search icon
Paket Langganan
Support Tambahan
majooCapital
Toko Online
Marketplace
Tokopedia
Shopee
Kampanye Marketing
majoo Supplies

Informasi Umum

Toko Online merupakan fitur aplikasi wirausaha majoo yang memungkinkan user untuk memiliki website toko maupun sistem pemesanan digital dengan menggunakan kode QR. Tak hanya itu, user juga bisa melakukan beberapa kustomisasi terhadap tampilan halaman website toko sesuai dengan kebutuhan. Terakhir, fitur Toko Online majoo juga tidak mengenakan biaya administrasi untuk setiap transaksi yang terjadi, sehingga Anda bisa merasakan kemudahan berjualan online tanpa biaya tambahan yang memberatkan. 

Aktivasi Toko Online

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan aktivasi Toko Online: 

1. Lakukan login ke dashboard dan pilih menu Toko Online > Toko Online > Pengaturan Penjualan

2. Setelah masuk ke halaman Pengaturan Penjualanklik Aktifkan Toko Online

3. Anda akan secara otomatis diarahkan ke halaman Aktivasi Toko Online, ceklis semua tanda setuju terhadap pengakuan dan persyaratan. Lanjutkan dengan klik  Selanjutnya

4. Lakukan konfirmasi dengan klik Aktifkan Toko Online

5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan informasi bahwa aktivasi berhasil dilakukan. Anda bisa melanjutkan ke pengaturan dengan klik Atur Toko Online (Baca panduan: Toko Online > Toko Online > Aktivasi Toko Online)

Pembayaran dengan QRIS di Toko Online

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait metode pembayaran QRIS di platform Toko Online majoo:

  • Aktivasi Toko Online akan otomatis mengaktifkan metode pembayaran QRIS Online
  • QRIS Online merupakan metode pembayaran QRIS yang menggunakan Merchant ID (MID) atas nama PT. majoo Teknologi Indonesia
  • QRIS Online langsung bisa digunakan untuk mencatat pembayaran QRIS begitu Toko Online aktif
  • Dana transaksi yang masuk melalui QRIS Online akan dicairkan ke rekening yang sudah Anda daftarkan sebagai rekening settlement
  • Mekanisme pencairan dana dari QRIS Online sama dengan mekanisme pencairan dana dari QRIS Dinamis maupun QRIS Statis (H+2 hari kerja setelah transaksi)
  • QRIS Online tidak bisa dinonaktifkan kecuali melalui permintaan khusus ke tim majoo
  • Untuk mencatat pembayaran transaksi QRIS dengan menggunakan MID atas nama merchant sendiri, Anda bisa melakukan pengajuan QRIS Dinamis melalui menu Lainnya - Layanan - majoopay - QRIS majoo (Baca selengkapnya di sini)

Pengaturan Penjualan

Melalui halaman ini, Anda bisa melakukan pengaturan produk, promo, layanan, tipe pembayaran, dan rekening yang akan digunakan di halaman toko online Anda. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di halaman Pengaturan Penjualan

1. Lakukan login ke dashboard dan pilih menu Toko Online > Toko Online > Pengaturan Penjualan

2. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Pengaturan Penjualan

3. Mulailah dengan memilih outlet 

4. Lanjutkan dengan mengatur produk apa saja yang akan muncul di halaman toko online Anda. Klik Atur Produk di bagian Produk

5. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Daftar ProdukKlik nama produk yang ingin ditampilkan di halaman toko online dan pilih Ubah

6. Setelah masuk ke halaman Ubah Produkklik Toko Online

7. Pertama-tama, tentukan outlet yang akan terpengaruh dengan pengaturan ini. Selanjutnya pastikan slider dalam kondisi ON untuk memastikan produk terkait muncul di halaman toko online

8. Anda bisa melakukan perubahan harga jika dibutuhkan. Berikan tanda ceklis jika Anda ingin menampilkan produk tersebut dalam bagian Favorit dan mengaktifkan notifikasi stok minimum. 

9. Isikan deskripsi produk dan klik Simpan. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Daftar Produk

10. Kembali ke halaman Pengaturan Penjualan, lanjutkan dengan melakukan pengaturan promo. Atur Promo

11. Pilih promo sesuai dengan kebutuhan dan Anda akan diarahkan ke halaman Promo. Lanjutkan dengan melakukan pengaturan promo

12. Kembali ke halaman Pengaturan Penjualan, aktifkan minimal satu layanan di bagian Pengaturan Layanan. Jika mengaktifkan e-menu, Anda bisa mengakses klik Lihat QR untuk melihat dan mengunduh kode QR yang mengarahkan ke menu elektronik. 

13. Selanjutnya klik Weblink untuk melihat url menuju halaman menu elektronik

14. Gulirkan layar ke bawah dan lanjutkan dengan Pengaturan Pembayaran. Aktifkan metode pembayaran yang bisa diterima di outlet Anda. 

15. Lanjutkan dengan melakukan pengaturan rekening, klik Tambah Rekening

16. Anda akan diarahkan ke halaman Informasi Rekeningklik Tambah Rekening Bank dan tambahkan/pilih rekening yang akan digunakan untuk melakukan settlement dana hasil penjualan Toko Online

17. Setelah rekening berhasil ditambahkan, klik Simpan

18. Lakukan konfirmasi dengan klik Ya, Lanjutkan

19. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa pengaturan telah berhasil disimpan

Pengaturan Tampilan

Melalui halaman ini Anda bisa mengatur tampilan halaman toko online. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di halaman Pengaturan Tampilan

1. Lakukan login ke dashboard dan pilih menu Toko Online > Toko Online > Pengaturan Tampilan

2. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Pengaturan Tampilan

3. Tentukan apakah Anda ingin produk ditampilkan dalam format grid atau list 

4. Pada bagian Tampilan Halaman Depan, Anda bisa melengkapi banner halaman utama dan informasi yang dimunculkan di bagian Tentang MerchantPreview tampilan akan muncul di sisi kanan halaman. 

5. Lanjutkan dengan klik Tentang dan masukkan deskripsi singkat mengenai outlet Anda

6. Lanjutkan dengan klik Hubungi dan masukkan informasi alamat email serta akun sosial media 

7. Jika sudah yakin dengan semua perubahan yang dilakukan, klik Simpan. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa perubahan berhasil disimpan. 

Pengaturan Lainnya

Pada halaman ini Anda bisa melakukan pengaturan lanjutan untuk halaman toko online Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di halaman Pengaturan Lainnya

1. Lakukan login ke dashboard dan pilih opsi Toko Online > Toko Online > Pengaturan Lainnya

2. Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Lainnya, di mana Anda bisa melihat tautan atau url untuk halaman webtree - sebuah landing page yang memuat shortcut untuk informasi penting seperti website, kontak, dan akun media sosial

3. Gulirkan layar ke bawah. Pada bagian Data Usaha Anda bisa mengisikan informasi nomor kontak outlet, kontak Whatsapp, dan alamat website

4. Lanjutkan dengan klik Media Sosial dan Anda bisa memasukan alamat link Instagram, Youtube, Facebook dan Twiter

5. Lanjutkan dengan klik Marketplace  dan silakan masukkan alamat link Grabfood, Tokopedia, Shopee

Biaya Tambahan Toko Online

Platform Toko Online majoo tidak membebankan biaya apapun kepada seller. Namun demikian, ada fee khusus yang akan dibebankan pada setiap pembeli yang melakukan transaksi melalui Toko Online. Berikut adalah detailnya: 

  • Setiap transaksi melalui platform Toko Online majoo akan dikenakan biaya platform sebesar Rp1.000 dan dibebankan kepada pembeli, bukan merchant atau pemilik bisnis
  • Keterangan mengenai biaya platform akan tertulis jelas di dalam perhitungan Ringkasan Pembayaran, setiap kali pembeli hendak melunasi transaksi
  • Biaya platform sebesar Rp1.000 akan dibebankan kepada pembeli per transaksi, bukan per produk
  • Pembayaran dengan metode bayar di kasir (tunai, non-tunai, transfer, dan QRIS majoo) tidak akan dikenakan biaya platform. Pembeli yang menggunakan metode pembayaran ini hanya perlu membayarkan harga produk, biaya service charge, dan pajak
  • Jika pembeli membatalkan pesanan sebelum selesai diproses, semua biaya yang sudah terlanjur dibayarkan akan masuk dalam perhitungan refund kecuali MDR
  • Biaya platform akan tetap diperhitungkan, terlepas dari penerapan promo, kupon, dan poin
  • Pembeli tidak dapat menghapus maupun menghapus biaya platform, kecuali dengan pembelian add on majoo Order+

Hapus Biaya Platform dengan Add-On majoo Order+

Add-on ‘majoo Order+’ adalah solusi bagi Anda yang tidak ingin membebankan biaya platform sebesar Rp1.000/transaksi kepada pelanggan. Begitu support tambahan ini aktif, Anda akan bisa mengaktifkan metode pembayaran “Bayar di Kasir” yang tidak dikenakan biaya platform. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membeli dan melakukan pengaturan add-on majoo Order+:

1. Lakukan pembelian add-on majoo Order+ dengan membuka menu Lainnya - Pengaturan - Langganan - Langganan & Support di dashboard majoo

2. Klik di tab Add-On, lalu klik Pilih Paket di bagian Majoo Order+ 

3. Lakukan pengaturan pembelian sesuai kebutuhan dan pilih metode pembayaran. Selanjutnya lunasi tagihan hingga Anda mendapatkan pemberitahuan bahwa add-on telah berhasil dibeli

4. Berikutnya lakukan aktivasi atau pengaturan add-on majoo Order+ dengan membuka menu Toko Online - Toko Online - Pengaturan Penjualan

5. Fokus ke bagian Pengaturan Pelayanan, lalu klik di tab Pesan di Tempat

6. Aktifkan toggle Pesan di Tempat dan pastikan Anda memilih opsi Bayar Nanti di bagian Pilihan Pembayaran

7. Lanjutkan dengan mengaktifkan toggle Bayar di Kasir pada bagian majoo Order+

8. Klik Simpan, lalu klik Ya, Lanjutkan

9. Selesai. Selanjutnya pelanggan yang melakukan transaksi melalui Toko Online akan bisa memilih tipe order ‘Pesan di Tempat’, jenis pembayaran ‘Bayar Nanti’, dan tidak dikenakan tambahan biaya platform Rp1.000 per transaksi
 

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo