Informasi Umum
Toko Online merupakan fitur aplikasi wirausaha majoo yang memungkinkan user untuk memiliki website toko maupun sistem pemesanan digital dengan menggunakan kode QR. Tak hanya itu, user juga bisa melakukan beberapa kustomisasi terhadap tampilan halaman website toko sesuai dengan kebutuhan. Terakhir, fitur Toko Online majoo juga tidak mengenakan biaya administrasi untuk setiap transaksi yang terjadi, sehingga Anda bisa merasakan kemudahan berjualan online tanpa biaya tambahan yang memberatkan.
Aktivasi Toko Online
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan aktivasi Toko Online:
1. Lakukan login ke dashboard dan pilih menu Toko Online > Toko Online > Pengaturan Penjualan
2. Setelah masuk ke halaman Pengaturan Penjualan, klik Aktifkan Toko Online
3. Anda akan secara otomatis diarahkan ke halaman Aktivasi Toko Online, ceklis semua tanda setuju terhadap pengakuan dan persyaratan. Lanjutkan dengan klik Selanjutnya.
4. Lakukan konfirmasi dengan klik Aktifkan Toko Online
5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan informasi bahwa aktivasi berhasil dilakukan. Anda bisa melanjutkan ke pengaturan dengan klik Atur Toko Online (Baca panduan: Toko Online > Toko Online > Aktivasi Toko Online)
Pengaturan Penjualan
Melalui halaman ini, Anda bisa melakukan pengaturan produk, promo, layanan, tipe pembayaran, dan rekening yang akan digunakan di halaman toko online Anda. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di halaman Pengaturan Penjualan:
1. Lakukan login ke dashboard dan pilih menu Toko Online > Toko Online > Pengaturan Penjualan
2. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Pengaturan Penjualan
3. Mulailah dengan memilih outlet
4. Lanjutkan dengan mengatur produk apa saja yang akan muncul di halaman toko online Anda. Klik Atur Produk di bagian Produk
5. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Daftar Produk. Klik nama produk yang ingin ditampilkan di halaman toko online dan pilih Ubah.
6. Setelah masuk ke halaman Ubah Produk, klik Toko Online
7. Pertama-tama, tentukan outlet yang akan terpengaruh dengan pengaturan ini. Selanjutnya pastikan slider dalam kondisi ON untuk memastikan produk terkait muncul di halaman toko online.
8. Anda bisa melakukan perubahan harga jika dibutuhkan. Berikan tanda ceklis jika Anda ingin menampilkan produk tersebut dalam bagian Favorit dan mengaktifkan notifikasi stok minimum.
9. Isikan deskripsi produk dan klik Simpan. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Daftar Produk.
10. Kembali ke halaman Pengaturan Penjualan, lanjutkan dengan melakukan pengaturan promo. Atur Promo.
11. Pilih promo sesuai dengan kebutuhan dan Anda akan diarahkan ke halaman Promo. Lanjutkan dengan melakukan pengaturan promo
12. Kembali ke halaman Pengaturan Penjualan, aktifkan minimal satu layanan di bagian Pengaturan Layanan. Jika mengaktifkan e-menu, Anda bisa mengakses klik Lihat QR untuk melihat dan mengunduh kode QR yang mengarahkan ke menu elektronik.
13. Selanjutnya klik Weblink untuk melihat url menuju halaman menu elektronik
14. Gulirkan layar ke bawah dan lanjutkan dengan Pengaturan Pembayaran. Aktifkan metode pembayaran yang bisa diterima di outlet Anda.
15. Lanjutkan dengan melakukan pengaturan rekening, klik Tambah Rekening
16. Anda akan diarahkan ke halaman Informasi Rekening, klik Tambah Rekening Bank dan tambahkan/pilih rekening yang akan digunakan untuk melakukan settlement dana hasil penjualan Toko Online
17. Setelah rekening berhasil ditambahkan, klik Simpan
18. Lakukan konfirmasi dengan klik Ya, Lanjutkan
19. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa pengaturan telah berhasil disimpan
Pengaturan Tampilan
Melalui halaman ini Anda bisa mengatur tampilan halaman toko online. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di halaman Pengaturan Tampilan:
1. Lakukan login ke dashboard dan pilih menu Toko Online > Toko Online > Pengaturan Tampilan
2. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Pengaturan Tampilan
3. Tentukan apakah Anda ingin produk ditampilkan dalam format grid atau list
4. Pada bagian Tampilan Halaman Depan, Anda bisa melengkapi banner halaman utama dan informasi yang dimunculkan di bagian Tentang Merchant. Preview tampilan akan muncul di sisi kanan halaman.
5. Lanjutkan dengan klik Tentang dan masukkan deskripsi singkat mengenai outlet Anda
6. Lanjutkan dengan klik Hubungi dan masukkan informasi alamat email serta akun sosial media
7. Jika sudah yakin dengan semua perubahan yang dilakukan, klik Simpan. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa perubahan berhasil disimpan.
Pengaturan Lainnya
Pada halaman ini Anda bisa melakukan pengaturan lanjutan untuk halaman toko online Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di halaman Pengaturan Lainnya:
1. Lakukan login ke dashboard dan pilih opsi Toko Online > Toko Online > Pengaturan Lainnya
2. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Lainnya, di mana Anda bisa melihat tautan atau url untuk halaman webtree - sebuah landing page yang memuat shortcut untuk informasi penting seperti website, kontak, dan akun media sosial
3. Gulirkan layar ke bawah. Pada bagian Data Usaha Anda bisa mengisikan informasi nomor kontak outlet, kontak Whatsapp, dan alamat website
4. Lanjutkan dengan klik Media Sosial dan Anda bisa memasukan alamat link Instagram, Youtube, Facebook dan Twiter
5. Lanjutkan dengan klik Marketplace dan silakan masukkan alamat link Grabfood, Tokopedia, Shopee