan penjualan), nomor invoice (akan diisi otomatis oleh sistem jika dikosongkan), tanggal pembuatan invoice, dan termin pembayaran. 

4. Selanjutnya gulirkan layar ke bawah dan pastikan outlet yang Anda pilih di bagian Informasi Outlet sudah benar 

5. Berikutnya fokus ke bagian Informasi Pelanggan dan klik tanda titik tiga

6. Pilih pelanggan yang ingin dicantumkan ke dalam invoice dan klik Pilih. Jika ingin memasukkan data pelanggan baru, klik Pelanggan Baru dan Anda akan diarahkan ke halaman tambah pelanggan.

7. Selanjutnya Anda bisa mulai melengkapi keterangan Alamat Pengiriman (alamat lengkap, nomor telepon, dan email). Klik Sama dengan Alamat Penagihan jika Anda ingin alamat pengiriman disamakan dengan informasi yang tercantum di data pelanggan terkait. 

8. Jika sudah yakin dengan pengaturan yang dibuat, klik Selanjutnya

9. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Detail ProdukKlik Tambah Produk

10. Pilih produk yang sesuai, kemudian klik Simpan

11. Setelah produk berhasil dipilih, tentukan jumlah produk, satuan, dan diskon. Anda bisa menambahkan catatan keterangan tambahan jika dibutuhkan. 

12. Klik Tambah Promo jika Anda ingin menerapkan promo tambahan pada invoice yang sedang dibuat. Anda bisa menerapkan promo default, kupon, maupun poin pelanggan. 

13. Selanjutnya gulirkan layar dan fokus pada bagian Rincian Tagihan. Pastikan bahwa nominal yang muncul di bagian subtotal dan diskon produk sudah benar. Jika sudah, Anda bisa mengatur nominal biaya pengiriman. Klik Tambah Biaya Lainnya jika Anda ingin menambahkan biaya-biaya lain yang belum ada di form. Terakhir, Anda bisa menambahkan catatan jika diperlukan. 

14. Pastikan nominal total tagihan sudah benar, lalu klik Simpan

15. Akan muncul jendela pop-upklik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi

16. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman Preview Invoice dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Klik Tutup untuk kembali ke halaman sebelumnya. 

17. Lakukan konfirmasi dengan memilih opsi Ya, Lanjutkan

18. Anda akan diarahkan kembali ke halaman Daftar Invoice dan invoice yang baru saja dibuat akan otomatis tersimpan dengan status Belum Dibayar

Melakukan Pembatalan atau Void Invoice

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pembatalan atau void invoice

1. Masuk ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Invoice > Daftar Invoice

2. Setelah masuk ke halaman Daftar Invoiceklik tanda titik tiga di nomor invoice yang berstatus Belum Dibayar dan ingin dibatalkan, lalu pilih Void

3. Pilih user yang akan melakukan void, masukkan PIN otorisasi, dan klik Proses

4. Jika semua dilakukan dengan benar, invoice yang baru saja dibatalkan akan otomatis berubah statusnya menjadi Void

Download Dokumen PDF Invoice

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk men-download dokumen invoice berformat PDF: 

1. Masuk ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Invoice > Daftar Invoice

2. Setelah masuk ke halaman Daftar Invoiceklik tanda titik tiga di invoice berstatus Lunas atau Belum Dibayar, lalu klik Download PDF

3. Lakukan konfirmasi dengan klik Ya, Lanjutkan

4. Jika semua dilakukan dengan benar, dokumen invoice terkait akan otomatis ter-download ke perangkat Anda dalam format PDF dan akan muncul notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. 

5. Berikut ini adalah contoh tampilan dari dokumen invoice yang berhasil di-download

Mengirim Dokumen Invoice Melalui Email

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengirimkan dokumen invoice dari dashboard majoo ke alamat email pelanggan: 

1. Masuk ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Invoice > Daftar Invoice

2. Setelah masuk ke halaman Daftar Invoiceklik tanda titik tiga di invoice berstatus Belum Dibayar atau Lunas, lalu pilih Kirim Email

3. Masukkan alamat email tujuan, lalu klik Proses

4. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar

5. Sementara itu, pemilik alamat email akan mendapatkan gambar dokumen invoice beserta link download, dengan tampilan seperti kurang lebih di bawah ini 

Memproses atau Menerima Pembayaran untuk Invoice

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memproses atau menerima pembayaran untuk invoice melalui dashboard majoo: 

1. Masuk ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Invoice > Daftar Invoice 

2. Setelah masuk ke halaman Daftar Invoiceklik tanda titik tiga di invoice berstatus Belum Dibayar, lalu pilih opsi Terima Pembayaran

3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Tambah Terima Pembayaran. Lakukan pengaturan tanggal penerimaan pembayaran, nomor penerimaan penjualan (akan otomatis diisi oleh sistem jika dikosongkan), lalu klik Tambah Pembayaran

4. Pilih jenis pembayaran yang digunakan oleh pelanggan, lalu klik Pilih

5. Masukkan nilai pembayaran yang diterima di kolom Total Pembayaran. Jika nilai pembayaran sama dengan total tagihan, maka invoice akan dicatat Lunas. Sementara jika nilai pembayaran kurang dari total tagihan, invoice akan dicatat sebagai Dilunasi Sebagian

6. Setelah yakin dengan semua data-data yang dimasukkan, klik Simpan

7. Jika muncul jendela pop-upklik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi

8. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan otomatis masuk ke halaman Daftar Penerimaan Penjualan. Sementara itu, invoice yang baru saja diproses pembayarannya akan langsung otomatis tercatat sebagai penerimaan dengan status Selesai

9. Jika Anda kembali ke halaman Daftar Invoice (Penjualan > Invoice > Daftar Invoice), Anda juga bisa melihat bahwa dokumen invoice yang baru saja diproses akan berubah statusnya menjadi Lunas

 

 

 

 

 

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo