Informasi Umum
Aplikasi Mobile Consumer atau Consumer App merupakan aplikasi yang memungkinkan pelanggan Anda untuk melakukan pemesanan dan memproses pembayaran melalui perangkat smartphone maupun tablet mereka sendiri. Tidak hanya itu, Anda sebagai business owner juga bisa melakukan beberapa kustomisasi seperti penambahan logo brand dan warna pada aplikasi.
Bukan hanya sekadar mencatat transaksi dan pembayaran, Consumer App majoo juga memiliki sejumlah fungsi tambahan untuk mengoptimalkan keuntungan bisnis Anda. Pertama, semua transaksi yang tercatat di aplikasi mobile Consumer akan otomatis terintegrasi dengan sistem back office majoo. Termasuk di antaranya laporan penjualan, inventori, promo, dan keuangan.
Selain itu, Consumer App majoo juga dilengkapi dengan sistem loyalty yang memungkinkan customer Anda mendapatkan benefit khusus melalui sistem poin dan promo. Terakhir, terdapat beragam metode pemesanan yang kompatibel dengan aplikasi - termasuk di antaranya delivery, pick up, dan dine in.
Download Proposal Consumer App
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk men-download dokumen proposal berisi penjelasan lengkap seputar aplikasi mobile consumer atau Consumer App majoo:
1. Buka halaman majoo.id/consumer-app menggunakan browser di laptop maupun perangkat mobile
2. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Consumer App majoo, klik Download Proposal
3. Layar akan menampilkan jendela pop-up. Isikan data diri (nama, nomor telepon, dan jenis usaha), lalu klik Download
4. Jika semua dilakukan dengan benar, dokumen proposal akan otomatis tersimpan ke dalam perangkat yang sedang Anda gunakan
Aktivasi Aplikasi Mobile Consumer atau Consumer App
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai business owner untuk mengajukan permintaan aktivasi aplikasi mobile consumer atau Consumer App majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Toko Online > Consumer Apps
2. Lanjutkan dengan klik Ajukan Aktivasi Sekarang. Sebagai catatan, Anda wajib untuk melakukan aktivasi Toko Online atau Weborder majoo terlebih dahulu
3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Aktivasi Consumer App. Di sini Anda bisa mulai dengan memasukkan alamat email yang akan dicantumkan sebagai pengembang aplikasi. Setelah itu lanjutkan dengan memberikan tanda ceklis pada semua bentuk persetujuan persyaratan dan ketentuan. Terakhir, klik Ajukan.
4. Sistem akan meminta Anda untuk melakukan konfirmasi pengajuan aktivasi Consumer App. Klik Ya, Lanjutkan
5. Layar akan menyebutkan bahwa pengajuan berhasil dikirim. Klik Tutup untuk kembali ke halaman sebelumnya
6. Pengajuan selesai. Selanjutnya tim majoo akan melakukan follow up lanjutan melalui email, paling lambat lima (5) hari kerja setelah pengajuan dibuat
Mengatur Nama dan Ikon Aplikasi Mobile Consumer atau Consumer App
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatur nama dan ikon aplikasi mobile consumer atau Consumer App majoo melalui dashboard:
1. Login ke dashboard majoo
2. Pilih opsi Toko Online > Consumer Apps
3. Selanjutnya klik Atur di bagian Nama dan Ikon Aplikasi
4. Selanjutnya Anda bisa langsung meng-input nama aplikasi dan upload ikon aplikasi sesuai dengan kebutuhan outlet. Pada sisi kanan layar, Anda bisa melihat tampilan preview. Begitu selesai, klik Simpan
5. Sistem akan meminta Anda melakukan konfirmasi, klik Ya, Lanjutkan
6. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman sebelumnya. Jika semua dilakukan dengan benar, layar akan menampilkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar.
7. Sebagai catatan, semua pengaturan belum akan diterapkan ke Consumer App hingga Anda melakukan proses publish aplikasi. Panduan mengenai cara Publish Aplikasi akan dibahas pada bagian terpisah di halaman ini.
Mengatur Tampilan Warna dan Splash Screen Consumer App
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengatur tampilan warna dan splash screen Consumer App majoo sesuai kebutuhan outlet:
1. Login ke dashboard majoo
2. Pilih opsi Toko Online > Consumer Apps
3. Selanjutnya klik Atur pada bagian Tampilan Aplikasi
4. Pada halaman berikutnya, Anda akan bisa mengatur kombinasi warna aplikasi dan mode yang digunakan untuk menampilkan daftar produk (grid, list, dan lain sebagainya). Setelah selesai melakukan pengaturan di halaman ini, klik Selanjutnya.
5. Di halaman selanjutnya Anda bisa mengatur splash screen atau tampilan layar yang muncul sesaat setelah pelanggan meluncurkan aplikasi mobile consumer. Upload tampilan gambar yang diinginkan, lalu klik Selanjutnya.
6. Layar akan menampilkan preview tampilan sesuai dengan pengaturan yang sudah dibuat. Periksa dan pastikan semua sudah sesuai dengan kebutuhan outlet sebelum Anda klik Simpan.
7. Sistem akan meminta Anda untuk melakukan konfirmasi, klik Simpan
8. Sebagai catatan, semua pengaturan belum akan diterapkan ke Consumer App hingga Anda melakukan proses publish aplikasi. Panduan mengenai cara Publish Aplikasi akan dibahas pada bagian terpisah di halaman ini.
Mengatur Tampilan Banner Consumer App
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengatur tampilan banner promo di Consumer App majoo:
1. Login ke dashboard majoo
2. Pilih opsi Toko Online > Consumer Apps
3. Selanjutnya klik Atur pada bagian Banner
4. Anda akan diarahkan ke halaman Banner Promosi. Klik Tambah Banner untuk mulai menambahkan banner baru
5. Selanjutnya upload gambar banner dengan resolusi 720x638 px. Setelah itu berikan keterangan judul banner. Aktifkan toggle Jadikan Banner Utama jika ingin banner ini tampil di halaman pertama setelah pelanggan login di Consumer App. Terakhir, tentukan Target Halaman dan klik Simpan.
6. Sistem akan meminta Anda untuk melakukan konfirmasi. Klik Ya, Lanjutkan
7. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman sebelumnya. Ulangi langkah 4-6 untuk menambahkan banner lain sesuai kebutuhan. Jika sudah, klik Simpan Pengaturan.
8. Sistem akan kembali meminta Anda untuk melakukan konfirmasi. Klik Ya, Lanjutkan
9. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar
10. Sebagai catatan, semua pengaturan belum akan diterapkan ke Consumer App hingga Anda melakukan proses publish aplikasi. Panduan mengenai cara Publish Aplikasi akan dibahas pada bagian terpisah di halaman ini.
Publish Aplikasi Consumer App
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan proses publish aplikasi Consumer App. Anda wajib melakukan publish agar aplikasi mobile consumer yang ada di Play Store maupun App Stote ter-update sesuai dengan kustomisasi yang telah dibuat:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Toko Online > Consumer Apps
2. Pastikan Anda telah mengatur nama, ikon, banner, dan tampilan aplikasi. Selanjutnya fokus ke bagian Publish Aplikasi di bagian bawah layar dan klik Publish
3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Publish Aplikasi. Klik tanda panah untuk melihat tampilan preview aplikasi sesuai dengan platform (Android atau iPhone). Jika sudah merasa puas dengan preview, klik Publish Aplikasi.
4. Sistem akan meminta Anda untuk melakukan konfirmasi. Klik Publish Aplikasi
5. Jika semua dilakukan dengan benar, sistem akan mengarahkan Anda ke halaman sebelumnya. Pada bagian status, Anda akan melihat keterangan Sedang Diproses. Proses publish aplikasi sendiri membutuhkan peninjauan dari tim majoo selama maksimal 7 (tujuh) hari kerja. Selain itu, Anda tidak dapat melakukan perubahan/kustomisasi apapun selama periode ini.
6. Setelah proses peninjauan selesai dan tim majoo tidak menemukan masalah apapun dengan pengaturan kustomisasi Anda, status akan berubah menjadi Sudah Dipublish. Pada tahap ini, aplikasi mobile consumer di Play Store maupun App Store akan ter-update sesuai dengan kustomisasi yang sudah dibuat.
Install Aplikasi Mobile Consumer atau Consumer App
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa pelanggan Anda lakukan untuk men-download Consumer App melalui Google Play Store maupun App Store:
1. Buka Google Play Store atau App Store, ketik nama merchant atau brand di search bar, lalu tekan ikon berbentuk kaca pembesar atau tekan enter
2. Consumer App akan tampil di layar. Tekan Install untuk memulai proses instalasi
3. Tunggu proses instalasi selesai
4. Instalasi aplikasi mobile consumer telah berhasil dilakukan
Membuat Akun Baru
Sebelum bisa melakukan aktivitas transaksi, pelanggan wajib membuat akun Consumer App terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa langkahnya:
1. Buka Consumer App
2. Setelah masuk halaman login, tekan Daftar
3. Pelanggan akan otomatis diarahkan ke halaman registrasi. Di sini pelanggan perlu melengkapi beberapa informasi yang dibutuhkan seperti nama lengkap, nomor ponsel, email, kata sandi, dan jenis kelamin. Selanjutnya pelanggan perlu memberikan tanda ceklis pada bagian persetujuan syarat dan ketentuan, lalu menekan tombol Buat Akun.
4. Selanjutnya pelanggan akan diarahkan ke tampilan Verifikasi Akun. Di sini pelanggan wajib memasukkan kode OTP yang telah diterima di nomor ponsel terdaftar. Pelanggan yang tidak menerima kode apapun bisa menekan tulisan Kirim Ulang.
5. Segera setelah kode OTP dimasukkan, aplikasi akan menunjukkan animasi loading. Tunggu hingga proses selesai.
6. Jika semua dilakukan dengan benar, pelanggan akan mendapakatn notifikasi yang menyebutkan bahwa pendaftaran akun telah berhasil dilakukan. Tekan Masuk untuk memulai proses login menggunakan akun yang baru saja dibuat.
Melakukan Login
Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan pelanggan untuk melakukan login akun di Consumer App majoo:
1. Buka aplikasi Consumer App
2. Setelah masuk halaman login, masukkan nomor ponsel dan password lalu tekan Masuk. Berikan tanda ceklis pada bagian Ingat Saya agar aplikasi mengingat informasi akun, sehingga pelanggan tidak perlu memasukkan ulang nomor ponsel dan password setiap menggunakan Consumer App.
3. Jika semua dilakukan dengan benar, pelanggan akan otomatis diarahkan ke halaman utama. Proses login selesai.
Reset Password
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk me-reset ulang password di Consumer App majoo:
1. Buka Consumer App
2. Setelah masuk halaman login, tekan Lupa Kata Sandi
3. Pelanggan akan otomatis diarahkan ke halaman Atur Ulang Kata Sandi. Masukkan nomor ponsel terdaftar di form yang tersedia, lalu tekan Atur Ulang Kata Sandi.
4. Lanjutkan dengan memilih salah satu metode verifikasi yang tersedia: SMS atau Whatsapp
5. Masukkan kode OTP yang diterima melalui SMS atau Whatsapp (bergantung pada opsi yang dipilih di langkah sebelumnya)
6. Jika semua dilakukan dengan benar, pelanggan akan diminta untuk membuat password baru dan melakukan konfirmasi password baru. Lanjutkan dengan menekan Atur Ulang Kata Sandi.
7. Jika semua dilakukan dengan benar, pelanggan akan menerima notifikasi yang menyebutkan bahwa kata sandi telah berhasil diubah. Tekan Masuk untuk melakukan login menggunakan password baru.
Melakukan Pemesanan
Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melakukan pembelian produk melalui Consumer app majoo:
1. Dari halaman utama atau homepage, pelanggan bisa memilih outlet atau cabang terdekat dengan lokasi saat ini
2. Selanjutnya tap di foto produk yang ingin dibeli
3. Tentukan jumlah produk dan berikan catatan tambahan jika diperlukan. Jika sudah, tekan Tambah Ke Keranjang
4. Ulangi langkah 2-4 hingga semua produk yang diinginkan masuk ke keranjang. Begitu sudah siap melakukan pemesanan, tekan Pesan
5. Pastikan semua keterangan yang tampil di layar sudah benar, lalu tekan Beli Produk
6. Lanjutkan dengan menentukan tipe order (dine-in, pick-up, atau delivery)
7. Jika memilih delivery, jangan lupa untuk mengatur alamat pengiriman dan juga kurir
8. Pastikan semua informasi yang tampil di layar sudah benar, termasuk di antaranya ringkasan pemesanan. Selanjutnya tekan Pilih Pembayaran untuk melanjutkan ke proses pembayaran.
9. Pilih salah satu metode pembayaran, kemudian tekan Lanjut
9. Ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses pembayaran. Lanjutkan dengan menekan Bayar
10. Layar akan menampilkan pesan Permintaan Bayar Terkirim. Lakukan pembayaran di aplikasi e-wallet terkait.
11. Jika pembayaran berhasil, Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Rincian Pesanan. Pada bagian Informasi Pesanan, Anda bisa membaca keterangan Pembayaran telah diverifikasi. Selanjutnya Anda tinggal menunggu outlet untuk memproses pesanan.
12. Ketika pesanan selesai, Anda bisa klik Pesan Lagi untuk mengulang pesanan untuk produk yang sama
Memproses Pesanan Masuk dari Consumer App (Take Away)
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memproses pesanan dari Consumer App (take away) melalui aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga masuk ke halaman utama kasir
2. Ketika ada pesanan masuk dari Consumer App, layar akan menampilkan notifikasi
3. Lanjutkan dengan menekan Daftar Order
4. Layar akan otomatis menampilkan daftar seluruh pesanan masuk. Tekan data pesanan dengan keterangan jenis Cons. App (Consumer app)
5. Sistem akan menampilkan halaman Detail Order yang memuat informasi detail mengenai pesanan pelanggan, nominal harga, dan rincian pembayaran. Tekan Proses untuk mengubah status order menjadi Diproses.
6. Status order akan otomatis berubah menjadi Diproses. Pada tahap ini outlet bisa mulai mengerjakan pesanan pelanggan. Begitu selesai, tekan tombol Siap Diambil.
7. Status pesanan akan otomatis berubah menjadi Siap Diambil. Pada tahap ini kasir tidak perlu melakukan action apapun di aplikasi POS.
8. Selanjutnya status pesanan akan berubah otomatis seiring dengan action yang dilakukan oleh driver atau kurir. Ketika pesanan selesai, layar akan menampilkan konfirmasi melalui jendela pop-up. Anda bisa klik Kirim Whatsapp untuk mengirimkan pesan khusus melalui kontak Whatsapp pelanggan.
Memproses Pesanan Masuk dari Consumer App (Delivery)
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memproses pesanan masuk dari Consumer App (delivery), melalui aplikasi POS majoo:
1. Ketika ada pesanan masuk dari Consumer App, sistem akan menampilkan notifikasi pop-up
2. Selanjutnya dari halaman utama kasir, tekan Daftar Order
3. Sistem akan menampilkan daftar seluruh pesanan masuk. Tekan di catatan order berjenis Consumer App dengan tipe Delivery
4. Ketika pesanan sudah dibayar oleh customer, Anda bisa membaca keterangan Pembayaran sudah masuk ke dalam sistem majoo. Selanjutnya tekan Proses untuk mengubah status pesanan.
5. Status pesanan akan berubah menjadi Diproses. Pada tahap ini outlet bisa mulai mengerjakan pesanan pelanggan. Begitu pesanan siap untuk dikirim, tekan Kirim Pesanan.
6. Tergantung pada kurir pilihan pelanggan, sistem mungkin akan menampilkan detail nomor resi dan jenis kurir/ekspedisi. Tekan Konfirmasi untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
7. Selanjutnya status pesanan akan otomatis berubah menjadi Dikirim, sebelum kemudian menjadi Diterima, bergantung pada action yang dilakukan oleh kurir maupun pelanggan
Menghapus/Menutup Akun Consumer App
Sebelum Anda memutuskan menutup akun Consumer App, perhatikan beberapa hal berikut:
- Dengan melakukan penutupan akun, seluruh riwayat transaksi akan ikut terhapus
- Proses penutupan akun hanya bisa dilakukan ketika tidak ada transaksi berlangsung dan tidak ada poin tersisa
- Oleh karena itu, kami menghimbau Anda untuk menggunakan atau menarik seluruh poin dari akun terkait
- Penghapusan akun bersifat permanen atau tidak dapat diubah
- majoo berhak menolak permintaan pembuatan akun Consumer App baru di masa mendatang
Kami sangat berharap akun Consumer App milik Anda tetap aktif, agar bisnis yang Anda jalankan tetap dapat melakukan transaksi online dengan berbagai kemudahan. Termasuk di antaranya dukungan untuk beragam metode pembayaran, pengaturan rewards, dan berbagai promo menarik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menghapus atau menutup akun Consumer App:
1. Pastikan kondisi akun yang ingin ditutup sudah sesuai dengan informasi yang tertera di menu ‘S&K’
2. Login ke Consumer App dan pilih opsi Account Profil. Selanjutnya tekan Account Setting dan pilih Delete Account
3. Pilih alasan hapus akun, lalu tekan Delete Account
4. Sistem akan mencoba untuk memastikan bahwa Anda sudah benar-benar yakin untuk menghapus akun. Tekan Continue untuk melakukan konfirmasi.
5. Masukkan password akun Consumer App. Jika lupa, Anda bisa melakukan input kode OTP
6. Akun berhasil dihapus
Frequently Asked Question
Consumer App adalah layanan dari majoo untuk membantu bisnis Anda memiliki aplikasi pemesanan online sendiri dengan harga terjangkau dan waktu relatif cepat.
Biaya pengembangan aplikasi yang relatif lebih murah dibandingkan dengan membuat aplikasi sendiri. Selain itu, Anda bisa memaksimalkan keuntungan karena tidak ada biaya aplikator yang memberatkan.
Bisa. Anda bahkan bisa mengatur logo aplikasi, nama aplikasi, desain banner, maupun kombinasi warna sesuai dengan kebutuhan outlet.