search icon
Paket Langganan
Support Tambahan
majooCapital
Toko Online
Marketplace
Tokopedia
Shopee
Kampanye Marketing
majoo Supplies

Informasi Umum

Aplikasi Mobile Consumer atau Consumer App merupakan aplikasi yang memungkinkan pelanggan Anda untuk melakukan pemesanan dan memproses pembayaran melalui perangkat smartphone maupun tablet mereka sendiri. Tidak hanya itu, Anda sebagai business owner juga bisa melakukan beberapa kustomisasi seperti penambahan logo brand dan warna pada aplikasi. 

Bukan hanya sekadar mencatat transaksi dan pembayaran, Consumer App majoo juga memiliki sejumlah fungsi tambahan untuk mengoptimalkan keuntungan bisnis Anda. Pertama, semua transaksi yang tercatat di aplikasi mobile Consumer akan otomatis terintegrasi dengan sistem back office majoo. Termasuk di antaranya laporan penjualan, inventori, promo, dan keuangan. 

Selain itu, Consumer App majoo juga dilengkapi dengan sistem loyalty yang memungkinkan customer Anda mendapatkan benefit khusus melalui sistem poin dan promo. Terakhir, terdapat beragam metode pemesanan yang kompatibel dengan aplikasi - termasuk di antaranya deliverypick up, dan dine in

Download Proposal Consumer App

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk men-download dokumen proposal berisi penjelasan lengkap seputar aplikasi mobile consumer atau Consumer App majoo:

1. Buka halaman majoo.id/consumer-app menggunakan browser di laptop maupun perangkat mobile

2. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Consumer App majoo, klik Download Proposal

3. Layar akan menampilkan jendela pop-up. Isikan data diri (nama, nomor telepon, dan jenis usaha), lalu klik Download

4. Jika semua dilakukan dengan benar, dokumen proposal akan otomatis tersimpan ke dalam perangkat yang sedang Anda gunakan

Aktivasi Aplikasi Mobile Consumer atau Consumer App

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai business owner untuk mengajukan permintaan aktivasi aplikasi mobile consumer atau Consumer App majoo: 

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Toko Online > Consumer Apps

2. Lanjutkan dengan klik Ajukan Aktivasi Sekarang. Sebagai catatan, Anda wajib untuk melakukan aktivasi Toko Online atau Weborder majoo terlebih dahulu 

3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Aktivasi Consumer App. Di sini Anda bisa mulai dengan memasukkan alamat email yang akan dicantumkan sebagai pengembang aplikasi. Setelah itu lanjutkan dengan memberikan tanda ceklis pada semua bentuk persetujuan persyaratan dan ketentuan. Terakhir, klik Ajukan. 

4. Sistem akan meminta Anda untuk melakukan konfirmasi pengajuan aktivasi Consumer App. Klik Ya, Lanjutkan 

5. Layar akan menyebutkan bahwa pengajuan berhasil dikirim. Klik Tutup untuk kembali ke halaman sebelumnya 

6. Pengajuan selesai. Selanjutnya tim majoo akan melakukan follow up lanjutan melalui email, paling lambat lima (5) hari kerja setelah pengajuan dibuat

Mengatur Nama dan Ikon Aplikasi Mobile Consumer atau Consumer App

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatur nama dan ikon aplikasi mobile consumer atau Consumer App majoo melalui dashboard

1. Login ke dashboard majoo

2. Pilih opsi Toko Online > Consumer Apps

3. Selanjutnya klik Atur di bagian Nama dan Ikon Aplikasi

4. Selanjutnya Anda bisa langsung meng-input nama aplikasi dan upload ikon aplikasi sesuai dengan kebutuhan outlet. Pada sisi kanan layar, Anda bisa melihat tampilan preview. Begitu selesai, klik Simpan

5. Sistem akan meminta Anda melakukan konfirmasi, klik Ya, Lanjutkan

6. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman sebelumnya. Jika semua dilakukan dengan benar, layar akan menampilkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. 

7. Sebagai catatan, semua pengaturan belum akan diterapkan ke Consumer App hingga Anda melakukan proses publish aplikasi. Panduan mengenai cara Publish Aplikasi akan dibahas pada bagian terpisah di halaman ini.  

Mengatur Tampilan Warna dan Splash Screen Consumer App

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengatur tampilan warna dan splash screen Consumer App majoo sesuai kebutuhan outlet

1. Login ke dashboard majoo

2. Pilih opsi Toko Online > Consumer Apps

3. Selanjutnya klik Atur pada bagian Tampilan Aplikasi

4. Pada halaman berikutnya, Anda akan bisa mengatur kombinasi warna aplikasi dan mode yang digunakan untuk menampilkan daftar produk (gridlist, dan lain sebagainya). Setelah selesai melakukan pengaturan di halaman ini, klik Selanjutnya. 

5. Di halaman selanjutnya Anda bisa mengatur splash screen atau tampilan layar yang muncul sesaat setelah pelanggan meluncurkan aplikasi mobile consumerUpload tampilan gambar yang diinginkan, lalu klik Selanjutnya. 

6. Layar akan menampilkan preview tampilan sesuai dengan pengaturan yang sudah dibuat. Periksa dan pastikan semua sudah sesuai dengan kebutuhan outlet sebelum Anda klik Simpan. 

7. Sistem akan meminta Anda untuk melakukan konfirmasi, klik Simpan

8. Sebagai catatan, semua pengaturan belum akan diterapkan ke Consumer App hingga Anda melakukan proses publish aplikasi. Panduan mengenai cara Publish Aplikasi akan dibahas pada bagian terpisah di halaman ini.  

Mengatur Tampilan Banner Consumer App

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengatur tampilan banner promo di Consumer App majoo: 

1. Login ke dashboard majoo

2. Pilih opsi Toko Online > Consumer Apps

3. Selanjutnya klik Atur pada bagian Banner

4. Anda akan diarahkan ke halaman Banner Promosi. Klik Tambah Banner untuk mulai menambahkan banner baru 

5. Selanjutnya upload gambar banner dengan resolusi 720x638 px. Setelah itu berikan keterangan judul banner. Aktifkan toggle Jadikan Banner Utama jika ingin banner ini tampil di halaman pertama setelah pelanggan login di Consumer App. Terakhir, tentukan Target Halaman dan klik Simpan. 

6. Sistem akan meminta Anda untuk melakukan konfirmasi. Klik Ya, Lanjutkan 

7. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman sebelumnya. Ulangi langkah 4-6 untuk menambahkan banner lain sesuai kebutuhan. Jika sudah, klik Simpan Pengaturan. 

8. Sistem akan kembali meminta Anda untuk melakukan konfirmasi. Klik Ya, Lanjutkan 

9. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar

10. Sebagai catatan, semua pengaturan belum akan diterapkan ke Consumer App hingga Anda melakukan proses publish aplikasi. Panduan mengenai cara Publish Aplikasi akan dibahas pada bagian terpisah di halaman ini.  

Publish Aplikasi Consumer App

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan proses publish aplikasi Consumer App. Anda wajib melakukan publish agar aplikasi mobile consumer yang ada di Play Store maupun App Stote ter-update sesuai dengan kustomisasi yang telah dibuat: 

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Toko Online > Consumer Apps

2. Pastikan Anda telah mengatur nama, ikon, banner, dan tampilan aplikasi. Selanjutnya fokus ke bagian Publish Aplikasi di bagian bawah layar dan klik Publish

3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Publish Aplikasi. Klik tanda panah untuk melihat tampilan preview aplikasi sesuai dengan platform (Android atau iPhone). Jika sudah merasa puas dengan previewklik Publish Aplikasi. 

4. Sistem akan meminta Anda untuk melakukan konfirmasi. Klik Publish Aplikasi

5. Jika semua dilakukan dengan benar, sistem akan mengarahkan Anda ke halaman sebelumnya. Pada bagian status, Anda akan melihat keterangan Sedang Diproses. Proses publish aplikasi sendiri membutuhkan peninjauan dari tim majoo selama maksimal 7 (tujuh) hari kerja. Selain itu, Anda tidak dapat melakukan perubahan/kustomisasi apapun selama periode ini. 

6. Setelah proses peninjauan selesai dan tim majoo tidak menemukan masalah apapun dengan pengaturan kustomisasi Anda, status akan berubah menjadi Sudah Dipublish. Pada tahap ini, aplikasi mobile consumer di Play Store maupun App Store akan ter-update sesuai dengan kustomisasi yang sudah dibuat. 

Install Aplikasi Mobile Consumer atau Consumer App

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa pelanggan Anda lakukan untuk men-download Consumer App melalui Google Play Store maupun App Store:

1. Buka Google Play Store atau App Store, ketik nama merchant atau brand di search bar, lalu tekan ikon berbentuk kaca pembesar atau tekan enter

2. Consumer App akan tampil di layar. Tekan Install untuk memulai proses instalasi

3. Tunggu proses instalasi selesai

4. Instalasi aplikasi mobile consumer telah berhasil dilakukan

Daftar Akun Consumer App

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mendaftar akun baru di Consumer App:

1. Buka aplikasi Consumer App yang sudah di-download dari Play Store atau App Store 

2. Setelah masuk halaman utama Consumer App, tekan tombol Account di sudut kanan bawah layar

3. Selanjutnya tekan Sign Up

4. Masukkan data nomor handphone, nama lengkap, dan buat password. Selanjutnya pastikan Anda memberikan tanda ceklis di bagian persetujuan syarat dan ketentuan. Jika sudah selesai, tekan Continue

5. Akan muncul pilihan untuk menerima kode verifikasi melalui Whatsapp atau SMS. PIlih salah satu lalu tekan Send OTP

6. Masukkan kode verifikasi yang diterima ke dalam formulir yang tersedia

7. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan otomatis diarahkan ke halaman profil akun. Proses pembuatan akun baru telah selesai. 

Melakukan Sign-In Consumer App

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melakukan sign-in di Consumer App, khusus untuk yang sudah memiliki akun:

1. Buka Consumer App yang di-download dari App Store atau Play Store

2. Dari halaman utama, tekan Account di sudut kanan bawah layar

3. Tekan Log In

4. Masukkan nomor handphone dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Berikan tanda ceklis pada opsi Remember Me agar Anda tidak perlu mengulangi proses login setiap kali membuka Consumer App. Setelah selesai, tekan Sign In

5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman utama. Login selesai. 

Mengatur Detail Alamat

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melakukan pengaturan detail alamat pengiriman untuk kebutuhan delivery order di Consumer App:

1. Buka Consumer App yang di-download dari App Store atau Play Store

2. Dari halaman utama, tekan Account di sudut kanan bawah layar

3. Pilih opsi My Addresses

4. Tekan Add Address

5. Lakukan pin point sesuai dengan lokasi Anda saat ini atau masukkan alamat di bagian search address. Begitu selesai, tekan Select

6. Tambahkan detail alamat, termasuk di antaranya label alamat, kelurahan, dan kecamatan

7. Aktifkan toggle Set as Primary Address jika Anda ingin menjadikan lokasi ini sebagai alamat pengiriman utama 

8. Pada bagian Receiver Info, masukkan nomor telepon penerima pesanan. Anda juga bisa klik ikon telepon dan memilih nomor dari daftar kontak yang tersimpan di handphone

9. Masukkan nama penerima, lalu tekan Save

10. Tekan Select

11. Alamat berhasil ditambahkan

Membuat Pemesanan

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat order atau pesanan melalui aplikasi Consumer App:

1. Buka Consumer App yang di-download dari App Store atau Play Store

2. Pastikan akun Anda sudah ter-login

3. Dari halaman utama aplikasi, Anda bisa mulai dengan memilih outlet pemesanan. Tekan Change di bagian nama outlet, lalu pilih outlet yang diinginkan. 

3. Masih dari halaman utama aplikasi, tekan jenis pesanan yang ingin dibuat. Tergantung opsi yang diaktifkan oleh toko, biasanya ada tiga opsi berbeda yang tersedia: 

  • Delivery: Pesanan diambil kurir dan diantarkan langsung ke alamat pemesan
  • Pick Up: Pesanan diambil sendiri oleh pelanggan di lokasi outlet untuk kemudian dibawa pulang
  • Dine In: Pesanan untuk makan di tempat

4. Setelah memilih salah satu opsi, Consumer App akan menampilkan jendela pop-up yang memuat tata cara untuk melakukan pemesanan. Berikan tanda ceklis pada opsi tidak menunjukkan pesan lagi, lalu tekan Continue

5. Pilih alamat pengiriman yang sudah disimpan sebelumnya, lalu tekan Select

6. Layar akan menampilkan daftar menu yang tersedia, tekan Add di produk yang ingin diinginkan. Lanjutkan dengan menekan tombol + atau - untuk menyesuaikan kuantitas produk yang dipesan. 

7. Ulangi langkah tersebut hingga semua pesanan berhasil di-input. Untuk melanjutkan ke proses pembayaran, tekan Checkout

8. Lanjutkan dengan memilih jasa kurir sesuai dengan kebutuhan 

9. Tekan Apply Promos untuk menerapkan promo diskon (jika tersedia)

10. Tekan Select Payment dan pilih metode pembayaran

Memproses Pesanan Masuk dari Consumer App (Take Away)

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memproses pesanan dari Consumer App (take away) melalui aplikasi POS majoo: 

1. Login ke aplikasi POS majoo hingga masuk ke halaman utama kasir

2. Ketika ada pesanan masuk dari Consumer App, layar akan menampilkan notifikasi 

3. Lanjutkan dengan menekan Daftar Order

4. Layar akan otomatis menampilkan daftar seluruh pesanan masuk. Tekan data pesanan dengan keterangan jenis Cons. App (Consumer app)

5. Sistem akan menampilkan halaman Detail Order yang memuat informasi detail mengenai pesanan pelanggan, nominal harga, dan rincian pembayaran. Tekan Proses untuk mengubah status order menjadi Diproses. 

6. Status order akan otomatis berubah menjadi Diproses. Pada tahap ini outlet bisa mulai mengerjakan pesanan pelanggan. Begitu selesai, tekan tombol Siap Diambil. 

7. Status pesanan akan otomatis berubah menjadi Siap Diambil. Pada tahap ini kasir tidak perlu melakukan action apapun di aplikasi POS. 

8. Selanjutnya status pesanan akan berubah otomatis seiring dengan action yang dilakukan oleh driver atau kurir. Ketika pesanan selesai, layar akan menampilkan konfirmasi melalui jendela pop-up. Anda bisa klik Kirim Whatsapp untuk mengirimkan pesan khusus melalui kontak Whatsapp pelanggan. 

Memproses Pesanan Masuk dari Consumer App (Delivery)

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memproses pesanan masuk dari Consumer App (delivery), melalui aplikasi POS majoo: 

1. Ketika ada pesanan masuk dari Consumer App, sistem akan menampilkan notifikasi pop-up

2. Selanjutnya dari halaman utama kasir, tekan Daftar Order

3. Sistem akan menampilkan daftar seluruh pesanan masuk. Tekan di catatan order berjenis Consumer App dengan tipe Delivery

4. Ketika pesanan sudah dibayar oleh customer, Anda bisa membaca keterangan Pembayaran sudah masuk ke dalam sistem majoo. Selanjutnya tekan Proses untuk mengubah status pesanan. 

5. Status pesanan akan berubah menjadi Diproses. Pada tahap ini outlet bisa mulai mengerjakan pesanan pelanggan. Begitu pesanan siap untuk dikirim, tekan Kirim Pesanan. 

6. Tergantung pada kurir pilihan pelanggan, sistem mungkin akan menampilkan detail nomor resi dan jenis kurir/ekspedisi. Tekan Konfirmasi untuk melanjutkan ke proses berikutnya. 

7. Selanjutnya status pesanan akan otomatis berubah menjadi Dikirim, sebelum kemudian menjadi Diterima, bergantung pada action yang dilakukan oleh kurir maupun pelanggan

Menghapus/Menutup Akun Consumer App

Sebelum Anda memutuskan menutup akun Consumer App, perhatikan beberapa hal berikut: 

  1. Dengan melakukan penutupan akun, seluruh riwayat transaksi akan ikut terhapus
  2. Proses penutupan akun hanya bisa dilakukan ketika tidak ada transaksi berlangsung dan tidak ada poin tersisa
  3. Oleh karena itu, kami menghimbau Anda untuk menggunakan atau menarik seluruh poin dari akun terkait
  4. Penghapusan akun bersifat permanen atau tidak dapat diubah
  5. majoo berhak menolak permintaan pembuatan akun Consumer App baru di masa mendatang

Kami sangat berharap akun Consumer App milik Anda tetap aktif, agar bisnis yang Anda jalankan tetap dapat melakukan transaksi online dengan berbagai kemudahan. Termasuk di antaranya dukungan untuk beragam metode pembayaran, pengaturan rewards, dan berbagai promo menarik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menghapus atau menutup akun Consumer App: 

1. Pastikan kondisi akun yang ingin ditutup sudah sesuai dengan informasi yang tertera di menu ‘S&K’

2. Login ke Consumer App dan pilih opsi Account Profil. Selanjutnya tekan Account Setting dan pilih Delete Account 

3. Pilih alasan hapus akun, lalu tekan Delete Account 

4. Sistem akan mencoba untuk memastikan bahwa Anda sudah benar-benar yakin untuk menghapus akun. Tekan Continue untuk melakukan konfirmasi. 

5. Masukkan password akun Consumer App. Jika lupa, Anda bisa melakukan input kode OTP

6. Akun berhasil dihapus 

Pembayaran dengan QRIS di Consumer App

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait metode pembayaran QRIS di platform Consumer App majoo:

  • Aktivasi Consumer App akan otomatis mengaktifkan metode pembayaran QRIS Online
  • QRIS Online merupakan metode pembayaran QRIS yang menggunakan Merchant ID (MID) atas nama PT. majoo Teknologi Indonesia
  • QRIS Online langsung bisa digunakan untuk mencatat pembayaran QRIS begitu Consumer App aktif
  • Dana transaksi yang masuk melalui QRIS Online akan dicairkan ke rekening yang sudah Anda daftarkan sebagai rekening settlement
  • Mekanisme pencairan dana dari QRIS Online sama dengan mekanisme pencairan dana dari QRIS Dinamis maupun QRIS Statis (H+2 hari kerja setelah transaksi)
  • QRIS Online tidak bisa dinonaktifkan kecuali melalui permintaan khusus ke tim majoo
  • Untuk mencatat pembayaran transaksi QRIS dengan menggunakan MID atas nama merchant sendiri, Anda bisa melakukan pengajuan QRIS Dinamis melalui menu Lainnya - Layanan - majoopay - QRIS majoo (Baca selengkapnya di sini)

Biaya Tambahan Consumer App

Platform Consumer App majoo tidak membebankan biaya apapun kepada seller. Namun demikian, ada fee khusus yang akan dibebankan pada setiap pembeli yang melakukan transaksi melalui Consumer App. Berikut adalah detailnya: 

  • Setiap transaksi melalui platform Consumer App majoo akan dikenakan biaya platform sebesar Rp1.000 dan dibebankan kepada pembeli, bukan merchant atau pemilik bisnis
  • Keterangan mengenai biaya platform akan tertulis jelas di dalam perhitungan Ringkasan Pembayaran, setiap kali pembeli hendak melunasi transaksi
  • Biaya platform sebesar Rp1.000 akan dibebankan kepada pembeli per transaksi, bukan per produk
  • Pembayaran dengan metode bayar di kasir (tunai, non-tunai, transfer, dan QRIS majoo) tidak akan dikenakan biaya platform. Pembeli yang menggunakan metode pembayaran ini hanya perlu membayarkan harga produk, biaya service charge, dan pajak
  • Jika pembeli membatalkan pesanan sebelum selesai diproses, semua biaya yang sudah terlanjur dibayarkan akan masuk dalam perhitungan refund kecuali MDR
  • Biaya platform akan tetap diperhitungkan, terlepas dari penerapan promo, kupon, dan poin
  • Pembeli tidak dapat menghapus atau menonaktifkan biaya platform kecuali melalui pembelian add-on majoo Order+

Frequently Asked Question

Consumer App adalah layanan dari majoo untuk membantu bisnis Anda memiliki aplikasi pemesanan online sendiri dengan harga terjangkau dan waktu relatif cepat.
Biaya pengembangan aplikasi yang relatif lebih murah dibandingkan dengan membuat aplikasi sendiri. Selain itu, Anda bisa memaksimalkan keuntungan karena tidak ada biaya aplikator yang memberatkan.
Bisa. Anda bahkan bisa mengatur logo aplikasi, nama aplikasi, desain banner, maupun kombinasi warna sesuai dengan kebutuhan outlet.
Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo