Aplikasi kasir majoo juga memungkinkan Anda untuk melakukan integrasi akun GrabFood sehingga semua proses pengaturan produk dan pencatatan transaksi bisa dilakukan dengan mudah melalui dashboard majoo. Pada bagian ini, Anda bisa membaca semua informasi yang dibutuhkan terkait proses integrasi GrabFood.
Mengajukan Aktivasi Integrasi GrabFood
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengajukan integrasi GrabFood melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo, lalu pilih opsi Toko Online - Food Order - GrabFood
2. Klik di tanda titik tiga, lalu pilih opsi Ajukan Integrasi
3. Akan tampil jendela pop-up, klik Ya, Lanjutkan
4. Browser akan mengarahkan Anda ke halaman Grab, klik Login
5. Masukkan username dan password akun Grab Merchant, lalu klik Login
6. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan melihat pesan ‘Select the Store you’d like to Connect’, klik Connect
7. Pada langkah berikutnya, Anda wajib untuk klik Export Menu agar semua produk yang sudah terdaftar di akun Grab Merchant bisa disinkronisasikan dengan database majoo. Sekali lagi pastikan Anda tidak meng-klik tombol Skip This Step agar tidak terjadi error pada saat proses integrasi.
8. Anda akan mendapatkan pesan ‘Export Complete’, klik Proceed to Integration untuk melanjutkan ke proses berikutnya
9. Tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah masuk halaman berikutnya, klik Enable Integration
10. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan pesan ‘You’re all Set’. Selanjutnya kembali ke tabbrowser yang sudah membuka dashboard majoo (langkah ke-3), lalu lakukan refresh (tekan tombol F5 di keyboard)
11. Aktivasi integrasi selesai, selanjutnya Anda bisa melanjutkan ke proses pemetaan produk
Melakukan Pemetaan Produk
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pemetaan produk setelah proses aktivasi integrasi GrabFood selesai dilakukan di dashboard:
1. Setelah proses aktivasi selesai dan Anda melakukan refresh di dashboard majoo, layar akan menampilkan daftar produk yang berhasil diekspor dari database Grab dan dipetakan ke database majoo. Sementara itu, ikon tanda seru menandakan bahwa produk terkait belum berhasil dipetakan dan Anda wajib melakukan pemetaan secara manual
2. Untuk melakukannya, klik di bagian nama produk GrabFood dengan ikon tanda seru
3. Akan tampil sidebar Ubah Produk, selanjutnya klik Pilih Produk majoo
4. Pilih produk majoo yang sesuai
5. Ubah gambar produk jika dirasa perlu
6. Klik di tab Produk Ekstra dan klik Tambah Ekstra jika ingin menambahkan ekstra untuk produk terkait
7. Klik di tab Info Produk, lalu lakukan pengaturan sesuai kebutuhan. Ceklis opsi Produk Mengandung Alkohol jika produk memiliki kandungan alkohol. Lakukan markup atau markdown harga sesuai kebutuhan outlet. Pastikan toggle status dalam kondisi on. Isi deskripsi jika dirasa perlu.
8. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu klik Simpan
9. Ulangi langkah 2-8 hingga semua produk yang gagal terpetakan sudah selesai diatur
10. Selesaikan dengan klik Sinkronisasi
11. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan pemberitahuan berhasil di sudut kanan atas layar
Tambah Produk Baru di GrabFood
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menambah produk baru di GrabFood melalui dashboard majoo. Peringatan: Ketika Anda sudah melakukan integrasi akun GrabFood dengan majoo, proses tambah produk HANYABOLEHdilakukan melalui dashboard majoo. Penambahan produk melalui aplikasi Grab akan berpotensi membuat error pada daftar produk dan informasi stok:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Toko Online - Food Order - GrabFood
2. Tekan tanda titik tiga di outlet yang ingin diatur dan pilih opsi Atur
3. Pilih opsi Produk
4. Klik Tambah Produk
5. Klik Pilih Produk majoo
6. Pilih produk majoo yang sesuai dan klik Pilih
7. Upload foto produk yang akan ditampilkan di GrabFood
8. Isikan informasi produk yang akan ditampilkan di GrabFood, termasuk di antaranya Nama Produk, Produk Mengandung Alkohol (ceklis jika produk memiliki kandungan alkohol), Harga Produk (lakukan mark up atau mark down sesuai kebutuhan), Status Produk (pastikan toggle ON), dan Deskripsi Produk (isi dengan deskripsi singkat produk jika dirasa perlu)
9. Klik di tab Produk Ekstra dan Tambah Ekstra jika ingin menambahkan ekstra atau varian pada produk terkait
10. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu klik Simpan
11. Selesaikan dengan klik Sinkronisasi
12. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan pemberitahuan berhasil di sudut kanan atas layar
Melakukan Pengaturan Tambahan
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pengaturan tambahan setelah pengajuan integrasi GrabFood disetujui di dashboard majoo:
1. Lakukan login ke dashboard dan pilih menu Toko Online > Food Order > GrabFood
2. Setelah masuk halaman integrasi GrabFood, klik simbol titik tiga di outlet yang sudah terintegrasi lalu pilih Atur
3. Pada bagian atas layar, terdapat toggle khusus yang bisa Anda nonaktifkan untuk membuat toko GrabFood tutup sementara waktu
4. Pada bagian Sinkronisasi Pesanan, Anda akan menemukan tombol Sinkronisasi Pesanan. Klik di sini jika Anda mengalami keterlambatan atau catatan pesanan tidak masuk ke aplikasi POS maupun dashboard
5. Pada bagian bawah layar, Anda akan menemukan toggle khusus yang bisa Anda aktifkan untuk menerapkan pengaturan Auto Stock. Ketika fungsi ini aktif, jumlah stok barang di akun Grabfood akan otomatis mengikuti jumlah stok yang ada di dashboard majoo.
6. Terakhir, di bagian Produk Setting Anda akan menemukan dua tombol berbeda. Klik Produk untuk melakukan penambahan atau perubahan informasi produk. Sementara itu, Anda bisa klik Promo untuk melakukan pengaturan program promo yang akan diterapkan khusus di aplikasi GrabFood.
Melakukan Tambah Produk
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menambahkan produk baru ke aplikasi GrabFood melalui dashboard majoo:
1. Pastikan akun GrabFood Anda sudah terintegrasi ke dashboard majoo, lalu login ke dashboard majoo dan pilih opsi Toko Online > Food Order > GrabFood
2. Setelah masuk halaman Integrasi Grabfood, klik tanda titik tiga di outlet yang ingin diatur dan pilih opsi Atur
3. Fokus ke bagian Produk Setting dan pilih opsi Produk
4. Setelah masuk Pengaturan Tambah Produk, klik Tambah Produk di sisi kiri atas layar
5. Begitu muncul jendela baru, klik Pilih Produk majoo untuk memilih produk majoo yang akan dipetakan ke GrabFood
6. Pilih salah satu produk, lalu klik Pilih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait daftar produk yang bisa dipilih:
Sistem akan menampilkan daftar produk secara lengkap. Ini meliputi produk varian, produk dengan resep, produk paket, maupun produk/varian tanpa resep namun memiliki ekstra dengan resep
Produk-produk tersebut akan tetap tampil di daftar dan bisa dipilih, baik ketika opsi Auto Stock diaktifkan maupun tidak
Jika opsi Auto Stock diaktifkan, maka sistem akan menentukan jumlah stok produk dengan resep berdasarkan jumlah stok bahan baku dengan nilai terkecil. Misal: Ayam Goreng Madu memiliki resep yang terdiri dari Kecap Manis (stok 11 pcs) dan Madu (9 pcs). Maka sistem akan otomatis mencatat stok Ayam Goreng Madu sebanyak 9 pcs (mengikuti nilai terendah dari bahan baku)
Stok produk, varian, maupun ekstra yang tidak mengaktifkan opsi Monitoring Persediaan akan dicatat 0 (nol) oleh sistem
Stok produk ekstra tanpa resep juga akan dicatat 0 (nol) oleh sistem
7. Klik ikon di bagian Upload Gambar untuk melengkapi foto produk. Sebagai informasi tambahan, gambar produk yang diupload wajib memiliki resolusi minimal 300x300px. Namun untuk kualitas maksimal, gunakan gambar dengan resolusi 600x600px. Selain itu, Anda juga dilarang untuk meng-upload gambar dengan watermark kompetitor. Contoh: GoFood atau Shopee Food.
8. Pada bagian Informasi Produk, pastikan nama produk sudah benar. Setelah itu atur Urutan untuk menentukan pada baris berapa produk akan tampil di GrabFood. Jika produk memiliki kandungan alkohol atau sejenisnya, ceklis opsi Produk Mengandung Alkohol
9. Klik di tab Produk Ekstra untuk mulai melakukan pengaturan produk ekstra
10. Klik Tambah Ekstra
11. Klik Pilih Ekstra. Jika produk yang dipetakan memiliki pengaturan produk ekstra, opsi tersebut akan tampil di bagian ini
12. Lakukan pengaturan Urutan, Min Qty. Pembelian, dan Max Qty. Penjualan sesuai dengan kebutuhan
13. Selanjutnya Anda juga bisa mengatur Urutan dan Atur Harga (harga jual) untuk masing-masing produk ekstra. Sebagai tambahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait pengaturan produk ekstra:
Sistem akan otomatis menampilkan stok untuk masing-masing produk ekstra
Jika Anda mengaktifkan opsi Auto Stock dan memiliki produk ekstra dengan resep, sistem akan menampilkan stok produk sesuai dengan jumlah bahan baku terendah. Misalnya: Produk ekstra Daging Chili Oil memiliki resep yang terdiri dari dari Daging (stok 11 pcs) dan Chili Oil (stok 9 pcs). Sistem akan menampilkan stok Daging Chili Oil sebanyak 9 pcs (mengikuti jumlah bahan baku terkecil)
Stok produk, varian, maupun ekstra yang tidak mengaktifkan opsi Monitoring Persediaan akan dicatat 0 (nol) oleh sistem
Stok produk ekstra tanpa resep juga akan dicatat 0 (nol) oleh sistem
14. Begitu selesai melakukan pengaturan Produk Ekstra, lanjutkan ke bagian Harga Produk dan pilih salah satu opsi yang tersedia:
Markup harga: Lakukan pengaturan harga di sini jika Anda ingin harga jual produk di GrabFood lebih tinggi daripada harga jual offline. Anda bisa menaikkan harga berdasarkan nominal maupun persentase.
Markdown harga: Lakukan pengaturan harga di sini jika Anda ingin harga jual produk di GrabFood lebih murah dibandingkan harga jual offline. Anda bisa menurunkan harga berdasarkan nominal maupun persentase.
Tentukan manual: Lakukan pengaturan harga di sini jika Anda ingin langsung menentukan harga jual produk di GrabFood. Anda bisa langsung meng-input harga produk di form yang tersedia
15. Aktifkan toggle Status Produk jika Anda ingin produk tersebut tersedia untuk dipesan melalui GrabFood
16. Tambahkan Deskripsi Produk sesuai kebutuhan
17. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu klik Simpan
18. Klik Sinkronisasi untuk memastikan produk yang baru saja ditambahkan tersimpan ke dalam database GrabFood
19. Selagi berada di halaman Pengaturan Tambah Produk GrabFood, Anda akan bisa membaca banner bertuliskan “Akun Anda Telah Terintegrasi dengan aplikasi GrabFood. Pelajari apa saja yang dapat dilakukan beserta batasannya”. Klik di Pelajari Selengkapnya.
20. Layar akan menampilkan daftar syarat dan ketentuan lengkap mengenai hal-hal apa saja direkomendasikan dan tidak direkomendasikan untuk dilakukan, berkaitan dengan integrasi Grabfood. Hal ini termasuk anjuran untuk tidak meng-edit produk melalui aplikasi GrabFood (berpotensi membuat order tidak masuk) dan mengubah stok produk melalui aplikasi GrabFood (berpotensi membuat jumlah stok di majoo dan GrabFood mengalami selisih). Klik tanda X untuk kembali ke halaman sebelumnya.
21. Tambah produk GrabFood selesai
Mengaktifkan Auto Stock
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan fitur auto stock dalam pengaturan integrasi GrabFood. Setelah fitur ini aktif, GrabFood akan otomatis menghitung stok produk sesuai dengan jumlah stok yang tercatat di dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Toko Online
2. Lanjutkan dengan memilih opsi Food Order - GrabFood
3. Setelah masuk halaman Integrasi GrabFood, klik tanda titik tiga di outlet yang ingin diaktifkan auto stock-nya dan pilih opsi Atur
4. Begitu masuk ke halaman Pengaturan GrabFood, fokus ke bagian Status Auto Stock
5. Aktifkan toggle Status Fitur Auto Stock
6. Ketika muncul jendela pop-up, klik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi pengaturan
7. Fitur auto stock berhasil diaktifkan
8. Beberapa informasi tambahan yang perlu Anda perhatikan terkait fitur auto stock:
Auto Stock hanya berlaku untuk produk yang mengaktifkan opsi Monitoring Persediaan di halaman Daftar Produk
Stok produk, varian, maupun ekstra dengan resep akan dihitung berdasarkan jumlah bahan baku terendah. Misalnya saja Anda memiliki varian topping Ayam Chili Oil yang dibuat dengan bahan baku Ayam Potong (stok 10) dan Chili Oil (stok 5). Sistem akan mencatat stok Ayam Chili Oil sebanyak 5 atau mengikuti jumlah stok bahan baku terendah
Mengaktifkan Custom Amount
Aplikasi majoo akan otomatis menggunakan fitur custom amount untuk mencatat transaksi GrabFood dengan kondisi produk belum terpetakan di dashboard majoo. Namun sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa pengaturan custom amount telah diaktifkan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukannya:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga Anda masuk ke halaman utama kasir
2. Tekan tombol menu di sudut kiri atas layar, lalu pilih Pengaturan
3. Pilih menu Kasir
4. Scroll layar ke bawah hingga Anda melihat opsi Custom Amount, lalu tekan pengaturan Input Pesanan Manual
5. Sistem akan menampilkan jendela pop-up. Aktifkan toggle lalu tekan Simpan
6. Custom amount berhasil diaktifkan
Memeriksa Transaksi Custom Amount GrabFood
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memeriksa transaksi custom amount GrabFood melalui aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga Anda masuk ke halaman utama kasir
2. Pastikan fitur custom amount sudah aktif, lalu tekan tombol mode
3. Pilih opsi E-Commerce
4. Tekan transaksi GrabFood untuk produk yang belum terpetakan di dashboard
5. Seperti yang bisa Anda lihat pada screenshot di bawah, nama produk akan tercatat sebagai custom amount
6. Sebagai informasi tambahan, aplikasi kasir majoo akan mencatat transaksi dengan custom amount ketika terjadi dua kondisi:
Pelanggan melakukan transaksi untuk produk yang sebelumnya sudah terpetakan di dashboard majoo, namun karena alasan tetentu produk tersebut dihapus
Pelanggan melakukan transaksi untuk produk yang proses upload-nya tidak dilakukan melalui aplikasi GrabFood merchant maupun dashboard majoo
Memproses Transaksi GrabFood
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memproses pesanan masuk dari GrabFood melalui aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga Anda masuk ke halaman utama kasir
2. Selanjutnya tekan tombol Daftar Order di sudut kanan atas layar
3. Tekan data pesanan dengan logo GrabFood
4. Anda akan bisa melihat status terkini pesanan. Status ini akan berubah otomatis sesuai dengan tindakan yang dilakukan oleh driver maupun pelanggan di aplikasi GrabFood
5. Jika karena satu dan lain hal terjadi pembatalan pesanan dari pihak driver maupun pelanggan, layar aplikasi POS akan menampilkan status seperti di bawah ini