Aplikasi wirausaha majoo juga menyediakan fitur pemasaran yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan marketing ke pelanggan melalui beragam saluran berbeda. Beberapa opsi channel yang tersedia antara lain SMS, email, LBA, dan social media. Fitur ini akan membantu Anda untuk memperbesar peluang untuk memperluas pasar, sekaligus mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Beli Kampanye Marketing
Sebelum bisa mengirim pesan pemasaran melalui saluran tertentu, Anda wajib melakukan pembelian paket kampanye terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pembelian paket kampanye marketing melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Marketing > Beli Kampanye Marketing
2. Setelah masuk ke halaman Daftar Paket Kampanye Marketing, klikBeli Paket Kampanye
3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Beli Paket Kampanye Marketing. Di sini Anda bisa mulai dengan menentukan pilihan outlet
4. Selanjutnya tentukan jumlah paket yang akan dibeli dengan klik tanda + atau - di nama paket terkait. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Sebagai gambaran, berikut adalah perbedaan beberapa paket kampanye marketing yang bisa Anda pilih di dashboard majoo:
Email: Mengirimkan pesan pemasaran ke sejumlah alamat email pelanggan secara serentak
SMS Reguler: Mengirimkan pesan pemasaran ke sejumlah kontak pelanggan secara serentak melalui media SMS. Namun demikian, di sini Anda tidak bisa mengkostumisasi nama pengirim SMS.
SMS Masking: Mengirimkan pesan pemasaran ke sejumlah kontak pelanggan secara serentak melalui media SMS. Anda bisa mengatur agar identitas pengirim SMS menampilkan nama kontak tertentu (nama outlet misalnya).
LBA Telkomsel: Mengirimkan pesan pemasaran ke sejumlah calon pelanggan, di mana Anda bisa menentukan sendiri calon penerima pesan (dihitung berdasarkan radius jarak dari lokasi outlet) dan profil segmentasi penerima pesan (usia, kebiasaan penggunaan pulsa, agama, jenis kelamin, dll)
Social media: Layanan pembuatan konten digital untuk feed Instagram, berdasarkan brief yang bisa Anda sendiri berdasarkan profildan kebutuhan outlet
5. Scroll layar ke bawah dan pastikan nominal subtotal yang muncul di layar sudah benar. Selanjutnya lengkapi alamat email dan nama PIC di bagian Informasi Pemesan. Jika sudah yakin dengan semua keterangan yang dimasukkan, klikBeli Paket.
6. Selanjutnya akan muncul jendela pop-up, di mana Anda bisa memilih metode pembayaran yang akan digunakan
7. Lakukan pelunasan pembayaran. Jika semua proses dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman Daftar Paket Kampanye Marketing dan mendapatkan notifikasi pembelian sedang diproses
8. Jika Anda perhatikan di tabel Daftar Paket Kampanye Marketing, Anda akan melihat bahwa paket yang sudah dibeli akan tercatat dengan status Berhasil
Kirim Kampanye Marketing SMS
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengirim pesan pemasaran ke pelanggan via SMS melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Marketing > Kirim Kampanye Marketing
2. Selanjutnya klik tombol Tambah Kampanye Marketing yang ada di sudut kanan atas layar
3. Setelah masuk ke halaman Tambah Kampanye Marketing, pilih opsi Kampanye Melalui Media SMS lalu klikSelanjutnya
4. Lanjutkan dengan mengisi detail nama program dan memilih outlet, jenis SMS, serta waktu pengiriman
5. Scroll layar dan tuliskan isi pesan SMS. Jangan lupa untuk memberikan ceklis pada tanda persetujuan syarat dan ketentuan
6. KlikPreview Pesan untuk meninjau tampilan pesan di smartphone pelanggan
7. Berikut adalah contoh preview pesan yang bisa Anda lihat di dashboard majoo. KlikTutup untuk kembali ke halaman sebelumnya, lalu klikSelanjutnya untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
8. Anda akan diarahkan untuk mengisi bagian Target Marketing atau sasaran penerima pesan SMS. Klik simbol titik tiga.
9. Layar akan menampilkan daftar nama pelanggan yang sudah Anda simpan di halaman Daftar Pelanggan. Berikan tanda ceklis di nama pelanggan yang ingin dipilih dan klikPilih
10. Anda juga bisa memasukkan kontak pelanggan melalui dokumen Google Sheet atau Excel. Pertama-tama klikUnduh Template Data untuk mendapatkan dokumen .XLS dengan format pengisian yang sudah ditetapkan majoo. Selanjutnya lakukan pengisian data konsumen dan simpan dokumen. Terakhir, kembali ke dashboard dan upload dokumen yang sudah diubah dengan klikPilih atau Letakkan Berkas di sini.
11. Selanjutnya scroll layar dan klikProses untuk menyelesaikan prosesnya
12. Akan muncul jendela pop-up. KlikYa, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi.
13. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan kembali ke halaman utama dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar
Kirim Kampanye Marketing LBA
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengirimkan pesan pemasaran via media LBA (Location based ad) Telkomsel melalui dashboard majoo:
1. Lakukan login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Marketing > Kirim Kampanye Marketing
2. Setelah masuk halaman Daftar Kampanye Marketing, klikTambah Kampanye Marketing
3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Tambah Kampanye Marketing. Pilih opsi Kampanye Melalui Media LBA Telkomsel lalu klikSelanjutnya.
4. Berikutnya Anda akan diarahkan untuk melakukan pengaturan pesan pemasaran. Mulailah dengan memberikan nama program, memilih outlet, dan menentukan waktu pengiriman.
5. Scroll layar dan Anda bisa mulai menuliskan pesan pemasaran yang akan dikirimkan melalui saluran LBA Telkomsel. Jangan lupa untuk memberikan ceklis pada tanda persetujuan terhadap syarat dan ketentuan dari majoo.
6. KlikPreview Pesan untuk meninjau tampilan pesan pemasaran yang akan muncul di perangkat smartphone pelanggan
7. Di bawah ini adalah contoh tampilan preview pesan yang bisa Anda lihat melalui dashboard majoo. KlikTutup untuk kembali ke halaman sebelumnya, lalu klikSelanjutnya untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
8. Selanjutnya Anda bisa melengkapi keterangan yang dibutuhkan di bagian target marketing, meliputi nomor PIC (wajib menggunakan nomor Telkomsel) dan jumlah pelanggan yang akan disasar
9. Scroll layar dan mulailah melengkapi semua keterangan yang dibutuhkan di bagian Data Merchant, termasuk di antaranya Jarak dari Lokasi Merchant. Dalam contoh di bawah ini, jarak yang diisi adalah 300 meter. Ini artinya, siapapun pengguna nomor Telkomsel yang sedang berada dalam radius minimal 300 meter dari lokasi merchant akan berpotensi menerima pesan pemasaran yang Anda buat.
10. Berikutnya Anda bisa melanjutkan dengan melengkapi keterangan demografi pelanggan yang ingin disasar. Di sini Anda bebas menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan outlet.
Sebagai contoh, Anda ingin menargetkan konsumen dengan daya beli menengah ke atas. Maka Anda bisa menentukan agar pesan pemasaran hanya dikirimkan ke calon pelanggan yang memiliki perangkat iOS dan penggunaan pulsa minimal Rp1 juta per bulan.
11. Scroll ke bawah dan klikProses untuk melanjutkan ke proses berikutnya
12. Layar akan menampilkan jendela pop-up, klikYa, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi
13. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar
Kirim Kampanye Marketing Email
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengirimkan pesan kampanye marketing via email melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Marketing > Kirim Kampanye Marketing
2. Setelah masuk ke halaman Daftar Kampanye Marketing, klikTambah Kampanye Marketing
3. Pilih opsi Kampanye Melalui Media Email dan klikSelanjutnya
4. Seperti biasa, Anda akan diminta untuk mencantumkan nama kampanye, memilih outlet, dan menentukan waktu pengiriman
5. Scroll layar dan Anda bisa mulai menuliskan pesan email yang akan dikirimkan ke pelanggan. Jangan lupa untuk memberikan ceklis pada tanda persetujuan syarat dan ketentuan.
6. KlikPreview Pesan untuk melihat tinjauan tampilan pesan yang akan diterima pelanggan
7. Di bawah ini adalah contoh tampilan preview pesan yang bisa Anda lihat melalui dashboard majoo. KlikTutup untuk kembali ke halaman sebelumnya. Berikutnya klikSelanjutnya untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
8. Anda akan diarahkan untuk melengkapi informasi Target Marketing atau daftar alamat email yang akan menerima pesan pemasaran. Klik ikon titik tiga.
9. Layar akan menampilkan daftar nama pelanggan yang sudah Anda daftarkan di halaman Daftar Pelanggan. Berikan tanda ceklis di nama pelanggan yang dipilih, lalu klikPilih.
10. Anda juga bisa memasukkan alamat email lain yang belum terdaftar di halaman Daftar Pelanggan. KlikUnduh Template Data untuk men-download dokumen .XLS dengan format yang sesuai dengan sistem majoo. Selanjutnya buka dokumen tersebut, isikan data-data sesuai dengan kolom yang ada, lalu simpan. Terakhir, kembali ke dashboard, klikPilih atau Letakkan Berkas di Sini, dan upload dokumen yang sudah disimpan sebelumnya.
11. Scroll layar dan klikProses untuk melanjutkan ke proses berikutnya
12. Akan muncul jendela pop-up. KlikYa, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi.
13. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, kampanye marketing yang baru dibuat akan tercatat dengan status Diproses.
Mengajukan Pembuatan Instagram Feed
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengajukan pembuatan konten Instagram feed kepada tim majoo:
1. Login ke dashboard dan pilih opsi Penjualan > Marketing > Kirim Kampanye Marketing
2. Setelah masuk ke halaman Daftar Kampanye Marketing, klikTambah Kampanye Marketing
3. Pilih opsi Kampanye Melalui Media Instagram Feeds, lalu klikSelanjutnya
4. Anda akan diarahkan untuk mulai mengisi brief konten. Upayakan untuk mengisi semua informasi yang dibutuhkan dengan sejelas mungkin, terutama di bagian slogan usaha dan warna yang mewakili usaha. Pasalnya, keterangan ini akan menjadi referensi bagi tim majoo untuk menentukan desain feed Instagram yang akan dibuat.
5. Scroll layar, kemudian upload semua file yang dibutuhkan (lima foto produk dan satu gambar logo usaha). Setelah proses upload selesai, klikSelanjutnya.
6. Anda akan otomatis diarahkan untuk melengkapi semua informasi di bagian Target Marketing. Di sini Anda bisa mengisi semua keterangan terkait jumlah instagram feed yang dibutuhkan, deskripsi target marketing, dan referensi desain yang diinginkan. Sekali lagi, pastikan Anda mengisi keterangan yang ada di sini sejelas mungkin karena semua informasi akan digunakan sebagai referensi dalam pembuatan desain feed.
7. Scroll layar ke bawah dan Anda akan bisa membaca rincian sisa ‘saldo’ feed Instagram yang dimiliki. KlikProses untuk melanjutkan ke proses berikutnya.
8. Layar akan menampilkan jendela pop-up. Klik Ya, Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses berikutnya
9. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman utama dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, marketing campaign yang baru saja diajukan akan tercatat dengan status Diproses. Begitu desain yang Anda minta selesai, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email maupun dashboard.
Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
Penawaran Spesial
Diskon Hingga 50% untuk Semua Paket majoo!
Masih ragu berlangganan majoo? Sekarang harga paket tahunan dan bulanan diskon hingga 50%*. Kamu bisa nikmati semua fitur unggulan majoo dengan harga lebih murah.
Jangan lewatkan promonya, penawaran terbatas!
*S&K berlaku