search icon
Paket Langganan
Support Tambahan
majooCapital
Toko Online
Marketplace
Tokopedia
Shopee
Kampanye Marketing
majoo Supplies
Consumer App

Informasi Umum

majoo Supplies merupakan ekosistem sekaligus layanan dari aplikasi wirausaha majoo yang memungkinkan user untuk membeli maupun menjual stok barang di antara sesama pengguna majoo lainnya. Dengan begini, user yang bertindak sebagai pembeli (buyer) diharapkan bisa mendapatkan harga terbaik untuk barang-barang kebutuhan outlet-nya. Sementara itu, user yang bertindak sebagai penjual (seller), bisa memperluas pasarnya dengan menemukan pelanggan baru dan potensial. 

Pengaturan Toko Supplies

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengatur profil toko, sebelum Anda bisa mulai berjualan di ekosistem majoo supplies: 

1. Masuk ke dashboard majoo dan pilih menu Toko Online > Toko Supplies > Pengaturan 

2. Klik tombol Atur di bagian Profil Toko, lakukan konfirmasi dengan klik Ya, Lanjutkan

3. Selanjutnya Anda akan diminta untuk melengkapi semua keterangan terkait Informasi Outlet, termasuk di antaranya logo, nama outlet, jenis outlet, jadwal operasional, dan kontak 

4. Setelah semua data yang diisi dipastikan benar, klik Simpan

5. Lakukan konfirmasi jika diminta

6. Pengaturan profil toko untuk majoo supplies selesai

Pengaturan Produk Supplies

Setelah melakukan pengaturan profil toko untuk berjualan di majoo supplies, berikutnya Anda harus menentukan produk-produk apa saja yang akan Anda tawarkan untuk para calon konsumen. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan hal tersebut: 

 

1. Login ke dashboard dan pilih menu Toko Online > Toko Supplies > Pengaturan 

2. Pilih outlet yang ingin Anda atur dan klik tombol Atur di bagian Produk

3. Selanjutnya Anda akan langsung diarahkan ke halaman Pengaturan Produk

4. Jika ini adalah kali pertama Anda melakukan pengaturan produk, halaman ini tidak akan menampilkan daftar apapun. Klik Tambah Produk untuk mulai memasukkan produk yang diinginkan

5. Akan muncul daftar produk yang sudah Anda masukkan ke dashboard, pilih salah satu dan klik Simpan

6. Selanjutnya Anda akan diminta untuk melengkapi beberapa keterangan seperti nama produk, kategori, status tampil/tidak, foto produk, minimal pembelian, harga jual, berat, dan volume 

7. Pastikan semua data yang dimasukkan sudah benar, sebelum klik Simpan

8. Lakukan konfirmasi dengan klik Ya, Lanjutkan

10. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar 

11. Ulangi langkah no.4-8 hingga semua produk yang Anda inginkan masuk ke dalam pengaturan majoo supplies

Pengaturan Pengiriman Supplies

Setelah rampung melakukan pengaturan profil toko dan produk, selanjutnya Anda perlu menentukan metode pengiriman seperti apa yang akan didukung oleh outlet Anda sebagai supplier di majoo supplies. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukannya: 

 

1. Lakukan login ke dashboard dan pilih menu Toko Online > Toko Supplies > Pengaturan

2. Pilih outlet yang akan Anda atur dan klik tombol Atur di bagian Pengiriman

3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Pengiriman. Pastikan toggle Pengiriman berada dalam kondisi ON dan klik Simpan

4. Lakukan konfirmasi dengan klik Aktifkan Layanan Pengiriman

5. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengatur beberapa detail, termasuk di antaranya keterangan terkait nama pengirim, nomor telepon, dan pilihan kurir (outlet maupun ekspedisi)

6. Jika memilih mengaktifkan opsi kurir outlet (kurir mandiri dari toko Anda sendiri), Anda akan diminta untuk melakukan beberapa pengaturan tambahan terkait jangkauan pengiriman, tarif, dan estimasi pesanan tiba

7. Jika memilih untuk mengaktifkan opsi kurir ekspedisi, Anda akan diminta untuk memilih jasa pengiriman yang diinginkan beserta layanannya

8. Pastikan semua pengaturan yang dilakukan sudah benar, sebelum klik Simpan

9. Lakukan konfirmasi dengan klik Ya, Lanjutkan

10. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi di sudut kanan atas layar yang menyebutkan bahwa pengaturan pengiriman telah berhasil disimpan

11. Pengaturan pengiriman untuk supplier di majoo supplies selesai

Pengaturan Pembayaran Supplies

Langkah terakhir sebelum Anda bisa benar-benar menjadi supplier di ekosistem majoo supplies adalah melakukan pengaturan metode pembayaran apa saja yang akan didukung oleh toko Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan hal tersebut: 

 

1. Lakukan login ke dashboard dan pilih menu Toko Online > Toko Supplies > Pengaturan

2. Pilih outlet yang ingin Anda atur dan klik Atur di bagian Pembayaran

3. Anda akan langsung ke halaman Pengaturan Pembayaran, aktifkan opsi tipe pembayaran yang diinginkan (transfer virtual account atau QRIS)

4. Selanjutnya pilih nomor rekening yang akan digunakan untuk proses settlement atau pencairan dana 

5. Pastikan semua data yang dimasukkan sudah benar, klik Simpan

6. Lakukan konfirmasi dengan klik Ya, Lanjutkan

7. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar

8. Pengaturan pembayaran untuk supplier di majoo Supplies selesai

Belanja Melalui majoo Supplies

majoo Supplies merupakan sebuah ekosistem marketplace yang dihadirkan majoo untuk membantu Anda mendapatkan harga terbaik saat melakukan pembelian stok maupun bahan baku. Semua supplier yang ada di majoo supplies merupakan user majoo, sehingga Anda juga akan memiliki kesempatan untuk memperluas koneksi bisnis dengan sesama majoopreneurs!

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan belanja stok barang dari majoo supplies: 

1. Lakukan login ke dashboard dan pilih menu Belanja > Belanja 

2. Klik gambar barang yang ingin dibeli atau Anda juga bisa menggunakan search bar untuk melakukan pencarian nama barang secara manual 

3. Setelah masuk ke halaman produk terkait, tentukan jumlah yang ingin dibeli dan pilih Beli Sekarang atau Tambah ke Keranjang 

4. Jika memilih Tambah Ke Keranjang, Anda akan mendapatkan notifikasi pop-up seperti di bawah ini dan bisa klik tanda ‘X’ untuk melanjutkan memilih produk lainnya

5. Jika memilih Beli Sekarang, Anda akan diarahkan ke halaman Keranjang, di mana Anda bisa memeriksa total belanjaan dan melanjutkan ke proses checkout dengan klik Beli

6. Setelah masuk ke halaman Checkout, Anda akan diminta untuk memastikan beberapa detail seperti alamat pengiriman dan metode pembayaran

7. Jika alamat pengiriman belum sesuai, klik Ganti Alamat dan lakukan penyesuaian

8. Selanjutnya pilih metode pengiriman yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu klik Simpan

9. Jangan lupa untuk memberikan tanda ceklis pada tanda persetujuan syarat dan ketentuan, lalu klik Bayar

10. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan

11. Setelah diarahkan ke halaman pembayaran, lakukan pelunasan (dalam contoh ini metode pembayaran yang dipilih adalah virtual account)

12.  Jika pembayaran berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi pembayaran berhasil. Klik Belanja Lagi untuk kembali ke halaman belanja. Klik Lihat Detail Transaksi untuk melihat status transaksi

13. Status transaksi akan berubah otomatis sesuai dengan tindakan yang dilakukan oleh penjual/supplier

14. Klik nomor order untuk melihat invoice dari transaksi terkait

15. Proses belanja selesai. Anda bisa masuk ke halaman status untuk memantau apakah belanjaan Anda sudah diproses oleh penjual atau belum. 

Memproses Pengiriman Pesanan dari majoo Supplies (Kurir Eksternal)

Bagi Anda yang telah terdaftar sebagai supplier atau seller di ekosistem majoo Supplies, semua pesanan yang masuk ke toko bisa dengan mudah diproses melalui dashboard. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukannya: 

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Toko Online Pesanan 

2. Layar akan otomatis menampilkan daftar pesanan yang masuk melalui semua platform toko online (Tokopedia, Shopee, consumer app, toko online majoo, dan majoo supplies). Gunakan filter untuk menampilkan daftar pesanan yang masuk khusus dari majoo supplies saja. 

3. Anda akan bisa membaca daftar lengkap pesanan yang sudah masuk melalui majoo Supplies. Klik tombol menu (titik tiga) lalu pilih Lihat Detail Pesanan

4. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Detail Order. Di sini Anda bisa membaca keterangan detail terkait tanggal pesanan masuk, nama pemesan, detail produk yang dipesan, dan juga rincian pembayaran. Pastikan semua detail tersebut sudah benar, lalu klik Terima Pesanan

5. Layar akan menampilkan jendela konfirmasi. Klik tombol Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi 

6. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, status pesanan terkait akan berubah menjadi Diproses

7. Klik tanda silang untuk kembali ke halaman utama

8. Selanjutnya Anda akan kembali ke halaman Pesanan. Kali ini klik di tab Diproses

9. Layar akan menampilkan daftar pesanan pelanggan yang sudah dikonfirmasi sebelumnya. Untuk memproses ke tahap pengiriman, klik tombol menu (tiga titik), lalu pilih Kirim Pesanan.

10. Berikutnya akan muncul jendela pop-up. Di sini Anda bisa memilih dua opsi: Request Pickup (kurir mengambil paket ke lokasi outlet) atau Antar ke Counter (Anda sendiri yang membawa paket ke tempat pengiriman). Tentukan pilihan sesuai kebutuhan Anda, lalu klik Selanjutnya

11. Akan ada pesan lanjutan berisi kode booking dan beberapa persyaratan sebelum menyerahkan paket ke kurir. Pastikan untuk membaca semua arahan yang tampil di layar, lalu klik Request Pickup atau Antar Pesanan (bergantung pada pilihan yang Anda buat di langkah sebelumnya)

12. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar 

13. Untuk mencetak label pesanan, Anda bisa klik tombol menu (tiga titik) dan pilih Cetak Label untuk mulai mencetak label pengiriman. Pastikan perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses dashboard majoo sudah tersambung ke printer

14. Layar akan menampilkan contoh tampilan label pengiriman. Pastikan semua keterangan yang tercantum sudah benar, lalu klik Cetak Label

15. Jika semua dilakukan dengan benar, printer akan mencetak label yang sesuai. Anda kemudian bisa menempelkan label ini ke dalam paket pengiriman untuk memudahkan kurir melakukan pengiriman. 

16. Pada tahap ini Anda tinggal menunggu paket diambil oleh kurir atau mengantarkan paket ke outlet jasa pengiriman. Setelah paket mendapatkan nomor resi atau pengiriman, pesanan terkait akan otomatis berubah status menjadi Dikirim

Memproses Pengiriman Pesanan dari majoo Supplies (Kurir Internal)

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memproses pengiriman pesanan dari majoo Supplies menggunakan kurir internal, khusus bagi Anda yang telah terdaftar di ekosistem majoo Supplies sebagai supplier atau seller

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Toko Online > Pesanan

2. Setelah masuk ke halaman Pesanan, gunakan filter untuk menyortir pesanan yang khusus masuk melalui majoo Supplies 

3. Layar akan menampilkan daftar pesanan yang masuk melalui majoo Supplies. Fokus ke catatan pesanan dengan keterangan kurir outlet di bagian Jasa Kirim, lalu klik tombol Terima Pesanan

4. Layar akan menampilkan jendela pop-upklik Ya, Lanjutkan untuk mengkonfirmasi bahwa pesanan diterima 

5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi pesanan berhasil diproses di sudut kanan atas layar. Selanjutnya klik di tab Diproses

6. Lanjutkan dengan klik tombol tiga titik di catatan pesanan yang akan dikirim menggunakan kurir outlet, lalu pilih opsi Kirim Pesanan 

7. Layar akan menampilkan jendela pop-up, lanjutkan dengan memasukkan informasi nama kurir, nomor telepon kurir, dan kode booking, lalu klik Konfirmasi

8. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi pesanan berhasil dikirim di sudut kanan atas layar

Melacak Pengiriman Pesanan (Kurir Eksternal)

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk melacak pengiriman pesanan pelanggan, khusus bagi Anda yang telah terdaftar di ekosistem majoo Supplies sebagai supplier atau seller

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Toko OnlinePesanan 

2. Setelah masuk ke halaman Pesanan, gunakan filter untuk menyortir pesanan yang khusus masuk melalui majoo Supplies 

3. Layar akan menampilkan daftar semua pesanan yang masuk dari majoo Supplies. Selanjutnya klik di tab Dikirim

4. Selanjutnya klik tombol Lihat Detail di pesanan yang ingin dilacak 

5. Setelah masuk halaman Detail Order, gulirkan layar hingga Anda melihat bagian Detail Pengiriman lalu klik Lacak Pengiriman

6. Layar akan otomatis menampilkan jendela Riwayat Pengiriman. Di sini Anda bisa membaca tahap pengiriman pesanan pelanggan secara lengkap. Klik Tutup untuk kembali ke halaman sebelumnya. 

Menyelesaikan Pesanan Pelanggan

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menyelesaikan pesanan ketika paket telah terkonfirmasi diterima oleh pelanggan, khusus bagi Anda yang telah terdaftar sebagai supplier atau seller di ekosistem majoo Supplies. 

Proses ini cukup krusial, karena transaksi terkait tidak akan tercatat sebagai penjualan hingga Anda melakukan konfirmasi pesanan selesai. 

1. Login ke dashboard dan pilih opsi Toko OnlinePesanan

2. Setelah masuk ke halaman Pesanan, gunakan filter untuk menampilkan daftar pesanan yang masuk dari majoo Supplies saja

3. Selanjutnya klik di tab Selesai 

4. Layar akan menampilkan daftar semua pesanan dari majoo Supplies yang telah sampai di tangan pelanggan. Klik tombol Lihat Detail di catatan pesanan yang ingin diselesaikan. 

5. Setelah masuk ke halaman Detail Order, Anda akan menemukan bahwa status pesanan telah berubah menjadi selesai. Gulirkan layar ke bawah dan klik tombol Pesanan Selesai

6. Layar akan menampilkan jendela pop-up yang meminta Anda untuk melakukan konfirmasi. Klik Ya, Lanjutkan

7. Setelah diselesaikan, pesanan terkait akan otomatis tercatat sebagai pendapatan di dalam laporan keuangan Anda 

Menolak Pesanan Pelanggan

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk menolak pesanan pelanggan, khusus untuk Anda yang telah terdaftar sebagai supplier atau seller di ekosistem majoo Supplies: 

1. Login ke dashboard dan pilih opsi Toko Online Pesanan 

2. Setelah masuk halaman Pesanan, gunakan filter untuk menampilkan pesanan yang masuk melalui majoo Supplies

3. Begitu layar menampilkan daftar pesanan dari majoo Supplies, klik tombol menu (tiga titik) di catatan pesanan yang ingin ditolak

4. Selanjutnya pilih opsi Tolak Pesanan 

5. Layar akan menampilkan jendela pop-upKlik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi. 

6. Selanjutnya masukkan PIN otorisasi dan pilih alasan menolak pesanan, lalu klik Tolak Pesanan

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo