search icon
Paket Langganan
Support Tambahan
majooCapital
Toko Online
Marketplace
Tokopedia
Shopee
Kampanye Marketing
majoo Supplies

Informasi Umum

Aplikasi kasir majoo juga memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan akun GrabMart dengan dashboard majoo sehingga semua proses pengaturan produk dan pencatatan transaksi bisa dilakukan dengan mudah melalui dashboard. Pada bagian ini, Anda bisa membaca semua informasi terkait proses integrasi GrabMart. 

Mengajukan Aktivasi Integrasi GrabMart

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengajukan aktivasi integrasi GrabMart melalui dashboard majoo:

1. Login ke dashboard majoo dan klik opsi Toko Online di bagian atas layar

2. Klik opsi Food Order - GrabMart

3. Klik tanda titik tiga di outlet yang ingin diajukan integrasinya

4. Pilih opsi Ajukan Integrasi

5. Pada bagian Validasi Outlet, isikan data alamat email yang digunakan untuk mendaftar akun GrabMart dan store ID (bisa didapatkan di aplikasi Grab Merchant)

6. Klik Impor di bagian Screenshot aplikasi GrabMart untuk meng-upload foto screenshot profil toko di aplikasi Grab Merchant

7. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu klik Selanjutnya

8. Berikan tanda ceklis di persetujuan syarat dan ketentuan, lalu klik Lanjutkan

9. Sistem akan menampilkan jendela pop-up yang memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan sistem stok. Terdapat dua opsi yang bisa dipilih:

  • Aktifkan Auto Stock: Ketika opsi ini diaktifkan stok barang di GrabMart akan menyesuaikan dengan stok barang di dashboard majoo
  • Tidak Mengaktifkan Auto Stock: Ketika opsi ini diaktifkan, stok barang di GrabMart akan menyesuaikan dengan jumlah di aplikasi

10. Selanjutnya Anda bisa mulai melakukan pemetaan produk dengan klik Tambah Produk

11. Klik Pilih Produk majoo

12. Pilih produk majoo yang ingin dipetakan

13. Klik ikon gambar di bagian Upload Gambar untuk meng-upload foto produk sesuai kebutuhan. Anda wajib meng-upload foto produk dengan resolusi minimal 300x300px. Namun untuk hasil optimal, gunakan foto produk dengan resolusi 600x600px. Selain itu, Anda tidak diperkenankan untuk meng-upload foto produk yang mengandung watermark kompetitor (Cth: GoFood atau ShopeeFood) karena berpotensi membuat proses tambah produk gagal.

14. Tekan tombol titik tiga di bagian Kategori

15. Pilih kategori yang sesuai dengan produk yang sedang dipetakan

16. Isikan data berat produk dan satuan

17. Tentukan urutan produk tampil di aplikasi GrabMart

18. Berikan tanda ceklis di opsi Produk Mengandung alkohol jika produk yang sedang dipetakan memiliki kandungan alkohol

19. Isikan deksripsi produk sesuai dengan kebutuhan

20. Aktifkan toggle Harga Produk dan atur harga produk yang akan diterapkan di aplikasi GrabMart. Anda bisa menggunakan preset untuk melakukan mark up atau mark down sesuai dengan kebutuhan. 

21. Aktifkan toggle Status Produk untuk memastikan produk tersedia untuk dibeli di Grabmart

22. Klik Simpan

23. Produk baru berhasil ditambahkan

Pengaturan Tambahan GrabMart

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengaturan tambahan setelah pengajuan integrasi GrabMart disetujui: 

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Toko Online - Food Order - Grabmart

2. Setelah masuk halaman integrasi GrabMart, klik tanda titik tiga di outlet yang status integrasinya sudah disetujui dan pilih opsi Atur

3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Pengaturan Grabmart. Pada bagian atas layar, Anda akan menemukan toggle Status Outlet. Jika toggle dimatikan, toko Grabmart akan tutup untuk sementara waktu. 

4. Pada bagian Produk Setting, terdapat dua tombol pengaturan tambahan:

  • Produk: Klik di sini jika Anda ingin melakukan perubahan data produk maupun melakukan pemetaan produk baru
  • Promo: Klik di sini jika Anda ingin menambahkan pengaturan promo yang akan diterapkan di aplikasi Grabmart 

5. Pada bagian Sinkronisasi Pesanan, Anda akan menemukan tombol Sinkronisasi Pesanan. Klik di sini jika Anda mengalami transaksi tertunda atau pesanan tidak masuk. 

6. Pada bagian Status Auto Stock, Anda menemukan toggle khusus. Jika toggle ini aktif, jumlah stok barang di aplikasi GrabMart akan otomatis menyesuaikan dengan jumlah stok barang di dashboard majoo.

Melakukan Tambah Produk

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan tambah produk GrabMart melalui dashboard majoo:

1. Login ke dashboard majoo dan tekan opsi Toko Online - Food Order - Grabmart

2. Setelah masuk halaman integrasi Grabmart, tekan tombol titik tiga di outlet yang ingin ditambahkan produknya, lalu tekan Atur

3. Fokus ke bagian Produk Setting, lalu klik Produk

4. Setelah masuk halaman Pengaturan Tambah Produk, klik Tambah Produk di sudut kiri atas layar

5. Klik Pilih Produk majoo dan pilih produk majoo yang ingin dipetakan

6. Klik ikon gambar untuk meng-upload foto produk. Pastikan Anda menggunakan foto dengan resolusi minimal 300x300px, namun gunakan resolusi 600x600px untuk hasil maksimal. Selain itu, Anda juga tidak diperkenankan untuk meng-upload foto yang mengandung watermark kompetitor (Contoh: Shopee Food atau GoFood) karena berpotensi membuat upload produk gagal. 

7. Lakukan pengaturan nama dan kategori produk

8. Tentukan berat, satuan, dan urutan tampilan produk

9. Berikan tanda ceklis jika produk yang ditambahkan mengandung alkohol

10. Isikan deskripsi produk sesuai kebutuhan

11. Aktifkan toggle Atur Harga dan lakukan mark up atau mark down harga sesuai kebutuhan

12. Aktifkan, toggle Status Produk untuk memastikan produk tersebut tersedia untuk dipesan di aplikasi GrabMart

13. Klik Simpan dan produk baru berhasil ditambahkan

14. Sebagai informasi tambahan, Anda bisa membaca banner bertuliskan “Akun Anda Sudah Terintegrasi dengan Grabmart. Pelajari Apa Saja yang Dapat Dilakukan dan Batasannya”, klik Pelajari Selengkapnya. 

15. Layar akan otomatis menampilkan hal-hal apa saja yang tidak direkomendasikan untuk dilakukan terkait integrasi Grabmart, di antaranya:

  • Melakukan tambah produk langsung di aplikasi Grabmart karena berpotensi membuat transaksi tidak masuk di aplikasi majoo
  • Melakukan edit menu langsung di aplikasi Grabmart karena berpotensi membuat transaksi tidak diterima di aplikasi majoo
  • Melakukan ubah stok secara manual di aplikasi Grabmart karena dapat menyebabkan perbedaan status dan jumlah stok antara aplikasi Grabmart dan majoo

Mengaktifkan Custom Amount

Aplikasi POS majoo akan otomatis mencatat transksi Grabmart untuk produk yang belum terpetakan dengan status custom amount. Namun demikian, Anda wajib mengaktifkan fitur custom amount terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukannya:

1. Login ke aplikasi POS majoo hingga Anda masuk ke halaman utama kasir 

2. Tekan tombol menu di sudut kiri atas layar, lalu pilih opsi Pengaturan

3. Selanjutnya pilih opsi Kasir

4. Gulirkan layar ke bawah dan tekan opsi Input Pesanan Manual

5. Setelah muncul jendela pop-up, aktifkan toggle dan tekan Simpan

6. Custom amount berhasil diaktifkan

Memeriksa Transaksi Custom Amount GrabMart

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memeriksa transaksi custom amount GrabMart melalui aplikasi POS majoo: 

1. Login ke aplikasi POS majoo hingga Anda masuk ke halaman utama kasir 

2. Pastikan fitur custom amount sudah aktif, lalu tekan tombol mode

3. Pilih opsi E-Commerce

4. Tekan transaksi GrabMart untuk produk yang belum terpetakan di dashboard 

5. Seperti yang bisa Anda lihat pada screenshot di bawah, nama produk akan tercatat sebagai custom amount 

6. Sebagai informasi tambahan, aplikasi kasir majoo akan mencatat transaksi dengan custom amount ketika terjadi dua kondisi: 

  1. Pelanggan melakukan transaksi untuk produk yang sebelumnya sudah terpetakan di dashboard majoo, namun karena alasan tetentu produk tersebut dihapus
  2. Pelanggan melakukan transaksi untuk produk yang proses upload-nya tidak dilakukan melalui aplikasi GrabMart merchant maupun dashboard majoo

Memproses Pesanan dari GrabMart

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memproses transaksi Grabmart melalui aplikasi POS majoo: 

1. Login ke aplikasi POS majoo hingga Anda masuk ke halaman utama kasir 

2. Ketika ada order masuk, Anda akan mendapatkan notifikasi khusus. Lanjutkan dengan tekan tombol Daftar Order

3. Tekan pesanan bertipe dan berlogo Grabmart

4. Ketika pesanan baru masuk, statusnya akan tercatat sebagai Pesanan Masuk. Kasir wajib tekan tombol Diproses. 

5. Selanjutnya status pesanan akan berubah menjadi diproses dan toko Anda bisa mulai menyiapkan pesanan pelanggan

6. Status Driver Telah Sampai, Dikirim, Pesanan Diterima, dan Selesai akan berubah otomatis sesuai dengan action yang dilakukan oleh driver maupun pelanggan melalui aplikasi Grabmart 

7. Ketika status pemesan Selesai, kasir wajib tekan tombol Selesai untuk memastikan transaksi tercatat ke dalam data penjualan dan dihitung sebagai pemasukan hari itu 

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo