Informasi Umum
Aplikasi wirausaha majoo memungkinkan merchant yang telah terdaftar di SATUSEHAT untuk mengintegrasikan akun SATUSEHAT mereka dengan sistem kasir majoo. Integrasi ini akan membantu user dengan tipe usaha klinik kesehatan, kecantikan, atau sejenisnya untuk mengelola data transaksi melalui aplikasi wirausaha majoo dan secara otomatis mensinkronisasikan data rekam medis pasien dengan database SATUSEHAT.
Mendapatkan Informasi Detail Integrasi SATUSEHAT
Sebelum bisa melakukan aktivasi integrasi SATUSEHAT di dashboard majoo, Anda wajib untuk mengetahui beberapa detail informasi seperti ID organisasi, client key, dan secret key. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:
1. Pastikan fasilitas layanan kesehatan yang Anda kelola sudah terdaftar di SATUSEHAT
2. Lakukan login ke https://satusehat.kemkes.go.id/platform/login menggunakan akun yang sudah terdaftar
3. Klik tombol menu di sudut kiri atas layar, lalu pilih opsi Kode Akses API
4. Pilih opsi Production
5. Layar akan menampilkan detail data Organization ID, Client ID, dan Client Secret Key. Pastikan Anda menyimpan ketiga informasi ini karena kita akan menggunakannya dalam proses aktivasi integrasi SATUSEHAT di dashboard majoo

Melakukan Aktivasi Integrasi SATUSEHAT
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan aktivasi integrasi SATUSEHAT melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Lainnya - Layanan - Integrasi Satu Sehat - Pengaturan Satu Sehat
2. Setelah masuk halaman Integrasi Satu Sehat, Anda akan melihat bahwa outlet berstatus Belum Terintegrasi

3. Lanjutkan dengan klik Integrasi Satu Sehat

4. Pada halaman berikutnya, pastikan toggle status berada dalam kondisi aktif

5. Selanjutnya masukkan informasi ID organisasi, Client Key, dan Secret Key yang sudah didapatkan dari platform SATUSEHAT
6. Pastikan semua informasi yang dimasukkan sudah benar, lalu klik Simpan
7. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan melihat bahwa status outlet akan berubah menjadi Terintegrasi
Melakukan Tambah Lokasi untuk Integrasi SATUSEHAT
Setelah selesai melakukan aktivasi integrasi SATUSEHAT, Anda perlu menambahkan informasi lokasi fasilitas layanan kesehatan ke dalam dashboard majoo. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukannya:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Layanan - Integrasi Satu Sehat - Pengaturan Satu Sehat
2. Setelah masuk halaman Integrasi Satu Sehat, klik Tambah Lokasi

3. Pastikan toggle Status berada dalam kondisi aktif

4. Isikan informasi nama outlet, kode lokasi, nama lokasi, dan deskripsi

5. Klik Update Lokasi untuk memasukkan data pinpoint lokasi

6. Pastikan semua data yang di-input sudah benar, lalu klik Simpan

7. Layar akan menampilkan pesan pop-up, klik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi

8. Jika semua dilakukan dengan benar, data lokasi yang Anda input akan tersimpan dengan status Aktif
9. Ulangi langkah 2-7 hingga semua data lokasi berhasil di-input
Mengatur Data Tindakan Medis untuk Integrasi SATUSEHAT
Setelah memasukkan data lokasi fasilitas kesehatan, selanjutnya Anda perlu mengatur tindakan medis apa saja yang didukung oleh fasilitas kesehatan yang Anda kelola. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukannya:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Layanan - Integrasi Satu Sehat - Daftar Tindakan
2. Setelah masuk ke halaman Daftar Tindakan, Anda akan melihat daftar lengkap tindakan medis yang diambil dari database SATUSEHAT

3. Selanjutnya Anda perlu mengaktifkan tindakan medis yang didukung oleh fasilitas kesehatan yang tengah Anda kelola. Anda bisa mencari nama tindakan medis menggunakan search bar yang ada di bagian atas layar

4. Setelah menemukan nama tindakan medis yang dicari, tekan tombol menu (tiga titik) dan pilih opsi Ubah

5. Anda akan diarahkan ke halaman Detail Tindakan. Lanjutkan dengan mengaktifkan toggle Alias Tindakan

6. Masukkan nama alias dan deskripsi tindakan medis. Nama alias bisa diisi dengan sebutan lain untuk tindakan medis yang dimaksud, namun dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh orang awam. Sementara itu, deskripsi tindakan bisa diisi dengan penjelasan singkat mengenai tindakan medis yang dimaksud.

7. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu klik Simpan

8. Jika semua dilakukan dengan benar, tindakan medis yang baru saja diatur akan tersimpan dengan status aktif
9. Ulangi langkah 3-8 hingga semua tindakan medis yang didukung oleh fasilitas kesehatan yang Anda kelola berhasil diaktifkan
Mengatur Data Tenaga Medis untuk Integrasi SATUSEHAT
Begitu selesai dengan pengaturan data tindakan medis, Anda bisa melanjutkan ke proses pengaturan data tenaga medis. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukannya:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Appointment - Tenaga Medis - Daftar Tenaga Medis
2. Setelah masuk halaman Daftar Tenaga Medis, klik tombol Integrasi Karyawan di sudut kanan atas layar

3. Klik Pilih Karyawan

4. Sistem akan menampilkan daftar nama karyawan yang telah terdaftar di dashboard majoo. Berikan tanda ceklis pada nama karyawan yang ingin dipilih, lalu klik Simpan

5. Masukkan NIK karyawan atau tenaga medis yang sudah dipilih, lalu klik Selaraskan ID. Jika nama karyawan atau tenaga medis terkait sudah terdaftar di platform SATUSEHAT, kolom ID SATU SEHAT akan otomatis terisi. Jika belum, Anda wajib mendaftarkan nama tenaga medis terkait ke platform SATUSEHAT terlebih dahulu

6. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu klik Simpan
7. Sistem akan menampilkan jendela pop-up, lakukan konfirmasi dengan klik Ya, Lanjutkan
8. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman awal dan mendapatkan pesan berhasil di sudut kanan atas layar
Mengatur Data Pasien untuk Integrasi SATUSEHAT
Setelah menyelesaikan pengaturan data tenaga medis, selanjutnya Anda juga perlu memasukkan data pasien ke dalam dashboard majoo. Hal ini penting dilakukan agar semua data rekam medis pasien bisa tersinkronisasi dengan database SATUSEHAT. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Appointment - Pasien - Daftar Pasien
2. Setelah masuk halaman Daftar Pasien, klik Tambah Pasien di sudut kanan atas layar

3. Lanjutkan dengan memasukkan beberapa keterangan yang dibutuhkan. Anda bisa mulai dengan memasukkan kode pelanggan dan nama pasien

4. Masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) atau nomor KTP, lalu klik Cek ID Satu Sehat

5. Jika nama pasien yang dimasukkan benar, kolom ID Satu Sehat akan otomatis terisi. Jika tidak, Anda perlu merevisi nama pasien sesuai dengan yang terdaftar di platform SATUSEHAT
6. Lanjutkan dengan mengisi informasi nomor telepon, alamat email, jenis kelamin, tanggal lahir, grup pelanggan, kota, alamat, dan catatan tambahan jika diperlukan
7. Anda bisa meng-upload foto pasien dengan klik tanda panah di bagian ‘Pilih atau letakkan berkas di sini’
8. Pastikan semua detail informasi yang dimasukkan sudah benar, lalu klik Simpan di sudut kanan bawah layar
9. Jika muncul jendela pop-up, klik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi
10. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman semula dan mendapatkan pesan berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, nama pasien yang didaftarkan akan muncul di layar
Upload Data Pasien Secara Bulk atau Massal untuk Integrasi SATUSEHAT
Fitur bulk upload atau upload data pasien secara massal juga tersedia bagi merchant yang sudah memiliki database pasien dan ingin memindahkannya ke sistem majoo untuk kemudian disinkronisasikan dengan platform SATUSEHAT. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melakukannya:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Appointment - Pasien - Daftar Pasien
2. Setelah masuk halaman Daftar Pasien, klik Impor Tambah Data

3. Layar akan menampilkan jendela pop-up Impor Data Pelanggan. Klik Ekspor Template untuk men-downlad template Excel dari majoo.

4. Buka template Excel yang baru saja di-download, isikan data-data pasien sesuai dengan kolom yang tersedia, lalu simpan file-nya
5. Kembali ke dashboard majoo, klik Pilih dan Letakkan File di Sini atau Ubah Berkas, lalu pilih file yang sudah disimpan di langkah sebelumnya

6. Lanjutkan dengan klik Impor Data

7. Jika muncul jendela pop-up, klik Ya, Lanjutkan
8. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan pesan berhasil atau proses upload sedang berjalan di sudut kanan atas layar
Mencatat Reservasi Pasien
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencatat reservasi pasien melalui aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga masuk ke halaman utama kasir. Selanjutnya tekan tombol mode di sudut kanan atas layar dan pilih opsi Reservasi

2. Setelah masuk mode reservasi, tekan tanda + di sudut kanan bawah layar untuk mulai mencatat reservasi baru

3. Di halaman Tambah Reservasi, lakukan pengaturan Tanggal dan Pemesan (pastikan data-data pasien sudah di-input di dashboard melalui menu Penjualan - Pelanggan - Data Pelanggan)

4. Lanjutkan dengan mengatur Jenis Layanan dan Penyedia Jasa

5. Tentukan Waktu Layanan mulai dan berakhir

6. Tambahkan catatan pelanggan jika dirasa perlu

7. Aktifkan toggle Reservasi Berulang jika pasien akan datang untuk menjalani pemeriksaan atau tindakan medis di waktu yang sama secara berulang hingga periode waktu tertentu

8. Selanjutnya tekan Pilih dan tentukan Tipe Pengulangan serta tanggal Akhir Reservasi. Begitu selesai, tekan Simpan

9. Aktifkan toggle Pengingat Reservasi jika Anda ingin pasien menerima notifikasi pengingat

8. Selanjutnya Anda bisa mengatur waktu pengiriman notifikasi dan channel yang digunakan untuk mengirimkan pesan notifikasi

9. Untuk menerapkan program promo ke dalam reservasi pasien, Anda bisa tekan Promosi dan pilih opsi yang sesuai

10. Periksa dan pastikan semua pengaturan sudah benar dengan membaca keterangan di bagian Detail Pesanan. JIka sudah yakin, tekan Simpan

11. Reservasi berhasil dibuat

Memproses Reservasi Pasien di Dashboard
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memproses status reservasi pasien melalui dashboard. Tahap ini umumnya dilakukan oleh admin ketika pasien datang ke klinik/fasilitas kesehatan, mengantre untuk mendapat tindakan, dan sedang dalam proses mendapat tindakan:
1. Login ke dashboard majoo, lalu pilih opsi Appointment

2. Gulirkan layar ke bawah. Pada tab Menunggu Konfirmasi, Anda akan bisa membaca nama pasien yang sudah melakukan reservasi. Ketika dokter atau tenaga medis yang akan menangani pasien sudah terkonfirmasi tersedia, klik tombol menu (tiga titik) dan pilih opsi Proses

3. Status reservasi pasien akan otomatis berubah menjadi diproses dan masuk ke tab Diproses. Selanjutnya ketika pasien tengah dalam proses penanganan, Anda bisa klik tombol menu (tiga titik) dan pilih opsi Proses.

Mengisi Formulir Satusehat Melalui Dashboard
Setelah reservasi pasien dibuat, Anda bisa mengisi data formulir Satusehat melalui dashboard. Tahap ini biasanya dilakukan oleh tenaga medis setelah mendengarkan keluhan atau kondisi pasien karena berkaitan dengan kedatangan, diagnosa, anamnesis, observasi, dan tindakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Appointment

2. Gulirkan layar ke bawah. Klik di tab yang sesuai dengan status reservasi pasien (menunggu konfirmasi, diproses, atau berlangsung). Selanjutnya tekan tombol menu (tiga titik) di nama pasien yang ingin diisi formulirnya dan pilih opsi Isi Formulir

3. Layar akan menampilkan beberapa opsi formulir yang bisa diisi. Formulir Satusehat akan ditandai dengan ikon ‘+’

4. Sebagai contoh, kita akan mencoba mengisi formulir Diagnosa

5. Setelah klik Diagnosa, bagian bawah layar akan menampilkan formulir Diagnosa Primer. Pilih nama diagnosa dari daftar yang tersedia, lalu tambahkan keterangan sesuai kebutuhan. Jika sudah, klik Simpan Formulir.

6. Ulangi langkah serupa hingga semua data formulir yang dibutuhkan berhasil diisi
7. Selanjutnya tekan Tutup untuk kembali ke halaman sebelumnya

Menyelesaikan Reservasi Pasien di POS
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan reservasi pasien melalui aplikasi POS. Tahap ini biasanya dilakukan oleh kasir/apoteker setelah pasien selesai menerima tindakan dari tenaga medis, mendapatkan rekomendasi obat, dan/atau melakukan pelunasan pembayaran:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga masuk ke halaman kasir. Lanjutkan dengan menekan tombol mode dan pilih opsi Reservasi

2. Setelah masuk mode Reservasi, tekan reservasi yang ingin diselesaikan dan pilih opsi Detail Reservasi. Sebelumnya pastikan bahwa admin sudah mengubah status reservasi pasien menjadi Berlangsung melalui dashboard (Baca: Mengubah Status Reservasi Pasien di Dashboard)

3. Dari halaman Detail Reservasi, tekan Cetak Tagihan untuk mencetak struk

4. Berikan tanda ceklis pada produk yang ingin dilunasi pasien, lalu tekan Pilih

5. Selanjutnya tekan opsi yang dengan sesuai kebutuhan. Pilih Print untuk mencetak tagihan atau tekan Kirim untuk mengirim struk digital melalui SMS, Whatsapp, atau Email

6. Ketika pasien sudah siap untuk melakukan pembayaran, tekan Selesaikan Pesanan

7. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang sesuai, lalu tekan Proses Bayar. Pada contoh di bawah ini, kita akan memilih opsi Tunai dengan Uang Pas.

8. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan keterangan bahwa transaksi telah sukses

Menonaktifkan Tenaga Medis
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menonaktifkan tenaga medis yang sebelumnya sudah terdaftar di dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Appointment - Tenaga Medis - Daftar Tenaga Medis
2. Setelah masuk halaman Daftar Tenaga Medis, klik tombol menu (tiga titik) di nama tenaga medis yang ingin dinonaktifkan dan pilih opsi Non Aktif

3. Jika muncul jendela pop-up, klik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi

4. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan pesan berhasil di sudut kanan atas layar

Menghapus Tenaga Medis
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menghapus data tenaga medis yang sebelumnya sudah terdaftar di dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Appointment - Tenaga Medis - Daftar Tenaga Medis
2. Setelah masuk halaman Daftar Tenaga Medis, klik tombol menu (tiga titik) di nama tenaga medis yang ingin dihapus

3. Pilih Hapus

4. Layar akan menampilkan pesan pop-up, klik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi

5. Jika semua dilakukan dengan benar, nama tenaga medis terkait akan hilang dari daftar tenaga medis
Mengubah Data Pasien
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengubah data pasien yang sebelumnya sudah terdaftar di dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Appointment - Pasien - Daftar Pasien
2. Klik tombol menu (tiga titik) di data pasien yang ingin diubah dan pilih opsi Ubah

3. Lakukan perubahan data sesuai dengan kebutuhan, lalu klik Simpan

4. Sistem akan menampilkan pesan pop-up, klik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi

5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan kembali ke halaman semula dan mendapatkan pesan berhasil di sudut kanan atas layar
Membaca Daftar Transaksi Pasien
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membaca daftar transaksi pasien melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Appointment - Pasien - Daftar Pasien
2. Klik tombol menu (tiga titik) di nama pasien yang ingin dibaca daftar transaksinya, lalu pilih opsi Lihat Daftar Transaksi Pasien

3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Daftar Transaksi Pasien dan bisa langsung membaca semua transaksi yang pernah dilakukan oleh pasien terkait. Anda juga bisa menggunakan filter kalender untuk menampilkan daftar transaksi dari periode waktu tertentu

4. Klik tanda panah untuk kembali ke halaman sebelumnya

Membaca Informasi Detail Pasien
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membaca informasi detail pasien melalui dashboard majoo:
1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Appointment - Pasien - Daftar Pasien
2. Klik tombol menu (tiga titik) di nama pasien yang ingin dibaca informasi detailnya, lalu pilih opsi Lihat Detail Pasien

3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Detail Pelanggan

4. Pada tab, Informasi Anda bisa membaca beberapa keterangan seperti kode pelanggan, nama pelanggan, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, alamat, dan alamat email

5. Pada tab Data Satu Sehat, Anda bisa membaca daftar riwayat anamnesis, diagnosa, kedatangan, observasi, dan tindakan yang pernah didapatkan oleh pasien terkait

6. Klik tanda silang di sudut kiri atas untuk kembali ke halaman sebelumnya
